Manajemen merupakan pencapaian
tujuan organisasi dgn cara yg efektif
dan efisien lewat perencanaan
pengorganisasian pengar...
Manajemen Produksi yaitu
kegiatan untuk mengatur dan
mengkoordinasikan
penggunaan sumber daya dana
dan bahan secara efekti...
Dalam arti luas Produksi diartikan sebagai
suatu kegiatan yang mentransformasikan
masukan(input) menjadi keluaran(output)....
FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI
Sumberdaya Alam
Sumberdaya Manusia
(Tenaga Kerja Manusia)
Sumberdaya Modal
Sumberdaya Pengusaha
PROSES PRODUKSI
proses produksi adalah suatu
kegiatan yang menggunakan semua
factor produksi dalam rangka
menciptakan sebu...
Proses Produksi dapat ditinjau
dari 2 segi yaitu:
 a. Berdasarkan kelangsungan hidup terbagi kedalam
2 bagian :
 - Prose...
2. Produksi yang terputus-
putus
Proses produksi ini
dilakukan berdasarkan
pesanan sehingga harus
mengatur kembali alat-
a...
Penentuan lokasi pabrik
Pemilihan lokasi pabrik
dipengaruhi oleh beberapa faktor.
Faktor-faktor ini pada prakteknya
berbed...
Letak konsumen atau pasar
Sumber bahan baku
Sumber tenaga kerja
Air
Suhu udara
Listrik
Transportasi
Lingkungan mas...
Dasar-Dasar Perencanaan
Dalam Penentuan Lokasi
Pabrik
Ada dua langkah utama yang
seharusnya diambil dalam proses
penentuan...
Tahap-Tahap Pemilihan
Serta Metode Penilaian
Lokasi Suatu Pabrik
1. Tahap pertama
Melihat kemungkinan daerah-
daerah alter...
2. Tahap kedua
Melihat pengalaman orang lain atau
pengalaman sendiri. Menentukan
kekhususan pabrik tersebut, seperti
menge...
LINGKUNGAN KERJA
A. Lingkungan kerja Fisik
“Lingkungan kerja fisik adalah semua
keadaan berbentuk fisik yang
terdapat di s...
Lingkungan yang langsung
berhubungan dengan karyawan
(Seperti: pusat kerja, kursi, meja dan
sebagainya)
Lingkungan peran...
B. Lingkungan Kerja Non Fisik
“Lingkungan kerja non fisik adalah
semua keadaan yang terjadi yang
berkaitan dengan hubungan...
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Lingkungan Kerja
 Penerangan/cahaya di tempat kerja
 Temperatur/suhu udara di tempat ker...
Material handling
material handling adalah kegiatan
mengangkat, mengangkut, meletakkan
bahan-bahan dalam proses di dalam p...
Manfaat material handling
 Penghematan biaya produksi, penurunan
biaya persediaan, penggunaan ruangan
lebih efisien, sert...
Pengendalian produksi
Perencanaan dan pengendalian
produksi merupakan bidang ilmu yang
membahas efektivitas dan efisiensi
...
Sasaran utama perencanaan
dan pengendalian produksi
keseimbangan antara kapasitas
produksi dengan permintaan
pasar. Jika p...
Gagasan dasar perencanaan
dan pengendalian produksi
adalah menyediakan kapasitas
yang sesuai dengan permintaan
pasar dan m...
Pengendalian persediaan
bahan baku
Apapun keadaan suatu perusahaan
pada prinsipnya seluruh
perusahaan-perusahaan yang
mela...
Manajemen produksi
Manajemen produksi
Manajemen produksi
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Manajemen produksi

1,564 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,564
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
115
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Manajemen produksi

  1. 1. Manajemen merupakan pencapaian tujuan organisasi dgn cara yg efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumberdaya organisasi.
  2. 2. Manajemen Produksi yaitu kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan sumber daya dana dan bahan secara efektif dan efisien untuk menambah kegunaan suatu barang dan jasa .
  3. 3. Dalam arti luas Produksi diartikan sebagai suatu kegiatan yang mentransformasikan masukan(input) menjadi keluaran(output). Dalam arti sempit Produksi dimaksudkan sebagai kegiatan pengolahan dalam pabrik, yang hasilnya berupa barang baik barang setengah jadi ataupun barang jadi.
  4. 4. FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI Sumberdaya Alam Sumberdaya Manusia (Tenaga Kerja Manusia) Sumberdaya Modal Sumberdaya Pengusaha
  5. 5. PROSES PRODUKSI proses produksi adalah suatu kegiatan yang menggunakan semua factor produksi dalam rangka menciptakan sebuah barang agar memiliki nilai guna atau menambah nilai guna suatu barang tersebut.
  6. 6. Proses Produksi dapat ditinjau dari 2 segi yaitu:  a. Berdasarkan kelangsungan hidup terbagi kedalam 2 bagian :  - Proses produksi terus menerus (Continuous production)  - Proses produksi yang terputus-putus (Intermiten Production)
  7. 7. 2. Produksi yang terputus- putus Proses produksi ini dilakukan berdasarkan pesanan sehingga harus mengatur kembali alat- alat dan penyesuaian terus-menerus.
  8. 8. Penentuan lokasi pabrik Pemilihan lokasi pabrik dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor ini pada prakteknya berbeda penerapannya bagi satu pabrik dengan pabrik yang lain, sesuai dengan produk yang dihasilkan. Faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi dilihat dari sisi produk yang dihasilkan adalah sebagai berikut:
  9. 9. Letak konsumen atau pasar Sumber bahan baku Sumber tenaga kerja Air Suhu udara Listrik Transportasi Lingkungan masyarakat Peraturan Pemerintah, Undang- undang dan sistem pajak. Pembuangan limbah industri Fasilitas untuk pabrik Fasilitas untuk karyawan
  10. 10. Dasar-Dasar Perencanaan Dalam Penentuan Lokasi Pabrik Ada dua langkah utama yang seharusnya diambil dalam proses penentuan lokasi suatu pabrik, yaitu pemilihan daerah dan pemilihan berdasarkan size dari jumlah penduduk serta lahan secara khusus.
  11. 11. Tahap-Tahap Pemilihan Serta Metode Penilaian Lokasi Suatu Pabrik 1. Tahap pertama Melihat kemungkinan daerah- daerah alternatif. Yang perlu diperhatikan : jenis proses, jenis produk, sumber bahan mentah, dan tempat pemasaran.
  12. 12. 2. Tahap kedua Melihat pengalaman orang lain atau pengalaman sendiri. Menentukan kekhususan pabrik tersebut, seperti mengenai lokasi, pengangkutan dan lain-lain. 3. Tahap ketiga Mempertimbangkan dan menilai masyarakat untuk daerah lokasi pabrik yangdianggap paling menguntungkan.
  13. 13. LINGKUNGAN KERJA A. Lingkungan kerja Fisik “Lingkungan kerja fisik adalah semua keadaan berbentuk fisik yang terdapat di sekitar tempat kerja yang dapat mempengaruhi karyawan baik secara langsung maupun scara tidak langsung. Lingkungan kerja fisik dapat dibagi dalam dua kategori, yakni :
  14. 14. Lingkungan yang langsung berhubungan dengan karyawan (Seperti: pusat kerja, kursi, meja dan sebagainya) Lingkungan perantara atau lingkungan umum dapat juga disebut lingkungan kerja yang mempengaruhi kondisi manusia, misalnya :temperatur, kelembaban, sirkulasi udara, pencahayaan, kebisingan, getar an mekanis, bau tidak sedap, warna, dan lain-lain.
  15. 15. B. Lingkungan Kerja Non Fisik “Lingkungan kerja non fisik adalah semua keadaan yang terjadi yang berkaitan dengan hubungan kerja, baik hubungan dengan atasan maupun hubungan sesama rekan kerja, ataupun hubungan dengan bawahan”. Lingkungan non fisik ini juga merupakan kelompok lingkungan kerja yang tidak bisa diabaikan.
  16. 16. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Lingkungan Kerja  Penerangan/cahaya di tempat kerja  Temperatur/suhu udara di tempat kerja  Kelembaban di tempat kerja  Sirkulasi udara di tempat kerja  Kebisingan di tempat kerja  Getaran mekanis di tempat kerja  Bau tidak sedap ditempat kerja  Tata warna di tempat kerja  Dekorasi di tempat kerja  Musik di tempat kerja  Keamanan di tempat kerja
  17. 17. Material handling material handling adalah kegiatan mengangkat, mengangkut, meletakkan bahan-bahan dalam proses di dalam pabrik, kegiatan ini dimulai sejak bahan-bahan masuk, atau diterima di pabrik, sampai pada saat barang jadi dikeluarkan dari pabrik. Tujuan material handling adalah sebagai berikut:  Menyediakan atau menempatkan bahan-bahan di tempat kerja, "Make Ready"  Melakukan kegiatan yang nyata dalam pengolahan atau pembuatan barang "Do"  Memindahkan barang-barang, bahan-bahan dari tempat kerja "Put Away ".
  18. 18. Manfaat material handling  Penghematan biaya produksi, penurunan biaya persediaan, penggunaan ruangan lebih efisien, serta meningkatkan produktifitas perusahaan.  Pengurangan sisa afval, yaitu produk- produk yang tidak sesuai standar.  Menaikkan luas produksi.  Peningkatan kondisi kerja karyawan.  Distribusi material akan berjalan lebih baik.
  19. 19. Pengendalian produksi Perencanaan dan pengendalian produksi merupakan bidang ilmu yang membahas efektivitas dan efisiensi suatu sistem produksi. Aspek yang dibahas di dalam perencanaan dan pengendalian produksi adalah pengaturan keseimbangan antara permintaan pasar dengan kapasitas produksi, dengan dukungan penjadwalan pekerjaan dan perencanaan persediaan bahan baku.
  20. 20. Sasaran utama perencanaan dan pengendalian produksi keseimbangan antara kapasitas produksi dengan permintaan pasar. Jika permintaan pasar melebihi kapasitas, maka akan terjadi permintaan yang tidak terlayani, sementara jika kapasitas melebihi permintaan pasar maka akan terjadi kelebihan kapasitas.
  21. 21. Gagasan dasar perencanaan dan pengendalian produksi adalah menyediakan kapasitas yang sesuai dengan permintaan pasar dan menyediakan pendukung yang berupa ketersediaan bahkan baku yang memadai
  22. 22. Pengendalian persediaan bahan baku Apapun keadaan suatu perusahaan pada prinsipnya seluruh perusahaan-perusahaan yang melaksanakan proses produksi akan menyelenggarakan persediaan bahan baku untuk kelangsungan pelaksanaan proses produksi di dalam perusahaan.

×