Pengantar teknologi informasi 2

269 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
269
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengantar teknologi informasi 2

  1. 1. PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Nama : Mega Anis Kartika Nim : 41812120194
  2. 2. SOFTWARE Adalah komponen dalam data proccesing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Fungsi software antara lain : Mengidentifikasi program Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh nya peralatan komputer terkontrol. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
  3. 3. Yang termasuk software adalah : Programming Languages Routines (User Program) Applicatin Packages (Packages Programs) Input/Output system Operating System PROGRAMMING LANGUAGES Adalah bahasa-bahasa yang dipakai oleh programmer untuk menuliskan kumpulan- kumpulan instruksi. Contoh :Assembler, Cobol, Fortran, PL/I, RPG, Bahasa C, Microsoft Visual Basic, Borland Delphi, Microsoft Access & Pascal.
  4. 4. Routines (User Program) Yaitu program yang di buat oleh programmer dalam bahasa program untuk suatu aplikasi tertentu dan dipakai berulang-ulang. Contoh :Payroll, Inventory Control, Invoicing Billing Procedure, Personalian, Security, dll.Application Packages Ialah program-program yang dibuat oleh perusahaan komputer untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang umum.
  5. 5. Beberapa contoh program packagesantara lain : S.S.P (Scientific Subroutine Packages) MPSK-LINEAR PROGRAMMING (Mathematical Programming Support Extented – Linear Program) G.P.S.S (General Purpose Simulation System) CALOOMP-PLOTTER, IMS (Information Management System) CI C S (Costumer Information Control System) P M I C (Project Management Information System) U M M S (Unit Materials Management System)
  6. 6. Operating Sytem (OP) Adalah bagian sofware yang sangat penting. Merupakn kumpulan program yang mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan prosessing di dalam sistem.Berikut adalah contoh-contoh OS yang dipakai antara lain : BOS (Basic Operating System) TOS (Tape Operating System) DOS (Disk Operating System) Microsoft Windows LINUX
  7. 7. Operating System (OS) terdiri atas 2bagian : 1. Control Program 2. ProsessingControl Program berfungsi sebagai : Mengawasi pelaksanaan processing Mengontrol penempatan data di dalam sistem termasuk pengaturan nya di dalam storage Mengatur jadwal pekerjaan processing
  8. 8. PROCESSING PROGRAM Processing Program terdiri dari : Language Processor, Service Program, User-Written Problem Program. Berfungsi sebagai : Mempermudah persiapan aplikasi program Menetukan pekerjaan yang akan dilakukan oleh sistem.
  9. 9. Language Processor Language Processor atau Language Translator (compiler) berfungsi menyusun dan menterjemahkan dari bahasa manusia (Source Rogram) ke dalam bahasa mesin (Object- Program). Macam Language processor (compiler) antara lain: -Fortran Compiler -Pascal Compiler -Assembler Compiler Kebanyak compiler ini dapt memberikan output berupa object-program kedalam 2 cara. Dituliskan pada medium kartu, printer, Disk atau Tape atau dituliskan langsung pada System Residence
  10. 10. SERVICE PROGRAM Service program adalah processing program yang melayani dan memberikan beberapa fasilitas dalam aplikasi suatu program. Servive program ini terdiri dari : LINKAGE EDITOR Linkage editor berfungsi mengedit atau membentuk job program yang telah ada dalam System Residence Device sebagai object program ke dalam Core-Image Library yang memuat program kedalam bentuk bahasa mesin dan siap untuk di proses (di-execute). Program ini disebut dengan Module Program.
  11. 11. LIBRARIAN Librarian berfungsi melakukan pekerjaan cataog (Catalog Funtion) seperti menjaga memberikan pelayanan dan mengatur seluruh organisasi didalam operating system. Hal ini memungkinkan seorang programmer untuk menambah, menghapus atau mengganti nama program nya di dalam library.SORT/MERGE Adalah bagian service program yang dapat mengatur susuna record di dalam file dalam bentuk Ascending Sequence (urutan menaik) atau Desending Sequence (urutan menurun) dan menggabungkan dua atau lebih kumoulan file kedalam/menjadi satu file dengan susunan record yang berurutan.
  12. 12. UTILITIES Utility program sering dipakai untuk memindahkan file dari satu media ke media yang lain. Mungkin kedua media itu sama (sejenis) atau berlainan. Contoh : Pemindahan file dari tape ke tape, tape ke disk, kartu ke tape, tape ke printer dan lain sebagainya.AUTOTEST Adalah bagian service program yang secara otomatis melakukan testing terhadap suatu program selama Compilation atau menggunakan data bayangan (data yang tidak sebenarnya) sebelum program tersebut siap dipakai dengan data sebenarnya.
  13. 13. •PENGELOMPOKANSOFTWARE Berdasarkan fungsinya software dapat di bagi menjadi 2 golongan, yaitu : 1. Application Software (Perangkat Lunak Aplikasi) adalah program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas spesifik. Application software di golongkan mejadi beberapa bagian yaitu : Bahasa Pemrograman (Programming Language) Program Aplikasi (Application Program) Program Paket (Package Program) Program Utilitas (Utility Program)
  14. 14.  2. System Software (Perangkat Lunak Sistem) System Software atau Support Software (Perangkat Lunak Pendukung) adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer. Seperti CPU dan input output device. Contoh : Sistem operasi (Windows dan LINUX) Berdasarkan cara mendapatkan software dan hak pemakaina nya, software dapat digolongkan pada :
  15. 15. 1. Software Komersial Adalah software yang harus di beli dan dijual secara komersial. Setiap orang yang bermaksud menginstalnya harus membeli terlebih dahulu. Jika tidak membayar berarti melakukan pembajakan software dan dapat dikenakan hukum karena ada hak cipta (copyright). Contoh : Microsoft Office 2.Software Public Domain Software bersifat gratis dan tidak ada hak cipta. Contoh : LINUX
  16. 16. 3. SHAREWARE Bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun diharapkan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud menggunakan nya secara terus menerus. Sering kali ada hak cipta tetapi terkadang bebas untuk diberikan kepada siapa saja.4. FREEWARESoftware yang dapat digunakan tanpa perlu membayar.Tujuan pembuatan software freeware adalah :-Sebagai penarik bagi pemakai untuk membeli versi lebih lanjut.
  17. 17. - Pembuat meginginkan tanggapan dari pemakaisehingga ia dapat mengembangkan ke versi yanglebih baik.-Pembuat ingin menyebarluaskan karyanyasupaya menjadi terkenal.-Pembuat benar-benar ingin membantu pemakaidalam melaksanakan tugas tertentu tanpa perlumembeli software komersil.
  18. 18. 5. RENTALWARE Software yang dapat digunakan dengan cara menyewa dan memiliki hak cipta. Sewanya biasanya dilakukan pertahun. 6. FREE SOFTWARE Software yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan oleh siapa saja dan bebas untuk dikembangkan sendiri oleh pemakai. 7. OPEN SOURCE Muncul dari ide bahwa seandainya setiap orang berpartisipasi dalam mengembangkan suatu software akan berevolusi menuju ketingkat kesempurnaan.
  19. 19. TERIMA KASIH Thanks For Attention)

×