The Me I Want to Be 3 Memperbarui Pikiran Saya + Wonderstruck

1,096 views

Published on

Pertumbuhan rohani memerlukan perubahan orientasi dalam kehidupan kita dengan Tuhan dari “harus” ke “hasrat”. Hasrat yang besar untuk mendapatkan yang diidam-idamkan merupakan kekuatan yang dahsyat! Ketika Yesus menggambarkan kehidupan dengan Allah, Dia menceritakan kisah tentang “hasrat untuk mendapatkan yang diidam-idamkan”. Seperti orang yang menemukan harta terpendam di ladang, dan dengan penuh sukacita menjual segala miliknya karena ia berhasrat mendapatkan harta itu. Seperti pedagang yang mencari dan menemukan mutiara yang diimpikannya seumur hidupnya.
JOHN ORTBERG

Wonderstruck adalah pengalaman-pengalaman dengan Tuhan yang membangkitkan gairah kerinduan kita untuk mengenal Tuhan lebih lagi.
MARGARET FEINBERG

Published in: Spiritual
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,096
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
106
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide
  • Secarapribadi
  • The Me I Want to Be 3 Memperbarui Pikiran Saya + Wonderstruck

    1. 1. BAGIAN 3 Memperbarui Pikiran Saya
    2. 2. Pokok Bahasan
    3. 3. Sumber
    4. 4. Dua anak 9 tahun yang atletis mulai belajar berenang.
    5. 5. Yang satu belajar karena ia pernah melihat Olimpiade dan menginginkan, melebihi apa pun, untuk memenangkan medali emas ketika besar nanti.
    6. 6. Yang lain memulai kursus untuk menyenangkan ayahnya.
    7. 7. Manakah di antara mereka yang lebih besar kemungkinannya untuk lolos seleksi ke Olimpiade?
    8. 8. Anak yang berenang untuk mengejar impiannya.
    9. 9. Dua pemuda 20 tahunan bertekad mengumpulkan uang dan menabung 100 juta rupiah.
    10. 10. Salah satu dari mereka bermimpi membeli mobil sport bekas yang disukainya, yang sudah diinginkannya sejak ia 16 tahun.
    11. 11. Pemuda lainnya menabung karena ia berpikir harus menabung.
    12. 12. Menurut Anda, siapakah yang akan lebih dulu mencapai 100 juta, mau menghemat pengeluarannya, makan seadanya, dan menepiskan pakaian baru?
    13. 13. Pemuda yang menabung untuk meraih impiannya.
    14. 14. Jadi bekerjalah Yakub tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel itu, tetapi yang tujuh tahun itu dianggapnya seperti beberapa hari saja, karena cintanya kepada Rahel. (Kej 29:20)
    15. 15. Siapakah yang akan menganggap kerja selama 7 tahun hanya seperti beberapa hari?
    16. 16. Orang yang bekerja untuk mendapatkan impiannya.
    17. 17. Hasrat yang besar untuk mendapatkan yang diidamidamkan merupakan kekuatan yang dahsyat!
    18. 18. Hasrat yang Kuat Ketika Yesus menggambarkan kehidupan dengan Allah, Dia menceritakan kisah tentang “hasrat untuk mendapatkan yang diidam-idamkan”.
    19. 19. Hasrat yang Kuat Seperti orang yang menemukan harta terpendam di ladang, dan dengan penuh sukacita menjual segala miliknya karena ia berhasrat mendapatkan harta itu.
    20. 20. Hasrat yang Kuat Seperti pedagang yang mencari dan menemukan mutiara yang diimpikannya seumur hidupnya.
    21. 21. Hasrat yang Kuat MAZMUR 42:2-3 Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah. Jiwaku haus kepada Allah, kepada Allah yang hidup. MAZMUR 63:2 Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus kepada-Mu, tubuhku rindu kepada-Mu, seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair. MATIUS 5:6 Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.
    22. 22. Hasrat yang Kuat • JONATHAN EDWARDS: Religious Affection • JOHN PIPER: Desiring God • A.W. TOZER: Pursuit of God • TOMMY TENNEY: Chasing God • FRANCIS CHAN: Crazy Love
    23. 23. Hasrat yang Kuat Ya Tuhan, aku telah merasakan kebaikan-Mu, dan itu membuat aku puas sekaligus makin haus akan Engkau. Kini aku sungguh menyadari kebutuhanku akan lebih banyak kasih karunia. Aku malu karena kecilnya hasratku. Ya Tuhan, Allah Tritunggal, aku ingin menginginkan-Mu; aku rindu dipenuhi kerinduan; aku haus untuk makin haus. … A.W. TOZER
    24. 24. Hasrat yang Kuat Perlihatkanlah kepadaku kemuliaan-Mu, supaya aku dapat sungguh mengenal-Mu. Dengan kemurahan-Mu, tumbuhkanlah kasih yang baru dalam diriku. Bersabdalah kepada jiwaku, “Bangkitlah kekasihku, kesayanganku, ikutlah bersamaku.” Lalu, tolonglah aku dengan anugerah-Mu untuk bangkit dan mengikuti-Mu dari lembah berkabut tempat aku mengembara selama ini. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin. A.W. TOZER
    25. 25. Satu hal yang kurindukan, ya Tuhan selalu berada di dekat-Mu Dengan segenap hati dengan segenap jiwa kumenanti di hadirat-Mu
    26. 26. Lebih dalam lagi kurindu Kau, Tuhan Lebih dari segala yang ada Lebih dalam lagi kucinta Kau, Yesus Kumengasihi-Mu …
    27. 27. Harus ke Hasrat Pertumbuhan rohani memerlukan perubahan orientasi dalam kehidupan kita dengan Tuhan dari “harus” ke “hasrat”.
    28. 28. Harus ke Hasrat “Harus” itu seperti mendorong mobil. Kadang kita mesti melakukannya karena memang diperlukan.
    29. 29. Harus ke Hasrat Namun kalau saya sedang berlari maraton, pada mil kedua puluh tiga, tidak penting apakah saya berpikir saya harus berlari sampai garis akhir. Saya akan mencapai garis akhir karena saya ingin mencapainya. “Ingin” pada akhirnya akan mengalahkan “harus”.
    30. 30. Harus ke Hasrat Akar masalah disiplin rohani bukanlah disiplin dan tekad, melainkan hasrat dan kerinduan … Kewajiban boleh-boleh saja dan dapat menghasilkan beberapa tanggapan yang indah dan hebat. Ada kalanya kita harus memiliki kewajiban sebagai alat bantu sampai cinta kita pulih. Akan tetapi, jika kita dikungkung secara permanen oleh kewajiban maka kita akan mati, bukannya hidup.
    31. 31. Harus ke Hasrat Tugas dan kewajiban hanyalah suatu pengganti [sementara] dari hasrat dan kasih (kepada Tuhan dan orang lain), seperti halnya tongkat penopang, yang menggantikan kaki. Kebanyakan kita mengalami saatsaat memerlukan tongkat penopang, namun tentu saja sangat bodoh memakai tongkat penopang ketika kaki kita sehat dan dapat melakukan perjalanannya sendiri!
    32. 32. Harus ke Hasrat Kita tahu bahwa kita semestinya menginginkan Tuhan melebihi segala sesuatu, tetapi bagaimana caranya? Kita tidak dapat mengerahkan hasrat hanya berdasarkan perintah.
    33. 33. Menumbuhkan Hasrat • Mengecap menandakan percobaan. Anda tidak harus melahap habis semuanya, cukup coba sedikit saja—kecaplah. Bila Anda tidak menyukainya, Anda dapat melewatkan sisanya. • Ini undangan dari koki yang percaya diri. Sang koki yakin bahwa jika ia berhasil membuat Anda mencoba satu gigitan saja, Anda akan menginginkan seluruh hidangannya. • Empat citarasa keinginan: Keinginan material, pencapaian, relasional, fisik.
    34. 34. Wonderstruck Wonderstruck adalah pengalaman-pengalaman dengan Tuhan yang membangkitkan gairah kerinduan kita untuk mengenal Tuhan lebih lagi. MARGARET FEINBERG
    35. 35. Wonderstruck KELUARAN 15:11 “Who is like you—majestic in holiness, awesome in glory, working wonders?” Siapakah seperti Engkau, mulia karena kekudusanMu, menakutkan karena perbuatan-Mu yang masyhur, Engkau pembuat keajaiban? MAZMUR 17:7 Show the wonder of your great love, … Tunjukkanlah kasih-Mu yang mengagumkan … IBRANI12:28 … let us be thankful, and so worship God acceptably with reverence and awe, … marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepadaNya, dengan hormat dan takut.
    36. 36. Wonderstruck Hal-hal yang menjadi penyataan keajaiban dan ketakjuban terhadap Tuhan ada di sekitar kita: • Di mata seorang anak kecil, perkataan teman, pelukan pasangan kita. • Di bentangan langit, keindahan panorama, kenikmatan rasa. • Ayat Firman Tuhan, inspirasi Roh Kudus, perkataan yang tepat.
    37. 37. Wonderstruck Namun seringkali di tengah kesibukan, kesulitan, dan rutinitas hidup, kita kehilangan kesadaran (awareness) akan penyataan Tuhan melalui pengalaman seharihari. Kita kehilangan karena kita tidak memberi perhatian (attentiveness).
    38. 38. Wonderstruck Bagaimana mengembangkan perhatian dan kesadaran terhadap keajaiban Tuhan? • MEMINTA Tuhan membangkitkan kemampuan Anda untuk mengenali penyataan-Nya dan menikmati penyertaan-Nya. • MENANTIKAN Tuhan menjawab doa Anda dengan kejutan-kejutan dari-Nya (divine expectation). • MEMUJI Tuhan atas kebaikan-Nya, mengatakan “terima kasih” kepada-Nya di tengah kegembiraan Anda menikmati pemberian-Nya. • Menuliskannya dalam jurnal wonderstruck (3 hal tiap hari?), Memotretnya, dan Membagikannya.
    39. 39. Wonderstruck
    40. 40. Wonderstruck
    41. 41. Kau sungguh indah tiada taranya Sungguh menakjubkan Sungguh ajaib ‘tuk dimengerti Lebih dari s’mua yang ada Hikmat-Mu tiada terselami Kasih-Mu dalam tak terduga Kau sungguh indah tiada taranya Mulia dan berkuasa ‘Ku kagum hormat akan Engkau ‘Ku kagum hormat akan Engkau Kau Allah yang layak dipuji ‘Ku kagum akan Engkau I STAND IN AWE Mark Altrogge
    42. 42. BAGIAN 3 Memperbarui Pikiran Saya

    ×