Koloid

382 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
382
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
14
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Koloid

  1. 1. To our belovedteacher and all myfriends
  2. 2.  Koloid adalah suatu bentuk campuran yangkeadaanya terletak antara larutan dan suspensi( campuran kasar )s
  3. 3. Koloid buih terbagi menjadi 2 macam yaitu BUIH PADAT dan BUIH CAIRBUIH PADAT adalah sistem koloid dengan fase terdispersi gasdan medium pendispersi adalah zat padat.BUIH CAIR adalah sistem koloid dengan fase terdispersi gas danmedium pendispersi adalah zat cair.
  4. 4. Contoh Buih PadatPembuatan roti melibatkanproses peragian yang akanmelepaskan gas CO2. Zat pemuihprotein gluten dari tepungkemudian akan membentuklapisan gelembung-gelembungCO2 untuk membentuk buihpadat.
  5. 5. CONTOHBUIHCAIRAlat pemadam kebakaran mengandungcampuran air, aluminium sulfat, natriumbikarbonat, dan suatu zat pemuih. CO2yang dilepaskan akan membentuk buihdengan bantuan zat pemuih tersebut.
  6. 6. Emulsi adalah suatu jenis koloid dengan fase terdispersi berupa zat cairdengan medium pendispersi berupa zat padat, zat cair, atau gas.Koloid EmulsiAda tiga jenis emulsi, yaitu emulsi padat (gel), emulsi cair(emulsi), dan emulsi gas (aerosol cair). Tetapi pada umumnyaemulsi yang dimaksud adalah jenis yang terdispersi dalam zatcair.
  7. 7. Emulsi Padat Atau GelGel merupakan emulsi dalam medium pendispersi zatpadat. Terdapat dua jenis gel yaitu : Gel Elastis, yaitu dapat berubah bentuk jika diberi gayadan akan kembali ke bentuk asal jika gaya tersebutditiadakan. Gel Non-Elastis, artinya tidak berubah jika diberi gaya.
  8. 8. Contoh Gel Elastis
  9. 9. Sistem koloid banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti di alam (tanah, air, dan udara), industri,kedokteran, sistem hidup, dan pertanian. Di industri sendiri,aplikasi koloid untuk produksi cukup luas. Hal inidisebabkan sifat karakteristik koloid yang penting, yaitudapat digunakan untuk mencampur zat-zat yang tidakdapat saling melarutkan secara homogen dan bersifatstabil untuk produksi skala besar.
  10. 10. JENIS INDUSTRI CONTOH APLIKASIIndustri makanan Keju, mentega, susu, saussaladIndustri kosmetika dan perawatantubuh Krim, pasta gigi, sabunIndustri cat CatIndustri kebutuhan rumah tangga Sabun, deterjenIndustri farmasi Peptisida dan InsektisidaIndustri pertanian Minyak ikan, pensilin untuksuntikan

×