Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Bawang putih (allium sativum)

BuahPikiran : Bawang putih atau garlic (Allium sativum L.) yang dikenal dengan nama bawang di jawa tengah dan jawa timur termasuk tanaman setahun yang berbentuk rumput. Daun bawang putih panjang, kecil, pipih, dan tidak berlubang.

  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Bawang putih (allium sativum)

  1. 1. Bawang Putih (Allium Sativum) BuahPikiran : Bawang putih atau garlic (Allium sativum L.) yang dikenal dengan nama bawang di jawa tengah dan jawa timur termasuk tanaman setahun yang berbentuk rumput. Daun bawang putih panjang, kecil, pipih, dan tidak berlubang. Tanaman bawang putih ini mirip bawang merah, yakni batangnya berbentuk cakram. Dari cakram ini muncul tunas daun dan akar serabut. Bila pada bawang merah, tunas daun mampu menjadi anakan (tunas samping) maka pada bawang putih tunas tunas tersebut berubah menjadi umbi siung. Umbi siung ini dibalut oleh kelopak daun sehingga menjadi sebuah umbi besar, bulat dan berwarna putih. Kulit pembungkus siung – siung cukup kuat sehingga tidak dapat pecah. Oleh karena itu, bawang putih umumnya tidak membentuk rumpun. Akan tetapi, ada bawang yang umbinya tidak bersiung sehingga umbinya besar dan tunggal. Bawang putih tersebut di sebut bawang lanang. Tanaman bawang putih hingga kini belum pernah mampu berbunga di indonesia, walaupun muncul tangkai bunga yang kuat. Tangkai bunga ini berubah menjadi batang sesungguhnya yang beruas. Pada beberapa ruas batang sering muncul umbi umbi kecil yang sering disebut umbi batang (top garlic) yang dapat ditanam. Aroma bawang putih khas karena mengandung minyak eteris yang disebut allecin. Nilai kalori bawang putih cukup tinggi, tetapi kandungan vitaminnya sangat rendah. Adapun penggunaannya untuk bumbu dapur biasanya hanya dalam jumlah sedikit. Hal ini disebabkan bawang putih cukup memberi rangsangan yang tajam. Jika menggunakan bawang putih terlalu banyak, rasa masakan menjadi tidak segar dan tidak lezat. Kita sering melihat jenis yang rupanya hampir sama dengan bawang putih. Akan tetapi, umbinya berbau harum, kecil kecil dan baunya pun tidak terlalu merangsang seperti bawang bawang yang lain. Bawang bawang tersebut adalah bawang kucai dan bawang ganda yang termasuk famili liliaceae. Daun bawang kucai (Allium schoenoprasum) sangat kecil panjang, dan bulat seperti jarum. Serta berlubang. Umbinya kecil kecil serta enak dilalap setalah dimasak. Adapaun daun bawang ganda (Allium adorum L), kecil, panjang dan pipih seperti pada bawang putih. Umbinya sangat kecil, lebih kecil daripada umbi bawang kucai. Akan tetapi, tanaman ini banyak anakannya (berumpun). Bawang ganda yang dimakan ialah daun yang masih muda.
  2. 2. Bawang putih sangat baik ditanam di dataran tinggi (pegunungan) dengan ketinggian lebih dari 600m dpl. Jika bawang putih di tanam di dataran rendah, akan sulit terbentuk umbi, daerah yang banyak ditanami bawang putih adalah Batu dan Lombok barat. Syarat penting tumbuhnya tanaman bawang putih adalah hawanya sejuk dan kering serti pH tanahnya antara 6,5 – 7,5. Bawang putih sangat baik ditanam pada awal musim kemarau. Jika tanaman pada musim hujan, tanaman mudah terserang penyakit.  Cara tanam Bawang putih dikembangbiakkan dengan umbi siung, sedangkan bawang kucai dan bawang ganda dengan anak tunas. Cara menanamnya sama dengan bawang merah. Tanaman tersebut dicangkul sedalam 30-40cm, kemudian diberi pupuk kandang atau kompos sebanyak 10-15 ton/ha. Setelah pupuk kandang diratakan, dibuat bedengan yang lebarnya 60cm untuk bawang putih dan bawang ganda, sedangkan untuk bawang kucai lebarnya 80cm, Bibit bawang putih sangat mahal. Oleh karena itu digunakan umbi siung yang sedang. Untuk bibit, umbi tersebut disimpan dahulu selama tiga bulan. Kulit pembalut umbi bawang putih dikupas, lalu siungnya dipisahkan dan ujung ujung siung dipotong sedikit. Bila ujungnya dipotong tampak titik hijau, bibit siap ditanam. Setelah itu umbi ditanam berdiri satu satu pada bedengan dengan jarak 20cm x 20c sehingga setiap bedengan memuat tiga baris tanaman. Untuk satu hektar lahan diperlukan 1500kg umbi bawang putih. Sementara itu, untuk penanaman bawang kucai, jarak tanamnya 115cm x 30cm sehingga dibutuhkan sekitar 200.000 tunas/ha. Adapun penanaman bawang ganda jarak tanamnya 20cm x 20cm sehingga dibutuhkan sekitar 250.000 tunas/ha. Pupuk buatan hanya diberikan pada tanaman bawang putih, sedangkan untuk tanaman bawang kucai dan ganda tidak perlu. Pemberian pupuk buatan pada tanaman bawang putih berupa urea, TSP dan KCL. Perbandingannya 3:3:1 sebanyak 3g tiap tanaman atau 300kg urea, 300kg TSP dan 100kg KCL per hektar. Pupuk itu diletakkan sejauh 5-10cm dari batangnya, baik secara lingkaran maupun baris. pemberian pupuk ini dilakukan bersamaan waktunya dengan pendangiran.  Pemeliharaan tanaman Dalam memelihara tanaman perlu memperhatikan dan cara mengendalikan hama kutu dan thrips (Thrips tabaci). Selain itu, penyakit mildew dan bercak daun yang disebabkan oleh cendawan Alternaria porri pun perlu diberantas. Penyakit tersebut dapat diberantas dengan Dithane atau Bentle 0,2%, terutama jika udaranya lembag, malam hari yang berkabut(berawan), atau hujan. Adapun hama Thrips dapat diatasi dengan Kelthane 0,2%. Penyakit Alternaria porri menyebabkan daun bawang putih bercak (noda) berwarna merah keunguan.  Pemanenan Bawang putih dapat dipanene hasilnya setelah tanaman mati semuanya. Umumnya kira kira 3,5 - 4bln sejak tanam. Tanaman yang baik dapat menghasilkan 10 ton umbi kering tiap hektar. Umbinya dapat disimpan lama (seperti bawang merah), tetapi sebaiknya di tempat berasap untuk mencegah serangan hama bubuk umbi gudang.
  3. 3. Adapun bawang kucai dan bawang ganda hasilnya dapat dipanen setelah tanaman berumur 2,5bln sejak tanam. Mengambil hasilnya dengan cara membongkar rumpun-rumpunnya. Bawang kucai dan bawang ganda jarang disimpan tetapi langsung dijual ke pasar pada saat masih segar. Kandungan Alliin atau alicin dari bawang putih tinggi. Oleh karena itu, bawang putih dapat digunakan obat obatan, terutama sebagai obat penyakit kolera. Bawang putih dapat pula dijadikan obat bisul dan penurun kadar kolestrol dalam darah. Selain itu, bawang putih dapat digunakan sebagai obat penyakit tekanan darah tinggi (dicampur dengan madu dan air dingin), serta obat bekas gigitan serangga berbisa (dicampur dengan salpeter dan cuka). Namun bawang putih tidak baik bagi penderita sakit ginjal dan wanita hamil. Adapun manfaat bawang kucai antara lain dapat dibuat makanan seperti asinan, acar, dan lalapan (dicampur dengan kecap). Lain halnya dengan bawang ganda yang hanya dipergunakan untuk bumbu masakan cina. Kapsul bawang putih (garlic) telah terjual di apotik. Sumber

×