Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

faktor yang mempengaruhi tingkat investasi

2,397 views

Published on

teori investasi

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

faktor yang mempengaruhi tingkat investasi

  1. 1. EKONOMI MAKRO FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT INVESTASI
  2. 2. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INVESTASI Tingkat Pengembalian yang Diharapkan Kondisi Internal Perusahaan Kondisi Eksternal Perusahaan Biaya Investasi Marginal Efficiency of Capital , Tingkat Bunga, dan Marginal Efficiency of Investment Marginal Efficiency of Capital (MEC), Investasi, dan Tingkat Bunga Marginal Efficiency of Capital (MEC) dan Marginal Efficiency of Investment (MEI)
  3. 3. Tingkat Pengembalian yang Diharapkan (Expected Rate of Return) • Kemampuan perusahaan menentukan tingkat investasi yang diharapkan, sangat dipengaruhi oleh kondisi internal dan eksternal perusahaan. INTERNAL Kondisi internal adalah faktor-faktor yang berada di bawah kontrol perusahaan, misalnya tingkat efisiensi, kualitas SDM dan teknologi yang digunakan. EKSTERNAL Kondisi eksternal yang perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan akan investasi terutama adalah perkiraan tentang tingkat produksi dan pertumbuhan ekonomi domestik maupun internasional.
  4. 4. Biaya Investasi • Yang paling menentukan tingkat biaya investasi adalah tingkat bunga pinjaman; Makin tinggi tingkat bunganya, maka biaya investasi makin mahal. Akibatnya minat berinvestasi makin menurun. • Namun, tidak jarang, walaupun tingkat bunga pinjaman rendah, minat akan investasi tetap rendah. Hal ini disebabkan biaya total investasi masih tinggi. Faktor yang memengaruhi terutama adalah masalah kelembagaan. Misalnya, prosedur izin investasi yang berbelit-belit dan lama (> 3 tahun), menyebabkan biaya ekonomi dengan memperhitungkan nilai waktu uang dari investasi makin mahal. Demikian halnya dengan keberadaan dan efisiensi lembaga keuangan, tingkat kepastian hukum, stabilitas politik, dan keadaan keamanan.
  5. 5. Marginal Efficiency of Capital (MEC), Tingkat Bunga, dan Marginal Efficiency of Investment (MEI) Marginal Efficiency of Capital (MEC), Investasi, dan Tingkat Bunga Yang dimaksud dengan Marginal Efficiency of Capital (MEC) atau Efisiensi Modal Marjinal (EMM) adalah tingkat pengembalian yang diharapkan (expected rate of return) dari setiap tambahan barang modal. Pada studi kasus sebelumnya, kita telah membahas hal ini dalam ruang lingkup satu proyek saja. Padahal dalam kehidupan sehari- hari sebuah perusahaan, terutama perusahaan multinasional (MNC) atau konglomerat lokal, sering merencanakan banyak kegiatan akan investasi sekaligus. Marginal Efficiency of Capital (MEC) dan Marginal Efficiency of Investment (MEI)
  6. 6. Misalkan, P.T. Tiara Sakti sudah menjadi konglomerat dan ingin memperluas usaha di bidang industri, seperti tercantum berikut ini : Rencana Investasi Dana Yang dibutuhkan (miliar rupiah) Tingkat Pengembalian Yang Diharapkan (MEC) (dalam persen/tahun) Industri Kimia 1.500 30 Industri Tekstil 1.000 25 Industri Makanan 750 20 Industri Ringan 500 18 Industri Pertanian 250 15 Jika rencana investasi di atas disusun dalam histogram berdasarkan ranking MEC tertinggi akan diperoleh bentuk seperti : Penyusunan berdasarkan ranking MEC dilakukan untuk mempermudah pengambilan keputusan akan investasi mana yang harus dilakukan, berkaitan dengan tingkat bunga pinjaman yang berlaku.
  7. 7. Tabel di atas dapat diterjemahkan dalam kurva permintaan investasi P.T. Tiara Sakti. Slope (kemiringan) kurva permintaan investasi yang negatif menunjukkan hubungan berlawanan arah antara tingkat bunga dengan investasi. Menurunkan kurva permintaan akan investasi nasional (pasar) adalah sama dengan menurunkan kurva permintaan pasar terhadap barang tertentu, yaitu dengan menjumlahkan secarahorizontal total permintaan investasi dari perusahaan-perusahaan yang ada dalam perekonomian.
  8. 8. Marginal Efficiency of Capital (MEC), Investasi, dan Tingkat Bunga Marginal Efficiency of Capital (MEC) dan Marginal Efficiency of Investment (MEI) Sama halnya dengan kurva permintaan akan investasi, kurva MEC secara nasional dapat di turunkan dengan menjumlahkan secara horizontal kurva- kurva MEC dari perusahaan-perusahaan yang ada dalam perekonimian tetapi ada beberapa ekonom yang tidak sependapatan dengan cara penurunan kurva MEC. Padahal jika permintaan barang akan modal secara nasional meningkat, logikanya tingkat bunga akan naik. Akibatnya kenaikan permintaan akan investasi tidak sebesar kurva MEC . kurva yang lebih relevan adalah kurva yang marginal efficiency of investment (MEI) atau efisiensi investasi marginal (EIM)
  9. 9. THANK YOU :D

×