Desa budaya

360 views

Published on

@saputrafitra on twitter, line, wechat

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Desa budaya

  1. 1. PLHDesa KutaKelas: XI IPA 11. Aditya Darmawan2. Akhmad Ricki K3. Muh. Fitra Saputra4. Sheili Dewi
  2. 2. 1. Kehidupan MasyarakatA. Perdata (hubungan antar manusia)Hubungan antar manusia di kampung kuta sangat menjunjungkekeluargaan serta saling menghargai. Selain itu cukup bisamenerima kedatangan orang lain dengan baik, memilikisolidaritas yang tinggi serta sangat erat dengan persaudaraan.B. Lambaga (adat istiadat)Adat istiadat di kampung kuta yakni adanya upacara sembahsedekah bumi, syukuran, upacara nyuguh bulan maulud, itusemua untuk memberi bakti pada leluhur, untuk menolakbala, untuk minta keselamatan dan juga upacara hajatan dllC. Winaya (pendidikan)Pendidikan di kampung kuta rata-rata berpendidikan SD (sekolahdasar) karena SD merupakn sekolah yang terdekat yang terdapatdi kampung kuta. Metode pendidikan di kampong kutamenggunakan metode serogan (seperti di pesantren) yaitumuridnya disejajarkan dan diberi pelajaran. Biasanya dari jam 1sampai jam 4, anak-anak dikumpulkan diberi pelajaran.
  3. 3. D. Wiyasa (seni)Seni yang terdapat di Kmpung Kuta ini adalah seni terebang, senironggeng gunung, seni dogdog, seni ngibing, serta terdapatkerajinan-kerajinan tangan seperti anyaman bilik, anyaman taskamuti dari daun gebang, ulekan, sinduk, temapat nasi(boboko), nampan (baki), topi petani dll.Utnuk seni terebang dan ngibing ini biasanya dilakukan padabulan safar yakni pada tanggal 25.E. Undagi (tata arsitektur)Bangunanya harus sesuai dengan amanat leluhur yaitu harusRumah panggung yang harus beratap rumbia atau injuk dantidak boleh permanen. Bentuk rumah persegi dan tidak bolehberbentuk sikon, maksudnya tidak boleh membentuk leter U, leterL dan lainnya.F. Marga (transportasi)Transportasi di kampung kuta sudah mulai modern, itu ditunjukandengan adanya sepeda motor sebagai kendaraan. Sepedamotor juga biasa digunakan untuk mengangkut hasil tani.
  4. 4. G. Tani (bersawah)Pertanian yang ada di kampung kuta menggunakan system tadahhujan, karena tidak ada perairan dan irigasi. Dimasyarakat kampongkuta mengolah pertaniannya secara individu, etapi juga bisadiburuhkan dan juga bisa dikerjakan dengan membagi hasil tani.H. Santika (bela diri)Untuk seni bela diri di kampung kuta ini tidak ada. Untuk yang inginbelajar bela diri, bisa belajar dari kampung lain.I. Husada (obat-obatan)Pengobatan dikampung kuta pada umumnya berobat pada ilmukedokteran juga tetapi masih juga menggunakan obat-obatantradisional seperti masyarakat sunda lainnya, baik dari tumbuhanmaupun hewan.H. Tata praja (system pemerintahan)Untuk sistem pemerintahan di kampung kuta ini dipimpin oleh ketuaadat yang senantiasa mengurus masyarakat. Di kampung kuta jugaterdapat kepala dusun, lurah, RT/RW, dan juga kuncen. Untukkeamanan di kampung kuta ini sangat terjamin sebab semuamasyarakat saling bersatu dan saling menjaga.
  5. 5. 2. Mengapa Menjadi DesaBudaya?Mengenai asal-muasal Kampung Kuta, dalam beberapa dongengbuhun yang tersebar di kalangan masyarakat Sunda sering disebutadanya nagara burung atau daerah yang tidak jadi/batal menjadiibukota Kerajaan Galuh. Daerah ini dinamai Kuta Pandak.Masyarakat Ciamis dan sekitarnya menganggap Kuta Pandakadalah Kampung Kuta di Desa Karangpaninggal sekarang.
  6. 6. 3. Nilai Positif dari DesaBudayaKampung kuta merupakan salah satu kampungkeramat yang masih sangat kental adat istiadat sertakesuciannya. Tidak seperti kampung adat yang lain,• kampung kuta memiliki tanah pribadi yang dapatdigunakan oleh individu kampung kuta tetapi tetapmenjaga syar’I amanah dari leluhurnya untukmenjaga kesucian kampung kuta.Kampung kuta terletak di desa Karangpaningalkecamatan Tambaksari,• masyarakatnya sampai saat ini masih memegangteguh melestarikan kebudayaan adat leluhurnya(karuhun), amanat yang masih tetap dipertahankanantara lain :
  7. 7.  • Rumah panggung yang harus beratap rumbia atau ijuk (tidakboleh permanent)• Bentuk rumah persegi tidak boleh sikon• Penduduk yang meninggal harus dimakamkan di luar kampongkuta• Boleh ke tempat keramata hari senin dan jumat• Tidak boleh menggunkan pakaian serba hitam

×