Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

IMPLEMENTASI SYSTEM

239 views

Published on

Implementasi Sistem dari Penerapan Metode Rote Learning Pada Aplikasi Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah Dan membaca Iqro Berbasis Android

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

IMPLEMENTASI SYSTEM

  1. 1. 92 BAB V IMPLEMENTASI SISTEM 5.1 Implementasi Dalam implementasi Penerapan metode Rote Learning pada aplikasi belajar mengenal hijaiyah dan membaca huruf berharokat berbasis mobile android, maka diperlukan suatu pendukung sistem untuk menjalankan sistem aplikasi tersebut. Ada beberapa pendukung sistem yang di gunakan dalam membangun suatu aplikasi, yaitu bahasa pemograman, spesifikasi perangkat lunak dan perangkat keras yang di gunakan untuk membangun aplikasi ini. 5.1.1 Bahasa Pemograman Dalam pembuatan suatu aplikasi perangkat lunak diperlukan suatu bahasa pemograman yang mendukung aplikasi tersebut. Bahasa pemograman digunakan untuk menejermahkan perintah-perintah yang diberikan dalam pembuatan suatu perangkat lunak atau aplikasi. Pemilihan bahasa pemograman sangat mempengaruhi terhadap keberhasilan suatu perangkat lunak atau aplikasi yang akan di buat. Bahasa pemroraman yang digunkan untuk membuat Aplikasi belajar mengenal huruf hijaiyah dan membaca huruf berharokat ini yaitu Bahasa pemrograman Java dengan Platform Android. Bahasa pemograman Java merupakan bahasa pemograman yang dapat digunakan bersama dengan GUI seperti Netabeans, Eclipse dan lain sebagainya, sehingga memudahkan dalam membuat Aplikasi, Java merupakan bahasa
  2. 2. 93 pemrograman yang bersifat Open SourchScript. Pemilihan bahasa pemrograman Java karena beberapa kelebihan yaitu: 1. Dapat Dijalankan dibeberapa system operasi computer biasa disebut multiplatform, sehingga pengguna cukup menuliskan sebuah program java untuk kemudian digunakan pada beberapa system operasi computer yang berbeda. Seperti, Untuk Hp yang ada platform Java, Android, Windows, Linux. 2. Pemrograman berorientasi objek, Konsep ini dalam bahasa inggris disebut Object Oriented Programing. 3. Bergaya C++ sehingga menarik banyak pemrograman dengan konsep C++ untuk hijrah ke Java. 5.1.2 Spesifikasi Perangkat Lunak dan Perangkat Keras. Untuk pendukung aplikasi ini dibutuhkan spesifikasi perangkat lunak dan perangkat keras yaitu: 1. Spesifikasi Perangkat Lunak. a. Sistem operasi yang digunakan pada pembuatan Aplikasi ini adalah Windows 7, aplikasi ini dapat tetap di jalankan dengan sistem operasi Linux/Unix, Windows dan Macintosh. b. Menggunakan bahasa pemograman Java dengan Eclipse sebagai sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). c. ADT Bundle
  3. 3. 94 2. Spesifikasi Perangkat Keras. Spesifikasi perangkat keras yang digunakan untuk Membuat dan menginplementasikan Aplikasi yaitu: a. PC Komputer Minimal Intel Quad-Core b. RAM minimal 2 Giga c. Harddisk 160 GB. d. Monitor VGA Gforce e. Keyboard. f. Mouse. g. Handphone sebagai media alat untuk menginplementasikan Aplikasi yang telah dibuat, adapun spesifikasinya yaitu; 1. Os Android 2. Versi Android 4.4.4 (Kitkat) 3. CPU Quad Core 1.2GHz 4. RAM 1 GB 5. ROM 8 GB 5.1.3 Pengembangan Program Hal-hal yang perlu dilakukan dalam pengembangan suatu program yaitu: 1. Melakukan penyesuian-penyesuian antara rancangan sistem yang telah di buat dengan kemampuan dan lingkungan bahasa pemograman yang di gunakan. 2. Menyiapkan antarmuka (interface) dari perangkat lunak yang akan di bangun. 3. Melakukan pengetesan terhadap program.
  4. 4. 95 5.2 Tampilan Antarmuka (Interface) Program Dalam bagian ini menggambarkan tampilan program aplikasi yang dirancang sesuai dengan rancangan yang dibuat pada tahapan desain sistem. 5.2.1 Antarmuka Loading Gambar 5.1 Tampilan Antarmuka Loading. 5.2.2 Antarmuka Menu Utama Gambar 5.2 Tampilan Antarmuka Menu Utama.
  5. 5. 96 5.2.3 Tampilan Antar muka Profil Gambar 5.3 Tampilan Antarmuka Profil. 5.2.4 Tampilan Antar Muka Menu HIjaiyah Gambar 5.4 Tampilan Antarmuka Menu Hijaiyah.
  6. 6. 97 Gambar 5.5 Tampilan Antarmuka Huruf Hijaiyah. Gambar 5.6 Tampilan Antarmuka Menu Play dihijaiyah.
  7. 7. 98 5.2.5 Antarmuka Menu Harokat Gambar 5.7 Tampilan Halaman Antarmuka Menu Harokat. Gambar 5.8 Tampilan Halaman Antarmuka Materi1.
  8. 8. 99 Gambar 5.8 Tampilan Halaman Antarmuka Materi 2. 5.2.6 Antarmuka Menu Iqro Gambar 5.9 Tampilan Antarmuka Menu Iqro.
  9. 9. 100 Gambar 5.10 Tampilan Antarmuka Menu Iqro 1. Gambar 5.11 Tampilan Antarmuka Menu Iqro 3.
  10. 10. 101 Gambar 5.12 Tampilan Antarmuka Menu Iqro 6. 5.2.7 Antarmuka Menu Quiz Gambar 5.13 Tampilan Antarmuka Quiz.
  11. 11. 102 Gambar 5.14 Tampilan Antarmuka soal Quiz. Gambar 5.15 Tampilan Antarmuka Nilai Quiz.

×