Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

TEORI WARNA

4,501 views

Published on

Tentang teori warna dan penjelasannya

Published in: Education
  • Dating direct: ❤❤❤ http://bit.ly/2F7hN3u ❤❤❤
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Sex in your area is here: ❶❶❶ http://bit.ly/2F7hN3u ❶❶❶
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

TEORI WARNA

  1. 1. TEORI WARNA LATIF IHFANI 12105241017
  2. 2. Teori Warna Menurut Para Ahli Teori Sir Isaac Newton Teori David Brewster Teori Albert Munsell
  3. 3. Teori Sir Isaac Newton Newton melakukan percobaan dan menyimpulkan, apabila dilakukan pemecahan warna spektrum dari sinar matahari, akan ditemukan warna- warna yang beraneka ragam yang terdiri dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu. Warna-warna tersebut dapat kita lihat pada pelangi.
  4. 4. Color Theory (Brewster 1831) Color Theori Atau Teori Warna ini membahas Teori Brewster yang pertama kali dikemukakan pada tahun 1831 menyederhanakan warna yang ada di alam menjadi 4 kelompok warna, yaitu warna primer, sekunder, tersier, dan warna netral.
  5. 5. Pembagian Warna Menurut Brewster • Warna primer, Merupakan warna dasar yang tidak merupakan campuran dari warna-warna lain. Warna yang termasuk dalam golongan warna primer adalah merah, biru, dan kuning.
  6. 6. •Warna sekunder, Merupakan hasil pencampuran warna-warna primer dengan proporsi 1:1. Misalnya warna jingga merupakan hasil campuran warna merah dengan kuning, hijau adalah campuran biru dan kuning, dan ungu adalah campuran merah dan biru.
  7. 7. • Warna tersier, Merupak an campuran salah satu warna primer dengan salah satu warna sekunder. Misalnya warna jingga kekuningan didapat dari pencampuran warna kuning dan jingga.
  8. 8. Teori Albert Munsell Pada tahun 1858, Munsell menyelidiki warna dengan standar warna untuk aspek fisik dan psikis. Berbeda dengan Newton dan Brewster, Munsell mengatakan warna pokok terdiri dari merah, kuning, hijau, biru dan jingga. Sementara warna sekunder terdiri dari warna jingga, hijau muda, hijau tua, biru tua dan nila.
  9. 9. Karakteristik Warna • Warna hangat : merah, kuning, coklat, jingga. Dalam lingkaran warna terletak warna-warna yang berada dari merah ke kuning. • Warna sejuk : dalam lingkaran warna terletak dari hijau ke ungu melalui biru. • Warna tegas :warna biru, merah, kuning, putih, hitam. • Warna tua atau gelap : warna-warna tua yang mendekati warna hitam (coklat tua, biru tua, dan sebagainya) • Warna muda atau terang : warna-warna yang mendekati warna putih.
  10. 10. Dimensi Warna Louis Prang pada 1876 membagi warna menjadi tiga dimensi, yang kemudian disebut The Prang System Hue, adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan nama dari suatu warna, seperti merah, biru, hijau dsb. Value, adalah dimensi kedua atau mengenai terang gelapnya warna. Contohnya adalah tingkatan warna dari putih hingga hitam. Intensity, seringkali disebut dengan chroma, adalah dimensi yang berhubungan dengan cerah atau suramnya warna.
  11. 11. Hubungan antar Warna •Kontras komplementer Adalah dua warna yang saling berseberangan (memiliki sudut 180°) di lingkaran warna. Dua warna dengan posisi kontras komplementer menghasilkan hubungan kontras paling kuat. Misalnya jingga dengan biru. •Kontras split komplemen Adalah dua warna yang saling agak berseberangan (memiliki sudut mendekati 180°). Misalnya Jingga memiliki hubungan split komplemen dengan hijau kebiruan. Kontras triad komplementer Adalah tiga warna di lingkaran warna yang membentuk segitiga sama kaki dengan sudut 60°. •Kontras tetrad komplementer Disebut juga dengan double komplementer. Adalah empat warna yang membentuk bangun segi empat (dengan sudut 90°).
  12. 12. Kriteria pemilihan warna • Tampilkan warna dengan latar belakang (background) gelap • Pilih warna yang cerah untuk foreground (putih,hijau dll) • Hindari penggunaan warna coklat dan hijau untuk background • Kecerahan dan kombinasi warna pada foreground dan background kontras • Gunakan warna sesuai kebutuhan,disain dibuat dalam b/w dan ditambahkan warna lain sesuai kebutuhan • Gunakan warna untuk menarik perhatian user, komunikasi terarah, identifikasi status, menjalin hubungan antar elemen • Hindari penggunaan warna pada pekerjaan yang sifatnya non- task, untuk layar yang kebanyakan terdiri dari teks, warna dapat membantu ketika user harus mencari /membedakan bagian2 tertentu
  13. 13. Contoh gambar : Poater disampin sudah merupakan poster yang baik dari segi warna, karena poster itu memadukan berbagai warna yang sangat padu, sehingga setiap orang yang melihat poster tersebut tertarik untuk membacanya
  14. 14. Poster tersebut menurut saya kurang baik dari segi pemilihan warna, karena terlalu banyak warna yang ada di dalamnya sehingga kurang enak dilihat. Seharunya jika ingin menggunakan banyak warna, harus memilih warna yang tidak terlalu jauh dengan warna bacground agar enak untuk dilihat
  15. 15. Pamflet disampin ini sangat baik dalam pemilihan warna, karena warna yang digunakan sangat sejuk dilihat oleh mata dan apa yang disampaikan oleh penulis mengenai gambar itu sudah dapat disampaikan dan menarik pembaca untuk membaca

×