Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pendidikan lingkungan hidup 2

802 views

Published on

@saputrafitra on twitter, line, wechat

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pendidikan lingkungan hidup 2

  1. 1. Mencintai etika Lingkungan
  2. 2. Masalah kerusakan lingkungan tentu saja bukan hal yangasing di telinga kita sebagai manusia. Lemahnya kesadaran kitaakan lingkungan hidup juga terjadi karena adanya anggapan yangmemandang bahwa pemanfaatan alam bagi manusia adalah halyang wajar.Sebagai salah satu contoh kecilnya adalah, kita tahu bahwakita harus membuang sampah pada tempatnya. Meskipun tindakanini sangat kecil dan sederhana, namun masih banyak orang yangmembuang sampah sembarangan. Disinilah kita memerlukan etikalingkungan agar kita lebih mampu untuk mempertanggung jawabkankehidupan kita.
  3. 3.  Hubungan manusia dengan alam adalah hubungan yang didasarkanpada kekerabatan, sikap hormat, dan cinta. Oleh karena itu perlu adanya harmoni antara manusia dengan alam.Sebab, jika hal tersebut tidak terjaga, maka bencana dan kekacauanakan terjadi. Untuk itu perlu adanya wawasan etika bagaimana manusia menjalinhubungan harmoni dengan alam.
  4. 4.  Manusia merupakan penyebab utama terjadinya kerusakanlingkungan di permukan bumi. Terlebih dengan adanya pahamantroposentrisme. Telah membuat kerusakan bumi. Setiap agama di bumi ini, mengajarkan umatnya agar tidak merusaklingkungan dan mengajarkan etika lingkungan. Kesadaran inilah yang seharusnya mulai kita bangun bahwamenjaga lingkungan hidup merupakan sebagian dari Ibadah.
  5. 5.  Ada beberapa prinsip yang harus dipenuhi saat manusiaberinteraksi dengan lingkungan hidup.1. Sikap hormat terhadap alam2. Tanggung jawab3. Solidaritas cosmis4. Kasih sayang dan kepedulian terhadap alam.5. No harm6. Hidup sederhana selaras dengan Alam7. Keadilan8. Integritas moral9. Demokrasi

×