Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Uul nurjanah(tugas pa ajat)

373 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Uul nurjanah(tugas pa ajat)

  1. 1. KURIKULUM& PEMBELAJARAN DalamPARADIGMA BARU Oleh :AKHMAD SUDRAJAT,M.pd Publishing Jl. Kaliurang km 10 no.333 Ngalik Sleman Yogyakarta 2011
  2. 2. BAB I KONSEP DASAR KURIKULUM Pengertian Kurikulum Hubungan KurikulumOrganisasiKurikulum Kedudukan dengan teori Pendidikan Kurikulum dalam pendidikan Fungsi Kurikulum
  3. 3. DESKRIPSI DESKRIPSI Pengertian kurikulum yaitu:Pelajaran-pelajaran apa yangharus di tempuh siswa di sekolah. Kedudukan kurikulum dalam pendidikan yaitu:Kurikulummerupakan komponen utama dalam sistem pendidikan yang dilaksanakan oleh guru bersama siswa untuk mencapai tujuan. Fungsi Kurikulum yaitu Kurikulum sebagai dasar ataupedoman yang di jadikan acuan dalam penyelenggaraanpendidikan di sekolah. Hubungan Kurikulum dengan teori Pendidikan yaitu suatukurikulum di susun dengan mengacu beberapa teori kurikulumdan teori kurikulum di jabarkan berdasarkan teori pendidikantertentu. Organisasi Kurikulum adalah struktur program kurikulumberupa kerangka umum program pengajaran yang di berikankepada peserta didik.
  4. 4. REFLEKSI Jadi,Kurikulum sebagai dasar itu kurikulum dijadikan sebagai acuan ,pedoman,alat dalampenyelenggaraan pendidikan,karna guru akan mengajarsesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan,kurikulum juga sangat berfungsi sebagai dasarbagi pengembangan kurikulum pada jenjang pendidikanselanjutnya.
  5. 5. BAB IILANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM Landasan Prinsip-prinsip Pengembangan pengembangan kurikulum Kurikulum
  6. 6. DESKRIPSI Landasan Pengembangan kurikulum adalah istilah yangkomprehensif,di dalam nya mencakupperencanaan,pelaksanaan dan evaluasi.dan yang melandasikurikulum terdapat empat faktor yaitu:1. Landasan Filosofis2. Landasan psikologis3. Landasan Sosiologis4. Landasan ilmu Pengetahuan dan Teknologi(IPTEK). Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum Pada dasarnya prinsip-prinsip yang di gunakan dalam pengembangan kurikulum yaitu merupakan kaidah-kaidah atau hukum yang akan menjiwai suatu kurikulu.
  7. 7. REFLEKSI• Landasan kurikulum pada hakikatnya parapengembang kurikulum sebelum mengembangkankurikulum tersebut harus lebih memperhatikan danmempertimbangkan faktor-faktor baik itu dari landasanfilosofis,psikologis,sosiologis dan IPTEK.• Prinsip kurikulum itu merupakan salah satuindikator,atau pun jiwa dari kurikulum yang sangatpenting dan merupakan salah satu keberhasilan dalampenerapan kurikulum itu sendiri.
  8. 8. BAB IIIKOMPONEN-KOMPONEN KURIKULUM Tujuan Komponen Komponen Komponen Evaluasi Metode Komponen Materi
  9. 9. DESKRIPSI Komponen tujuan Secara umum,pendidikan bertujuan agar siwa dapatmencapai kedewasaan. Komponen Materi Materi merupakan salah satu komponen sistempembelajaran yang sangat penting dan berisikanspengetahuan,keterampilan dan sikap yang harus di pelajarisiswa. Komponen Metode Metode pembelajaran di laksanakan sesuai denganorientasi kebutuhannya. Komponen Evaluasi Evaluasi kurikulum yaitu memeriksa tingkatketercapaian tujuan-tujuan pendidikan yang ingin di wujudkanmelalui kurikulum yang bersangkutan.
  10. 10. REFLEKSI Dalam komponen kurikulum itu mencakupTujuan, Materi, metode ,dan Komponen valuasi,semuabagian tadi termasuk bagian-bagian penting yang harusdi kuasai bagi pengembangan kurikulum agar mencapaitujuan kurikulum yang sudah di tetapkan.
  11. 11. BAB IVKONSEP DAN TEORIHakikat PilarBelajar Belajar Teori-teori pokok Belajar
  12. 12. DESKRIPSI Hakikat Belajar Belajar memiliki cakupan yang sangatkompleks,meliputi berbagai aspek kehidupan baik dalamsuasana formal maupun informal. Pilar Belajar Empat pilar belajar yaitu: 1. Belajar mengetahui 2. Belajar berkarya 3. Belajar hidup bersama 4. Belajar berkembang utuh. Teori-teori pokok belajar Banyak teori belajar yang bersumber dari aliran-aliranpsikologi yaitu:Behaviorisme,kognitivisme menurut piaget danteori belajar Gestalt.
  13. 13. REFLEKSI Belajar di artikan sebagai suatu proses untukmerubah prilaku individu secara keseluruhan,belajarjuga terus menerus di lakukan baik formal maupuninformal.Teori belajar yang berorientasi yaitu teori belajar yangkognitivisme dan teori belajar gestalt,kedua teori ini jugamerupakan teori belajar yang sangat di anjurkan.
  14. 14. BAB VKONSEP DASAR PEMBELAJARAN Konsep Dasar Pembelajaran Ragam Pembelajaran
  15. 15. DESKRIPSI Pembelajaran terjemahan dari instruction,yang banyak dipakai dalam dunia pendidikan di amerika serikat.istilah iniini banyak di pengaruhi oleh aliran psikologi kognitif-Holistikmenyiratkan adanya interaksi dan komunikasi transaksionalyang bersifat timbal balik antara guru dengan siwa untukmencapai tujuan yang telah di tetapkanj. Ragam pembelajara Beberapa ragam pembelajaran yang sering dikemukakan lebih di tekankan pada konteks gradasi yangbersifat komplementer,bukan ragam yang bersifatexhaustive (habis dalam pemilahan).
  16. 16. REFLEKSI Konsep dasar pembelajaran adalahpenyimpanan dasar-dasar pembelajaran yang akan disampaikan pada siswa mencakup prinsip-prinsippembelajaran dan komponen-komponenpembelajaran juga berlanjut pada ragam pembelajaranitu banyak yang sudah di kemukakan oleh fakar-fakar,namun yang tercantum adalah kontek gradasiyang bersifat komplementer,bukan ragam yang bersifatexhaustive(habis dalam pemilahan).
  17. 17. BAB VIPERAN DAN KOMPETENSI GURU Peran guru dalam Dasar mengajar pembelajaran Keterampilan Kompetensi Guru
  18. 18. DESKRIPSI Peran guru dalam pembelajaran1. Sebagai Manajer pembelajaran2. Sebagai Fasilitator3. Sebagai motivator4. Sebagai pembimbing Kompetensi Guru,dapat di maknai sebagai gambaran tentang apa yang seyogyanya dapat di lakukan seorang guru dalam melaksanakanpekerjaannya,baik berupa kegiatan ,prilaku maupun hasil yang dapat di tunjukan. Keterampilan Dasar Mengajar,merupakan subkomponen dari kompetensi pedagogik,yang berkenaan dengan keterampilan teknis dalam melaksanakan pembelajaran.
  19. 19. REFLEKSI Jadi ,peran guru dalam pembelajaran itu sangatpenting karna guru sangat berfungsi dalampembelajaran yaitu sebagai motivator,sebagaifasilitator,sebagai manajer yang menjadipelaksana,penilai para siswa. namun dalam menjalankan peran danfungsinya,seorang guru agar dalam kinerjanyamenghasilkan yang optimal,maka seorang guruseharusnya di dukung oleh berbagai kompetensi(harusmemiliki kemampuan,keterampilan dan pengetahuan).
  20. 20. BAB VII PROSES PEMBELAJARAN Media Pembelajaran PembelajaranPembelajaran Pengertian Metode Strategi Inkuiri Pendekatan,strategi,metode dan skill pembelajaran Sumber Belajar
  21. 21. DESKRIPSI Pengertian pendekatan,strategi,model,metode dan skill Adalah sudut pandang strategi dan modelbelajar,setelah itu metode di jabarkan pada skillyaitu gayadalam pembelajaran. Strategi pembelajaran inkuiri adalah strategi pembelajaranyang menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Metode pembelajaran merupakan implementasi daristrategi pembelajaran yang telah di tetapkan sebelumnya. Media pembelajaran yaitu segala sesuatu yang dapatmenyalurkan pesan,dapat merangsang pikiran. Sumber belajar adalah semua sumber baik berupadata,orang dan wujud tertentu yang dapat di gunakan olehsiswa ke dalam belajar.
  22. 22. REFLEKSI Prose pembelajaran yaitu sesuatu yang sudah ditetapkan sebelum pembelajaran mencakuppendekatan,strategi,model dsb,semua itu harus dikuasai dan di pahami oleh guru sebelum pembelajarandi laksanakn agar dalam melaksanakan pembelajarandapat secara efektif dan efisien dengan ketentuan-ketentuan yang sudah di tetapkan. juga sebelum mengajar guru harus lebihberkopetensi, mempunyai pengetahuan,keterampilan,wawasan ,serta memahami dalam prosepembelajaran,agar bisa mengoptimalkan pembelajaran.
  23. 23. Terima Kasih....!!!!

×