Rumah Doa bagi Segala Bangsa

2,506 views

Published on

Pemahaman Alkitab mengenai Yesus mengusir pedagang dan penukar uang di Bait Suci Yerusalem, rumah doa bagi segala bangsa
Perenungan dan penerapan masa kini mengenai keterlibatan misi dalam membawa bangsa-bangsa menyembah Tuhan

Published in: Spiritual
0 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,506
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
184
Comments
0
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Rumah Doa bagi Segala Bangsa

  1. 1. Rumah Doa bagi Segala Bangsa JOHAN SETIAWAN
  2. 2. INJIL SINOPTIK+YOHANES Matius 21:12-13 Lukas 19:45-46 Markus 11:15-17 Yohanes 2:13-17
  3. 3. Lukas 19:45-46 45Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mulailah Ia mengusir semua pedagang di situ, 46kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis: Rumah-Ku adalah rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun.”
  4. 4. Matius 21:12-13 12Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mengusir semua orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati 13dan berkata kepada mereka: “Ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun.”
  5. 5. Markus 11:15-17 15 Lalu tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerusalem. Sesudah Yesus masuk ke Bait Allah, mulailah Ia mengusir orang-orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati dibalikkan-Nya, 16 dan Ia tidak memperbolehkan orang membawa barang-barang melintasi halaman Bait Allah. 17 Lalu Ia mengajar mereka, kata-Nya: “Bukankah ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa? Tetapi kamu ini telah menjadikannya sarang penyamun!”
  6. 6. Yohanes 2:13-17 13 Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat ke Yerusalem. 14 Dalam Bait Suci didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang duduk di situ. 15 Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya. 16 Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: “Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa- Ku menjadi tempat berjualan.” 17 Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: “Cinta untuk rumah-Mu menghanguskan Aku.”
  7. 7. OBSERVASI WHAT: Apa yang terjadi? HOW: Bagaimana hal itu terjadi? WHERE: Di mana hal itu terjadi? WHEN: Kapan hal itu terjadi? WHO: Siapa saja yang ada di sana? WHY: Mengapa hal itu terjadi?
  8. 8. Mengapa?
  9. 9. Interpretasi KONTEKS BUDAYA: Bait Suci
  10. 10. 3 Hari Besar Ziarah Orang Yahudi Ratusan ribu peziarah melakukan perjalanan ke Yerusalem setiap merayakan 3 hari besar ini. Sedikitnya satu juta peziarah datang pada Hari Raya Pasakh.
  11. 11. Bait Suci pada Masa Yesus Herod’s Temple Illustration The Court of the Gentiles
  12. 12. Pelataran Bangsa-bangsa
  13. 13. Peringatan bagi Pendatang Balok berisi peringatan yg ditulis dalam huruf Yunani dan Latin NO FOREIGNER IS TO GO BEYOND THE BALUSTRADE AND THE PLAZA OF THE TEMPLE ZONE WHOEVER IS CAUGHT DOING SO WILL HAVE HIMSELF TO BLAME FOR HIS DEATH WHICH WILL FOLLOW
  14. 14. Persembahan Bait Suci Setiap peziarah yang datang ke Bait Suci yang memberikan persembahan di Hari Raya Pasakh memerlukan: 1. Hewan kurban yang tak bercacat dan bernoda 2. Mata uang yang dapat diterima untuk membeli hewan kurban (dan membayar pajak Bait Suci).
  15. 15. Pedagang Hewan Kurban Baker's New Testament Commentary: Para peziarah membayar sangat mahal untuk membeli hewan kurban. Mereka sebenarnya dapat membawa hewan sendiri, tetapi hal itu berarti mengambil risiko persembahannya tidak memenuhi syarat.
  16. 16. Penukar Uang The Bible Knowledge Commentary: Ada 3 mata uang yang dipakai di Palestina pada masa PB: uang kerajaan (Roma), uang provinsi (Yunani), dan uang lokal (Yahudi). ... Mata uang Yunani dan Roma .... yang bergambar orang dipandang terkait penyembahan berhala. Oleh karena itu di wilayah Bait Suci, mata uang asing tidak diterima sebagai alat pembayaran. ... Para penukar uang akan menukar uang asing tersebut dengan uang Yahudi, dengan mengambil uang jasa. Bisnis ini ... sangat menguntungkan, juga sangat mudah disalahgunakan untuk menipu para peziarah yang tidak menaruh curiga.
  17. 17. Kondisi Saat Itu Para pedagang dan penukar uang tidak sekadar memberikan jasa yang memang sangat dibutuhkan, namun di bawah otorisasi imam besar, mereka mengambil keuntungan dengan nilai tukar yang terlalu besar. Tenda dan meja mereka dipasang di satu-satunya tempat di sekitar Bait Suci yang boleh dimasuki orang dari bangsa-bangsa lain.
  18. 18. Kondisi Saat Itu Pelataran bangsa-bangsa ini ramai oleh banyak pedagang dan penukar uang sehingga orang dari bangsa-bangsa lain, yang telah menempuh perjalanan jauh, tidak dapat menyembah Tuhan. Ditambah lagi, orang-orang Yahudi memakai pelataran ini sebagai jalan pintas untuk membawa barang-barang dagangan mereka menuju bagian lain dari kota Yerusalem.
  19. 19. Seperti Sweeping FPI?
  20. 20. Mengapa?
  21. 21. Interpretasi KONTEKS BUDAYA: Bait Suci KONTEKS TEKS: PL dalam PB
  22. 22. Markus 11:17 Lalu Ia mengajar mereka, kata-Nya: “Bukankah ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa? Tetapi kamu ini telah menjadikannya sarang penyamun!”
  23. 23. Yesaya 56:6-7 6 Dan orang-orang asing yang menggabungkan diri kepada TUHAN untuk melayani Dia, untuk mengasihi nama TUHAN dan untuk menjadi hamba-hamba-Nya, semuanya yang memelihara hari Sabat dan tidak menajiskannya, dan yang berpegang kepada perjanjian-Ku, 7 mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku. Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa.
  24. 24. 1 Raja-raja 8:41-43 41 Juga apabila seorang asing, yang tidak termasuk umat- Mu Israel, datang dari negeri jauh oleh karena nama- Mu, -- 42 sebab orang akan mendengar tentang nama-Mu yang besar dan tentang tangan-Mu yang kuat dan lengan-Mu yang teracung -- dan ia datang berdoa di rumah ini, 43 maka Engkau pun kiranya mendengarkannya di sorga, tempat kediaman-Mu yang tetap, dan Engkau kiranya bertindak sesuai dengan segala yang diserukan kepada-Mu oleh orang asing itu, supaya segala bangsa di bumi mengenal nama-Mu, sehingga mereka takut akan Engkau sama seperti umat-Mu Israel dan sehingga mereka tahu, bahwa nama-Mu telah diserukan atas rumah yang telah kudirikan ini.
  25. 25. Untuk dapat memahami banyak isi PL kita perlu memahami: Memahami PL
  26. 26. Untuk dapat memahami banyak isi PL kita perlu memahami: Kewajiban Kej 12:1-3 Kel 19:6
  27. 27. Kejadian 12:2-3
  28. 28. TUHAN MEMBERKATI ABRAHAM DAN KETURUNANNYA UNTUK MENJADI BERKAT BAGI SEGALA BANGSA Kejadian 12:2-3
  29. 29. Keluaran 19:6
  30. 30. Untuk dapat memahami banyak isi PL kita perlu memahami: Kesempatan Kej 28:14 1Raj 8:41-43
  31. 31. Dua Daya Israel Daya Sebar Kej 28:14 Daya Tarik 1Raj 8:41-43
  32. 32. Untuk dapat memahami banyak isi PL kita perlu memahami: Tanggapan
  33. 33. Tanggapan
  34. 34. “Harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.” Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. Kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.” Rangkuman PL Lukas 24:44-47
  35. 35. “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” Amanat Agung Matius 28:18-20
  36. 36. Perjanjian Abraham Galatia 3:7-9
  37. 37. Perjanjian Abraham Galatia 3:14
  38. 38. Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya. Kesudahan Dunia Matius 24:14
  39. 39. Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguh- nya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. Penglihatan Surga Wahyu 7:9
  40. 40. Misi: Bagi Kemuliaan Tuhan
  41. 41. Kebanyakan orang Kristen setuju bahwa Alkitab memberikan dasar bagi misi. Tetapi misi lebih besar dari itu. Bahkan sesungguhnya misi merupakan dasar dari Alkitab! Seluruh Alkitab digerakkan oleh dan berisi tentang misi Tuhan. CHRISTOPHER WRIGHT Misi: Dasar dari Alkitab
  42. 42. “Rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa? Tetapi kamu ini telah menjadikannya sarang penyamun!” (Mrk 11:7) “Cinta untuk rumah- Mu menghanguskan Aku.” (Yoh 2:17) Mengapa?
  43. 43. Mengapa? Bangsa Yahudi tidak memenuhi mandatnya, Mereka tidak menjangkau bangsa-bangsa lain. Bukan hanya tidak menjangkau … Mereka sengaja menghalangi bangsa-bangsa menyembah Tuhan yang sejati. Bukan hanya menghalangi … Mereka merampok apa yang disediakan Tuhan bagi bangsa- bangsa lain untuk kepentingan mereka sendiri.
  44. 44. APLIKASI Bagaimana dengan Gereja masa kini? Persekutuan orang percaya adalah Bait Suci Tuhan (2Kor 6:16). Bait Suci masih merupakan rumah doa bagi segala bangsa (Mrk 11:17).
  45. 45. Jangkauan Pelayanan Gereja
  46. 46. Jangkauan Pelayanan Gereja
  47. 47. Jangkauan Pelayanan Gereja
  48. 48. Jangkauan Pelayanan Gereja
  49. 49. Dunia C Dunia B Dunia A 1% 33% 43% 25% 91% 8% David B. Barrett & Todd M. Johnson, 2000 Distribusi Sumber Daya: Misionaris Internasional
  50. 50. Dunia C Dunia B Dunia A 33% 43% 25% David B. Barrett & Todd M. Johnson, 2000 Distribusi Sumber Daya: Misionaris Nasional 91% 0.1% 97.5% 2.4%
  51. 51. Dunia C Dunia B Dunia A 33% 43% 25% David B. Barrett & Todd M. Johnson, 2000 Distribusi Sumber Dana: Anggaran Misi 0.5% 95% 4.5%
  52. 52. Data: Joshua Project, 2013 Dunia C Dunia B Dunia A 33% 43% 25% David B. Barrett & Todd M. Johnson, 2000 Distribusi Sumber Dana: Anggaran Misi
  53. 53. Dunia C Dunia B Dunia A 33% 43% 25% David B. Barrett & Todd M. Johnson, 2000 Distribusi Sumber Dana: Anggaran Gereja 0.001% 99% 0.005%
  54. 54. Penghalang Misi Terbesar Ada banyak penghalang bagi misi dunia: hambatan geografis, linguistik, politis, budaya, dan lain sebagainya. Namun, penghalang terbesarnya adalah ketidakpedulian dari orang Kristen sendiri!
  55. 55. Mengapa kita harus peduli pada mereka? Tidakkah kita harus peduli pada tempat terdekat kita lebih dahulu? Penghalang Misi Terbesar
  56. 56. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Penghalang Misi Terbesar
  57. 57. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Penghalang Misi Terbesar
  58. 58. Dunia C (“Yerusalem”) DOA DANA DAYA Dunia B (“Yudea-Samaria”) DOA DANA DAYA Dunia A (“Ujung Bumi”) DOA DANA DAYA Gaya Hidup Misi
  59. 59. Mendoakan Mengutus Pergi Menggerakkan Menyambut Mempelajari 6 Cara Terlibat Misi
  60. 60. Refleksi Kita, sebagai pribadi/persekutuan, adalah Bait Suci Tuhan, rumah doa bagi segala bangsa. Apakah kita sedang memenuhi mandat untuk menjangkau bangsa-bangsa lain? Apakah kita secara sengaja atau tidak sengaja menghambat bangsa-bangsa menyembah Tuhan? Apakah kita sedang merampok berkat yang disediakan Tuhan bagi bangsa-bangsa lain untuk kepentingan kita sendiri?
  61. 61. Hangus oleh Cinta Kepada Rumah Tuhan
  62. 62. Kubawa hidupku s’karang ke tempat kudus-Mu Tuhan Di mezbah-Mu kuserahkan seluruh hidupku Penuhi hatiku s’karang dengan urapan yang baru Agar aku lebih lagi mendengar suara-Mu
  63. 63. Jadikan aku Tuhan rumah doa-Mu agar semua suku bangsa datang kepada-Mu Jadikan aku Tuhan rumah doa-Mu agar semua suku bangsa datang menyembah-Mu

×