Tugas Resume Aplinet
Oleh :
Edi Purnomo(1200631021)
Vani Tri Agustian (1200631025)
Risky Suprayogi (1200631016)
OOP DENGAN PHP
Definisi Class
>> Class disusun berdasarkan karakteristik sebuah objek
benda. Sifat ini disebut sebagai Abstraksi (Abstrac...
Properti / Variable
>> Berdasarkan sifat abstraksi, suatu class menyimpan
karakteristik suatu benda dalam suatu variable. ...
Method / Function
>> Selain mempunyai properti, sebuah class juga mempunyai
Method. Dalam PHP, method suatu class diwujudk...
Constructor dan Destructor
>> Constructor adalah suatu function khusus yang akan
dieksekusi ketika suatu objek dibuat (ins...
Visibilitas Member
>> Visibilitas dari properti atau method dapat dilakukan dengan
mengawali pendefinisian dengan keyword ...
Function Setter dan Getter
>> Function Setter adalah fungsi yang digunakan untuk
memberikan (set) nilai untuk suatu proper...
Pewarisan (Inheritance)
>> Pewarisan/Penurunan merupakan fitur OOP yang sangat
berguna. Dengan pewarisan, sebuah class dap...
KONSEP
MVC DENGAN PHP
Pengertian MVC :
MVC adalah konsep pemrograman, dimana logika pemrograman,
query database, dan tampillannya dipisahkan. Se...
MVC (Model, View, Controller)
• Model adalah sebuah layer pada MVC yang merepresentasikan
data yang digunakan oleh aplikas...
Konsep penggunaan MVC
yang terdapat pada PHP
Frameworks
Beberapa Konsep Penggunaan MVC yang terdapat pada PHP
Frameworks :
• CakePHP
• Code Igniter (CI)
• Symphony
CAKEPHP
CakePHP adalah sebuah framework open source yang
digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dengan dasar
kerja CRU...
Kelebihan:
- Support AJAX dan ORM
- Pengembangan yang terus dilakukan, saat ini telah mencapai versi
1.3.7.
- Mendukung PH...
CODEIGNITER
Framework CodeIgniter merupakan framework pengembangan
aplikasi web yang menggunakanPHP. Tujuan dari CodeIgnit...
Beberapa keuntungan yang didapat dari CodeIgniter diantaranya adalah:
• CodeIgniter ini merupakan framework yang gratis, d...
SYMFONY
Symfony adalah framework web yang ditujukan untuk PHP 5.
Selain itu Symfony juga kompatibel dengan berbagai sistem...
Kelebihan :
- Dukungan terhadap AJAX, ORM.
- Kompatibel dengan berbagai macam database.
- Banyak library dan fungsi symfon...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Tugas resume aplinet (edi,vani,risky)

279 views

Published on

Published in: Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
279
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas resume aplinet (edi,vani,risky)

  1. 1. Tugas Resume Aplinet Oleh : Edi Purnomo(1200631021) Vani Tri Agustian (1200631025) Risky Suprayogi (1200631016)
  2. 2. OOP DENGAN PHP
  3. 3. Definisi Class >> Class disusun berdasarkan karakteristik sebuah objek benda. Sifat ini disebut sebagai Abstraksi (Abstraction). >> Class adalah penampung sekumpulan elemen data (variable) dan kode program (function) yang digunakan oleh pengolahan datanya. Sifat ini disebut sebagai enkapsulasi (Encapsulation) . >> Class dapat disusun secara hierarki sehingga suatu class dapat mewariskan beberapa atau semua karakteristiknya ke class lain (class anak/child class). Sifat ini disebut sebagai Pewarisan (Inheritance)
  4. 4. Properti / Variable >> Berdasarkan sifat abstraksi, suatu class menyimpan karakteristik suatu benda dalam suatu variable. Variabel ini sering disebut sebagai properti. >> Contoh: 1. Class Orang mempunyai properti seperti Nama, Warna Rambut, Tinggi, Berat, Tahun Lahir dan lain-lain. 2. Class KoneksiDB mempunyai properti seperti Alamat Server, User Name, Password dan Nama Database.
  5. 5. Method / Function >> Selain mempunyai properti, sebuah class juga mempunyai Method. Dalam PHP, method suatu class diwujudkan dalam sebuah function. Method adalah perilaku yang dapat dilakukan oleh class. >> Contoh : 1. Class Orang mempunyai method seperti Makan, Minum, Tidur, Ucap Salam, dan lain-lain. 2. Class KoneksiDB mempunyai method seperti Koneksi, EksekusiQuery, AmbilData dan lain-lain Object >> Objek merupakan insansiasi dari suatu Class. Sebuah class tidak dapat digunakan tanpa diinstansiasikan dulu (kecuali untuk Static Class). >> Objek sebenarnya sebuah variabel.
  6. 6. Constructor dan Destructor >> Constructor adalah suatu function khusus yang akan dieksekusi ketika suatu objek dibuat (instansiasi class). >> Umumnya constructor dibuat untuk memberikan suatu operasi awal yang harus dilakukan ketika sebuah objek dilahirkan (inisialisasi objek). >> Destructor adalah function khusus yang dilakukan ketika suatu objek akan dihapus. >> Umumnya destructor dibuat untuk mengembalikan kembali sumber daya komputer (misalnya memori, file). Contoh operasi dalam destructor menghapus kembali memori yang telah digunakan atau menutup koneksi ke suatu file.
  7. 7. Visibilitas Member >> Visibilitas dari properti atau method dapat dilakukan dengan mengawali pendefinisian dengan keyword : 1. Public : Member ini dapat diakses dimanapun, walaupun dari luar classnya. 2. Private : Member ini hanya dapat diakses di dalam pendeklarasian classnya saja. Member ini tidak dapat dikenal di class turunannya. 3. Protected : Mirip dengan private, tetapi member ini dapat dikenal di class turunannya.
  8. 8. Function Setter dan Getter >> Function Setter adalah fungsi yang digunakan untuk memberikan (set) nilai untuk suatu properti. Umumnya function ini digunakan untuk properti yang mempunyai visibilitas protected atau private. Function setter sering digunakan untuk memvalidasi data yang masuk sebelum data tersebut diisikan ke suatu properti. >> Function Getter adalah suatu function yang digunakan untuk menghasilkan (get) suatu nilai baik dari member public, private, protected atau pun dari hasil perhitungan.
  9. 9. Pewarisan (Inheritance) >> Pewarisan/Penurunan merupakan fitur OOP yang sangat berguna. Dengan pewarisan, sebuah class dapat diturunkan menjadi class baru yang mempunyai sebagian atau seluruh karakteristik dari class parentnya. >> Pewarisan dilakukan dengan keyword “extends”. >> Visibility member berlaku di pewarisan. >> Dalam pewarisan dikenal istilah Override yaitu mendefinisikan ulang suatu function yang telah tersedia di class child sehingga mempunyai perilaku yang berbeda dari perilaku function class parentnya. >> Dalam class turunan, boleh ditambah properti atau member baru.
  10. 10. KONSEP MVC DENGAN PHP
  11. 11. Pengertian MVC : MVC adalah konsep pemrograman, dimana logika pemrograman, query database, dan tampillannya dipisahkan. Sehingga kode- kode penyusun sebuah aplikasi web terlihat lebih sederhana dan terstruktur. Jadi, tidak akan ada query database di dalam sebuah file yang memang ditujukan untuk tampilan. Gambaran tentang konsep MVC :
  12. 12. MVC (Model, View, Controller) • Model adalah sebuah layer pada MVC yang merepresentasikan data yang digunakan oleh aplikasi sesuai dengan proses yang terjadi pada data tersebut, dengan memilahnya menjadi beberapa bagian terpisah kembali, seperti penampungan data, persistence, proses manipulasi, dan lain- lain. Secara singkat, model bertugas untuk menangani query-query database. • View adalah sebuah layer pada MVC yang mengandung keseluruhan detai dari implementasi user interface dengan melibatkan komponen grafis yang menyediakan representasi proses internal aplikasi dan meuntun alur interaksi user terhadap aplikasi. • Controller adalah sebuah layer pada MVC yang menyediakan detai alur program dan transisi layer, dan bertanggung jawab akan penampungan event yang dibuat oleh user dari view dan melakukan update terhadap komponen model menggunakan data dari user.
  13. 13. Konsep penggunaan MVC yang terdapat pada PHP Frameworks
  14. 14. Beberapa Konsep Penggunaan MVC yang terdapat pada PHP Frameworks : • CakePHP • Code Igniter (CI) • Symphony
  15. 15. CAKEPHP CakePHP adalah sebuah framework open source yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dengan dasar kerja CRUD (Create, Read, Update, Delete). CakePHP juga menjadi salah satu framework pilihan yang memungkinkan developer untuk membuat sebuah aplikasi web dengan karakter pengembangan RAD (Rapid Application Development), yang memungkinkan untuk digunakan dan dikembangkan menjadi aplikasi lain yang lebih kompleks. CakePHP terdiri dari file-file pustaka (library), kelas kelas, dan infrastruktur run-time yang terinspirasi oleh framework Ruby on Rails. CakePHP juga banyak digunakan oleh para programmer yang memilih untuk bekerja dengan struktur yang rapi dan padat tanpa kehilangan fleksibilitas pengembangan framework.
  16. 16. Kelebihan: - Support AJAX dan ORM - Pengembangan yang terus dilakukan, saat ini telah mencapai versi 1.3.7. - Mendukung PHP4 dan PHP5 - Arsitektur OOP dan MVC yang sesungguhnya - Semua fungsi dalam CodeIgniter sudah ada dalam CakePHP - memiliki teknik unik yang tidak didapatkan pada framework lain Kekurangan: - Manual Book tidak selengkap CodeIgniter - Terlalu banyak aturan jika dibandingkan CodeIgniter (namun sisi ini ada nilai positifnya, yaitu mempermudah pengembangan karena penamaan file dan database telah diatur semua nya oleh CakePHP, sehingga Developer tidak bisa main-main) - Butuh waktu belajar lama jika ingin menguasai framework ini (namun jika sudah benar-benar menguasai, Framework CakePHP mempunyai kemampuan yang benar-benar luar biasa handal)
  17. 17. CODEIGNITER Framework CodeIgniter merupakan framework pengembangan aplikasi web yang menggunakanPHP. Tujuan dari CodeIgniter adalah untuk memberikan kesempatan kepada orang untuk membuat web lebih cepat dibanding apabila dilakukan dari nol (from scratch) dengan menyediakan sekumpulan library untuk mengerjakan proses-proses yang biasa dilakukan,disertai dengan interface dan struktur logika yang sederhana untuk mengakses library ini.
  18. 18. Beberapa keuntungan yang didapat dari CodeIgniter diantaranya adalah: • CodeIgniter ini merupakan framework yang gratis, dimana kita bisa mengunduh danmenginstallnya tanpa harus membayar. • CodeIgniter ini sangat ringan, dimana system utamanya hanya memerlukan sedikit sekali library. Berbeda dengan kebanyakan framework yang membutuhkan resources yang lebih banyak. Library tambahan dapat ditambahkan secara dnamis berdasarkan permintaan sehingga system dasar sangat kecil dan cepat. • Framework telah banyak dibuktikan sebagai framework yang cepat dibandingkankebanyakan framework PHP yang ada. • CodeIgniter menggunakan pendekatan konsep Model-Visual-Controller (MVC),sehingga pengembangan aplikasi menjadi lebih teratur dan terstruktur. • CodeIgniter dapat menghasilkan URL yang bersih.Contoh URL yang bersih: http://www.contoh.com/berita/tajuk/1 • CodeIgniter datang dengan sekumpulan library yang biasanya dibutuhkan untuk mengembangkan website, misalnya untuk mengakses database, mengirim email,memvalidasi form data, memelihara session, memanipulasi gambar, dan sebagainya. • CodeIgniter dapat dengan mudah diperluas kemampuannya sesuai dengan yang kitainginkan melalui penggunaan plugin dan helper.Kekurangannya : • Tidak mendukung AJAX, dan ORM • Meyediakan dan memisahan file-file dalam MVC pattern, tapi masih memberikankebebasan user untuk melanggar aturan MVC
  19. 19. SYMFONY Symfony adalah framework web yang ditujukan untuk PHP 5. Selain itu Symfony juga kompatibel dengan berbagai sistem database. Sama seperti CakePHP dan CodeIgniter, Symfonyjuga menganut arsitektur MVC (Model View Controller). Dukungan untuk AJAX juga tersedia di framework Symfony ini. Dokumentasi yang disediakancukup baik. Mungkin yang menjadi persoalan adalah proses instalasi dan konfigurasi cukuprumit bila dibandingkan dengan framework sebelumnya.
  20. 20. Kelebihan : - Dukungan terhadap AJAX, ORM. - Kompatibel dengan berbagai macam database. - Banyak library dan fungsi symfony yang sudah tersedia. Bahkan hampir mendekati CMS. Sehingga ada yang mengatakan ”Symphony is a CMS with a heart of a framework.” ini menjadi kelebihan sekaligus kekurangan. Kekurangan : - Tidak mendukung PHP4. - Relatif butuh waktu lama untuk mengerti framework ini. - Instalasi dan konfigurasinya cukup rumit

×