Fungsi negara dalam kaitannya dengan pembelaan negara

18,991 views

Published on

Fungsi Negara dalam kaitannya dengan Pembelaan Negara

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
18,991
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
7
Actions
Shares
0
Downloads
74
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Fungsi negara dalam kaitannya dengan pembelaan negara

  1. 1. Kelompok :1. 41811110045 = JULAIHA PROBO ANGGRAINI2. 41811110018 = SRI MAULINA3. 41811110191 = AHMAD FIRDAUS MANDALA4. 41811110001 = RICHARD VIRGIAWAN5. 41811110002 = MAIHENDRA NURDIANSYAH6. 41811110006 = SYEH SALIM DJAWAS7. 41811110049 = SENDY TANUSAPUTRA
  2. 2. Mata Kuliah Ciri Universitas Pendidikan kewarganegaraan Fungsi Dosen = Udjiani Hatiningrum Ruang = D 201 Negara Jumat, 18:45 dalam kaitannya denganPembelaan Negara
  3. 3. Apakah pengertian usaha pembelaan negara ?Usaha pembelaan negara adalah sikap danperilaku warga negara yang dijiwai olehkecintaannya kepada NKRI yang berdasarkanPancasila dan UUD 1945 dalam menjaminkelangsungan hidup bangsa dan negara.
  4. 4. Mengapa usaha pembelaan negara penting dilakukan ?Ada beberapa alasan mengapa usaha pembelaannegara penting dilakukan oleh setiap warga negaraIndonesia, diantaranya yaitu:a. Untuk mempertahankan negara dari berbagai ancaman;b. Untuk menjaga keutuhan wilayah negara;c. Merupakan panggilan sejarah;d. Merupakan kewajiban setiap warga negara.
  5. 5. Pengamat Politik, Ibu Miriam Budiardjo (1978:46)menyatakan bahwa setiap negara, terlepas dariideologinya, menyelenggarakan beberapa fungsiminimum yang mutlak perlu yaitu :
  6. 6. 1. Melaksanakan penertiban (law and order). Untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah bentrokan-bentrokan dalam masyarakat, maka negara harus melaksanakan penertiban atau bertindak sebagai stabilisator.2. Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya. Bagi negara-negara baru, fungsi ini dianggap sangat penting karena untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyat diperlukan campur tangan dan peran aktif dari negara.3. Fungsi Pertahanan, yaitu untuk menjaga kemungkinan serangan dari luar, sehingga negara harus diperlengkapi dengan alat-alat pertahanan.4. Menegakkan keadilan, yang dilaksanakan melalui badan- badan pengadilan.
  7. 7. Lalu … Bagaimana keterkaitan fungsi negara dengan usaha pembelaan negara ?Pada dasarnya fungsi-fungsi negara tersebut berkaitandengan usaha pembelaan negara. Namun salah satufungsi negara yang sangat penting bagi jaminankelangsungan hidup negara adalah fungsi pertahanandan ketertiban (keamanan). Fungsi pertahanannegara yang dimaksudkan adalah untuk menjaga danmempertahankan negara terhadap segala kemungkinanserangan dari luar, sehingga negara harusdiperlengkapi dengan alat-alat pertahanan yaitu TNI.
  8. 8. Suatu organisasi dalam masyarakat baru dapatdikatakan negara apabila telah memenuhi unsur-unsur yang harus ada dalam suatu negara. Unsur- unsur apakah yang harus dipenuhi untuk dapat disebut negara?Menurut Konvensi Montevideo tahun 1933 yangdiselenggarakan oleh negara-negara Pan-Amerika di KotaMontevideo, bahwa suatu negara harus mempunyai unsur-unsur :a) Penduduk yang tetap,b) Wilayah tertentu,c) Pemerintah, dand) Kemampuan mengadakan hubungan dengan negara lain
  9. 9. Bentuk Penyelenggaraan Usaha Pembelaan NegaraMenurut Pasal 9 ayat (2) Undang-undang nomor 3tahun 2002 tentang Pertahanan Negara,keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negaradiselenggarakan melalui:a. Pendidikan kewarganegaraan;b. Pelatihan dasar kemiliteran secara wajib;c. Pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia secara suka rela atau secara wajib; dand. Pengabdian sesuai dengan profesi.
  10. 10. Contoh Tindakan Usaha Pembelaan NegaraContoh-contoh tindakan upaya membelanegara yang dilakukan TNI antara lainmenghadapi ancaman agresiBelanda, menghadapi ancaman gerakanfederalis dan separatisAPRA, RMS, PRRI/PERMESTA, Papuamerdeka, separatis Aceh (GSA), melawanPKI, dan DI/TII.
  11. 11. Kesimpulan :Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pada pasal 30tertulis bahwa :"Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikutserta dalam usaha pembelaan negara.“ dan"Syarat-syarat tentang pembelaan negara diaturdengan undang-undang.“Jadi sudah pasti mau tidak mau kita semua wajib ikutserta dalam membela negara dari segala macamancaman, gangguan, tantangan dan hambatan baik yangdatang dari luar maupun dari dalam

×