Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tugas kurikulum dan pembelajaran ( fitri k.l )

146 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Tugas kurikulum dan pembelajaran ( fitri k.l )

  1. 1. KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DALAM PARADIGMA BARUDiajukan untuk memenuhi salah satu tugas individu mata kuliah Kurikulum dan Pembelajaran Dosen : Akhmad Sudrajat, M.Pd Disusun Oleh : Fitri Komariyah Lusmiyati 2D Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan
  2. 2. SUMBERJudul Buku : Kurikulum dan Pembelajaran dalam Paradigma BaruNama Pengarang : Akhmad Sudrajat, M.PdTahun Terbit : 2011Jumlah Halaman : 156Penerbit : Paramitra Publishing
  3. 3. BAB 1 KURIKULUM GURU SISWATerdapat:a. Tujuan Pembelajaranb. Materi Pembelajaran Hasil Pembelajaranc. Metode Pembelajarand. Evaluasi Pembelajaran Tujuan Pendidikan
  4. 4. Deskripsi:a. Kurikulum menjadi acuan dalam proses pembelajaran karenadidalamnya terdapat rencana-rencana pembelajaran.b. Kurikulum memang hanya sebuah dokumen yang tertulis, akan tetapidalam prakteknya terkadang guru lebih memilih caranya sendiri untukmenyampaikan suatu mata pelajaran agar lebih mudah dimengerti dandipahami oleh para peserta didiknya.c. Terjadinya interaksi antara guru dengan siswa
  5. 5. KONSEP DASAR KURIKULUM Kurikulum adalah seperangkat rencana pokok yang dibuat olehlembaga pendidikan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikandalam proses pengelolaan pembelajaran, yang didalamnya terdapattujuan, materi, metode yang digunakan dan evaluasi pembelajaran. Dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai agarproses pembelajaran dapat lebih terencana dan terarah, hingga tujuanpendidikan dapat tercapai. Guna memenuhi harapan dan kepentinganmasyarakat, untuk menjadikan peserta didik yang berkualitas danberkompeten sehingga dapat langsung beradaptasi dimana pun iaberada.
  6. 6. LANDASAN FILOSOPISKURIKULUM PSIKOLOGIS SOSIOLOGI IPTEK S
  7. 7. Deskripsi: - adanya suatu usaha untuk membuat perubahan baru dalam pembelajaran. - lebih berpusat kepada siswa. - mengikuti perkembangan zaman. - adanya keterkaitan antara landasan dengan pengembangan kurikulum.
  8. 8. LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM Untuk membuat suatu perkembangan kurikulum makasemua landasan yang menjadi faktor perkembangan kurikulumharus terpenuhi semua, karena jika tidak maka proses pembelajaranakan terhambat. Yang akhirnya, membuat hasil belajar peserta didiktidak sesuai dengan yang diharapkan. Diibaratkan landasan-landasan itu pondasinya, jika salahsatu tidak ada maka akan terjadi hambatan berkelanjutan dalamproses pembelajaran. Karena pengembangan kurikulumdipengaruhi oleh keadaan jiwa, sikap dan perilaku peserta didik.
  9. 9. KOMPONEN-KOMPONEN TUJUAN KURIKULUM PEMBELAJARAN MATERI PEMBELAJARAN METODE PEMBELAJARAN EVALUASI PEMBELAJARAN
  10. 10. BAB IV BELAJARKONSEP SISWA TEORI
  11. 11. Deskripsi:A. Adanya Siswa Yang Belajar.B. Belajar Untuk Mengetahui.C. Belajar Untuk Berkarya.D. Belajar Untuk Hidup Bersama.E. Belajar Untuk Berkembang Utuh.
  12. 12. BELAJAR: KONSEP DAN TEORI Belajar adalah perubahan perilaku sebagai dari hasilbelajarnya selama ini, dengan belajar peserta didik akan mampuberkembang karena semakin tinggi usia secara tidak langsungpemikiran peserta didik pun akan berubah. Pengetahuan merekamenjadi lebih luas, dan terkadang mereka ingin banyak mengetahuihal yang belum pernah mereka ketahui. Karena itulah keadaan jiwanya juga berpengaruh terhadapproses belajarnya selama ini. Kegagalan atau ketidakmampuandalam penambahan pengetahuan dikategorikan sebagai kesalahandan keberhasilan belajar dikategorikan sebagai bentuk perilakuyang pantas diberi penghargaan.
  13. 13. BAB V PEMBELAJARAN RAGAMKONSEP DASAR PEMBELAJARAN SISWA
  14. 14. Deskripsi:A. Adanya suatu interaksi antara guru dengan siswa.B. Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.C. Guru hanya sebagai mediator juga fasilitator dalam prosespembelajaran.D. Sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang prosespembelajaran.E. Tetapi bagaimana pun juga keadaan lingkungan yang akanmempengaruhi pribadinya sendiri.
  15. 15. PEMBELAJARAN: KONSEP DAN RAGAM Pembelajaran disini dapat diartikan sebagai adanya interaksi dankomunikasi yang bersifat timbal balik antara guru dengan siswa untukmencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ragam dalam pembelajaran punbermacam-macam dan berbeda satu sama lain, tergantung kepada guruyang akan menyampaikannya ingin menggunakan pembelajaran sepertiapa yang paling efektif. Karena keadaan peserta didik pada saat proses belajarberbeda, disanalah peranan kita untuk bisa menyesuaikan dengankeadaan para peserta didiknya. Untuk dapat merubah pandangan yanglama menjadi suatu pandangan baru, agar pengetahuan peserta didikbertambah. Dan mampu bersikap aktif, karena guru hanya sebagaimediator dalam proses pembelajaran. Hasil belajar peserta didik sendiriyang akan menentukan sejauh mana dirinya berkembang, denganbantuan gurunya.
  16. 16. BAB VI PERANAN GURU MANAJER PEMBELAJARAN FASILITATOR SISWAKOMPETEN MOTIVATOR PEMBIMBING
  17. 17. Deskripsi:1. Ada beberapa macam peranan guru, diantaranya:- guru sebagai manajer pembelajaran yang didalamnya mencakupkegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.- guru sebagai fasilitator, yakni dapat memfasilitasi media pembelajarandemi tercapainya proses pembelajaran.- guru sebagai motivator harus mampu membangkitkan motivasibelajar peserta didiknya.- guru sebagai pembimbing, yang pada dasarnya dapat membantusiswa untuk menemukan potensi yang dimilikinya.2. adanya berbagai macam kompetensi yang harus dimiliki guru.3. adanya ketrampilan dasar mengajar.
  18. 18. PERAN DAN KOMPETENSI GURU Peran guru sangatlah penting dalam proses pembelajaran,karena apa yang mereka sampaikan akan dicerna oleh panca inderasetiap individu peseta didik. Berhasil tidaknya bergantung pada sejauhmana guru mempengaruhi peserta didiknya dalam prosespembelajaran. Guru harus mampu memanajer segala hal demitercapainya tujuan pembelajara, apa yang dibutuhkan oleh pesrta didiksewajarnya kita berikan agar dapat belajar secara kondusif. Sebelumguru meyampaikan materi hendaklah memberikan motivasi agarpeserta didik dapat lebih giat belajar, dan mampu menjadi pembimbingpeserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Didukungoleh guru-guru yang berkompeten dibidangnya, dan menguasaiketrampilan dasar mengajar.
  19. 19. BAB VIIPROSES PEMBELAJARAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN STRATEGI PEMBELAJARAN METODE PEMBELAJARAN MEDIA PEMBELAJARAN SUMBER BELAJAR
  20. 20. Deskripsi:a. Pendekatan pembelajaran dijadikan titik tolak terhadap prosespembelajaran.b. Adanya stategi pembelajaran inkuiri yang menekankan kepada prosesmencari dan menemukan.c. Dalam memilih metode pembelajaran perlu mempertimbangkanberbagai faktor.d. Adanya media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu gurudalam penyampaian materi.e. Adanya sumber belajar .
  21. 21. Dalam proses pembelajaran ada beberapa hal yang perlu diperhatikanyakni pendekatan seperti apa yang cocok untuk digunakan, dilihat juga daristrategi pembelajarannya, metode pembelajaran sampai kepada mediapembelajaran juga sumber belajar. Karena itu berpengaruh satu sama lainterhadap proses pembelajaran. Sebagai guru harus bisa menempatkan dirinyadalam situasi apapun, jika memang startegi pembelajaran yang digunakan cocokmaka guru dapat menentukan metode pembelajaran yang paling efektif. Tetapisebisa mungkin tidak monoton dalam proses pembelajaran, harus bergantidengan metode pembelajaran yang lainnya. Didukung oleh media pembelajaran, agar siswa dapat lebih mengertidan memahami, serta memberikan contoh yang nyata. karena dengan inimemungkinkan adanya interaksi langsung antara guru dengan siswa. Sertasumber belajar yang disiapkan guru untuk mempermudah siswa dalam mencapaitujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.
  22. 22. KESIMPULAN Kurikulum hanya dijadikan sebagai pedoman dalam prosespembelajaran, akan tetapi dalam proses pembelajarannya tergantungkepada gurunya apakah mengacu pada kurikulum atau memang memakaicaranya sendiri. Maka untuk mengembangkan kurikulum keempatlandasan kurikulum harus terpenuhi, dan komponennya lengkap agartujuan pendidikan dapat sesuai dengan yang diharapkan. Guru berperan penting dalam proses pembelajaran karenaharus mengetahui keadaan peserta didiknya, untuk menyampaikanmateri guru harus memilih metode pembelajaran yang paling efektif agarpeserta didik tidak merasa bosan dan proses pembelajaran tidakmonoton. Sebelum menyampaikan hendaklah guru menguasai materiyang akan disampaikannya, dan media pembelajarannya benar-benarsudah disiapkan. Tanamkan pada jiwa peserta didik jika belajar itusepanjang hayat, tidak mengenal batasan usia.
  23. 23. Pendapat tentang buku Kurikulum dan PembelajaranBuku ini menurut saya, telah mencakup berbagai aspek baik dari segiguru itu sendiri maupun peserta didiknya. Ada tata cara dalampengelolaan pembelajarannya, dimulai dari perencanaanpembelajarannya sampai kepada evaluasi pembelajaran. Dijelaskanpula peranan guru dalam berbagai macam, serta ketrampilan dasaruntuk mengajar dan juga ada berbagai macam kompetensi yang harusdimiliki guru agar mampu melihat setiap potensi yang ada pada pesertadidik untuk dapat dikembangkan. Bahasanya mudah dimengerti, sehingga pembaca dapatmemahaminya. Buku ini sangat bermanfaat karena dengan adanyabuku ini kita banyak dapat mengambil pelajaran untuk menjadi seorangguru, akan tetapi yang perlu kita pahami adalah belajar itu sepanjanghayat karena belajar tidak hanya disekolah tetapi dilingkungan sekitarjuga banyak hal yang perlu kita pelajari, serta tidak mengenal batasanusia dalam belajar.
  24. 24. KURIKULUM GURUKomponen Kurikulum Peranan Guru :- Tujuan Pembelajaran -Sebagai manajer pembelajaran- Materi Pembelajaran - Sebagai fasilitator- Metode Pembelajaran - Sebagai Motivator- Evaluasi PembelajaranD - Sebagai Pembimbing TUJUAN PENDIDIKAN SISWA Hasil Pembelajaran
  25. 25. TERIMA KASIH

×