Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Oleh :
AVISTA RIZKY SEPTININGSih (X3/04)
Erliza cikal arthalina (x3/10)
Geriandesit al-rasyid (x3/13)
Ihsanul fikri (x3/16...
PENGEN JADI PAHLAWAN MALAH MENDEKAM
DI JERUJI BESI
Apa ini? AkibatFaktor Upaya
Kesimpulan Saran
Cara
Mencegah
BERITA APA INI?
TEMPO.CO, Jakarta - Tawuran antara siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 6
dan SMAN 70 di bundaran Bulungan, ...
Tawuran secara luas adalah tindakan agresi(perkelahian) yang
dilakukan oleh suatu kelompok terhadap kelompo lainnya yang
d...
APA PENDAPAT IBU-
IBU INI MENGENAI
TAWURAN?
 video
FAKTOR PENYEBAB TAWURAN
Menurut Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP
Hermawan ada dua faktor penyebab tawuran t...
2. SMAN70 dan SMAN6 masing-masing seperti sudah
memiliki batas wilayah tertentu. Misalnya, siswa SMA
6 dilarang memasuki J...
UPAYA YANG DILAKUKAN
 Seorang siswa berinisial FR (19) yang menjadi tersangka aksi
pembacokan dijerat pasal 338 KUHP tent...
SEPEKAN SETELAH
TAWURAN
BERDARAH....
 Video udah tak download tp gk tak masukin slny berat
AKIBAT
Hilangnya nyawa seseorang.
Hilangnya masa depan pelaku kejahatan, seperti FR yang terpaksa
mendekam di penjara se...
CARA MENCEGAH
Secara Eksternal :
1. Meningkatkan razia terhadap kelompok
pelajar yang bergerombol dan membawa
senjata taja...
SECUILKISAH TENTANG SISWA YANG
MENJADI KORBAN SEKALIGUS PELAKU
TAWURANSMA70 JAKARTA
Kisah ini terjadi pada tahun1988 diala...
KESIMPULAN
Tauwuran disebabkan oleh berbagai macam faktor dan
banya pihak. Kita tidak dapat sepenuhnya menyalahkan remaja
...
SARAN
1. Agama jangan dijadikan barang dagangan untuk kepentingan politik,
kekuasaan, dan segala sesuatu yg berorientasi m...
3. Partisipasi masyarakat untuk ikut andil dalam menegakkan kebenaran. Rubah
sikap apatis, pengecut, dan maunya selamat se...
AKHIR KATA
BIASAKANLAH YANG BENAR,
BUKAN MEMBENARKAN YANG BIASA

BIG THANKS TO :
 Allah SWT
 Bu Mun
 megapolitan.kompas.com
 Tempo.com
 Liputan6.com
 Redaksi Trans 7
 Youtube.com
...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Tawuran remaja sma70 vs sma6 jakarta

1,623 views

Published on

Tawuran merupakan penyimpangan sosial kenakalan remaja (delinkuensi) yang disebabkan oleh demoralisasi pelajar.

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Tawuran remaja sma70 vs sma6 jakarta

  1. 1. Oleh : AVISTA RIZKY SEPTININGSih (X3/04) Erliza cikal arthalina (x3/10) Geriandesit al-rasyid (x3/13) Ihsanul fikri (x3/16) Nurul kariemah azzahra (x3/22) Rodhiya nailamuna azminati(x3/28)
  2. 2. PENGEN JADI PAHLAWAN MALAH MENDEKAM DI JERUJI BESI Apa ini? AkibatFaktor Upaya Kesimpulan Saran Cara Mencegah
  3. 3. BERITA APA INI? TEMPO.CO, Jakarta - Tawuran antara siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 6 dan SMAN 70 di bundaran Bulungan, Jakarta Selatan, Senin, 24 September 2012, menyebabkan seorang siswa SMA 6 tewas. Menurut Kepala Reserse Kepolisian Resor Jakarta Selatan Ajun Komisaris Besar Hermawan, siswa SMA 70 menyerang lebih dulu ke siswa SMA 6. Siang pukul 12.00, murid-murid SMA 6 keluar dari sekolah setelah selesai ujian. Ketika lima murid SMA 6 sedang berada di tikungan, tiba-tiba mereka diserang oleh sekitar 20 siswa SMA 70 tanpa adu mulut terlebih dahulu. Dan salah satu diantara mereka membawa arit. Tawuran berlangsung singkat sekitar 15 menit. Namun, tawuran ini menyebabkan dua korban uka dan satu korban tewas terkena bacok di bagian dada. Dia adalah Alawi, siswa kelas X SMA 6. Pelajar malang itu sempat dilarikan ke Rumah Sakit Muhammadiyah, tapi nyawanya tak tertolong. Sedangkan korban luka, satu luka di pelipis, satu lagi luka kecil di jari tangan. Menurut Hermawan, polisi sudah memeriksa satu guru SMA 70, dua guru SMA 6, dan dua saksi lainnya. Tawuran antara kedua siswa sekolah tersebut bukan hanya kali ini terjadi. Mereka saling serang secara bergantian. Sudah berulang kali mereka terlibat perkelahian. Kasus tawuran sebelumnya terjadi pada 26 Januari 2012 lalu, tapi saat itu tak ada korban tewas. Tawuran
  4. 4. Tawuran secara luas adalah tindakan agresi(perkelahian) yang dilakukan oleh suatu kelompok terhadap kelompo lainnya yang dimaksudkan untuk menyebabkan penderitaan/menyakiti orang lain bahkan merusak.  Ditinjau dari jenisnya, tawuran merupakan penyimpangan primer yang masih dapat diatasi.  Ditinjau dari sifatnya, tawuran merupakan pemnyimpangan negatif.  Ditinjau berdasarkan bentuknya, tawura merupakan kejahatan yang dilakukan secara berkelompok. PENYIMPANGAN APA?
  5. 5. APA PENDAPAT IBU- IBU INI MENGENAI TAWURAN?
  6. 6.  video
  7. 7. FAKTOR PENYEBAB TAWURAN Menurut Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Hermawan ada dua faktor penyebab tawuran tersebut: 1. Tawuran antara SMAN70 dengan SMAN6 Jakarta sudah menjadi tradisi turun-temurun dari senior mereka. Karena siswa menganggap perseteruan itu sudah membudaya, mereka pun seakan sudah menganggap penyerangan terhadap lawannya sebagai hal yang lumrah.
  8. 8. 2. SMAN70 dan SMAN6 masing-masing seperti sudah memiliki batas wilayah tertentu. Misalnya, siswa SMA 6 dilarang memasuki Jalan Bulungan, yang menjadi wilayah SMA 70. Demikian pula, Jalan Mahakam adalah teritori SMA 6 dan menjadi wilayah terlarang bagi siswa SMA 70. FAKTOR PENYEBAB TAWURAN
  9. 9. UPAYA YANG DILAKUKAN  Seorang siswa berinisial FR (19) yang menjadi tersangka aksi pembacokan dijerat pasal 338 KUHP tentang pembunuhan.  Siswa lain yang terlibat tawuran diberikan skorsing bahkan ada yang dikembalikan ke orang tua.  Pihak SMA70, kepala sekolah beserta jajarannya meminta maaf dan menggalang aksi damai bersama SMA6.  Melakukan aksi tabur bunga di tempat Alwi tewas sekaigus menjadi momen perdamaina kedua sekolah.
  10. 10. SEPEKAN SETELAH TAWURAN BERDARAH....
  11. 11.  Video udah tak download tp gk tak masukin slny berat
  12. 12. AKIBAT Hilangnya nyawa seseorang. Hilangnya masa depan pelaku kejahatan, seperti FR yang terpaksa mendekam di penjara selama 15 tahun karena perbuatannya. Rusaknya fasilitas umum. Hilangnya kepercayaan orang tua untuk memasukkan anaknya ke sekolah-sekolah tersebut. Menimbulkan traumatis dan rasa ingin balas dendam oleh korban tawuran. Memicu aksi tawuran berikutnya yang tidak berujung apabila didasari oleh balas dendam dan tidak adanya aksi perdamaian.
  13. 13. CARA MENCEGAH Secara Eksternal : 1. Meningkatkan razia terhadap kelompok pelajar yang bergerombol dan membawa senjata tajam. 2. Meningkatkan pengawasan orang dalam perkembangan anak-anak mereka setiap harinya. Sekolah tidak bisa 100% disalahkan karena terkadang saat masuk sekolah anak sudah membawa beban sosial yang luar biasa berat. 3. Menjadikan bimbingan konseling dan guru di sekolah sebagai ‘teman’ bukan ‘lawan’. 4. Meluruskan sudut pandang pelajar tentang cara ‘Mencari Jati Diri’ Secara Internal : 1. Memilih teman bergaul yang baik. 2. Mempertebal iman dan taqwa terhadap Allah SWT. 3. Meninjau masalah dari berbagai sudut pandang. 4. Meminta solusi kepada orang yang tepat dan dapat dipercaya. 5. Tidak mudah marah dan terhasut oleh bujukan kawan atau lawan.
  14. 14. SECUILKISAH TENTANG SISWA YANG MENJADI KORBAN SEKALIGUS PELAKU TAWURANSMA70 JAKARTA Kisah ini terjadi pada tahun1988 dialami oleh seorang alumnus SMAN70 yang bernama Dodit Hidayat. Hari itu adalah hari ketika Dodit pertama kali masuk sekolah. Hanya ia dan dua temannya satu smp yang dapat lolos masuk SMAN70. Di hari pertamanya, ia dicegat oleh kakak kelas yang langsung memukul dirinya dan minta untuk ditraktir di kantin. Tidak sampai disitu, segerombolan kakak kelas yang menamai diri mereka ‘Laskar’ masuk ke dalam kelas dan meneror adik kelas. Mereka meludahi, membentak, dan menampar semua siswa laki-laki. Penderitaan Dodit di hari pertamanya tidak sampai disitu, sepulang sekolah, ketika ia naik bus dari Bulungan bertemulah ia dengan salah satu siswa STM Penerbangan yang ternyata merupakan musuh besar SMAN70. sontak ketika bus berhenti di kawasan STM Penerbangan, salah satu siswa STM tersebut langsung memanggil kawan-kawannya yang langsung mengeroyok Dodit habis-habisan. Ia diseret dan dikeluarkan dari bus tanpa seorangpun melindunginya, termasuk supir bus sendiri yang malah tancap gas meninggalkan kawasan. Semenjak saat itu, misi Dodit berangkat sekolah bukan lagi untuk belajar. Pertanyaannya bukan lagi besok belajar apa, tapi besok anak STM mana yang harus ia hajar, yang harus merasakan penderitaan yang ia alami. Setelah dirawat tiga hari, ia sudah tidak tahan untuk segera berangkat ke sekolah. Bukan mau belajar, tapi membuat perhitungan. Demikian awal dari keterlibatannya masuk ke lingkaran setan tradisi tawuran yang sama sekali tidak jelas.
  15. 15. KESIMPULAN Tauwuran disebabkan oleh berbagai macam faktor dan banya pihak. Kita tidak dapat sepenuhnya menyalahkan remaja tanpa menelusuri benang merahnya terlebih dahulu. Misalnya saja seperti: pengaruh teman sebaya, pengawasan orang tua, kesadaran remaja, pendidikan kurikulum, dll. Kalau semua pihak mau berbesar hati, kerusakan mental dan prilaku remaja adalah buah dari sistem kehidupan sosial yang sudah rusak. Hukuman penjara seharusnya adalah langkah terakhir yang harus ditempuh setelah kita semua berupaya sungguh- sungguh untuk membenahi diri, memperbaiki keluarga ,dan seterusnya pada masyarakat yang lebih luas. 
  16. 16. SARAN 1. Agama jangan dijadikan barang dagangan untuk kepentingan politik, kekuasaan, dan segala sesuatu yg berorientasi materi. Sudah saatnya nilai– nilai kebenaran dalam ajaran agama menjadi way of life. Keluarkan segala energi dan kreatifitas untuk membuat program–program pembinaan yang customize, to the point dan terukur. 2. Kesanggupan pemerintah dengan anggaran dan pakar bergaji besar seharusnya dapat menyelesaikan buramnya potret pendidikan Indonesia. Sudah sepatutnya kurikulum diubah guna mewujudkan pendidikan berkarakter.
  17. 17. 3. Partisipasi masyarakat untuk ikut andil dalam menegakkan kebenaran. Rubah sikap apatis, pengecut, dan maunya selamat sendiri. Marilah kita buka hati nurani dan berfungsi sebagai makhluk sosial. 4. Orangtua harus menjadi teladan bagi anak-anaknya. Sudah sungguh- sungguhkah dalam mendidik anak? Visi-misi anak tidak sempit hanya soal kesuksesan hidup materi. 5. Sebagai pelajar kita dituntut untuk belajar. Bukan hanya sekedar belajar untuk menjadi pandai, tetapi belajar untuk menjadi orang yang berguna dan bermasa depan, maka penuhi kewajiban tersebut dengan senang hati agar tidak terjerumus ke dalam gelombang yang dapat mengahancurkan masa depan. SARAN
  18. 18. AKHIR KATA BIASAKANLAH YANG BENAR, BUKAN MEMBENARKAN YANG BIASA 
  19. 19. BIG THANKS TO :  Allah SWT  Bu Mun  megapolitan.kompas.com  Tempo.com  Liputan6.com  Redaksi Trans 7  Youtube.com  Jaringnews.com  edukasi.kompasiana.com

×