Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Perilaku Konsumen & Gaya Hidup

Perilaku Konsumen & Gaya Hidup

  • Login to see the comments

Perilaku Konsumen & Gaya Hidup

  1. 1. PERILAKU KONSUMEN
  2. 2. TEORI KEPRIBADIAN FREUD Sigmund Freud mengemukakan suatu teori psikoanalitis kepribadian. Teori ini menyatakan bahwa kebutuhan yg tidak disadari atau dorongan dari dalam diri manusia seperti dorongan seks dan kebutuhan biologis adalah inti dari motivasi dan kepribadian manusia. Kepribadian manusia terdiri atas tiga unsur yaitu Id, Superego, dan Ego.
  3. 3. IDID SUPEREGOSUPEREGO EGOEGO TEORI KEPRIBADIAN FREUD
  4. 4. TEORI KEPRIBADIAN FREUD ID —Id Adalah aspek biologis dalam diri manusia yang ada sejak lahir, yang mendorong munculnya kebutuhan fisiolgis. seperti lapar, haus, dan nafsu seks.
  5. 5. TEORI KEPRIBADIAN FREUD SUPEREGO Superego adalah aspek psikologis pada diri manusia yang menggambarkan sifat manusia untuk tunduk dan patuh kepada norma- norma sosial, etika, dan nilai-nilai masyarakat. Superego bisa dianggap sebagai unsur yang berfungsi untuk mengurangi atau menekan nafsu biologis (Id) yang ada dalam diri manusia.
  6. 6. TEORI KEPRIBADIAN FREUD EGO Ego merupakan unsur yang bisa disadari oleh manusia dan berfungsi menjadi penengah antara id dan superego. Ego berusaha menyeimbangkan apa yang ingin dipenuhi oleh Id dan apa yang dituntut oleh superego agar sesuai dengan norma sosial.
  7. 7. TEORI KEPRIBADIAN FREUD —Contoh Kepribadian Freud : manusia merasakan lapar (id) kemudian telah menemukan makanan, namun makanan tersebut bukan miliknya, maka manusia akan kembali menggunakan Egonya untuk melakukan transaksi logis dengan berusaha menjadikan makanan tersebut ‘miliknya’ dengan tetap mempertimbangkan Superego.
  8. 8. TEORI NEO FREUD Teori ini merupakan kombinasi dari sosial dan psikologis. Teori ini menekan kan bahwa manusia berusaha untuk memenuhi apa uang dibutuhkan masyarakat dan masyarakat membantu individu dalam memenuhi kebutuhan dan tujuannya. Para tokoh teori neo-freud adalah Alferd adler, Karen Horney, Harry Stack Sullivan, dan formm
  9. 9. TEORI NEO FREUD Horney mengemukakan 3 model kepribadian manusia yang terdiri dari : 1. Compliant adalah individu patuh, mereka yang ingin mendekati orang lain. Ia menginginkan orang lain untuk menyayanginya menghargai, dan membutuhkannya. Contoh : orang yang lebih menyukai produk bermerk lama 2. Aggressive adalah mereka yang menjauhi orang lain dan ingin mengungguli dan dikagumi. Contoh : seseorang yang menyukai merk deodorant tertentu karena daya tariknya yang maskulin. 3. Detached adalah kepribadian yang dicirikan selalu ingin bebas, mandiri, mengandalkan diri sendiri, dan ingin bebas dari berbagai kewajiban. Contoh : seorang yang hobi minum. Mereka cenderung tidak setia terhadap merk tertentu dan ingin mencoba merk yang berbeda.
  10. 10. GAYA HIDUP konsep yang lebih baru dan lebih mudah terukur dibandingkan kepribadian. Gaya hidup mencerminkan pola konsumsi yang menggambarkan pilihan seseorang bagaimana ia menggunakan waktu dan uang. Gaya hidup seringkali digambarkan dengan kegiatan, minat opini dari seseorang. Gaya hidup seseorang juga biasanya tidak permanen dan cepat berubah.
  11. 11. PSIKOGRAFIK konsep yang terkait dengan gaya hidup. Dan biasanya digunakan untuk melihat segmen pasar. Psikografik adalah pengukuran kuantitatif gaya hidup, kepribadian, dan demografik konsumen. Psikografik sering diartikan sebagai pengukuran AIO (activity, interest, opinion), yaitu pengukuran kegiatan, minat dan pendapat konsumen.
  12. 12. PSIKOGRAFIK Inventori Psikografik VALS Arnold Mitchell mengembangkan suatu konsep yang disebut sebagai The Value and Lifestyles (VALS) System. Konsep VALS adalah instrumen untuk mengidentifikasi nilai dan gaya hidup.

×