Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

TEKS SEJARAH : PERISTIWA MENJELANG PROKLAMASI

7,597 views

Published on

PPT ini memuat analisis teks sejarah peristiwa menjelang proklamasi. semoga bisa membantu..

Published in: Education
  • Dating direct: ❤❤❤ http://bit.ly/2F90ZZC ❤❤❤
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Follow the link, new dating source: ❤❤❤ http://bit.ly/2F90ZZC ❤❤❤
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

TEKS SEJARAH : PERISTIWA MENJELANG PROKLAMASI

  1. 1. TEKS 1 PERISTIWA MENJELANG PROKLAMASI AYU HANIFA NINDANAERACRISTALIA
  2. 2. A. INFORMASI YANG TERDAPAT DALAM TEKS ORIENTASI Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. 3. INSIDEN/URUTAN PERISTIWA 1 - Perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda. - Penolakan tuntutan golongan muda yang mengakibatkan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta diculik dan dibawa ke Rengasdengklok. - Pernyataan Ir. Soekarno yang bersedia memproklamasikan kemerdekaan setelah kembali ke Jakarta.
  4. 4. INSIDEN/URUTAN PERISTIWA 2 - Terjadi perundingan antara Achmad soebardjo dan Wikana di Jakarta. - Pelaksanaan proklamasi harus dilaksanakan di Jakarta. - Penjemputan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok.
  5. 5. INSIDEN/URUTAN PERISTIWA 3 - Pertemuan Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, golongan muda, dan beberapa anggota PPKI di rumah Laksamana Maeda - Penyempurnaan teks proklamasi oleh Drs. Moh. Hatta yang kemudian diketik Sayuti Melik
  6. 6. INSIDEN/URUTAN PERISTIWA 4 - Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang kemudian dilanjutkan dengan pidato singkat tanpa teks oleh Ir. Soekarno didampingi Drs. Moh. Hatta di Jln. Pegangsaan Timur pada tanggal 17 Agustus 1945. - Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya.
  7. 7. REORIENTASI Proklamasi kemerdekaan yang telah membawa perubahan yang luar biasa dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia.
  8. 8. B. ANALISIS EYD Huruf kapital 1. Awal kalimat dan awal paragraf Contoh pada teks : Proklamasi adalah pernyataan suatu bangsa untuk bebas dari penjajahan. 2. Nama kota dan nama negara Contoh pada teks : Jakarta, Indonesia 3. Nama bulan Contoh : 17 Agustus 1945
  9. 9. 4. Jabatan + nama orang Contoh : Ir. Soekarno 5. Penggunaan singkatan Contoh : NKRI
  10. 10. Tanda Baca a. Koma contoh dalam kalimat: Sementara itu, di Jakarta sedang terjadi.... (P.3 kalimat 1) b. Titik Contoh dalam kalimat ....kemudian diketik oleh Sayuti Melik. (P.4 kalimat 2)
  11. 11. KATA BERIMBUHAN Kata dasar yang mendapat imbuhan 1. Awalan (prefiks) : me-, ber-, ter- Contoh : menjemput, berdaulat, terdengar, dsb. 2. Akhiran (sufiks) : -an, -lah Contoh : tidaklah 3. Gabungan : me-kan, di-i, pe-an, dsb. Contoh : memproklamasikan, diiringi, pemindahan,dsb.
  12. 12. JENIS KATA 1. Nomina • Nomina bernyawa Contoh : Ir. Soekarno • Nomina tak bernyawa Contoh : 16 Agustus 1945 • Nomina terbilang Contoh : Rumah Laksamana Maeda
  13. 13. 2. Pronomina • Pronomina persona Contoh : Laksamana Maeda, seorang kepala kantor perhubungan angkatan laut dan angkatan darat Jepang mengizinkan rumah kediamannya dijadikan sebagai ..... • Pronomina petunjuk Contoh : proklamasi adalah pernyataan suatu bangsa untuk bebas dari penjajahan. Bangsa Indonesia melewati
  14. 14. 3. Verba (kata kerja) • Kata kerja material Contoh : Ir. Soekarno menulis teks proklamasi yang terdiri dari kalimat....... • Kata kerja relasional Contoh : Proklamasi adalah pernyataan suatu bangsa untuk bebas dari penjajahan.
  15. 15. KONJUNGSI 1. Konjungsi koordinatif Contoh : a. .... terjadi perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda. b. .... , tetapi tuntutan ini ditolak oleh golongan tua
  16. 16. 2. Konjungsi Subordinatif Contoh : Sementara itu, di Jakarta sedang terjadi perundingan antara ..... 3. Konjungsi temporal Contoh : Setelah itu, bendera merah putih dijahit oleh Fatmawati dikibarkan oleh....

×