Energy geothermal

1,489 views

Published on

tugas kelompok fisling

Published in: Technology, Travel
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,489
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
227
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Energy geothermal

  1. 1. Disusun Oleh :Kelompok 6
  2. 2.  Energi panas bumi merupakan energi panas yang tersimpan dalam batuan di bawah permukaan bumi dan fluida yang terkandung didalamnya. Energi panas bumi ini berasal dari aktivitas tektonik di dalam bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi Dari hasil survey dilaporkan bahwa di Indonesia terdapat 217 prospek panas bumi, yaitu di sepanjang jalur vulkanik mulai dari bagian Barat Sumatera, terus ke Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan kemudian membelok ke arah utara melalui Maluku dan Sulawesi.
  3. 3.  Survey yang dilakukan selanjutnya telah berhasil menemukan beberapa daerah prospek baru sehingga jumlahnya meningkat menjadi 256 prospek, yaitu 84 prospek di Sumatera, 76 prospek di Jawa, 51 prospek di Sulawesi, 21 prospek di Nusa Tenggara, 3 prospek di Irian, 15 prospek di Maluku dan 5 prospek di Kalimantan
  4. 4. HOME
  5. 5.  Ada tiga lempengan yang berinteraksi di Indonesia, yaitu lempeng Pasifik, lempeng India‐Australia dan lempeng Eurasia Tumbukan antara lempeng India‐Australia di sebelah selatan dan lempeng Eurasia di sebelah utara mengasilkan zona penunjaman (subduksi) di kedalaman 160 ‐ 210 km di bawah Pulau Jawa‐Nusa Tenggara dan di kedalaman sekitar 100 km di bawah Pulau Sumatera
  6. 6. HOME
  7. 7.  sistem panas bumi jenis hidrothermal terbentuk sebagai hasil perpindahan panas dari suatu sumber panas ke sekelilingnya yang terjadi secara konduksi dan secara konveksi.
  8. 8. HOME
  9. 9. HOME
  10. 10.  Berikut tahapan kegiatan usaha panas bumi yang meliputi:a) Survei Pendahuluan;b) Eksplorasi;c) Studi Kelayakan;d) Eksploitasi; dane) Pemanfaatan.
  11. 11. 1. Pengkajian sistem panas bumi (geothermal resource assesment).2. Menghitung besarnya sumber daya, cadangan dan potensi listrik.3. Mengkaji apakah suatu sumber daya panas bumi dimaksud tepat untuk dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.4. Menentukan rencana pengembangan lapangan (steam field development)5. Melakukan simulasi reservoir untuk memperkirakan kinerja reservoir.
  12. 12. 6. Menentukan biaya pengusahaan panas bumi7. Menentukan jadwal pelaksanan pekerjaan.8. Menentukan penyebaran investasi.9. Menentukan parameter‐parameter ekonomi (cash flow, ROR, NPV, EMV dan lain‐lain.)10.Untuk masing‐masing kasus (alternatif) dibuat analisa yang sama dan kemudian diperbandingkan satu sama lain
  13. 13. 1.Resiko yang berkaitan dengan sumber daya (resourcerisk)2. Resiko yang berkaitan dengan kemungkinan penurunan laju produksi atau penurunan temperatur lebih cepat dari yang diperkirakan semula (resource degradation).3. Resiko yang berkaitan dengan kemungkinan perubahan pasar dan harga (market access dan price risk).4 Resiko pembangunan (construction risk)..
  14. 14. 5. Resiko yang berkaitan dengan perubahan manajemen (Management risk).6.Resiko yang menyangkut perubahan aspek legal dan kemungkinan perubahan kebijaksanaan pemerintah (legal & regulatory risk).7. Resiko yang berkaitan dengan kemungkinan perubahan bunga bank dan laju inflasi (Interest & inflation risk).8. Force Majeure
  15. 15. 1. Melakukan kegiatan eksplorasi rinci sebelum rencana pengembangan lapangan dibuat.2. Menentukan kriteria keuntungan yang jelas.3. Memilih proyek dengan lebih hati‐hati, dengan cara melihat pengalaman pengembang sebelumnya, baik secara teknis maupun secara manajerial.4. Mengkaji rencana pengembangan secara hati‐hati sebelum menandatangani perjanjian pendanaan.5. Memeriksa rencana pengembangan dan menguji rencana operasi berdasarkan skenario yang terjelek.
  16. 16. 6. Mentaati peraturan yang berkaitan dengan permasalahan lingkungan.7. Merancang dan menerapkan program sesuai dengan tujuan dan berdasarkan jadwal waktu pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan.8. Melaksanakan simulasi (pemodelan) untuk meramalkan kinerja reservoir dan sumur untuk berbagai skenario pengembangan lapangan.9. Mengadakan pertemuan secara teratur untuk mengevaluasi pelaksanaan program untuk mengetahui apakah kegiatan dilaksanakan sesuai dengan rencana atau tidak.
  17. 17. Mengingat potensi panas bumi dunia yang terbesarterdapat di Indonesia dan sifat sistem panas bumiyang sangat site specifik, sudah semestinyapengembangan lapangan panas bumi Indonesiadikembangkan oleh perusahaan nasional denganmenggunakan tenaga ahli Indonesia yang diakuikepakarannya tidak hanya di dalam negeri tetapi jugadi dunia Internasional. HOME
  18. 18.  Kurang dapus Kandungan sulfur dari proses geothermal terhadap mesin PLTP ??? Masalh internal pertambangan nasional kalah dengan pertambangan milik luar negeri? Dampak negatif PLTP Tipe PLTP yang pling banyak di gunakan di indonesia ??

×