Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Asal usul kehidupan Biologi

7,350 views

Published on

aku buat power point ini, karena aku sendiri sadar, banyak sekali informasi yang dapat didapat melalui internet. Di sini saya hanya ingin berbagi sedikit informasi untuk dapat diketahui dan diterima oleh kalian semua. loloanes :)

Published in: Education
  • Be the first to comment

Asal usul kehidupan Biologi

  1. 1. ASAL USUL KEHIDUPAN Loloanes Aprilya Barutu XII IPA 6 15
  2. 2. ASAL USUL KEHIDUPAN TEORI ABIOGENESIS TEORI BIOGENESIS TEORI EVOLUSI KIMIA TEORI COSMOZOIC TEORI PENCIPTAAN TEORI EVOLUSI BIOLOGI
  3. 3. TEORI ABIOGENESIS teori ini juga disebut generatio spontanea, yang menerangkan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati. tokoh yang mendukung teori ini adalah : Aristoteles, Anthony van Leuwenhoek
  4. 4. contohnya: ikan dan katak berasal dari lumpur, cacing berasal dari tanah, lalat berasal dari belatung dan belatung dari daging busuk, serta kuman dari makanan basi.
  5. 5. TEORI BIOGENESIS teori ini berkebalikan dengan abiogenesis. Teori ini menerangkan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup. teori ini dikemukakan oleh 3 tokoh: Francesco Redi, Lazzaro Spallanzani, dan Louis Pasteur.
  6. 6. Percobaan Fransisco Redi (1626-1697) Tujuan: Untuk membuktikan bawa belatung yang tumbuh dari daging adalah karena induk lalat yang bertelur menghasilkan belatung di atas daging. Percobaan: Digunakan 3 kelompok toples A, B, dan C. Toples A diisi sepotong daging lalu ditutup rapat. Toples B diisi daging dan ditutup kain kasa. Sedangkan toples C dibiarkan terbuka dengan daging di dalamnya. Hasil: Toples A tidak tumbuh belatung. Toples B, lalat hinggap di atas kasa dan ada sedikit yang tumbuh di atas daging. Toples C, lalat hinggap di atas daging dan banyak belatung tumbuh di daging. Kesimpulan: Belatung hanya tumbuh dari daging yang disinggahi lalat (untuk bertelur)
  7. 7. Percobaan Lazzaro Spallanzani (1729-1799) Tujuan: Untuk membuktikan bahwa kuman tidak tumbuh dari kaldu daging yang steril. Percobaan: Digunakan 2 kelompok labu. Kelompok 1 berisi cairan kaldu daging yang dipanaskan dan dibiarkan terbuka. Kelompok 2 dipanaskan dan ditutup rapat. Hasil: Kelompok 1, kaldu berubah keruh yang menandakan ada kuman. Sedangkan kelompok 2 kaldu tampak jernih. Kesimpulan: Kardu keruh karena tidak steril, yang disebabkan oleh pertumbuhan kuman yang terbawa oleh udara.
  8. 8. Percobaan Louis Pasteur (1822-1895) percobaan pasteur yang menggunakan kaldu labu berpipa bentuk leher angsa.
  9. 9. Teori biogenesis berisi tiga pernyataan: 1. omne vivum ex ovo, yaitu makhluk hidup berasal dari telur 2. omne ovum ex vivo, yaitu setiap telur berasal dari makhluk hidup 3. omne vivum ex vivo, yaitu makhluk hidup berasal dari makhluk hidup
  10. 10. TEORI EVOLUSI teori ini menjelaskan bagaimana proses KIMIA terbentuknya makhluk hidup yang pertama kali di muka bumi. tokoh yang mengemukakan teori ini adalah Alexander Oparin, Haldane, Stanley Miller, dan Harold Urey.
  11. 11. Dari evolusi kimia dapat kita simpulkan bahwa senyawa anorganik yang ada di atmosfer mengalami perubahan sedikit demi sedikit membentuk senyawa organik. Senyawa organik itulah yang merupakan komponen dasar makhluk hidup.
  12. 12. TEORI COSMOZOIC di teori ini menyatakan bahwa makhluk hidup bumi berasal dari spora kehidupan dari luar angkasa. Spora kehidupan tidak dapat bertahan di planet ruang angkasa, yang akhirnya spora tersebut jatuh dan hidup di bumi.
  13. 13. TEORI PENCIPTAAN teori ini tidak diperoleh dengan jalan eksperimen. teori ini beranggapan bahwa makhluk hidup diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa seperti apa adanya.
  14. 14. TEORI EVOLUSI BIOLOGI satu sel teori ini menjelaskan bagaimana dari purba (yang telah membentuk molekul teori evolusi kimia) bisa berkembang menjadi berbagai macam organisme yang ada di muka bumi ini.
  15. 15. Bagan kemunculan sel eukariotik evolusi purba H2O, CH2, H2, NH3 Monomer Organik Polimer Organik (protenoid) Protobion Protosel (sel purba) Sel prokariotik purba Sel eukariotik purba
  16. 16. Thank you ...

×