Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Sistem informatika penjualan secara tunaii

tugas arum manis

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Sistem informatika penjualan secara tunaii

  1. 1. SISTEM INFORMATIKA PENJUALAN SECARA TUNAI Umum Analisa adalah suatu kejadian yang dimulai dari proses awal didalam mempelajari serta mengevaluasi suatu bentuk permasalahan yang ada. Sistem adalah seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia, mesin/alat, dan prosedure serta konsep-konsep yang dihimpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama. Sedangkan informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan berarti bagi yang menerimanya. Sistem Informasi Penjualan adalah sub sistem informasi bisnis yang mencakup kumpulan prosedure yang melaksanakan, mencatat, mengkalkulasi, membuat dokumen dan informasi penjualan untuk keperluan manajemen dan bagian lain yang berkepentingan, mulai dari diterimanya order penjualan sampai mencatat timbulnya Tagihan/Piutang Dagang. Banyaknya cara-cara penjualan yang dapat di lakukan oleh perusahaan baik secara tunai maupun kredit.
  2. 2. Penjualan tunai merupakan unsur kegiatan yang pokok dan merupakan kegiatan rutin perusahaan. Naik pendapatan perusahaan. Proses penjualan secara tunai meliputi penerimaan surat pesanan barang dari customer (PO), pembuatan perintah pengiriman barang (DO), permintaan pembayaran di muka dengan menyertakan bukti pembayaran (bukti transaksi), pengiriman barang berdasarkan PO dan DO yg di sertakan surat jalan, dan pembuatan faktur penjualan yang berguna sebagai data tagihan kepada pelanggan atas penjualan barang dagang, laporan penjualan untuk melaporkan berapa penjualan yang sudah di lakukan perusahan dan laporan keuangan per-periode akuntansinya. Dalam transaksi penjualan tunai, penerimaan kas terjadi bersamaan dengan timbulnya penghasilan. Sehingga langsung berhubungan langsung dengan penambahan akun kas. Berdasarkan masalah ini, penulis melakukan penelitian pada PT Udaya Angerah Abadi. Penelitian ini di lakukan secara observasi, pengumpulan data dan wawancara. Dari hasil penelitian tersebut, diketahui terdapat beberapa cara dalam menjual. Untuk itu sistem yang diaplikasikan disesuaikan dengan operasi dilapangan. yaitu ; 1.Penjualan Langsung yaitu penjualan dengan mengambil barang dari supplier dan langsung dikirim ke customer. 2.Penjualan Stock Gudang yaitu penjualan barang dari stock yang telah tersedia di gudang 3.Penjualan Kombinasi ( langsung + stock ) yaitu penjualan dengan mengambil sebagian barang dari supplier dan sebagian dari stock yang tersedia di gudang. turunnya transaksi penjualan tunai sangat mempengaruhi penerimaan kas, yang berhubungan langsung dengan
  3. 3. Maksud dan Tujuan Maksud penulisan laporan ini adalah selain sebagai salah satu pemenuhan matakuliah Kerja Kuliah Praktek (KKP) adalah, untuk mengetahui dan menganalisa alur proses penjualan barang dagang secara tunai dan dokumen-dokumen apa saja yang di butuhkan dalam pengajuan dan peresalisasian penjualan barang dagang secara tunai. Bagaimana tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk melakukan penjualan barang dagang secara tunai ini kepada customer. Tujuan penulisan laporan ini adalah dapat diharapkannya dapat bermanfaat kepada mahasiswa-mahasiwi lain, yang dapat menambah pengetahuan tentang alur proses pengajuan dan perealisasian penjualan barang dagang tunai, serta dokumen-dokumen apa saja yang di perlukan. Dan dapat memberikan informasi bagi penulis lain yang akan melakukan penulisan dengan topik yang sama.
  4. 4. Metode Penelitian Metode yang di gunakan dalan penulisan analisa sistem informasi penjualan barang dagang tunai pada PT Udaya Angerah Abadi adalah sebagai berikut : Metode Observasi Penelitian langsung ke perusahaan PT Udaya Angerah Abadi yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Melihat langsung dan menganalisa proses atau tahapan-tahapan apa saja yang harus di lalui untuk penjualan barang dagang secara tunai ke pada customer. Pengumpulan Data Pengumpulan data unuk menganalisa secara teoritis sistem informasi penjualan barang dagang tunai secara umum, dan yang digunakan atau sedang berjalan dalam perusahaan, serta memepelajari cara-cara sistem yang berjalan di PT Udaya Angerah Abadi yang belum dalam keadaan terkomputerisasi. Metode Wawancara Wawancara dengan pihak-pihak PT Udaya Angerah Abadi yang berkaitan dengan sistem informasi pengajuan dan perealisasian penjualan barang dagang tunai untuk mengetahui cara-cara yang harus dilakukan dalam sistem tersebut.
  5. 5.  Ruang Lingkup  Berdasarkan pada bagian umum diatas, maka pembahasan masalah dalam penulisan “Analisa Sistem Informasi Penjualan Barang Dagang Tunai pada PT Udaya Angerah Abadi” ini perlu diadakan pembatasan ruang lingkup penulisan pada bidang tertentu, untuk menghindari penafsiran yang berbeda terhadap masalah yang akan dibahas, yaitu sebagai berikut:  1.Sistem Akuntasi Penjualan  2.Alur Proses Penjualan Barang Dagang Tunai  3.Dokumen-dokumen Yang Diperlukan  Sistematika Penulisan  Sistematika penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek yang penulis beri judul “Analisa Sistem Informasi Penjualan Barang Dagang Tunai pada PT Udaya Angerah Abadi” ini terdiri dari Empat Bab dengan urutan sebagai berikut
  6. 6. Contoh Gambar
  7. 7. TERIMA KASIH 

    Be the first to comment

    Login to see the comments

tugas arum manis

Views

Total views

254

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

2

Actions

Downloads

2

Shares

0

Comments

0

Likes

0

×