Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Kolase, Montase, Mozaik

44,945 views

Published on

ni bahan dari dosen saya.

Kolase, Montase, Mozaik

  1. 1. KOLASE MONTASE MOZAIK KOLASE ?? MONTASE ??? MOZAIK??
  2. 2. KOLASE  Kata kolase yang dalam bahasa Inggris disebut ‘collage’ berasal dari kata ‘coller’ dalam bahasa Perancis yang berarti ‘merekat’. Selanjutnya kolase dipahami sebagai suatu teknik seni menempel berbagai macam materi selain cat, seperti kertas, kain, kaca, logam dan lain sebagainya kemudian dikombinasi dengan penggunaan cat (minyak) atau teknik lainnya (Susanto, M., 2002:63). 
  3. 3. Lanjutan.....................  Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan (kertas, kain, kayu)yang ditempelkan pada permukaan gambar (Depdiknas, 2001, 508), jadi kolase adalah karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan bahan yang bermacam-macam selama bahan tersebut dapat dipadukan dengan bahan dasar lain yang akhirnya dapat menyatu manjadi karya seni yang utuh dan dapat mewakiliungkapan perasaan estetis orang yang membuatnya.
  4. 4. MOZAIK  Mozaik adalah seni dekorasi bidang dengan kepingan bahan keras berwarna yang disusun dan ditempelkan dengan perekat (Depdiknas, 2001, 756) jadi mozaik dapat dikatakan sebagai pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan material atau bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong atau sudah berbentuk potongan kemudian disusun dengan cara ditempelkan pada bidang datar dengan cara dilem.
  5. 5. MONTASE  Komposisi gambar yang dihasilkan dari percampuran unsur dari beberapa sumber (depdiknas,2001,754) jadi karya montase dapat juga dikatakan sebagai karya yang dihasilkan dari komposisibeberapa gambar yang sudah jadi dengan gambar yang sudah jadi lainya. Misalnya gambar rumah dari majalah kemudian dipotong gambar rumahnya saja dan ditempel pada permukaan alas gambar, gambar orang juga dari majalah yang dipotang gambar orangnya saja, begitu juga gambar mobil gambar pohon, lajan dan lain sebagainya
  6. 6. Unsur-unsur Visual  Titik dan Bintik: titik adalah unit unsur rupa yang terkecil yang tidak memiliki ukuran panjang dan lebar, sedang bintik adalah titik yang sedikit lebih besar. Unsur titik pada kolase dapat diwujudkan dari butir-butir pasir laut. Sedang bintik dapat diwujudkan dari lada atau biji-bijian yang berukuran kecil dan sejenisnya
  7. 7.  Garis: merupakan perpanjangan dari titik yang memiliki ukuran panjang namun relatif tidak memiliki lebar. Ditinjau dari jenisnya garis dapat dibedakan menjadi: garis lurus, garis lengkung, garis putus-putus dan garis spiral. Unsur garis pada kolase dapat diwujudkan dari potongan kawat, lidi, batang korek, benang dan sebagainya.
  8. 8.  Bidang: merupakan unsur rupa yang terjadi karena pertemuan beberapa garis. Bidang dapat dibedakan menjadi bidang horizontal, vertikal, melintang. Aplikasi unsur bidang pada kolase bisa berupa bidang datar (2D) dan bidang bervolume (3D).
  9. 9.  Warna: merupakan unsur rupa yang penting dan salah satu wujud keindahan yang dapat dicerap oleh indera penglihatan manusia. Warna secara nyata dapat dibedakan menjadi warna primer, sekunder dan tertier. Unsur warna pada kolase dapat diwujudkan dari unsur cat, pita/renda, kertas warna, kain warna-warni dan sebagainya.
  10. 10.  Bentuk: dalam pengertian dua dimensi akan berupa gambar yang tak bervolume, sedang dalam penertian tiga dimensi adalah unsur rupa yang terbentuk karena ruang dan volume. Bentuk ada 2 macam yakni: bentuk dengan struktur beraturan dan terukur (bentuk geometris) dan bentuk yang tak beraturan (bentuk organis). Unsur bentuk pada kolase dapat berupa guntingan atau sobekan kertas/kain, bungkus permen, daun kering, pita, uang logam, tutup botol, potongan kayu, dan sebagainya.

×