Prinsip Harta (Treasure Principles)

1,461 views

Published on

Prinsip Harta memperkenalkan pembaca pada suatu revolusi dalam kebebasan atas materi serta kemurahan hati yang radikal yang akan mengubahkan hidup.
Alcorn mendasarkan pesannya pada perkataan dari konsultan finansial yang terkemuka di dunia, Yesus Kristus, yang menasihatkan pendengar-Nya “kumpulkan-lah bagimu harta di sorga” (Mat 6:20).
Alcorn memimpin pembaca pada pola pikir Prinsip Harta dengan gaya tulisan yang padat, penuh kuasa, dan dalam bahasa yang kontemporer serta mudah dipahami.

Published in: Spiritual
3 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
1,461
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
111
Comments
3
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Prinsip Harta (Treasure Principles)

  1. 1. bukuEdisi Asli Bahasa InggrisJudul: The Treasure PrinciplePenulis: Randy AlcornPenerbit: MultnomahTahun terbit: 2001Edisi Terjemahan Bahasa IndonesiaJudul: Prinsip HartaPenerbit: InteraksaraTahun terbit:
  2. 2. Kunci 1: Tuhan empunya segalanya. Saya pengelola uang-Nya.Kunci 2: Hati saya selalu mengikuti ke mana saya menaruh uang Tuhan.Kunci 3: Rumahku adalah surga, bukan bumi.Kunci 4: Saya harus hidup bukan untuk titik, tetapi untuk garis.Kunci 5: Memberi adalah satu-satunya obat penawar racun materialisme.Kunci 6: Tuhan memperkaya saya bukan untuk meningkatkan standar hidup saya, tetapi untuk meningkatkan standar persembahan saya.
  3. 3. penulis Pendiri dan pemimpin Eternal Perspective Ministries, sebuah organisasi nonprofit organization yang berdedikasi untuk mengajarkan kebenaran Alkitab dan juga untuk menarik perhatian kepada orang yang berkekurangan serta cara menolong mereka. Penulis lebih dari 20 buku. Bukunya antara lain: Deadline, Dominion, The Ishbane Conspiracy, The Treasure Principle, Money,Randy Alcorn Possessions, and Eternity.www.randyalcorn. blogspot.com Bersama istrinya, Nanci, tinggal di Gresham, www.epm.org Oregon. Mereka memiliki dua anak perempuan yang sudah menikah.
  4. 4. sinopsisPrinsip Harta memperkenalkan pembacapada suatu revolusi dalam kebebasan atasmateri serta kemurahan hati yang radikalyang akan mengubahkan hidup.Alcorn mendasarkan pesannya padaperkataan dari konsultan finansial yangterkemuka di dunia, Yesus Kristus, yangmenasihatkan pendengar-Nya “kumpulkan-lah bagimu harta di sorga” (Mat 6:20).Alcorn memimpin pembaca pada pola pikirPrinsip Harta dengan gaya tulisan yangpadat, penuh kuasa, dan dalam bahasayang kontemporer serta mudah dipahami.
  5. 5. resources Bible Study Church Tool Kit Study Guide DVD Workshop
  6. 6. presentasiPresentasi ini dirancang untuk digunakansebagai bahan pengajaran dan diskusi dalamkelompok besar maupun kelompok kecil.Durasi penyampaiannya sekitar 30 menit,sehingga dapat digunakan sebelum, selama,atau sesudah kegiatan pertemuan rutin yangsudah dijadwalkan.Presentasi diterjemahkan dari The TreasurePrinciple Summary Presentation (RandyAlcorn & Howard Dayton) oleh Johan Setiawan(johansetiawan@hotmail.com), staf KATALIS,Yayasan Gloria Departemen Penerbitan(http://www.glorianet.org/katalis).
  7. 7. PRINSIP HARTAMenemukan Rahasia Memberi dengan Sukacita
  8. 8. 1. Sebuah kisah yang diceritakan Yesus dalam satu harta ayat: “Hal Kerajaan Surga itu seumpama _______ yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu sukacitanya dipendamnya lagi. Oleh sebab ______________ pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.” (Matius 13:44).2. Perumpamaan harta terpendam itu adalah salah satu kisah yang diceritakan Yesus mengenai uang dan harta milik. Bahkan pada kenyataannya, 15 dari ___% perkataan Kristus berkaitan dengan topik ini.
  9. 9. 3. Mengapa Yesus begitu menekankan mengenai uang dan harta milik? Karena ada keterkaitan yang rohani mendasar antara kehidupan ________ kita dan cara kita uang memandang dan menangani ______.4. “Janganlah kamu mengumpulkan harta bagi dirimu di bumi; di bumi ngengat dan karat merusaknya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di surga; di surga ngengat dan karat tidak merusaknya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hatimu hartamu berada, di situ juga _________ berada.” (Matius 6:19-21).
  10. 10. 5. Ketika Yesus mengingatkan kita untuk tidak mengumpulkan harta di bumi, artinya bukan hanya karena kekayaan itu dapat hilang, tetapi karena kekayaan memang selalu akan hilang. _______6. Kristus, penasihat investasi terbaik, berkata, “Jangan memperhitungkan bagaimana hasil investasi Anda dapat dinikmati hanya dalam waktu tiga puluh tahun. Perhitungkanlah bagaimana ini akan juta dinikmati dalam tiga puluh _____ tahun.” segala isinya7. “TUHANlah yang empunya bumi serta ______________, dan dunia serta yang diam di dalamnya.” (Mazmur 24:1).
  11. 11. Kunci #1 Prinsip Harta:Tuhan empunya ____________. segalanya Saya pengelola uang-Nya.
  12. 12. 8. Kita harus berpikir seperti penatalayan, manajer __________ investasi, selalu mencari tempat terbaik untuk Sang Pemilik menginvestasikan dana ________________.9. “Selagi dicobai dengan berat dalam berbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat ________, namun mereka kaya dalam miskin kemurahan (2 Korintus 8:2). ______________”.10. Memberi bukanlah keistimewaan orang kaya. ________________ orang miskin Ini adalah juga hak istimewa ________________.
  13. 13. 11. Tuhan memberi upah bagi orang yang memberi dengan murah hati:“Pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di surga _______.” (Matius 19:21).12. Yesus berkata, “Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya (Lukas 16:11). _____________________________?”
  14. 14. 13. Yesus berkata, “Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.” (Matius 6:21). ________14. Setiap hari membawa kita lebih dekat ke kematian. Jika harta Anda dikumpulkan di bumi ______, itu berarti setiap hari membawa Anda lebih kehilangan dekat ke _____________ harta Anda.
  15. 15. Kunci #2 Prinsip Harta:Hati_____ saya selalu mengikuti ke mana saya menaruh uang Tuhan.
  16. 16. 15.“Kewargaan kita terdapat di dalam surga _______” (Filipi 3:20). Kita adalah warga dari _______ “tanah air yang lebih baik, yaitu tanah air surgawi.” (Ibrani 11:16).
  17. 17. Kunci #3 Prinsip Harta:Rumahku adalah _______, Surga bukan bumi.
  18. 18. 16. Paradoksnya, rumah kita adalah tempat di mana kita belum pernah berada di sana. Namun, itu adalah tempat di mana kita diciptakan untuk ____________________ tinggal di sana, tempat yang diciptakan bagi kita __________.17. Hidup kita terdiri dari dua tahap: pertama, kita memiliki titik. Kemudian ada garis yang berawal dari titik tersebut. Hidup kita di dunia adalah titik singkat itu. Berawal dan berakhir di situ, sangat _________. Namun, dari titik memanjang suatu garis yang terus terus-menerus memanjang __________________. Garis itu adalah kekekalan.
  19. 19. Kunci #4 Prinsip Harta:Saya harus hidup bukan untuk titik tetapi _____, untuk garis.
  20. 20. 18.Memberi berarti _____________________ hidup untuk garis (hidup di surga).19.Memberi tidak menghilangkan kepentingan dan keuntungan kita; hanya saja, memberi mengalihkan kepentingan dan keuntungan kita dari bumi surga ______ ke _______—dari diri sendiri kepada Tuhan.
  21. 21. Kunci #5 Prinsip Harta: Memberi adalah satu- obat penawar satunya ________________ racun materialisme.
  22. 22. 20. Amsal 3:9 menyatakan, “Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu.” Anak-anak Tuhan memberi __________________ kepada Tuhan bukan terakhir kali terlebih dahulu ______________.21. Jauh lebih mudah untuk hidup dari 90 persen atau 50 persen atau 10 persen dari pendapatan Anda di dalam __________ kehendak Tuhan dibandingkan jika hidup di luar 100 persen ________ kehendak Tuhan.
  23. 23. terbaik22. Kematian bukanlah kesempatan __________ Anda terakhir untuk memberi; itu adalah kesempatan _________ Anda untuk memberi.23. Meninggalkan warisan yang besar untuk anak kehilangan bukan hanya suatu ______________ peluang untuk berinvestasi dalam kerajaan Tuhan. Hal itu juga jarang sekali merupakan hal terbaik bagi anak kita kepentingan ____________.24. Anak-anak Anda semestinya mengasihi Tuhan, bekerja keras, dan mengalami sukacita dari mempercayai ________________ Tuhan.
  24. 24. Kunci #6 Prinsip Harta: Tuhan memperkaya sayabukan untuk meningkatkan hidup standar ________ saya,tetapi untuk meningkatkan standar pemberian ______________saya.
  25. 25. 25. “Hendaklah sekarang ini ____________ kamu kelebihan mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan. ______________ Seperti ada tertulis: "Orang yang mengumpulkan banyak, tidak kelebihan dan orang yang mengumpulkan sedikit, tidak kekurangan.” (2 Korintus 8:14-15). Mengapa Tuhan memberi lebih beberapa anak-Nya _______ dari yang mereka butuhkan dan yang lainnya kurang dari yang mereka perlukan? Supaya Dia dapat memakai anak-anak-Nya untuk menolong satu sama lain _____________________________.
  26. 26. 26.Tanyakan pada diri sendiri, “Lima menit setelah saya mati, apa yang akan saya harapkan saya sudah memberikannya ___________ ketika masih ada kesempatan?”
  27. 27. Perjanjian Pemberian Saya1. Saya mengakui kepemilikan Tuhan yang penuh atas diri saya dan atas segala sesuatu yang dipercayakan-Nya pada saya.2. Saya memisahkan persembahan buah sulung— minimal 10 persen—dari setiap penghasilan dan pemberian yang saya terima dengan memperlakukan uang tersebut sebagai milik Tuhan yang khusus dan kudus.3. Dari sisa harta yang Tuhan percayakan kepada saya, saya akan mencari kesempatan untuk memberikan persembahan kasih dengan sukarela dan murah hati.
  28. 28. 4. Saya meminta Tuhan untuk mengajarkan saya untuk memberi dengan penuh pengorbanan bagi tujuan-tujuan-Nya, termasuk menolong yang berkekurangan dan menjangkau yang terhilang.5. Menyadari bahwa saya tidak dapat membawa harta duniawi ketika saya mati, maka saya menetapkan hati untuk menyimpannya sebagai harta surgawi—bagi kemuliaan Allah dan harta kekal bagi orang lain dan saya.6. Saya memohon agar Allah menunjukkan bagaimana saya dapat menuntun orang lain untuk mengalami sukacita saat ini dan upah prinsip harta.
  29. 29. Jika Anda ingin belajar Firman Tuhanlebih lanjut mengenai menangani uangdan harta, termasuk di dalamnyabagaimana memakai, menyimpan,menanam, memberi, membebaskan diridari hutang, dsb, hubungilah gerejalokal Anda atau Crown FinancialMinistries di www.crown.org
  30. 30. pay it forward Presentasi ini dibuat oleh Jika Anda mendapat manfaat dan berkat diperlengkapi untuk melayani dari presentasi ini, teruskanlah kepada divisi pelayanan media & minimal 10 orang, baik secara langsung literatur pemerlengkapandiperlengkapi untuk melayani Penerbit Yayasan Gloria maupun secara elektronik (melalui email, www.glorianet.org/katalis meletakkannya dalam situs web Anda, Presentasi ini dan bahan- atau dengan cara-cara lainnya). bahan Katalis lainnya dapat diunduh di Anda sangat diharapkan untuk www.glorianet.org/pptlib menyebarluaskan presentasi ini, namun Anda dilarang keras menjual atau mendistribusikan untuk mendapatkan keuntungan ekonomis.
  31. 31. tentang katalis KATALIS berkomitmen menyediakan bahan-bahan yang biblikal, esensial, dan diperlengkapi untuk melayani praktikal, untuk memperlengkapi dan Grha Gloria, Lt 2 Jl. F.M. Noto 19 Kotabarudiperlengkapi untuk melayani memberdayakan pekerja yang sedang Jogja, Indonesia 55224 menolong pertumbuhan rohani orang Tel (+62274) 563 627 lain, baik sebagai pengajar, pembimbing, Fax (+62274) 565 257 maupun pengurus pelayanan, dalam Email: publisher@glorianet.org konteks gereja, persekutuan, atau Situs: lembaga pelayanan, sehingga mereka www.glorianet.org/katalis dapat mengerjakan peran mereka dalam amanat agung secara efektif.

×