Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Visi Gerakan Pemuridan

6,945 views

Published on

Published in: Spiritual

Visi Gerakan Pemuridan

  1. 1. VISI GERAKANPEMURIDAN
  2. 2. Gereja yangMenghasilkan Murid
  3. 3. Gereja yangMenghasilkan Murid Setiap gembala, pembina, dan pengurus yang sungguh-sungguh memikirkan konsekuensi Amanat Agung akan sepakat bahwa gereja perlu kembali ke akar-akar pemuridannya. Karena itu, banyak gereja, persekutuan, dan lembaga pelayanan sudah mencantumkan “pemuridan” di dalam pernyataan misinya (tersurat maupun tersirat).
  4. 4. Gereja yangMenghasilkan Murid Masalahnya bukanlah pada penyangkalan atas pentingnya pemuridan, melainkan atas dua hal: (1) “Pemuridan” diartikan secara berbeda-beda; dan (2) banyak gereja tidak tahu bagaimana melakukannya secara intensional dan strategis!
  5. 5. Gereja yangMenghasilkan MuridUji apakah suatu gereja benar-benarmenghasilkan murid:1. Adanya Kejelasan & Kepemilikan Visi2. Adanya Sarana Strategis3. Dihasilkannya kedewasaan & pelipatgandaan rohani
  6. 6. Definisi PemuridanPemuridan merupakan prosesmembawa orang ke dalam hubungan yangbenar dengan Tuhan danmengembangkan mereka menuju kedewasaanpenuh di dalam Kristus,melalui strategi pertumbuhan yang intensional,sehingga mereka dapat melipatgandakanseluruh proses tersebut kepada orang lain juga.
  7. 7. Definisi Pemuridan1. Membawa orang ke dalam hubungan yang benar dengan Tuhan Pemuridan yang alkitabiah dimulai dengan tanggung jawab terhadap penginjilan, membawa orang ke dalam hubungan yang benar dengan Tuhan melalui Yesus Kristus.
  8. 8. Pertumbuhan GerejaGARY MCINTOSH & GLEN MARTIN, Finding Them, Keeping Them
  9. 9. Statistik PenginjilanMICHAEL PARROT, “Street Level Evangelism, Where is the Space forthe Local Evangelist” dalam Acts Evangelism95% orang kristiani tidak pernah memenangkan jiwa bagi Kristus.80% orang kristiani tidak tidak secara konsisten bersaksi bagi Kristus.71% orang kristiani tidak memberi bagi usaha penginjilan.
  10. 10. Definisi Pemuridan1. Membawa orang ke dalam hubungan yang benar dengan Tuhan Pemuridan yang alkitabiah dimulai dengan tanggung jawab terhadap penginjilan, membawa orang ke dalam hubungan yang benar dengan Tuhan melalui Yesus Kristus. Murid sejati harus memiliki visi dunia; ditunjukkan dengan mata bagi tuaian dan hati bagi yang terhilang.
  11. 11. Pemuridan & Misi Dunia Pemuridan merupakan kunci bagi penginjilandunia. Alkitab dengan jelas menyatakan bahwaTuhan bermaksud untuk memadukan misi dunia dan pemuridan secara strategis. Bukankah Tuhan Yesus secara sengaja mempersatukan keduanya dalam AmanatAgung-Nya: “Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku” (Mat 28:18-20)?
  12. 12. Definisi Pemuridan2. Mengembangkan mereka menuju kedewasaan penuh di dalam Kristus Salah satu gagasan kunci Perjanjian Baru mengenai proses menghasilkan murid adalah penekanannya pada kedewasaan rohani.
  13. 13. Kedewasaan Rohani Ef 4:11-15 Kol 1:28 2 Kor 3:18Seorang murid tidak lebih daripada gurunya, tetapi barangsiapayang telah tamat pelajarannyaakan sama dengan gurunya.LUKAS 6:40
  14. 14. Definisi Pemuridan2. Mengembangkan mereka menuju kedewasaan penuh di dalam Kristus Salah satu gagasan kunci Perjanjian Baru mengenai proses menghasilkan murid adalah penekanannya pada kedewasaan rohani. Pertumbuhan rohani yang demikian meliputi pemulihan bagi yang terluka, namun bukan sekadar untuk membuat mereka nyaman melainkan secara intensional membimbing mereka menuju kedewasaan dan memperlengkapi mereka untuk melayani.
  15. 15. Kedewasaan Emosi Kesehatan emosi dan kesehatan rohani tidak dapat dipisahkan. Seorang kristiani tidak mungkin dewasa secara rohani jika ia tidak dewasa secara emosi.
  16. 16. PemulihanProses pertumbuhan Kesempurnaanyang diharapkan …Pertobatan
  17. 17. PemulihanNamun bukan tanpa Kesempurnaanhambatan … PenghambatPertobatan
  18. 18. PemulihanSeharusnya walaupun ada Kesempurnaanpenghambat tetap bertumbuhPertobatan
  19. 19. PemulihanTetapi kenyataannya Kesempurnaanterjadi kemacetan …Pertobatan
  20. 20. PemulihanDisinilah letak kebutuhan Kesempurnaanpemulihan Pemulihan PertumbuhanPertobatan
  21. 21. Definisi Pemuridan3. Melalui strategi pertumbuhan yang intensional Petobat baru merupakan bayi-bayi rohani yang tidak boleh dibiarkan bertumbuh sendiri. Harus ada tindak-lanjut dan strategi pertumbuhan yang intensional bagi mereka supaya benar-benar dapat menghasilkan kemuridan yang sejati dalam hidup orang- orang percaya.
  22. 22. Usaha yang Strategisdan Intensional Pemuridan tidak terjadi semata-mata karena Gereja ada. Murid-murid Kristus dihasilkan jika ada usaha- usaha yang intensional dan strategis untuk menolong orang bertumbuh menuju kedewasaan rohani.
  23. 23. Definisi Pemuridan3. Melalui strategi pertumbuhan yang intensional Kurikulum inti yang berdasarkan firman Tuhan harus dikembangkan dalam berbagai tahapan pemuridan. Dengan kata lain, harus ada sesuatu untuk semua orang, mulai dari petobat baru sampai mereka yang sudah bertumbuh lebih lanjut.
  24. 24. The Navigators
  25. 25. PENGEMBANGANGERAKAN PEMURIDAN Pengajaran Murid yg Kerohanian Karakter Pelayanan Bermisi Pengutusan Gerakan (Motivasi, Integrasi, Knowing KepemimpinanPengutusan Spesialisasi) Murid yg Why Disiplin-disiplin Relasi & Manajemen Melayani I Believe Melibatkan Diri Inter-personal Pelayanan Eksposisi (Apologetika) (General) Mengajar Pemerlengkapan Alkitab Interpretasi Membimbing . Knowing Karakteristik & Alkitab Disiplin-disiplin Gerakan What Karakter Ketrampilan MenarikPemuridan I Believe Intra-personal Pelayanan Memberitakan Survei Diri (Sistematika) (Kategorial) Injil Alkitab Murid yg Bertumbuh Pembinaan (Pengajaran, Kerohanian, Sasaran Karakter, Pelayanan) Petobat Knowing Pertumbuhan Pemulihan & Strategi Baru Who (Kedewasaan) (Kemerdekaan) Pelayanan Gerakan Penginjilan & I Believe (Kategorial)Penginjilan Tindak Lanjut Pra- kristiani
  26. 26. Definisi Pemuridan4. Sehingga mereka dapat melipatgandakan seluruh proses tersebut kepada orang lain juga Pemuridan berkenaan dengan memaksimalkan pengaruh melalui pelipatgandaan. Sesungguhnya, tidak ada pemuridan tanpa pelipatgandaan murid- murid yang dapat menghasilkan murid-murid lain. Jika saya mau menilai berapa baikkah saya dalam pemuridan, saya harus melihatnya pada buah-buah rohani yang dihasilkan, bukan saja pada orang-orang yang saya muridkan, melainkan juga pada orang- orang yang telah dimuridkan oleh mereka. Itulah pelipatgandaan rohani!
  27. 27. Pemuridan & Pelipatgandaan Hanya jika gereja menjadikan pemuridan sebagai agenda utama, penginjilan dunia hanyalah sebuah angan-angan. Tidak mungkin memenangkan dunia hanya melalui “penambahan rohani”, bukan “pelipatgandaan rohani”. Tuhan bermaksud memenangkan dunia dengan strategi pelipatgandaan rohani melalui pemuridan yang intensional.
  28. 28. Definisi PemuridanPemuridan merupakan prosesmembawa orang ke dalam hubungan yangbenar dengan Tuhan danmengembangkan mereka menuju kedewasaanpenuh di dalam Kristus,melalui strategi pertumbuhan yang intensional,sehingga mereka dapat melipatgandakanseluruh proses tersebut kepada orang lain juga.
  29. 29. Gambaran Gereja yang EfektifMenghasilkan Murid1. Adanya pemahaman tentang siapa dan bagaimana menjadi seorang murid.2. Bertambahnya jumlah orang yang dimenangkan bagi Kristus dan gereja.3. Meningkatnya prosentase jemaat yang ikut serta dalam struktur pemuridan intensional.4. Meningkatnya prosentase jemaat yang dari satu tahap ke tahap berikutnya.5. Mereproduksi atau merevitalisasi gereja lain untuk menjadi gereja yang menghasilkan murid.
  30. 30. Gambaran Gereja yang EfektifMenghasilkan Murid
  31. 31. Tahap PertumbuhanPemuridan Intensional Tahap-tahap pertumbuhan pemuridan intensional di gereja, persekutuan, dan lembaga pelayanan: Pemuridan melalui kelompok kecil secara konsisten 4 menghasilkan murid-murid yang bermisi danPENGARUH berlipat ganda. Pemuridan melalui kelompok kecil ditetapkan dan 3 diterapkan menjadi strategi pertumbuhan rohaniPRIORITAS bagi seluruh anggota. Pemimpin pelayanan bertujuan dan berusaha 2 melakukan pemuridan melalui kelompok kecil.PROGRAM Ada suatu bentuk pelayanan kelompok kecil 1 yang sedang berlangsung. POTENSI
  32. 32. Melipat-Gandakan Pekerja
  33. 33. Sarana & Hasil Proses menghasilkan murid secara intensional adalah sarana. Hasil yang diharapkan, didoakan, diusahakan adalah orang-orang yang bertumbuh menjadi murid Kristus yang bermisi dan berlipat ganda, memenuhi tempat dan panggilannya di dalam tubuh Kristus dan di antara semua suku bangsa di dunia dan dalam berbagai bidang kehidupan.
  34. 34. Penuai yang DiperlengkapiBila kuasa kegelapan hendak menyerang bagianpaling strategis di dalam pelayanan umat Tuhan di dunia, di mana yang menurut Anda akandiserangnya? Dia akan menyerang pada bagian pusatnya, dia akan menghambat munculnya para pekerja ....
  35. 35. Penuai yang Diperlengkapi Bagaimana rasanya jika pekerjaan Kristus dilaksanakan bukan hanya oleh beberapa orangyang profesional—yaitu mereka yang ditahbiskanoleh gereja—tetapi juga oleh beribu-ribu, beratus-ratus ribu, berjuta-juta orang yang terlatih dengan baik, orang-orang awam yang terbeban, matang, berbuah, dan diperlengkapi dengan baik?
  36. 36. VISI GERAKANPEMURIDAN

×