Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

4 Pilar dan Kepemimpinan Altosentris Indonesia

59 views

Published on

4 Pilar dan Kepemimpinan Altosentris Indonesia

Published in: Government & Nonprofit
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

4 Pilar dan Kepemimpinan Altosentris Indonesia

  1. 1. LESTARI MOERDIJAT WAKIL KETUA MPR RI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO GORONTALO, 2 DESEMBER 2019
  2. 2. KARAKTERISTIK PEMIMPIN KLIK UNTUK MENONTON
  3. 3. 10 KARAKTER KEPEMIMPINAN 1. MEMILIKI KEMAMPUAN UNTUK MENDELEGASIKAN 2. MEMILIKI SELERA HUMOR 3. MEMILIKI KEMAMPUAN UNTUK MENGINSPIRASI 4. MEMILIKI GARIS KOMUNIKASI YANG BAIK DAN SEHAT 5. MENDUKUNG REKAN SATU TIM 6. MEMILIKI KREATIFITAS UNTUK BERPIKIR DILUAR KEBIASAAN 7. KEMAMPUAN UNTUK MEWUJUDKAN VISI MENJADI REALITAS 8. TUNJUKKAN KOMITMEN DAN MEMIMPINLAH DENGAN CONTOH 9. PERCAYA PADA TUJUAN DAN MISI DAN BERUSAHA MENCAPAINYA 10. SEORANG PEMIMPIN ADALAH ORANG YANG DAPAT MENYESUAIKAN PRINSIP- PRINSIP SESUAI KEADAAN
  4. 4. KEPEMIMPINAN TAHUN 2030 SOSOK KEPEMIMPINAN YANG DIPERLUKAN DI TAHUN 2030 ADALAH: PARA INDIVIDU YANG MEMILIH UNTUK TIDAK MELIHAT DIRI MEREKA SEBAGAI SOSOK PAHLAWAN, TAJUK BERITA ATAUPUN SOSOK PELINDUNG  INDIVIDU YANG TIDAK MENGEDEPANKAN EGO.
  5. 5. PEMIMPIN ALTROSENTRIS PARA PEMIMPIN MASA DEPAN BUKANLAH ORANG-ORANG EGOSENTRIS. MEREKA ADALAH PEMIMPIN YANG ALTROSENTRIS. KARAKTER PENENTU DARI PEMIMPIN ALTROSENTRIS ADALAH: MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN ORANG LAIN DIBANDINGKAN DIRI SENDIRI. MELIHAT DIRI MEREKA HANYA SEBAGAI SATU BAGIAN INTEGRAL DARI SELURUH KESATUAN
  6. 6. KARAKTER IDEAL YANG DIMILIKI OLEH PEMIMPIN ALTROSENTRIS ADALAH 1. KEKUATAN DARI DALAM: KEDEWASAAN EGO, KEINGINTAHUAN INTELEKTUAL DAN KETERBUKAAN EMOSIONAL, SERTA KEMAMPUAN BEREMPATI. 2. NILAI: STANDAR ETIKA, KEPEDULIAN AKAN PERBEDAAN. 3. PEMIKIRAN BISNIS YANG STRATEGIS: KESADARAN KONSTEKTUAL, PENGENALAN, PEMANGKU KEPENTINGAN. 4. INTERAKSI PEMANGKU KEPENTINGAN: PENCIPTAAN MAKNA, KEMITRAAN LINTAS, BATAS. 5. EKSEKUSI: OTONOMI YANG MENGIKAT, KEPEMIMPINAN TIM SENIOR.
  7. 7.  PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN ALTROSENTRIS MEMERLUKAN WAKTU, ENERGI DAN INVESTASI YANG TIDAK SEDIKIT.  PEMIMPIN HARUS MULAI BERPIKIR SECARA BERBEDA TENTANG BAGAIMANA MEREKA AKAN BEROPERASI  PARA PEMIMPIN HARUSLAH MULAI BERPIKIR DILUAR KEBIASAAN, BAGAIMANA PEMBANGUNAN DAPAT DILAKUKAN, BAGAIMANA ORGANISASI YANG AKAN TERBENTUK DAN JUGA SEKTOR YANG DIPIMPINNYA  MEREKA HARUS MEMILIKI KEMAMPUAN UNTUK BERPIKIR DILUAR HAL BIASA APABILA MEREKA INGIN TETAP BERDIRI TEGAK DALAM BADAI MEGATREND.
  8. 8. KEPEMIMPINAN ALTROSENTRIS DIDASARKAN:  SEBUAH PENGERTIAN KUAT AKAN DASAR KEPEMIMPINAN YANG BERSIFAT PENGHUBUNG ANTAR MANUSIA, KONTEKSTUAL DAN SALING BERBAGI.  PEMIMPIN YANG BAIK, PEMIMPIN YANG HEBAT, AKAN MENGERTI BAHWA KUNCI DARI KEKUASAAN MEREKA TERLETAK PADA ORANG LAIN. DAN MEREKA AKAN MENGGUNAKAN HAL INI UNTUK MEMBERDAYAKAN ORANG DI SEKITAR MEREKA.
  9. 9. EMPAT PILAR KEBANGSAAN (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika) dan ALTRUISME  Sesuai dengan namanya, kepemimpinan altrosentris adalah kepemimpinan yang mendahulukan orang lain (altruisme) ketimbang diri sendiri (egoisme).  Pancasila dibangun di atas sendi-sendi altruistik. Kemanusiaan (humanisme) dalam Pancasila adalah kemanusiaan yang secara inheren harus bersifat adil dan beradab, seperti tertera dalam Sila Kedua.
  10. 10.  Sila ketiga dalam Pancasila juga mengandung dilai- nilai altruistik. Persatuan adalah dasar dari kekuatan. Tanpa persatuan, kekuatan tak bisa dibangun.  Persatuan tidak akan terwujud jika setiap individu mengedepankan egonya masing-masing. Persatuan hanya mungkin diwujudkan jika masyarakat memiliki sifat-sifat altruistik, seperti toleransi, kepercayaan (trust), dan keikhlasan (generous).
  11. 11. Kepemimpinan Yang Bijak  Sila Keempat dari Pancasila menyiratkan pentingnya kepemimpinan yang tercerahkan. Para pendiri bangsa menggunakan istilah “hikmah” untuk merujuk kepemimpinan yang ideal ini.  Kata “hikmah” berasal dari bahasa Arab, yang berarti “bijaksana.” Dari akar kata yang sama, lahir istilah “hakim” yang bisa berarti “filsuf”, bisa juga berarti “penguasa” (pemerintah).
  12. 12. Keadilan Menyeluruh  Tujuan utama kepemimpinan adalah menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh elemen masyarakat yang dipimpin. Tidak akan ada kesejahteraan tanpa keadilan.  Kepemimpinan Altrosentris harus memastikan bahwa setiap orang mendapatkan hak yang sama dengan orang lain. Inti dari keadilan adalah absennya diskriminasi. Sebuah negara atau masyarakat yang masih memiliki diskriminasi belum layak disebut sebagai negara yang adil.
  13. 13. Keragaman di atas Kesatuan  Cita-cita utama NKRI adalah mewujudkan kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh masyarakat.  Untuk itulah UUD 1945 dibuat dan diformulasikan sedemikian rupa agar sesuai dengan cita-cita luhur ini.  Pancasila adalah manifesto politik untuk menegaskan identitas Indonesia. NKRI dibangun di atas keragaman. Dari sinilah slogan “Bhinneka Tunggal Ika” dimunculkan.
  14. 14. Mengelola Keragaman  Tantangan terbesar dari Kepemimpinan Altrosentris adalah mengelola keragaman. Setiap kepala memiliki pandangan yang berbeda, yang diekspresikan dalam perilaku dan tindakan.  Kepemimpinan Altrosentris harus bisa menerapkan inti doktrin NKRI, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Perbedaan bukanlah alasan untuk menjadi lemah, tapi justru digunakan sebagai modal untuk membangun kekuatan.  Kemimpinan Altrosentris di Indonesia juga harus bisa mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945 yaitu; Negara yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur.  Hal-hal tersebut sesuai dengan Nilai-Nilai Dasar yang tercantum dalam Pancasila dan UUD 1945
  15. 15. JOHN C. MAXWELL MENJELASKAN SETIAP FASE DARI KEPEMIMPINAN INI. DI DALAM 5 LEVEL KEPEMIMPINAN, DIA MENUNJUKKAN BAGAIMANA KITA BISA MENGUASAI SETIAP FASE YANG ANDA DAN NAIK KELAS KE FASE BERIKUTNYA UNTUK MENCAPAI POSISI PIMPINAN YANG LEBIH BERPENGARUH, DIHORMATI DAN SUKSES. PENGANTAR BAHASAN 5 LEVEL KEPEMIMPINAN
  16. 16. ANDA DAPAT MEMILIKI RENCANA KEPEMIMPINAN BAGI HIDUP ANDA MEMPELAJARI TATA CARA KEPEMIMPINAN PRAKTIS:  5 LEVEL KEPEMIMPINAN MENCIPTAKAN GAMBARAN KEPEMIMPINAN YANG JERNIH.  5 LEVEL KEPEMIMPINAN MENGARTIKAN KATA MEMIMPIN SEBAGAI KATA KERJA, BUKAN KATA BENDA.  5 LEVEL KEPEMIMPINAN MERINCI APA ARTI MEMIMPIN ITU DALAM LANGKAH- LANGKAH YANG MUDAH DI MENGERTI.  5 LEVEL KEPEMIMPINAN MENCIPTAKAN RENCANA YANG JELAS BAGI PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN.  5 LEVELS KEPEMIMPINAN MENSELARASKAN PRAKTEK KEPEMIMPINAN DENGAN PRINSIP DAN NILAI.
  17. 17. 5 LEVEL KEPEMIMPINAN 1. POSITION  POSISI 2. PERMISSION  PERSETUJUAN 3. PRODUCTION  PRODUKSI 4. PEOPLE DEVELOPMENT  PENGEMBANGAN MANUSIA 5. THE PINNACLE  PUNCAK
  18. 18. KEPEMIMPINAN TINGKAT 1 POSITION (POSISI)
  19. 19. KEPEMIMPINAN TINGKAT 1 – POSISI KLIK UNTUK MENONTON
  20. 20. KEPEMIMPINAN TINGKAT 1  POSISI  ORANG AKAN MENGIKUTI KARENA KEHARUSAN PERILAKU PADA KEPEMIMPINAN TINGKAT 1 – POSISI: 1. SEBUAH POSISI KEPEMIMPINAN BIASANYA DIBERIKAN KEPADA ORANG YANG MEMILIKI POTENSI UNTUK MEMIMPIN. 2. SEBUAH POSISI KEPEMIMPINAN BERARTI PENGAKUAN AKAN OTORITAS. 3. SEBUAH POSISI KEPEMIMPINAN MERUPAKAN UNDANGAN UNTUK TUMBUH SEBAGAI SEORANG PEMIMPIN. 4. SEBUAH POSISI KEPEMIMPINAN MEMBERIKAN KESEMPATAN KEPADA PARA PEMIMPIN POTENSIAL UNTUK MEMBENTUK DAN MENENTUKAN KEPEMIMPINAN MEREKA.
  21. 21. PENJELASAN TENTANG KEPEMIMPINAN TINGKAT 1 – POSISI KLIK UNTUK MENONTON
  22. 22. KEPEMIMPINAN TINGKAT 2 PERMISSION (PERSETUJUAN)
  23. 23. KEPEMIMPINAN TINGKAT 2 – PERSETUJUAN KLIK UNTUK MENONTON
  24. 24. KEPEMIMPINAN TINGKAT 2. PERSETUJUAN  ORANG AKAN MENGIKUTI KARENA MEREKA MENGINGINKANNYA PERILAKU KEPEMIMPINAN LEVEL 2: 1. KENALI DIRI SENDIRI SEBELUM MENCOBA BERHUBUNGAN DENGAN ORANG LAIN. 2. KEMBANGKAN SEBUAH GAYA KEPEMIMPINAN YANG BERORIENTASI MANUSIA. 3. TERAPKAN ATURAN MAIN UTAMA (GOLDEN RULE). 4. JADILAH PENYEMANGAT UTAMA BAGI TIM ANDA. 5. JAGA KESEIMBANGAN ANTARA KEPEDULIAN DAN KEJUJURAN.
  25. 25. PENJELASAN TENTANG KEPEMIMPINAN TINGKAT 2 – PERSETUJUAN KLIK UNTUK MENONTON
  26. 26. KEPEMIMPINAN TINGKAT 3 PRODUCTION  PRODUKSI
  27. 27. KEPEMIMPINAN TINGKAT 3 – PRODUKSI KLIK UNTUK MENONTON
  28. 28.  ORANG AKAN MENGIKUTI KARENA ANDA TELAH MELAKUKAN APA YANG ANDA HARUS LAKUKAN UNTUK ORGANISASI ANDA. ATURAN KEPEMIMPINAN PADA LEVEL PRODUKSI:  HUKUM PENGHORMATAN  ORANG AKAN SECARA ALAMI MENGIKUTI PARA PEMIMPIN YANG LEBIH KUAT.  HUKUM MAGNETIK  SIAPA ANDA ADALAH SIAPA YANG ANDA PIKAT.  HUKUM GAMBAR VISUAL  ORANG AKAN MELAKUKAN YANG MEREKA LIHAT.  HUKUM KEMENANGAN  PARA PEMIMPIN AKAN MENCARI CARA AGAR TIMNYA MENANG.
  29. 29.  HUKUM MOMENTUM  MOMENTUM ADALAH SAHABAT SEORANG PEMIMPIN.  HUKUM PRIORITAS  PARA PEMIMPIN MENGERTI BAHWA KEGIATAN BUKAN BERARTI PRESTASI.  HUKUM PENGORBANAN  SEORANG PEMIMPIN HARUS MUNDUR SELANGKAH UNTUK DAPAT MAJU LEBIH JAUH.  HUKUM KEPERCAYAAN  ORANG AKAN PERCAYA PADA PEMIMPIN SEBELUM PERCAYA PADA VISINYA. KEPEMIMPINAN TINGKAT 3. PRODUKSI
  30. 30. PENJELASAN TENTANG KEPEMIMPINAN TINGKAT 3 – PRODUKSI KLIK UNTUK MENONTON
  31. 31. KEPEMIMPINAN TINGKAT 4 PEOPLE DEVELOPMENT (PENGEMBANGAN MANUSIA)
  32. 32. KEPEMIMPINAN TINGKAT 4 – PENGEMBANGAN MANUSIA
  33. 33. KEPEMIMPINAN TINGKAT 4 PENGEMBANGAN MANUSIA  ORANG AKAN MENGIKUTI KARENA APA YANG ANDA LAKUKAN UNTUK MEREKA SECARA PRIBADI. KEYAKINAN YANG MEMBANTU SEORANG PEMIMPIN UNTUK NAIK KE LEVEL 5: 1. TUJUAN TERTINGGI DARI KEPEMIMPINAN ADALAH PEMBENTUKAN PARA PEMIMPIN, BUKAN MENCARI PARA PENGIKUT ATAU BEKERJA. 2. UNTUK MEMBENTUK PARA PEMIMPIN, ANDA HARUS MENCIPTAKAN SEBUAH BUDAYA KEPEMIMPINAN. 3. PEMBENTUKAN PARA PEMIMPIN MERUPAKAN KOMITMEN HIDUP, BUKAN KOMITMEN PEKERJAAN
  34. 34. PENJELASAN TENTANG KEPEMIMPINAN TINGKAT 4 – PENGEMBANGAN MANUSIA KLIK UNTUK MENONTON
  35. 35. KEPEMIMPINAN TINGKAT 5 THE PINNACLE (PUNCAK)
  36. 36. KEPEMIMPINAN TINGKAT 5 – PUNCAK
  37. 37. KEPEMIMPINAN TINGKAT 5 PUNCAK  ORANG AKAN MENGIKUTI KARENA MELIHAT SIAPA ANDA DAN NILAI APA YANG ANDA BAWA. PANDUAN UNTUK MENJADI YANG TERBAIK PADA LEVEL 5: 1. TETAP RENDAH HATI DAN TERBUKA UNTUK TERUS BELAJAR 2. PERTAHANKAN FOKUS UTAMA ANDA 3. CIPTAKAN LINGKARAN ORANG TERDEKAT YANG TEPAT UNTUK MEMASTIKAN ANDA TETAP FOKUS 4. LAKUKAN SESUATU YANG HANYA ANDA SENDIRI YANG BISA MELAKUKANNYA 5. CIPTAKAN SEBUAH LINGKUNGAN PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN YANG BERKUALITAS TINGGI
  38. 38. PANDUAN UNTUK MENJADI YANG TERBAIK PADA LEVEL 5: 6. CIPTAKAN RUANGAN DI LEVEL ATAS 7. KEMBANGKAN PARA PEMIMPIN UTAMA ANDA 8. RENCANAKAN PENERUS ANDA 9. RENCANAKAN PENINGGALAN/WARISAN ANDA
  39. 39. PENJELASAN TENTANG KEPEMIMPINAN TINGKAT 5 – PUNCAK KLIK UNTUK MENONTON
  40. 40. “Seorang pemimpin adalah dia yang mengetahui, memutuskan, dan menunjukkan jalan keluar dari masalah yang ada.“ - John C. Maxwell -
  41. 41. REFERENSI BUKU: Vielmetter, Georg., and Yvonne Sell. LEADERSHIP 2030. New York; AMACOM/American Management Association, 2014. Maxwell, John.C. The 5 Levels of Leadership. Center Street, 2011. REFERENSI VIDEO: Youtube.com: TEAM LEADER ANTS: https://www.youtube.com/watch?v=Bg0z8B_WZxs SPACE JAM MOVIE CLIP: https://www.youtube.com/watch?v=T5PmwcBnXJo TRUE LEADER: https://www.youtube.com/watch?v=e-VjisHm4sw PENGUINS OF MADAGASCAR MOVIE CLIP: https://www.youtube.com/watch?v=DI4zp7yeuMU HARRY POTTER: THE ORDER OF PHOENIX MOVIE CLIP (2007): www.layarkaca21.com ANY GIVEN SUNDAY MOVIE CLIP (1999): www.layarkaca21.com 5 LEVELS OF LEADERSHIP : PART 1: https://www.youtube.com/watch?v=AlqljN1Gs9E PART 2: https://www.youtube.com/watch?v=VP602s33_oM PART 3: https://www.youtube.com/watch?v=EpVMy4LNaIg PART 4: https://www.youtube.com/watch?v=ci8YIudj4x8 PART 5: https://www.youtube.com/watch?v=PIMiqtvkXN8

×