Konsep dasar biologi

20,445 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
20,445
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
336
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Konsep dasar biologi

  1. 1. KONSEP DASAR BIOLOGI KELOMPOK I 1. SRI SUMARNI 2. JEINET 3. USWATUN HASANAH 4. ALFIAH MUTMAINNAH
  2. 2. PENGERTIAN BIOLOGI Bios = kehidupanBiologi atau MH Logos = ilmuBiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajariseluk beluk tentang kehidupan dan segalapermasalahannya.
  3. 3. BIOLOGI Kehidupan pada berbagai Cabang biologi Tingkat organisasi Biologi Molekuler Molekuler Biokimia, Genetika sitologi Sel Histologi Jaringan Organologi Organ Biologi Perkembangan IndividuBiogeografi, Gen. Populasi Populasi Ekologi, Biologi Laut Ekosistem Biologi Tropis Bioma
  4. 4. KARAKTERISTIK M.H1. Susunan tubuh  Setiap M.H mempunyai susunan / struktur tubuh spesifik yang disesuaikan dengan aktifitas hidupnya dan mempunyai ukuran tertentu.  Semua M.H disusun oleh sel.  Contoh : Ikan mempunyai susunan tubuh yang spesifik (memiliki sirip) sesuai untuk aktifitas berenang.2. Adaptasi → merupakan susunan tubuh spesifik dari tingkah laku sesuai lingkungan.  Contoh : katak mempunyai lidah yang panjang dengan pangkalnya didepan dan bercabang, cocok untuk menangkap mangsa.3. Metabolisme → merupakan perubahan preaksi kimia beserta perubahan energi yang menyertainya.  Ada 2 macam metabolisme yaitu : Anabolisme contoh berfotosintesa dan katabolisme contoh . respirasi
  5. 5. KARAKTERISTIK M.H Contoh : Hewan / manusia mencerna makanan menjadi senyawa kimia sederhana, kemudian mengubah menjadi bagian tubuh yang baru.4. Nutrisi → M.H butuh makan untuk memperoleh energi, untuk pertumbuhan mengganti bagian-bagian yang rusak Contoh : Manusia menahan tumbuhan dan hewan sebagai sumber makanannya.5. Transportasi → pengangkutan zat dari bagian tubuh yang satu ketubuh yang lain. Contoh : Pengangkutan air dari ion-ion terlarut dari dalam tanah ke daun dan dari daun ke seluruh tubuh.6. Gerak → Organisme dapat menggunakan kekuatan sendiri untuk menggerakkan seluruh tubuhnya atau sebagian tubuhnya. Contoh : katak dapat melompat dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan melompat.
  6. 6. KARAKTERISTIK M.H7. Irritabilitas → organisme peka terhadap rangsangan dari sekitar dan beraksi terhadap rangsangan tersebut Contoh : Ketika katak melihat nyamuk, lidahnya menjulur keluar dan menangkapnya8. Reproduksi → memampukan untuk menghasilkan individu baru yang tipenya hampir sama dengan induknya Contoh : Manusia melahirkan anak manusia9. Tumbuh dan berkembang → tahap perubahan ke arah kondisi yang kondisi yang lebih lengkap dan lebih konpleks Contoh : Telur katak menjadi embrio, kemudian berubah jadi berudu, selanjutnya jadi katak kecil, lalu jadi katak dewasa10. Memiliki gen → setiap organisme memiliki suatu unit pewaris sifat yang mewariskan sifat kepada keturunannya Contoh : gen mengatur warna kulit, bakat, dll
  7. 7. ORGANISASI KEHIDUPAN
  8. 8. 1. MOLEKUL atau GEN Atom - atom berikatan membentuk molekul. Struktur dan fungsi molekul menyusun komponen-komponen pembentuk sel. Contoh: molekul-molekul protein, fosfolipid, kolesterol, karbohidrat, air dan ion-ion lain merupakan komponen penyusun membran sel.
  9. 9. 2. SEL  Sel merupakan unit kehidupan yang terkecil. Makhluk hidup uniseluler, seperti protozoa, bakteri, dan alga, melangsungkan metabolismenya di dalam sebuah sel.  Makhluk hidup multiseluler seperti tumbuhan dan hewan, disusun oleh bermacam-macam sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda.  Contoh : Sel saraf
  10. 10. 3. JARINGAN Kumpulan dari beberapa sel yang mempunyai bentuk, susunan dan fungsi yang sama disebut dengan jaringan Kumpulan sel ini bekerja sama menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsinya Contoh: jaringan saraf yang berfungsi menyampaikan dan menanggapi rangsang dari reseptor ke effektor. Ilmu biologi yang mempelajari jaringan: Histologi.
  11. 11. 4. ORGAN Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan yang berbeda dan menjalankan fungsi yang sama. Contoh: organ kulit terbentuk oleh beberapa jaringan yang berbeda seperti jar. Epitel, jar. Otot, jar. Darah dan jar. Saraf. Keseluruhan jaringan tersebut bekerja sama menjalankan fungsinya seperti melindungi tubuh.
  12. 12. 5. SISTEM ORGAN Kumpulan dari beberapa organ yang saling bekerjasama untuk melakukan fungsi tertentu . Contohnya, sistem peredaran darah manusia, yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah, berfungsi untuk mengedarkan darah keseluruh tubuh.
  13. 13. 6. INDIVIDU Individu merupakan organisme tunggal yang tersusun oleh kumpulan sistem organ. Adanya berbagai sistem organ yang fungsinya berbeda membuat suatu individu dapat melakukan hidupnya dengan baik.
  14. 14. 7. POPULASI Terbentuk oleh kumpulan individu atau species yang sejenis yang menempati suatu habitat (tempat hidup suatu MH) dan dalam waktu tertentu. Dalam populasi terjadi interaksi atau hubungan antar speciesnya, hubungan tersebut bertujuan untuk menjalankan fungsi hidupnya seperti : melakukan perkawinan, berkembang biak, perlindungan dsb.
  15. 15. 8. KOMUNITAS Di bentuk oleh berbagai jenis (species) MH yang saling berinteraksi dan menempati lingkungan dalam waktu yang sama. Secara garis besar komunitas dapat dibedakan menjadi 2 yaitu aquatik dan terestrial. Komunitas aquatik : terdapat di laut, danau, sungai, parit, kolam. Komunitas terestrial : terdapat di padang rumput, padang pasir, kebun raya, halaman rumah, kebun, sawah.
  16. 16. 9. EKOSISTEM  Dibentuk oleh beberapa macam populasi yang berinteraksi dengan lingkungan tempat mereka hidup, atau interaksi (hubungan timbal balik) antara komponen biotik (MH) dengan komponen Abiotik (lingkungan).  Karena adanya interaksi antar komponen ekosistem maka terjadi aliran/siklus materi dan energi melalui peristiwa makan dan dimakan yang membentuk sebuah rantai makanan dan jaring-jaring makanan.  Contoh ekosistem: ekosistem air kolam, ekosistem danau, ekosistem sawah dll.
  17. 17. 10. BIOMA Bioma tundra Merupakan satuan daerah daratan yang luas yang dibentuk oleh ekosistem dalam skala besar yang terjadi karena adanya interaksi Bioma gurun iklim dengan keaneragaman MH yang khas (yang dominan). Contoh: bioma padang rumput, hutan hujan tropis, hutan gugur, Bioma savana bioma taiga, bioma tundra dll.
  18. 18. KESIMPULAN• Bahwa sesuatu yang hidup itu terdiri dari sel lalu berkumpul menjadi jaringan lalu menjadi organ, sistem organ dan individu. Dimana individu itu akan berkumpul membentuk populasi menjadi komunitas dan kemudian bioma.
  19. 19. SELESAI

×