Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Neraca pembayaran indonesia

384 views

Published on

Menjelaskan pengertin dasar neraca pembayaran beserta dengan pos - pos yang terdapat di dalam NPI

Published in: Economy & Finance
  • Be the first to comment

Neraca pembayaran indonesia

  1. 1. NERACA PEMBAYARAN INTERNASIONAL
  2. 2. Neraca pembayaran adalah catatan sistematis mengenai semua transaksi ekonomi antar penduduk suatu negara dengan negara-negara lain selama periode tertentu. Pengertian penduduk dalam hal ini meliputi perorangan (individu), perusahaan, badan hukum, badan pemerintah, atau siapa saja yang tempat tinggal utamanya di Negara tersebut. Transaksi ekonomi berarti pertukaran nilai barang atau jasa ekonomi atau pengalihan kekayaan penduduk suatu Negara ke negara lain.
  3. 3. Penduduk Seseorang dianggap penduduk suatu Negara apabila bertempat tinggal di Negara tersebut. Orang yang telah menetap dalam enam bulan atau lebih, baik warga Negara Indonesia atau warga Negara asing dianggap sebagai penduduk Indonesia. Namun para wisatawan asing dan para diplomat tidak dapat dianggap sebagai warga Negara Indonesia. Transaksi yang dicatat di dalam neraca pembayaran dapat dibedakan menjadi transaksi sedang berjalan dan transaksi capital.
  4. 4. Tujuan Penyusunan NPI Untuk mengetahui peranan sektor eksternal dalam perekonomian suatu negara Untuk mengetahui aliran sumberdaya antar negara Untuk mengetahui struktur ekonomi dan perdagangan suatu Negara Mengetahui permasalahan utang luar negeri suatu Negara Mengetahui perubahan posisi cadangan devisa suatu Negara Sebagai sumber data dan informasi penyusunan anggaran devisa Sebagai sumber data penyusunan statistik pendapatan nasional
  5. 5. Manfaat NPI Secara Umum Untuk membukukan seluruh transaksi ekonomi internasional Untuk mengetahui struktur dan komposisi transaksi ekonomi internasional Untuk mengetahui mitra utama suatu negara dalam hubungan ekonomi internasional Sebagai salah satu indikator fundamental ekonomi suatu negara Mengetahui posisi keuangan internasional suatu negara Sebagai salah satu indikator yang akan dipertimbangkan oleh IMF atau negara donor
  6. 6. Prinsip-Prinsip Akuntansi dalam Neraca Pembayaran Internasional 1. Debit dan Kredit 2. Double Entry Bookkeeping (pembukuan berpasangan)
  7. 7. Debet VS Kredit Neraca pembayaran memiliki dua sisi, yaitu kredit dan debet. Kredit adalah transaksi yang menimbulkan hak menerima pembayaran dari penduduk Negara lain. Sementara sisi debet adalah transaksi yang menimbulkan kewajiban membayar kepada penduduk Negara lain. Semua transaksi kredit masuk dalam neraca pembayaran dengan tanda positif (+). Sedangkan transaksi debet masuk dengan tanda negative (-).
  8. 8. NERACA PERDAGANGAN VS NERACA PEMBAYARAN Jika catatan tersebut hanya untuk bidang perdagangan, maka neracanya merupakan neraca perdagangan. Akan tetapi, kalau neracanya mencakup semua aliran keuangan maka neracanya merupakan neraca pembayaran.
  9. 9. BOP Credits Debits Current account  Eksports of goods & non- factor services  Eksports of factor services  Private unrequited transfer (by nonresidents)  Emigrant remittances  Private grants  Imports of goods & nonfactor services  Import of factor services  Private unrequited transfer (by residents) Official unrequited transfers (by foreign government) Official unrequited transfer (by national government)
  10. 10. Capital account  Foreign direct investment (by non residents) (disinvestment shown as negative)  Portofolio investment (by non residents) (amortizations shown as negative)  Other long-term capital inflows (by nonresidents) (amorzations shown as negative)  Foreign direct investment (by non residents) (disinvestment shown as negative)  Portofolio investment (by non residents) (amortizations shown as negative)  Other long-term capital inflows (by nonresidents) (amorzations shown as negative)
  11. 11. Double Entry Bookkeeping (Pembukuan Berpasangan) Artinya setiap transaksi internasional dicatat dua kali. Satu kali pada sisi kredit dan satu kali pada sisi debit dalam jumlah yang sama. Alasannya adalah pada umumnya tiap transaksi mempunyai dua sisi. Kita menjual sesuatu dan kita menerima pembayarannya. Kita membeli sesuatu dan kita harus membayar untuk itu.
  12. 12. Pos-Pos Dasar Neraca Pembayaran Internasional
  13. 13. NERACA PERDAGANGAN Neraca barang dan neraca jasa disebut juga neraca transaksi berjalan (current account). Rekening transaksi berjalan (current account) merupakan sub NPI yang mencatat seluruh transaksi barang dan jasa. Pos ini merupakan golongan terbesar dalam neraca pembayaran, yang meliputi transaksi barang. Current account terdiri dari balance of trade (BOT), service account, dan unilateral account
  14. 14. Balance of trade (neraca perdagangan) Dalam neraca ini dicatat seluruh transaksi ekspor dan impor barang atau visible dan tangible goods dengan ketentuan berikut. • Ekspor barang dicatat sebagai transaksi kredit atau positif. • Impor barang dicatat sebagai transaksi debit atau negatif.
  15. 15. Service Account (Neraca Jasa) Transaksi yang dimasukkan ke service account adalah seluruh transaksi ekspor dan impor jasa atau invisible atau tangible goods yang meliputi hal-hal berikut: • Pembayaran bunga. • Biaya transportasi. • Biaya asuransi. • Remittance • Tourism.
  16. 16. Service account atau neraca jasa Indonesia hingga saat ini selalu tercatat dalam posisi negatif atau debit karena transaksi impor lebih besar daripada transaksi ekspor, khususnya untuk pembayaran bunga, biaya transportasi, biaya asuransi, dan remittance. Satu-satunya transaksi jasa yang positif adalah jasa dari tourisme karena lebih banyak turis asing yang datang ke Indonesia daripada turis Indonesia yang ke luar negeri.
  17. 17. Posisi negatif atau defisit dari service account ini juga mencerminkan masih relatif rendahnya kualitas SDM Indonesia sebagai penghasil jasa, walaupun secara kuantitatif lebih banyak TKI/TKW Indonesia yang bekerja di luar negeri (tetapi dengan penghasilan yang rendah dibandingkan dengan TKA yang bekerja di Indonesia dengan bayaran yang lebih tinggi). Dengan demikian, salah satu usaha untuk memperbaiki posisi service account dan NPI Indonesia adalah dengan jalan meningkatkan kualitas SDM-nya.
  18. 18. Unilateral Account (Neraca Transaksi Sepihak) Neraca ini merupakan transaksi sepihak yang umumnya terdiri atas bantuan sosial atau grant yang diterima atau diberikan dari/ke luar negeri, tanpa kewajiban untuk membayar kembali.
  19. 19. Capital Account (Neraca Modal) Capital account ini terdiri atas ekspor dan impor modal, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Penjumlahan saldo current account + saldo transaksi impor/ekspor modal jangka panjang (direct investment and long-term capital lainnya) disebut sebagai basic balance. Berlawanan dengan pencatatan pada current account, maka dalam capital account berlaku
  20. 20. Reserve Account (Perubahan Cadangan Devisa) Reserve account adalah neraca yang menunjukkan perubahan cadangan atau saldo devisa yang diperoleh dari tahun yang bersangkutan dari hasil penjumlahan saldo current account dan capital account. Perubahan cadangan devisa atau saldo devisa (dR) dari tahun yang bersangkutan ini pada dasarnya sudah menunjukkan posisi keuangan internasional suatu negara berdasarkan transaksi yang tercatat pada current accout dan capital account. Jika saldo reserve account menunjukkan angka positif (dR > 0), maka dapat dikatakan bahwa posisi BOP dalam keadaan surplus dan sebaliknya, bila menunjukkan angka negatif (dR < 0) dikatakan bahwa BOP dalam keadaan defisit.
  21. 21. Error dan Omission (Selisih Perhitungan) Error dan omission adalah selisih yang belum dapat diperhitungkan yang diperoleh dari penjumlahan antara reserve account (dR) dan saldo devisa yang terdapat pada monetary account yang dicatat oleh Bank Sentral. Error adalah selisih yang terjadi karena adanya kesalahan pencatatan atau kesaahan perhitungan, sedangkan omission adalah selisih karena adanya perdagangan atau transaksi penyelundupan atau perdagangan obat bius yang pasti tidak tercatat.
  22. 22. Monetary Account (Neraca Lalu-Lintas Moneter) Monetary account merupakan saldo devisa yang dicatat berdasarkan transaksi arus devisa yang masuk dan keluar suatu negara. Karena NPI secara keseluruhan harus dalam posisi balance atau dengan kata lain overal balance = 0, maka pencatatan posisi saldo pada monetary account ini mempunyai tanda yang berlawanan dengan posisi saldo reserve account (dR), yaitu: Bila posisi saldo reserve account mempunyai tanda positif, maka posisi saldo monetary account mempunyai tanda negatif. Sebaliknya, bila posisi saldo reserve account mempunyai tanda negatif, maka posisi saldo monetary account mempunyai tanda positif. Tanda negatif berarti surplus dan tanda positif berarti defisit.
  23. 23. Masalah Transaksi Ekonomi Internasional Masalah ekonomi nasional adalah semua tansaksi yang mengakibatkan berpindahnya hak, aktiva atau penuaian jasa jasa dari suatu negara ke negara lain. Transaksi ekonomi internasional tidak selamanya disertai dengan pembayaran dan penerimaan uang, misalnya : pertukaran barter .

×