Mutammam TentNG Akhlak terpuji dalam kehidupan

2,448 views

Published on

Tak Perlu

Published in: Art & Photos
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,448
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
23
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mutammam TentNG Akhlak terpuji dalam kehidupan

  1. 1. Akhlak Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hariTugas UASJudul : Akhlak Terpuji dalam Kehidupan Sehari-hariMateri : MI Kelas II Semester INama : BadriahKelas : ERuang : 319BAB IIIAKHLAK TERPUJI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARIA. RamahRamah atau manis muka termasuk sikap yang terpuj. Dengan sikap ramah orang lain menjadisenang, sikap ramah ini sangat dibutuhkan dalam pergaulan. Banyak orang pandai, presiden, rajamemakai sikap ini. Dengan sikap ini orang memperoleh sukses dan mencapai kemenangan.Nabi Muhammad Saw. dalam kehidupan sehari-hari selalu dihiasi dengan keramah-tamahanterutama dalam berda’wah terhadap orang kafir, karena manis muka inilah banyak orang kafiryang tertarik masuk islam.Diantara keutamaan sifat ramah adalah sebagai berikut:1) Akan menambah keakraban dalam bergaul2) Akan memudahkan orang memahami apa yang disampaikan, sebaliknya bila secara kasardan tergesa-gesa orang sulit memahami pembicaraan kita.3) Guru dan da’i yang peramah, pelajarannya akan cepat dipahami oleh muridnya.4) Orang yang ramah akan mendapatkan pahala dari Allah Swt.Karena itu kamu harus membiasakan bersifat ramah. Dengan muka yang manis ketika berbicara,dengan senyum menghias bibir kamu akan banyak teman.B. Sifat Lemah Lembut
  2. 2. Sifat lemah lembut adalah perbuatan terpuji. Lawan sifat ini adalah kasar, keras kepala dan cepatmarah, orang yang kasar tidak di senangi orang, sebaliknya orang yang halus budi bahasanyaakan disukai oleh siapa saja.Dikemukakan oleh Rasulullah dalam hadisnya:“Sayangilah orang yang ada di bumi supaya engkau disayangi oleh yang di langit (Allah)”.Kebiasaan lemah lembut harus dilakukan setiap hari, baik terhadap perintah Allah, sepertimenolong dan bergaul dengan manusia, maupun lemah lembut terhadap lingkungan seperti padatumbuhan atau hewan.Adapun ciri-ciri orang yang lemah lembut antara lain:1) Berbicara tidak kasar2) Menghindari sikap sombong3) Murah senyum4) Suka menolong orang5) Mudah bergaul6) Memaafkan kesalahan orang dan minta maaf jika bersalahAdapun manfaat hidup lemah lembut sebagai berikut:1) Banyak mempunyai teman2) Di senangi semua orang3) Di sayangi Allah Swt.C. Saling MenghormatiSaling menghormati adalah saling mengakui dan menghargai keberadaan harkat dan martabatmanusia.Saling menghormati adalah saling mengakui dan menghargai keberadaan harkat dan martabatmanusia, sesama siswa madrasah kita harus saling menghaormati sesama teman. Adapun carasaling menghormati antara lain:Ø Menghargai teman yang kaya dan miskinØ Menghormati teman yang sedang belajar, jangan di gangguØ Tidak gaduh pada saat ada ujian/ ulangan.
  3. 3. Adapun ciri-ciri sikap hidup saling menghormati adalah:1) Sesama teman di madrasah akrab2) Tidak ada rasa kebencian3) Suasana pergaulan nyaman4) Tidak ada perselisihan.Sesama umat islam kita bersaudara, jadi tidak sepantasnya antar sesama teman bermusuhan.Nabi Muhammad saw adalah teladan hidup, beliau telah mempersaudarakan umat islam satudengan yang lainnya hendaknya kita saling menghormati antar sesama.Banyak manfaat hidup saling menghormati yaitu:Ø Menimbulkan rasa persaudaraan yang semakin kuatØ Tidak mudah di adu domba antara sesama temanØ Memperkuat persatuan ukuwah islamiyahD. Rajin“Rajin pangkal pandai, malas pangkal bodoh”Sifat rajin adalah perbuatan terpuji. Orang rajin selalu beruntung dan berhasil, sifat rajin harusdibiasakan sejak sekarang. Dengan rajin cita-citamu akan tercapai. Jika malas tidak rajin belajardan bekerja, kamu akan gagal dan menyesal. Orang tua, guru dan saudara-saudaramu tidakmenyukainya, teman-temanpun akan menjauhi. Jadilah anak yang rajin belajar dan bekerja. Ingatpepatah arabMan Jaddah WajadahArtinya: “Barang siapa yang bersungguh-sungguh/ rajin maka ia akan berhasil”.
  4. 4. Akhlak Remaja Dalam PergaulanAkhlak Remaja Dalam PergaulanA. Pengertian dan Pentingnya Akhlak Terpuji dalam Pergaulan RemajaPengertian akhlak, “al-akhlak” berasal dari bahasa Arab bentuk jama’ dari kata “khulkun” yangartinya budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat, sedangkan akhlak terpuji yang dalam bahasaArab disebut “akhlak al-karimaah”, karimah yang berarti mulia atau luhur, oleh karena itu “akhlak al-karimah” adalah sifat, watak, perangai, atau perilaku baik dan luhur yang bersumber dari nilai-nilaiajaran akhlak Islam.[1] Sedangkan pergaulan sendiri adalah suatu interaksi antara satu dengan lainnyayang tidak dibatasi oleh apapun. Pergaulan dapat ditemui dimana saja mulai dilingkungan keluargasampai masyarakat umum yang membutuhkan adanya tata cara bergaul sehingga akan ditemuikehidupan yang damai dan rukun, apalagi remaja yang pada zaman sekarang menghadapi zaman yangpenuh dengan tantangan dan godaan, apalagi yang berhubungan dengan gaya. Oleh karena itu akhlakal-karimah sangat penting dalam pergaulan masyarakat, terutama dalam pergaulan remaja, apalagi saatini sedang maraknya berbagi kenakalan remaja, baik minum-minuman keras, berjudi, freesex, narkobadan lain-lain.Hidup remaja muslim yang diterapkan di Negara saat ini dimana banyak bertentangan denganajaran-ajaran agama Islam tetapi gaya hidup ini mendapat tempat yang khusus dikalangan remajamuslim. Berarti remaja sekarang belum terdidik dengan didikan Islam yang sebenarnya dan masih minimakan ajaran Islam. Yang mana pergaulan remaja saat ini banyak dipengaruhi oleh modernisasi baratsehingga mereka berfikir dan bebas berbuat.Dalam Islam tidak diragukan lagi bahwa kaidah serta batasan dalam mengerjakan baik dan burukitu telah tertera dalam nash-nash syari’ah (al-Qur’an dan Hadits).gambaran jelas tentang perintahberakhlak yang baik telah tercatat dalam al-Qur’an dan Hadits, seperti firman allah:(an-nahl:90)[2]sebagaimana yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, yang harus dijadikan contohteladan yang ideal, yang mana Allah mengutus Nabi untuk memberi teladan akhlak yang mulya kepadamanusia, perintah itu dilakukan nabi dengan baik, sehingga mendapat pujian yang baik dari Allah SWT,“sesungguhnya engkau berada pada akhlak yang agung” bahkan Rosulallah bersabda:
  5. 5. Artinya: “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak”.[3]Agama Islam adalah sebagai sumber nilai akhlak harus dijadikan landasan dalam membinaakhlak remaja, karena agama merupakan pedoman hidup serta memberi landasan yang kuat bagi dirisetiap remaja, maka dari itu penting sekali untuk menanamkan nilai-nilai akhlak yang terpuji yangbersumber pada ajaran Islam, serta membiasakan berakhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari,karena dengan menciptakan akhlakul karimah akan terlaksananya kemaslahatan yang baik dalampergaulan sehari-hari.[4]B. Bentuk dan Contoh Perilaku Akhlak Terpuji dalam Pergaulan RemajaAl-Qur’an dan hadits Nabi Muhammad SAW, telah memberi petunjuk tentang hal-hal yangdiharuskan sebagai perbuatan terpuji dan hal-hal yang harus di tinggalkan sebagai perbuatan tercela. Diantara bentuk prilaku atau perbuatan terpuji dalam bergaul yang di muat dalam al-Qur’an dan haditsadalah:
  6. 6. 1. Ta’aruf dan tafahumTa’aruf yang berarti saling mengenal atau saling mengetahui, sedangkan tafahum artinya salingmemahami keadaan satu dengan yang lainyan. Oleh karena itu dengan akhlak ini akan terlahir salingpengertian satu sama lainnya yang menjadikan dekatnya hubungan dan adanya jalinan hati yang kuat.Dalam firman Allah di jelaskan:(al-Hujurat [49]:13)Artinya: “Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorangperempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang palingtaqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal”. (QS. al-Hujurat[49]: 13)2. Ta’awun atau tolong menolong dalam hal kebaikan, dengan adannya ta’awun akan terjalin kerja sama,saling tolong menolong, dan Bantu membantu. Seperti membantu teman yang sedang kesusahan,meringankan beban hidup oaring lain yang sedang kesusahan, mengunjungi tetangga yang sedang sakit.Firman allah:(al-Maidah [5]:2)Artinya: “...dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran...”. (QS. al-Maidah [5]: 2)3. Tasamuh atau toleran, lapang dada dan tenggang rasa, seperti bertetangga dengan baik walaupunberbeda pandangan, saling menghargai dan menghormati satu sama lain, dan tidak mengganggu temanyang berbeda keyakinan. Agar terjalin hubungan yang baik satu dengan yang lain, perlu adanya sikaptasamuh dalam batas-batas yang ditentukan agama. Firman Allah:(al-Kafirun [109]: 6)Artinya: “Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (QS. al-Kafirun [109]: 6)
  7. 7. 4. Jujur dan adilJujur yang berarti lurus hati atau berkata apa adanya, sedangkan adil yang berarti tidak memihak salahsatu atau tidak berat sebelah. Firman Allah: (an-Nahl [16]: 90)Artinya: “Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) Berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepadakaum kerabat...”. (QS. al-Nahl [16]: 90)5. Amanah dan menepati janjiAmanah adalah sesuatu yang dipercayakan orang lain kepada kita. Baik oleh teman, keluarga, atasandan lain-lain. Sedangkan menepati janji adalah berbuat sesuai dengan janji yang telah di ucapkan.Firman Allah:(an-Nisa [4]: 58) [5]Artinya: “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhakmenerimanya...”. (QS. an-Nahl [16]: 58)Dalam berakhlakul karimah dapat di terapkan dalam hal ibadah terhadap Tuhan, dan kepadasesama, berperilaku yang baik, seperti menghormati orang tua, sebagaimana contoh, yaitu bicaradengan baik dan benar, sebagai remaja dalam bergaul harus berbicara dengan akal sehat, dan tidak sukamengeluarkan kata-kata kotor yang tidak pantas diucapkan. Allah berfirman:Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yangbenar, semoga Allah memperbaiki amal perbuatan kamu dan mengampuni dosa-dosa kamu. Barangsiapa yang menaati Allah dan Rosul Nya, berarti ia mendapatkan kemenangan yang besar” (QS. al-Ahzab [33] :70-71).Dengan contoh ini, menjelaskan bahwa remaja yang selalu menggunakan akal sehat nya, tidakakan menjerumuskan dirinya ke dalam pergaulan yang buruk seperti yang terjadi dalam kalangan remajayang suka memakai narkoba, mabuk-mabukan, bahkan hal buruk lain seperti seks bebas yang merajaleladi antara kaum remaja, semua hal itu oleh mereka tidak akan di lakukan.[6]
  8. 8. C. Nilai Negatif Akibat Perilaku Pergaulan Remaja yang Tidak Sesuai dengan Akhlak Islam dalamFenomena KehidupanMelihat perkembangan terakhir umat Islam di Indonesia tergambar dengan jelas betapamerosotnya akhlaknya sebagai umat Islam. Khususnya yang terjadi di kalangan remaja, padahal nilaisuatu bangsa sangat tergantung dari kualitas akhlak-akhlak nya, seperti dikatakan “bahwa suatu bangsaitu sangat ditentukan kualitas akhlaknya, jika akhlak sudah rusak, maka hancurlah bangsa tersebut”.Dilihat dari bentuk dan contoh perilaku terpuji dikalangan remaja, maka terdapat sisi negatif yang terjadiapabila perilaku pergaulan remaja itu tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan ini,diantara nilai-nilai negatif akibat perilaku buruk yang terjadi dari fenomena-fenomena yang tampakmerupakan krisis moral atau permasalahan akhlak yang dialami para remaja, dengan akibatnya pararemaja jauh dari akhlak yang terpuji, diantara dampak negative yang berpengaruh pada diri sendiriyakni, mereka lebih sering menghabiskan waktu hidupnya untuk berfoya-foya dengan hal-hal yangmenyimpang dari agama, seperti kerusakan moral remaja dengan menggunakan narkoba, pengaruhburuk yang diperoleh adalah dapat merusak hati dan otak, begitupun sikap remaja yang seperti itucenderung anarkis, berani, bahkan bisa jauh dan lupa pada Tuhannya, karena pada dasarnya pergaulanyang semacam itu merupakan akhlak yang tidak sesuai dengan ajaran Islam yang telah dimuat dalam al-Qur’an dan hadits, bahkan dengan perilaku seorang remaja yang seperti itu dapat menjadikan dampaknegative pada oaring lain. Mereka mengancam hak-hak hidup orang lain seperti membunuh,menganiaya, serta mengancam kehormatan orang lain dan bersifat tidak susila seperti pemerkosaan danperzinaan.Perbuatan remaja tersebut pada akhirnya akan menimbulkan keresahan sosial, sehinggakehidupan masyarakat tidak harmonis, tentram, ikatan solidaritas menjadi runtuh. Secara yuridis formalperbuatan-perbuatan mereka jelas melawan hukum tertulis atau undang-undang.[7] Sebagaimanasumber mengatakan :Artinya: “Sebagian ahli balaghoh mengatakan: implikasi kemuliaan akhlak itu adalah ketentraman, danmanusia yang berakhlak mulia akan selamat sebaliknya, orang yang hina akhlaknya berada dalamkesengsaraan, yang berarti dirinya itu dalam kepedihan“.
  9. 9. D. Penerapan Perilaku Akhlak Terpuji dalam Pergaulan Remaja dalam Kehidupan Sehari-hariPada masa ini dengan terjadinya perkembangan global di segala bidang kehidupan selainmengindikasikan kemajuan umat manusia di satu pihak, juga mengindikasikan kemunduran akhlak padakaum remaja, disamping itu era informasi yang berkembang pesat pada saat ini dengan segala dampakpositif dengan negatifnya telah mendorong adanya pergeseran nilai moral dikalangan remaja. Olehkarena itu perilaku akhlak terpuji dikalangan remaja ini perlu ditanamkan dalam diri dan dilakukandalam kehidupan sehari-hari.[8] Dengan adanya kemajuan kebudayaan melalui pengembangan IPTEKoleh manusia yang tidak seimbang dengan kemajuan moral akhlak, telah memunculkan gejala baruberupa krisis akhlak terutama yang terjadi di kalangan remaja, untuk menerapkan akhlak yang baikdalam menghadapi kondisi lingkup yang semacam itu, maka seorang remaja haruslah lebih bijaksana,pintar, dan waspada dalam menyikapinya, dengan adanya pembinaan terhadap remaja yang telahditunjukkan dalam al-Qur’an dan hadits yang ada. Maka di dalam pergaulan lingkup hidupnya, seorangremaja sudah pastilah harus menanamkan akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari, yang mana diklasifikasikan kedalam beberapa lingkup pergaulan. Diantaranya:1. Bergaul dengan orang tua, yakni dengan berkata sopan, santun, lemah lembut, jika hendak pergi makamintak izin dan mengucapkan salam, senantiasa patuh terhadap perintahnya, selalu membantu danmendo’akan orang tua. Firman Allah:(an-Nisa [4]:36)Artinya: “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuatbaiklah kepada dua orang ibu-bapak”. (QS. an-Nisa [4]: 36)2. Bergaul dengan guru, yakni dengan selalu mentaati perintahnya, berkata sopan ketika mengikutipelajarannya, ikhlas penuh kesabaran dalam mengikuti pelajarannya, serta mendo’akan guru. Dalamhadits disebutkan:Artinya: “Muliakanlah orang yang telah memberi pelajaran kepadamu”
  10. 10. 3 Bergaul dengan lawan jenis, Islam telah memberi rambu-rambu (batasan) yang harus diperhatikanantara laki-laki dan perempuan. Diantaranya: wanita harus menutup aurat yang tampak, masing-masinghendaknya menjaga diri, jangan sampai terjerumus dalam pergaulan bebas (zina), kewajiban laki-lakimenghormati wanita, serta menjaga diri dari minum-minuman, obat-obatan yang berbahaya danterlarang.4. Bergaul dengan teman sebaya, yakni dengan cara menghargai, tidak suka menghina sesama, salingmenasehati, mendahulukan kepentingan bersama dari pada diri sendiri, serta bertutur kata yanglembut.[1] Drs. Mohammad Kholiq, Aqidah Akhlak, (Gresik: CV. Putra Kembar Jaya, 2008), 60-61.[2] S. Saifullah Waly, Metode Belajar Efektif Akidah Akhlak Kelas IX , (Yogyakarta: CV. Media Karya Putra,2006), 26-27.[3] Suparman Syukur, Etika Religius, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006), 299.[4] Drs. Mohammad, Aqidah Akhlak, 64.[5] S. Saifullah Waly, Metode Belajar Efektif Akidah Akhlak Kelas IX , 29-33[6] Drs. Masan Alfat, Aqidah Akhlak, (Semarang: Karya Toha Putra, 2005), 140-143.[7] Suparman Syukur, Etika Religius, 304-305.[8] Ibid, 306
  11. 11. MAKALAH AQIDAH AKHLAK TENTANG PEMBAHASAN“AKHLAK TERPUJI”BAB IPENDAHULUANA. Latar BelakangDalam pergaulan sehari – hari antara kita sesama Manusia, agar hubungan ini berjala denganbaik tentu ada aturan yang harus kita jalankan, bagi kita umat Islam tata cara bergaul tersebuttelah diatur dalam Alqu’an dan sunnah Rasulllah SAW yang sering kita sebut dengan Sifatterpuji atau akhlak terpuji.Dalam pembahasan yang akan kami terangkan pada makalah ini, bahwa kami akanmengemukakan diatara bentuk – bentuk dari akhlak terpuji tersebut mulaidari pengertian,macam – macam sampai kepada bentuk – bentuk atau contoh dari akhlak terpuji tersebut.Hal ini kami susun dalam bentuk sebuah makalah, disamping untuk menambah wawasankami sebagai pemakalah mengenai pembahasan akhlak terpuji ini, dan juga dengan pembahasanini agar kami dan segenap pembaca lainnya mampu menjadikan ilmu ini sebagai salah saturujukan dalam melakukan pergaulan dalam kehidupan sehari – hari. Kemudian juga pembahasanini kami buat sebagai bentuk tugas dari mata kuliah materi aqidah akhlak dan pembelajarannyadi STAIN Batusngkar dalam tugas kelompok yang disajikan dalam bentuk makalah.B. PokokPembahasan1. Pengerian Akhlak, Moral,dan Etika2. Pengertian dan Pentingnya beserta Contoh – Contoh Prilaku Ikhlas, Taat, Khauf dan Taubat3. Nilai-Nilai Positif Dari Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat4. Pengertian Tawakal,Ikhtiar, Sabar, Syukur, Dan Qanaah5. Contoh-Contoh Perilaku Tawakal,Ikhtiar, Sabar, Syukur, Dan Qanaah6. Nilai –Nilai Positif Dari Tawakal, Ikhtiar, Sabar, Syukur, Dan Qanaah.C. TujuanDari materi yang kami sajikan dalam makalah ini, mengenai akhlak terpuji, mudah –mudahan hal ini dapat kita jadikan suatu rujukan dalam melakukan perbuatan dalam kehidupansehari – hari, kemudian juga dengan materi ini, ilmu kita semakin mantap mengenai topik akhlakterpuji ini.BAB IIAKHLAK TERPUJI
  12. 12. A. Pengertian Akhlak, Moral, dan Etika1. Pengertian AkhlakAkhlak berasal dari bahas arab “akhlaq” yang merupakan bentuk jamak dari “khuluq”,atau akhlak juga berarti budi pekerti, tabia’at, watak.Sedangkan menurut istilah akhlak didefenisikan oleh beberapa ahli sebagai berikut:1. Menurut Al-Ghazali, segala sifat yang tertanam dalam hati yang menimbulkan kegiatan-kegiatandengan ringan dan mudah tanpa memerlukan pemikiran tanpa pertimbangan.2. Menurut Abdul Karim Zaidan, nilai dan sifat yang tertanam dalam jiwa sehingga seseorangdapat menilai perbuatan baik atau buruk, kemudian memilih melakukan atau meninggalkanperbuatan tersebut.2. Pengertian MoralMoral berasal dari bahasa latin”mores” yang merupakan jamak dari kata mos yang artinyaadat atau kebiasaan.Sedangkan menurut istilah akhlak adalah suatu ajaran baik dan buruk yang diterimaumumnya mengenai perbuatan, sikap, akhlak, dan budi pekerti.Adapun menurut kamus umum bahasa indonesia moral adalah penentuan baik atauburuknya suatu perbuatan.3. Pengertian EtikaEtika berasal dari bahasa yunani yaitu “ethos” yang berarti watak, kesusilaan, dan adat.Sedangkan menurut istilah etika adalah ilmu yang menjelaskan arti baikatau buruk suatuperbuatan seseorang, atau menerangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia,menyatakan tujuan yang harus dituju manusia didalam perbuatan mereka dan menunjukkan jalanuntuk melakukan apa yang seharusnya diperbuat.Sedangkan menurut kamus umum bahasa indonesia etika adalah ilmu pengetahuan tentang azaz-azaz ahklak.B. Ruang Lingkup AkhlakYang menjadi ruang lingkup dari ahklak adalah sama dengan ruang lingkup ajaran islamitu sendiri, yaitu mencangkup seluruh aspek kehidupan, baik secara vartikal dengan Allah SWTmaupun secara horizontal sesama makhluk lainnya.Yang menjadi ruang lingkup ahklak tersebut adalah :
  13. 13. 1. Ahklak Terhadap Allah SWTMisalnya takwa cinta, ridha, tawakkal, syukur, dan taubat2. Ahklak Terhadap Rasulullah SAWAdapun ahklak terhadap Rasulullah SAW tersebut dapat dilakukan dengan:Mencintai dan memuliakan rasulullahMengikuti dan menaati RasulMenggucapkan syalawat dan salam terhadap Rasul3. Akhlak Pribadi atau Diri SendiriAdapun ahklak terhadap pribadi ini adalah :Menjaga kehormatan diri dari segala hal yang akan merendahkan dan merusaknyaawadhu’(rendah hati )Haya’ (malu)4. Ahklak Terhadap KeluargaAdapun ahklak terhadap keluarga itu adalah:Berbuat baik terhadap kedua orang tuaHak dan kewajiban dan kasih sayang suami istriKasih sayang dan tanggung jawab orang tua terhadap anak5. Ahklak Terhadap MasyarakatAdapun ahklak terhadap masyarakat itu asdalah:1) Bertamu dan menerima tamu2) Hubungan baik dengan tetangga3) Hubungan baik dengan masyarakat4) Bergaul dengan muda-mudi dalam masyarakat itu sendiri6. Ahlak Terhadap NegaraAdapun ahklak terhadap negara itu adalah:1) Musyawarah menegakkan keadilan
  14. 14. 2) Hubungan baik pemimpin dan yang dipimpinC. Pengertian dan Pentingnya beserta Contoh – Contoh Prilaku Ikhlas, Taat, Khauf danTaubat1. Pengertian IkhlasIkhlas menurut bahasa berasal dari bahasa arab khalasa artinya bersih, jernih, murni dantidak bercampur. Sedangkan menurut istilah ikhlas adalah semata – mata mengharap ridha allah.Menurut sayyid sabiq ikhlas adalah “ Seseorang berkata, beramal dan berjihad mencari ridhaallah, tampa mempertimbangkan harta, pangkat, status, popularitas, kemajuan atau kemunduran,supaya dia dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan amal dan kerendahan akhlaknya sertadapat berhubungan langsung dengan Allah SWT ”.Pentingnya Prilaku ikhlas dalam kehidupan sehari-hari sangat berperan sekali dalamkehidupan kerena ikhlas untuk menjalani sesuatu akan bernilai ibadah disisi Allah.Contohnya seorang pedagang, setelah ia luruskan motivasinya dan berusaha secaraprofesional lalu setelah berhasil mendapatkan kekayaan untuk apa kekayaan itu dimanfaatkan ?apakah hanya sekadar untuk memuaskan hawa nafsu? Apakah dia belanjakan hartanya untukkebaikan atau kemaksiatan? hal inilah yang menentukan keikhlasannya.2. Pengertian TaatSecara bahasa taat artinya patuh. Sedangkan menurut istilah taat artinya upaya untukselalu mengikuti petunjuk Allah dengan cara malaksanakan perintah dan menjauhi segalalarangan-Nya.Prilaku taat merupakan prilaku yang senantiasa selalu menjaga diri kita agar tidakmelakukan hal-hal yang melanggar syaria’t. Karena dengan taat untuk melaksanakan perintahAllah kita semakin menyadari kebesaran Allah dalam menciptakan dan mengawasi apapun yangterjadi dimuka bumi.Contoh prilaku taat adalah tidak mencuri, tidak berzina dan melaksanakan shalat limawaktu.3. KhaufKhauf adalah kegalauan hati membayangkan sesuatu yang tidak disukai yang akanmenimpanya atau membayangkan hilangnya sesuatu yang disukainya.Dengan berlaku khauf itu merupakan pembuktian keimanan seseorang kepada AllahSWT, apabila khauf kepada Allah berkurang dalam diri seseorang maka hal ini bertanda mulaiberkurangnya pengetahuan dirinya terhadap Allah. Dengan adanya rasa khauf atau takut kepadaAllah maka akan menambah keimanan seseorang.
  15. 15. Contoh prilaku khauf adalah memelihara hatinya dari dengki, sombong, riya dll.4. TaubatTaubat menurut bahasa adalah taba yang berarti kembali, hamba yang bertaubat allahadalah orang yang kembali dari sesuatu, misalnya kembali dari sifat-sifat yang tercela menujusifat-sifat yang terpuji, kembali dari larangan allah menuju perintah-Nya, kembali dari maksiatmenuju taat.Agama islam tidak memandang manusia seperti malaikat yang tidak mempunyai kesalahandan dosa sebagaimana islam tidak membiarkan manusia untuk tidak putus asa dari ampunantuhannya. kewajiban seorang mukmin adalah harus mendekatkan diri kepada Allah salah satudengan senatiasa bertaubat.Contoh prilaku taubat adalah dengan menyesali segala perbuatan dosa yang telah kita lakukandan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.D. Nilai-Nilai Positif Dari Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat1. Dampak positif dari prilaku ihklas dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagaiberikut :1. Melatih diri agar tidak mersa bangga jika perbuatan baiknya dipuji orang lain.2. Dapat menjaga keistiqomahan dan kerutinan dalam berbuat baik, meskipun perbuatan amalbaiknya itu tidak terlihat oleh manusia.3. Merasa senang karena adanya harapan mencari ridha dari Allah semata.4. Melatih diri agar tidak merasa bangga jika perbuatan baiknya dipuji oleh orang lain.2. Dampak Positif dari Perbuatan taat dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:1. Memperoleh kepuasan batin karena telah melaksanakan salah satu kewajibannya kepada Allah.2. Memperoleh kemenangan yang besar3. Mendapatkan ridho Allah karena telah mampu mentaati perintah-Nya.4. Melatih diri untuk disiplin dalam segala hal termasuk dalam urusan belajar dan mematuhiperaturan.5. 3. Dampak Positif dari PerbuatanKhauf dalam Kehidupan Sehari – hari adalah Sebagai Berikut :1.1. Dapat meningkatkan kualitas perbuatan baiknya karena mengharap ridho dariAllah.2. Tidak menganggap ringan terhadap semua perbuatan dosa karena akandipertanggungjawabkan kepada Allah.3. Tidak membangga – banggakan kebaikan yang dilakukan dimasa lalu karenabelum tentu kebaikannya tersebut diterima disisi Allah.4. Bersikap hati-hati dalam berusahaØ sehingga rizki yang diperoleh halal dandiridhoi Allah.
  16. 16. 5. Mengingat – ingat dosa dan kesalahan dimasa lalu karena belum tentudimaafkan Allah.6. 4. Dampak Positif dari Perbuatan Taubat dalam Kehidupan Sehari - hariadalah Sebagai Berikut :1. Memperoleh semangat dan gairah hidup baru karena Allah berkenanmenerima taubatnya.2. Dapat memperoleh jalan yang benar setelah terjerumus dalam jalankesesatan.3. Mendapatkan simpati dan dihargai oleh orang lain karena telah kembalikejalan yang benar.4. Dapat mengembalikan nama baik keluarga yang sempat tercorengmeskipun dalam waktu yang lama.5. Menjadikan rasa aman dan tentram bagi kehidupan masyarakat.6. E. Pengertian Tawakal, Ikhtiar, Sabar, Syukur, Dan Qanaah1. 1. TawakkalSecara harfiah (bahasa), berarti menyerahkan diri. Secara istilah, menurut Harun Nasutiontawakal adalah menyerahkan diri kita kepada qada dan keputusan dari Allah SWT. Sedangkanmenurut Hamdun al-Qashshar tawakal adalah selalu berpegang teguh kepada Allah. Tawakaladalah membebaskan hati dari segala ketergantungan kepada yang selain dari Allah danmenyerahkan segala sesuatu kepadanya.Tawakal harus diawali dan diikuti dengan kerja keras dan usaha yang maksimal karenatawakal itu merupakan buah dari keimanan. Orang-orang yang beriman akan senantiasa berlakutawakal atas semua usaha yang telah ia lakukanPentingnya prilaku tawakkaldalam kehidupan manusia, seseorang sangat membutuhkan yangnamanya berprilaku tawakkal karena dengan adanya sikap tawakkal seseorang tidak akanberputus asa ketika mengerjakan atau melakukan suatu usaha yang tidak sesuai denganharapannya. Karena ia akan senantiasa menyerahkan dirinya kepada Allah dan berprilaku sabardan ikhlas dalam menghadapi suatu cobaan yang datangnya dari Allah.2. IkhtiyarIkhtiyar berasal dari bahasa arab yaitu ikhtiar yang berarti mencari hasil yang lebih baik.Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata ikhtiyar itu berarti alat atau syarat untuk mencapaimaksud pilihan bebas, upaya dan daya upaya. Dalam kehidupan ini manusia senantiasaberikhtiyar dalam mengerjakan sesuatu. Jadi ikhtiyar adalah suatu proses usaha yang dilakukandengan mengeluarkan segala daya, upaya dan kemampuan yang dimilikinya untuk mencapaihasil yang terbaik yang sesuai dengan keinginannya.Manusia diberi oleh Allah akal dan pikiran, dengan adanya dua hal tersebut maka manusiaitu memiliki kehendak. Setiap manusia pasti memiliki cita-cita dan keinginan yang berbeda-beda, baik itu keinginan dalam jangka waktu yang panjang maupun dalam jangka waktu yangpendek dan baik itu didunia maupun diakhirat.
  17. 17. Allah menjadikan manusia dimuka bumi sebagai Khalifah Fil Ardi yang mampumengembangkan dan memajukan alam dan peradaban dimuka bumi ini.3. ShabarSecara Harfiah, sabar berarti tabah hati, sedangkan menurut istilah adalah menahan diri darisegala sesuatu yang tidak disukai karena mengharapkan ridho dari Allah swt. Menurut Zun al-Nun al-Mishri, sabar adalah menjauhkan diri dari hal-hal yang bertentangan dengan kehendakAllah, tetapi tetap tenang ketika menghadapi cobaan, dan menampakkan sikap cukup walaupunsebenarnya berada dalam kefakiran dalam bidang ekonomi.Menurut Ibn Atha, sabar adalah tetap tabah dalam menghadapi cobaan dengan sikap yangbaik. Sedangkan sabar menurut Ibn Usman al-Hairi adalah orang yang mampu memasungdirinya atas segala sesuatu apa yang kurang menyenangkan. Dikalangan para sufi sabar diartikansabar dalam menjalankan perintah Allah dan menerima segala cobaan yang dtang dari Nya dantidak menunggu datangnya pertolongan.4. SyukurSyukur secara bahasa berarti berterima kasih, sedangkan menurut istilah adalah berterimakasih kepada allah swt dan pengakuan yang tulus atas nikmat dan kurnianya melalui ucapan,sikap dan perbuatan.nikmat dan kurnia allah banyak macamnya ada nikmat yang terdapat dalamdiri sendiri dan ada juga yang terdapat di luar diri sendiri,ada nikmat yang bersifat jasmani danada pula yang bersifat rohani.Nikmat allah yang bersifat jasmani dan terdapat dalam diri manusia seperti panca indra,bentuk dan susunan tubuh manusia.nikmat yang berbentuk rohani seperti roh, akal.Kemudian juga dalam kehidupan, manusia juga penting berprilaku Syukur karena orangyang beriman kepada Allah senantiasa bersyukur. Bersyukur karena Allah telah menciptakanmanusia sebagai makhuk yang sempurna dibandingkan makhluk yang lainnya, dan manusiadiberi akal dan pikiran oleh Allah swt. Allah telah memberikan karunia yang berlimpah ruahkepada manusia, yang mustahill kita akan dapat untuk menghitungnya. Untuk itulah kitasenantiasa bersyukur kepadaNya.1. 5. QanaahQanaah yang secara harfiah berarti rela, puas, senang. Sedangkan secara istilah adalah sikapberupa kerelaan hati dan merasa cukup atas apa yang telah dikaruniakan Allah kepadanya.Menurut Harun Nasution berarti ridha, tidak berusaha, tidak menentang kada dan kadar dariAllah swt.Sifat Qanaah ini sangat diperlukan bagi manusia, karena dengan adanya sikap qanaahmembuat manusia itu menjadi tenang dan damai.
  18. 18. Prilaku Qanaah sangat penting karena manusia biasanya sukar untuk menerima keadaan-keadaan yang biasa menimpa dirinya, seperti kemiskinan, kerugian, kehilangan pangkat dankedudukan, kematian dll. Hanya orang-orang yang Qanaah lah yang mampu bertahan dariberbagai macam cobaan diatas dan juga orang yang bersifat qanaah akan tenang dan tidakbersifat tamak dalam mengjalani kehidupan ini.F. Contoh-Contoh Perilaku Tawakal,Ikhtiar, Sabar, Syukur, Dan Qanaah1. Contoh Prilaku TawakalContoh prilaku tawakkal adalah seorang petani yang sudah berusaha menjadikan sawahnyaagar mendapatkan hasil yang cukup banyak, seperti memberi pupuk, membersihkan hama,mengairinya dengan baik kemudian dia bertawakkal kepada Allah.2. Contoh Prilaku IkhtiarSeorang pelajar yang berusaha belajar dengan rajin, untuk mencapai cita-citanya tetapiusahanya tersebut belum tentu berhasil.3. Contoh prilaku SabarDisaat kita di timpa musibah atau mengalami ujian seperti kemiskinan maka kita betah hatidan beranggapan allah mempunyai rencana di balik suatu kejadian atau segala sesuatu datangdari allah dan akan kembali kepada allah.4. Contoh Prilaku SyukurMenggunakan anugrah yang diberikan Allah kepada hal-hal yang baik, seperti menggunakanmata, mulut untuk hal yang baik dan bermanfaat. Dan ketika kita mendapatkan nilai yang baik,kita melakukan sujud syukur.5. Contoh Prilaku QanaahKeadaan kehidupan seorang buruh tani yang sudah berusaha tetapi tetap hidupnya pas-pasantetapi ia selalu merasa cukup dan bersyukur dan rela dengan rezki yang diterimanya.G. Nilai –Nilai Positif Dari Tawakal, Ikhtiar, Sabar, Syukur, Dan Qanaah1.1. Menambah ketakwaan kepada Allah2. Memperoleh hidup yang lebih baik3. Dapat menghilangkan rasa kecewa yang berlebihan apabila usaha kita tidak sesuaidengan harapan4. Memperoleh ketenangan jiwa5. Dapat menciptakan perasaan optimis dan meningkatkan motivasi6. Dapat terhindar dari sifat putus asa dan prasangka buruk7. Dapat menumbuhkan sikap kasih sayang kepada sesame
  19. 19. 8. Terhindar dari sikap rakus dan tamak.BAB IIIPENUTUPA. KesimpulanJadi dari penjabaran yang telah kita uraikan dalam materi diatas, dapat kita berikankesimpulan akhlak tersebut merupakan sutu bentuk atau cerminan yang tertatanam dalam diriseseorang dan hal tersebut terealisasi dalam kehidupannya sehari – hari. Sehingga ada yangdinamakan dengan akhlak terpuji, dan ada juga yang dinamakan dengan akhlak tercelah.Adapun bentuk dari akhlak terpuji tersebut ada beberapa bagian, diantaranya sebagai berikutIkhlas, Taat, Khauf, Taubat, Tawakal,Ikhtiar, Sabar, Syukur, Dan Qanaah.Semuanya ini memiliki sisi positif dari pergaulan yang kita lakukan, baik dalam melakukanhubungan yang bersifat horizontal atau dalam melakukan hubungan dengan AllahSWT ataudalam melakukan hubunga secara vertikal yaitu dalam melakukan hubungan atau bergaul antarsesama Manusia.B. SaranDari pembahasan yag telah kami sajikan diatas, kami berharap mudah – mudahan setelah kitamempelajari pelajaran mengenai akhak terpuji ini, agar bisa kita jadikan sebagai rujukan dalammelakukan pergaulan dalam kehidupan baik bergaul dengan Allah atau bergaul antar sesamamanusia, kemudian juga kami selaku pemakalah berharap kepada segenap pembaca makalah ini,agar jangan mengambil rujukan hanya terfokus kepada materi yang telah kami sajikan dalammakalah ini saja, akan tetapi mari kita sama – sama aktif dalam mencari buku – buku dan sumberlainnya yang membahas masalah akhlak terpuji ini secara mendalam, sehingga lebihmemantapkan pengetahuan kita mengenai pembahasan akhlak terpuji tersebut.AKHLAK BERPAKAIANPakaian sebagai kebutuhan dasar,bagi setiap orang dalam berbagai zaman dan keadaan. Islam sebagaiajaran yang sempurna,telah mengajarkan kepada pemeluknya tentang bagaimana tatacara berpakaian.Berpakaian menurut islam tidak hanya sebagai kebutuhan dasar yang harus dipenuhi setiap orang,tetapiberpakaian sebagai untuk mendapatkan ridho Allah.Busana muslimah haruslah memenuhi kriteria sebagai berikut :1. Tidak jarang dan ketat2. Tidak menyerupai pakaian laki-laki3. Tidak menyerupai busana khusus non-muslim4. Pantas dan sederhana

×