Konsep manusia sebagai makhluk budaya

5,361 views

Published on

sistem sosial budaya indonesia

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
5,361
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
167
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Konsep manusia sebagai makhluk budaya

  1. 1. Konsep Manusia sebagai Makhluk Budaya Proudly Present : “Sistem Sosial Budaya Indonesia”
  2. 2. 4 Hakikat Manusia sebagai Makhluk Budaya1 2 3 Apresiasi Terhadap Kemanusiaan dan Kebudayaan Etika dan Estetika Berbudaya Problematika Kebudayaan
  3. 3. Pengertian manusia Pengertian budaya Secara bahasa manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin), yang berarti berpikir, berakal budi atau makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok (genus) atau seorang individu bentuk majemuk kata budi-daya yang berarti cipta, karsa, dan rasa. berasal dari Bahasa Sangsekerta budhayah yaitu bentuk jamak dari budhi yang berarti budi atau akal. Bahasa Belanda di istilahkan dengan kata culturur. Dalam bahasa Inggris culture. Sedangkan dalam bahasa Latin dari kata colera. Colera berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan tanah.
  4. 4. Perwujudan Kebudayaan Unsur kebudayaan Hubungan manusia dan kebudayaan
  5. 5. 1. Wujud pikiran, gagasan, ide-ide, norma- norma, peraturan,dan sebagainya. Wujud pertama dari kebudayaan ini bersifat abstrak, berada dalam pikiran masing-masing anggota masyarakat di tempat kebudayaan itu hidup. 2. Aktifitas kelakuan berpola manusia dalam masyarakat. Sistem sosial terdiri atas aktifitas- aktifitas manusia yang saling berinteraksi, berhubungan serta bergaul satu dengan yang lain setiap saat dan selalu mengikuti pola-pola tertentu berdasarkan adat kelakuan. Sistem sosial ini bersifat nyata atau konkret. 3. Wujud fisik, merupakan seluruh total hasil fisik dari aktifitas perbuatan dan karya manusia dalam masyarakat.
  6. 6. 1.Sistem peralatan dan perlengkapan hidup 2.Sistem mata pencaharian hidup 3. Sistem organisasi sosial 4. bahasa5. kesenian 6. Sistem pengetahuan 7. Sistem religi Prof. Dr. Koentjaraningrat : Pengantar Ilmu Antropologi, edisi revisi 2009, Penerbit Reka Cipta, Jakarta, halaman 165
  7. 7. • Dipandang dari sudut antropologi, manusia dapat ditinjau dari dua segi yaitu : Manusia sebagai makhluk biologis • manusia di pelajari dalam ilmu biologi atau anatomi; Manusia sebagai makhluk sosio-budaya • manusia dipelajari dalam antropologi budaya. Antropologi budaya menyelidiki seluruh cara hidup manusia, bagaimana manusia dan akal budinya dan struktur fisiknya dalam mengubah lingkungan berdasarkan pengalamannya juga memahami dan melukiskan kebudayaan yang terdapat dalam masyarakat manusia.
  8. 8. “Saatnya untuk PERTANYAAN & PERNYATAAN”
  9. 9. Mfazrul99.blogspot.com

×