Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Kondisi Eksisting Wilayah Sampling
2.2 Teori
Klorida adalah ion yang terbentuk sewaktu unsur k...
Analisis Klorida Secara Kuantitatif
Analisa klorida secara kuantitatif dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya
a...
CuSO4, maka akan mengabsorpsi radiasi warna kuning dan meneruskan radiasi
berwarna biru(Sawyer, 1999).
Cahaya sebagai gelo...
Fix laporan klorida
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Fix laporan klorida

1,761 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Fix laporan klorida

  1. 1. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Kondisi Eksisting Wilayah Sampling 2.2 Teori Klorida adalah ion yang terbentuk sewaktu unsur klor mendapatkan satu elektron untuk membentuk suatu anion (ion bermuatan negatif) Cl- . Garam dari asam Hidroklorida HCl mengandung ion klorida, contohnya adalah garam meja, natrium klorida dengan rumus kimia NaCl. Dalam air, senyawa ini terpecah menjadi ion Na+ dan Cl- (Sawyer, 1999). Dalam percobaan ini, metode yang digunakan adalah titrasi argentometri cara mohr.Argentometri merupakan salah satu cara untuk menentukan kadar zat dalam suatu larutan yang dilakukan dengan titrasi berdasarkan pembentukan endapan dengan ion Ag+ . Pada titrasi Argentometri, zat pemeriksaan yang telah dibubuhi indikator dicampur dengan larutan standar garam perak nitrat (AgNO3). Dengan mengukur volume larutan standar yang digunakan sehingga seluruh ion Ag+ dapat tepat diendapkan, kadar garam dalam larutan pemeriksaan dapat ditentukan.Berdasarkan pada indikator yang digunakan, argentometri dapat dibedakan atas 3 macam, yaitu salah satunya diantaranya adalah Metode Mohr (pembentukan endapan berwarna). Metode Mohr dapat digunakan untuk menetapkan kadar klorida danbromida dalam suasana netral dengan larutan standar AgNO3 danpenambahan K2CHO4 sebagai indikator. Titrasi dengan cara ini harus dilakukann dalam suasana netral atau dengan sedikit alkalis, pH 6,5 – 9,0.Dalam suasana asam, perak kromat larut karena terbentuk dikromat dandalam suasana basa akan terbentuk endapan perak hidroksida. Klorida dalam air untuk penyamakan kulit, perlu dihilangkan, sebab dapat mengganggu proses penyamaka kulit. Karena klorida dapat bereaksi dengan bahan penyamak dan membentuk endapan putih(Eti, 2005).
  2. 2. Analisis Klorida Secara Kuantitatif Analisa klorida secara kuantitatif dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya analisa secara titrimetri dengan menggunakan metode argentometri. Metode yang sering digunakan pada penetapan klorida adalah metode argentometri. Metode argentometri (titrasi pengendapan) yang tergolong pada pemeriksaan kimia secara titrimetri / volumetri.Titrimetri atau analisa volumetri adalah salah satu cara pemerikasaan jumlah zat kimia yang luas penggunaannya. WARNA Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer. Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer. Dalam peralatan optis, warna bisa pula berarti interpretasi otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya merah, hijau, biru yang digabungkan dalam komposisi tertentu. Misalnya pencampuran 100% merah, 0% hijau, dan 100% biru akan menghasilkan interpretasi warna magenta(Alerts, 1994). Warna dikelompokkan atas(Alerts, 1994): 1. Warna netral, adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun sekunder; 2. Warna kontras, adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder; 3. Warna panas, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Salah satu metode untuk pengukuran konsentrasi warna adalah spektrofotometri. Pengertian dari spektrofotometri adalah metoda analisis kimia berdasarkan pengukuran seberapa banyak energi radiasi diabsorpsi oleh suatu zat sebagai fungsi panjang gelombang. Bila cahaya putih (polikromatis) dilewatkan melalui larutan
  3. 3. CuSO4, maka akan mengabsorpsi radiasi warna kuning dan meneruskan radiasi berwarna biru(Sawyer, 1999). Cahaya sebagai gelombang elektromagnetik yang merupakan spektrum lebar terdiri dari berbagai panjang gelombang. Cahaya yang dapat ditangkap indera manusia mempunyai panjang gelombang 380 sampai 780 nanometer. Cahaya antara dua jarak nanometer tersebut dapat diurai melalui prisma kaca menjadi warna-warna pelangi yang disebut spektrum atau warna cahaya(Sawyer, 1999).

×