Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Silabus "KEWIRAUSAHAAN PRA-PURNA BHAKTI (PRA-PENSIUN)" Training

193 views

Published on

Contact (PEMATERI): Kanaidi, SE., M.Si., cSAP
HP. +62 812 2353 284, +62 878 2298 4716 Telp/Fax : +62 22-4267749
e-mail : kanaidi963@gmail.com atau kanaidi@yahoo.com
WA. : 0812 2353 284 Pin BB : 79D6107F
Facebook : kanaidi.kenpartii
---------------------------------------

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Silabus "KEWIRAUSAHAAN PRA-PURNA BHAKTI (PRA-PENSIUN)" Training

  1. 1. Silabus KEWIRAUSAHAAN - PRA PURNABAKTI TRAINING (PELATIHAN PRA-PENSIUN) Deskripsi (Durasi 4 hari) Dahulu kewirausahaan dipersepsikan merupakan bakat bawaan sejak lahir dan diasah melalui pengalaman langsung di lapangan. Sekarang ini paradigma tersebut telah bergeser. Kewirausahaan telah menjadi suatu disiplin keilmuan yang mempelajari tentang nilai-nilai (values), kemampuan (ability) dan perilaku (behavior) seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya. Kewirausahaan dalam kenyataannya dapat dipelajari dan diajarkan, sehingga setiap individu memiliki peluang untuk tampil sebagai seorang wirausahawan (entrepreneur). Bahkan untuk menjadi wirausahawan sukses, memiliki bakat saja tidak cukup, tetapi juga harus memiliki pengetahuan berbagai aspek usaha yang akan ditekuni. Tugas dari wirausaha sangat banyak, antara lain tugas mengambil keputusan, kepemimpinan teknis, kepemimpinan organisatoris dan komersial, penyediaan modal, dll. Pelatihan Training Kewirausahaan Pra Pensiun ini ditujukan bagi para pegawai yang masa kerjanya masih dua tiga tahun lagi sebelum masa pensiun. Tidak terikat waktu kerja, tidak terikat dengan penugasan dari atasan, bahkan mungkin bisa menjadi ‘bos’ pada usaha milik sendiri. Rasa takut akan kehilangan kondisi nyaman atau lebih dikenal dengan post power syndrome dapat mudah dialami oleh setiap orang, khususnya pegawai/karyawan, terutama bagi yang sudah mendekati masa-masa pensiun. Padahal saat memasuki masa pensiun semestinya adalah saat untuk berbahagia, tenang dan damai. Namun tidak jarang justru sebaliknya, mengalami problem yang serius dan kondisi yang tidak diharapkan. Tujuan:
  2. 2. Sasaran Peserta : Semua staff serta personil lainnya dalam perusahaan yang ingin mempersiapkan mental dan kemampuan kewirausahaannya dalam menghadapi masa pensiun. Garis Besar Materi Hari Kesatu :  Pengelolaan mental dan pikiran agar hidup bahagia  Konsep hidup yang mantap di masa pensiun  Cara hidup sehat dan bugar  Case Simulation Hari Kedua :  Mengelola keuangan di masa pensiun  Pengetahuan dan kompetensi di bidang kewirausahaan  Case Study Hari Ketiga :  Analisis kelayakan usaha  Pengetahuan tentang investasi dan risikonya  Kiat memajukan usaha  Case Simulation Hari Keempat :  Kunjungan ke lokasi industri (batik/kaos, kue, perkebunan dan perikanan). Secara terinci Materi Pelatihan di kelas antara lain, sebagai berikut:
  3. 3. Output  Memiliki persiapan psikologis saat menghadapi masa pensiun  Mampu mengatasi masalah kesehatan  Mampu membuat perencanaan keuangan masa pensiun  Mampu menjadi entrepreneur di masa pensiun Biaya Biaya Rp. 9.500,000 /pasangan, untuk minimal 10 pasang peserta, yang meliputi training kit (makalah, tas, alat tulis), snack, lunch serta sertifikat.
  4. 4. INFORMASI / PENDAFTARAN, hubungi : Kanaidi, SE., M.Si, cSAP e-mail : kanaidi@yahoo.com atau kanaidi963@gmail.com atau kanaidi@kreasitatanilai.com HP. 08122353284 – 087822984716 Telp/Fax : 022-4267735 Pin BB : 79D6107F Facebook : Kanaidi.ken Part II -------------------------------------------- http://ken-ktn.blogspot.com/2013/12/pelatihan-training-of-trainer-tot.html

×