Kimia gol 5 a

6,414 views

Published on

5 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
6,414
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
426
Comments
5
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kimia gol 5 a

  1. 1. BERANDA MATERI TENTANG
  2. 2. Menjelaskan definisi, manfaat, sejarah serta kegunaan unsur- unsur golongan V A dalam kehidupan sehari- hari.
  3. 3. 1. Menjelaskan definisi unsur golongan V A. 2. Mengindentifikasi bahan yang terkandung didalamnya. 3. Menjelaskan sejarah unsur golongan V A. 4. Menjelaskan manfaat unsur golongan V A dalam kehidupan.
  4. 4. 1. Siswa dapat memahami dan mendeskripsikan unsur golongan V A. 2. Siswa mampu menjelaskan unsur golongan V A.
  5. 5. GOLONGAN VA  Semua komponen-komponen dari unsur ini mempunyai:  5 elektron pada kulit terluarnya,  2 elektron terletak di subkulit s dan  3 terletak di subkulit p sehingga kekurangan 3 elektron di kulit terluar.  Terdiri dari Nitrogen (N), Fosfor (P), Arsen (As), Antimon (Sb), dan Bismuth (Bi).
  6. 6. NITROGEN (N)  Nitrogen : suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dan nomor atom 7.  Dinamakan zat lemas karena zat ini bersifat malas, tidak aktif bereaksi dengan unsur lainnya.  Nitrogen mengisi 78,08 persen atmosfir bumi dan terdapat dalam banyak jaringan hidup.  Zat lemas membentuk banyak senyawa penting seperti asam amino, amoniak, asam nitrat, dan sianida.
  7. 7. FOSFOR (P)  Fosfor : suatu unsur kimia dengan nomor atom 15 dan massa atom 30,9738.  Terdapat 3 jenis fosfor yaitu: fosfor putih, fosfor kuning, dan fosfor merah atau ungu.  Unsur ini mempunyai titik lebur 44,1° C dan titik didih 280° C. Ditemukan pada tahun 1669 oleh H. Brand.
  8. 8. ARSEN (AS)  Arsen : suatu unsur kimia dengan simbol As dan nomor atom 33.  Arsenik secara kimiawi memiliki karakteristik yang serupa dengan Fosfor, ketika dipanaskan, arsenik akan cepat teroksidasi menjadi oksida arsenik, yang berbau seperti bau bawang putih.
  9. 9. ANTIMON(SB)  Antimon : suatu unsur kimia dengan lambang Sb dan nomor atom 5.  Antimon merupakan metaloid dan mempunyai empat alotropi bentuk.  Bentuk stabil antimon adalah logam biru- putih. Antimoni kuning dan hitam adalah logam tak stabil.
  10. 10. BISMUTH(BI)  Bismuth : suatu unsur kimia dengan lambang Bi dan nomor atom 83.  Logam dengan kristal trivalen ini memiliki sifat kimia mirip dengan Arsen dan Antimon dari semua jenis logam.
  11. 11.  NITROGEN 1. Gas tanpa warna. 2. Tidak berbau. 3. Tidak berasa. 4. Gas diatomik. 5. Bukan logam yang stabil. 6. Sangat sulit bereaksi dengan unsur/senyawa lain.  FOSFOR 1. Berwarna putih kekuningan. 2. Tidak terdapat bebas. 3. Banyak sekali dikerak bumi dalam kombinasi dengan unsur lain. 4. Terdapat dalam mineral.
  12. 12.  ARSEN 1. Beracun. 2. Memiliki 3 bentuk alatropik (kuning, hitam, abu-abu). 3. Zat dasar berbentuk padat.  ANTIMON 1. Berwarna putih ke perakan. 2. Berbentuk kristal padat yang rapuh. 3. Daya hantar listrik dan panasnya lemah.
  13. 13.  BISMUT 1. Bersifat diamagnetik. 2. Tidak berbahaya. 3. Jika dibakar nyala berwarna biru.
  14. 14. SEJARAH Nitrogen Fosfor Arsen Antimon Bismut
  15. 15.  Nitrogen (Latin nitrum, Bahasa Yunani Nitron berarti "soda asli", "gen", "pembentukan") secara resmi ditemukan oleh Daniel Rutherford pada 1772, yang menyebutnya udara beracun atau udara tetap.  Gas nitrogen bersifat cukup lemas sehingga dinamakan oleh Antoine Lavoisier sebagai azote yang bermaksud “tak bernyawa”.
  16. 16.  Fosfor (berasal dari bahasa Yunani, phosphoros, yang memiliki cahaya.  Ditemukan secara tidak sengaja dalam percobaan menggali bebatuan oleh ilmuwan asal Jerman, Brand tahun 1669.
  17. 17.  Kata arsen dipinjam dari bahasa Persia yaitu zarnik yang berarti orpimen kuning.  Zaman dahulu bahan ini sering digunakan untuk membunuh karena daya bunuhnya yang luar biasa serta sulit untuk di deteksi maka arsenik disebut raja dari semua racun.
  18. 18.  Antimon (Yunani: anti plus monos, logam yang tidak ditemukan sendiri).  Antimon telah diketahui dalam berbagai senyawa sejak zaman kuno. Ia juga diketahui sebagai logam pada awal abad ke-17.
  19. 19.  Bismuth (bahasa latin bisemutun, dan bahasa Jerman Wismuth).  Pada awalnya membingungkan dengan timah dan timbal dimana dia mempunyai kemiripan dengan elemen itu.  Claude Francois Geoffroy menunjukkan di tahun 1753 bahwa logam ini berbeda dengan timbal.
  20. 20. MANFAAT Arsen Nitrogen Antimon Bismut Fosfor
  21. 21.  Nitrogen - Menbuat pupuk nitrogen. - Sebagai pendingin, misalnya pada industri pengolah makanan. - Membuat ruang inert untuk menyimpan zat- zat eksplosif. - Sebagai bahan – bahan peledak.  Fosfor - Memproduksi asam fosfat. - Fosfor merah untuk membuat korek api. - Dalam tubuh manusia, fosfor terdapat pada nukleat yaitu DNA dan RNA, dan kalsium fosfat sebagai senyawa utama penyusun matriks tulang.
  22. 22.  Arsen - Sebagai transistor yaitu digunakan sebagai bahan laser untuk mengkonversi listrik ke cahaya koheren secara langsung.  Antimon - Penguat timbal untuk baterai.  Bismuth - Pembuatan bahan kosmetik.
  23. 23. Contoh Soal: 1. Apa saja wujud unsur golongan VA pada suhu kamar ?
  24. 24. Jawab: Wujud unsur golongan VA pada suhu kamar yaitu: Nitrogen berwujud gas. Fosfor berwujud padat. Arsen berwujud cair.
  25. 25. Uji Kompetensi: 1. Fosfor yang berbentuk tetrahedral adalah... a. Fosfor merah b. Fosfor putih c. Fosfor hitam d. Fosfor merah dan putih 2. Unsur kimia yang terdapat pada DNA dan RNA manusia yaitu... a. Nitrogen b. Antimon c. Bismuth d. Fosfor
  26. 26. Jawab : 1. b. Fosfor putih 2. d. Fosfor
  27. 27. Referensi : • Wikipedia • Utami, Budi. 2009. Kimia untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Depdiknas. • www.chem-is-try.org
  28. 28. Penyusun : Delima Manurung Dinda Aulia Rakhim Dita Permanasari Dwi Muliahani Rizki Ika Maulina Khairunnisa
  29. 29. THANK YOU 

×