Mengenal Yang Mahakudus

1,376 views

Published on

“Sebagai sumbangan saya agar orang lain dapat mengerti dengan lebih baik tentang Allah Yang Mahatinggi, saya mempersembahkan penyelidikan tentang sifat-sifat Allah. Seandainya orang Kristen zaman sekarang membaca buku-buku karangan Augustine dan Anselm, maka tidak ada alasan mengapa buku ini harus ada ... Harapan saya ialah agar buku kecil ini dapat ikut mengambil bagian dalam meningkatkan kehidupan beragama tiap-tiap pribadi; dan apabila karena membaca buku ini ada orang yang mendapat semangat untuk mulai merenungkan akan pribadi Allah, maka itu sudah dapat membayar, lebih dari cukup, segala jerih payah yang dicurahkan untuk menghasilkan buku ini.” (A.W. TOZER, dari Pendahuluan)

Published in: Spiritual
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,376
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
86
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mengenal Yang Mahakudus

  1. 1. bukuEdisi Asli Bahasa InggrisJudul: The Knowledge of The HolyPenulis: A.W. TozerPenerbit: HarperOneTahun terbit: 1978Edisi Terjemahan Bahasa IndonesiaJudul: Mengenal Yang MahakudusPenerbit: Yayasan Kalam HidupTahun terbit:
  2. 2. daftar isiPendahuluan1. Mengapa kita Harus Berpikir tentang Allah dengan Pandangan yang Benar?2. Allah yang Tidak Dapat Dimengerti3. Sifat Ilahi: Sesuatu yang benar mengenai Allah4. Tritunggal yang Kudus5. Keberadaan Allah6. Allah yang Tidak Memerlukan Apapun di Luar Diri-Nya Sendiri7. Kekekalan Allah8. Ketidakterbatasan Allah9. Ketidakberubahan Allah10. Kemahatahuan Allah
  3. 3. daftar isi11. Hikmat Allah12. Kemahakuasaan Allah13. Kemahatinggian Allah14. Kemahahadiran Allah15. Kesetiaan Allah16. Kebaikan Allah17. Keadilan Allah18. Belas Kasihan Allah19. Kasih Karunia Allah20. Kasih Allah21. Kekudusan Allah22. Kedaulatan Allah23. Rahasia yang Terbuka
  4. 4. sinopsis“Sebagai sumbangan saya agar orang lain dapatmengerti dengan lebih baik tentang Allah YangMahatinggi, saya mempersembahkan penyelidikantentang sifat-sifat Allah. Seandainya orang Kristenzaman sekarang membaca buku-buku karanganAugustine dan Anselm, maka tidak ada alasanmengapa buku ini harus ada ... Harapan saya ialahagar buku kecil ini dapat ikut mengambil bagiandalam meningkatkan kehidupan beragama tiap-tiappribadi; dan apabila karena membaca buku ini adaorang yang mendapat semangat untuk mulaimerenungkan akan pribadi Allah, maka itu sudahdapat membayar, lebih dari cukup, segala jerihpayah yang dicurahkan untuk menghasilkan bukuini.” (A.W. TOZER, dari Pendahuluan)
  5. 5. penulis Dikenal sebagai seorang yang intim dengan Tuhan dan memberi inspirasi bagi orang lain untuk juga mengalami keintiman dengan Tuhan. Menulis >40 buku, dua di antaranya dipandang sebagai karya klasik, yaitu The Pursuit of God dan The Knowledge of the Holy. Editor Alliance Life, publikasi bulanan Christian & Missionary Alliance. Tidak pernah kuliah di sekolah Alkitab; Menerima dua gelar doktoral kehormatan.Aiden Wilson Lahir di Pennsylvania tahun 1897, menggembala- Tozer kan beberapa gereja C&MA, dan melayani Gereja Avenue Road di Toronto, Kanada, di mana ia wafat pada tanggal 12 Mei 1963.
  6. 6. presentasiPresentasi ini dirancang untuk digunakansebagai bahan pengajaran dan diskusi dalamkelompok besar maupun kelompok kecil. Durasipenyampaiannya sekitar 30 menit, sehinggadapat digunakan sebelum, selama, atau sesudahkegiatan pertemuan rutin yang sudahdijadwalkan.Presentasi diambil dari Pendahuluan, Bab 1Mengapa kita Harus Berpikir tentang Allahdengan Pandangan yang Benar?, dan Bab 23Rahasia yang Terbuka. Presentasi disusun olehJohan Setiawan (johansetiawan@hotmail.com),staf KATALIS, Yayasan Gloria DepartemenMedia-Literatur (http://medlit.glorianet.org).
  7. 7. Permulaan hikmat adalahtakut akan TUHAN, danmengenal Yang Mahakudusadalah pengertian.AMSAL 9:10
  8. 8. Keutamaan Mengenal TUHAN
  9. 9. Keutamaan Mengenal TuhanBeginilah firman TUHAN: “Janganlah orang bijaksanabermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orangkuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orangkaya bermegah karena kekayaannya, tetapi siapa yangmau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut:bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa AkulahTUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dankebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai,demikianlah firman TUHAN.” YEREMIA 9:23-24Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korbansembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebihdari pada korban-korban bakaran. HOSEA 6:6
  10. 10. Keutamaan Mengenal TuhanTetapi saatnya akan datang dansudah tiba sekarang bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembahBapa dalam roh dan kebenaran;sebab Bapa mencari orang-orang yangmenyembah Dia secara demikian.YOHANES 4:23 TB2
  11. 11. Keutamaan Mengenal TuhanInilah hidup yang kekal itu, yaitubahwa mereka mengenal Engkau,satu-satunya Allah yang benar,dan mengenal Yesus Kristusyang telah Engkau utus.YOHANES 17:3
  12. 12. Pengenalan yang Benar akan TUHAN
  13. 13. Pengenalan yang Benar akan TuhanPandangan tentang Tuhan merupakan hal yangsangat penting• Sejarah manusia menunjukkan: suatu umat tidak dapat bangkit lebih tinggi daripada agamanya• Sejarah kerohanian memperlihatkan: suatu agama tidak dapat lebih besar daripada gagasannya tentang Tuhan. Sejarah bangsa Israel dan sejarah gereja menyatakan hal ini.
  14. 14. Pengenalan yang Benar akan TuhanPandangan tentang Tuhan merupakan hal yangsangat penting• Bagi gereja mana pun langkah pertama dalam kemerosotan dimulai pada saat gereja itu melepaskan pandangannya yang tinggi tentang Tuhan ... Karena kita sudah tidak dapat lagi merasakan keagungan Allah, maka selanjutnya kita juga kehilangan rasa gentar, hormat, dan kesadaran akan kehadiran ilahi. Kita sudah kehilangan semangat untuk berbakti dan tidak lagi sanggup untuk berdiam diri dan menyediakan batin kita untuk bertemu dengan Allah dengan khidmat.
  15. 15. Pengenalan yang Benar akan TuhanPandangan tentang Tuhan merupakan hal yangsangat penting• Manusia, secara pribadi maupun secara bersama sebagai jemaat/gereja, cenderung menyerupai gambaran yang dimilikinya tentang Tuhan.• Kondisi kerohanian seseorang atau suatu gereja di masa datang dapat diperkirakan dengan cukup tepat dengan mengetahui apa yang dipikirkan mengenai Tuhan oleh orang tsb atau oleh para pemimpin gereja yang sekarang berpengaruh.
  16. 16. Pengenalan yang Benar akan TuhanPandangan yang benar tentang Tuhanmerupakan hal yang sangat penting• Pandangan yang benar tentang Allah merupakan dasar bukan saja teologia yang sistematis, tetapi juga dari kehidupan praktis ... Saya percaya bahwa hampir semua kesalahan dalam doktrin atau kegagalan dalam menerapkan etika Kristen, apabila diusut akan ternyata berpangkal pada pandangan yang kurang sempurna dan kurang mulia tentang Allah.
  17. 17. Pengenalan yang Benar akan TuhanPandangan yang benar tentang Tuhanmerupakan hal yang sangat penting• Orang yang memiliki kepercayaan yang benar tentang Tuhan dibebaskan dari tekanan persoalan yang bersifat sementara. Orang tsb akan merasakan tekanan beban dosa dan pelanggaran akan kewajibannya terhadap Tuhan. Kemudian, ia akan dipenuhi pujian atas Injil yang mengangkat beban ini dan memenuhi jiwa yang tertekan dengan pujian. Pandangan yang rendah tentang Tuhan membuat Injil tidak bermakna.
  18. 18. Pengenalan yang Benar akan TuhanPandangan yang benar tentang Tuhanmerupakan hal yang sangat penting• Inti dari penyembahan berhala adalah memiliki pikiran- pikiran yang tidak layak tentang Tuhan ... Gagasan yang salah tentang Tuhan bukan saja merupakan sumber penyembahan berhala, tetapi gagasan itu sendiri juga sudah bersifat penyembahan berhala. Para penyembah berhala semula membayangkan hal- hal mengenai Tuhan, lalu bertindak seolah-olah hal itu memang benar demikian.
  19. 19. Bagaimana Mengenal TUHAN?
  20. 20. Bagaimana Mengenal Tuhan• Mengenal Tuhan adalah sesuatu yang paling mudah di dunia: Karena pengenalan itu tidak dapat diperoleh dengan kerja keras mental kita, melainkan sesuatu yang diberikan dengan cuma-cuma kepada mereka yang terbuka menerimanya.• Mengenal Tuhan adalah sesuatu yang paling sukar di dunia: Karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, dan tabiat manusia yang berdosa tidak dapat menerima hal itu begitu saja.
  21. 21. Bagaimana Mengenal TuhanSyarat mengenal Tuhan:1. Meninggalkan dosa. Allah yang Kudus tidak dapat dikenal oleh orang yang bertekad hidup dalam dosa. “Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah” (Mat 5:8)2. Percaya kepada Kristus, yaitu dengan iman menyerahkan seluruh hidup secara mutlak kepada Kristus. Untuk itu kita menaati perintah- perintah-Nya, memikul salib kita, serta mengasihi Tuhan dan sesama.
  22. 22. Bagaimana Mengenal TuhanSyarat mengenal Tuhan:3. Mati bagi dosa, Hidup bagi Tuhan di dalam Kristus. Setelah itu membuka diri untuk dipimpin Roh Kudus dan berdisiplin diri untuk berjalan dalam Roh Kudus, mengalahkan nafsu kedagingan kita.4. Menyangkal dan melepas ikatan dunia. Menyangkal dunia sudah jatuh di dalam dosa. Melepas ikatan dari hal-hal dunia yang dikejar orang belum percaya. Secara sederhana menikmati Tuhan dan karya-Nya.
  23. 23. Bagaimana Mengenal TuhanSyarat mengenal Tuhan:5. Merenungkan kemuliaan Tuhan dengan kasih. Kembali mengarahkan diri pada kemuliaan Tuhan, bukan pada kemuliaan manusia (diri sendiri). Memerlukan kehendak, usaha, dan ketekunan dari pikiran kita.6. Melayani sesama. Makin mengenal Tuhan seharusnya makin membuat kita ingin mewujudkan pengenalan itu dengan melayani sesama. Tuhan yang telah memberikan segala- galanya kepada kita akan memberikan segala- galanya melalui kita.
  24. 24. Bagaimana Mengenal Tuhan• Seperti minyak wangi yang harum akan tercium di mana-mana, demikian juga setiap pengenalan yang dalam akan Tuhan segera akan mulai mempengaruhi orang-orang di sekitar kita. Kita harus berusaha membagikan pertumbuhan pengenalan kita kepada sesama anggota keluarga Tuhan.• Hal itu dilakukan ketika kita terus berpusat pada kemuliaan Tuhan dalam segala pelayanan, doa, khotbah, tulisan, dan kehidupan kita.
  25. 25. Kesimpulan• Tugas yang terutama dan terberat yang harus dipikul gereja pada zaman sekarang adalah memurnikan dan meninggikan konsepnya tentang Tuhan sampai kembali sesuai dengan siapa Tuhan yang sebenarnya.• Pelayanan yang terbesar dan termulia yang dapat kita lakukan untuk generasi Kristen berikutnya ialah mewariskan suatu konsep tentang Tuhan yang mulia, benar, dan utuh.
  26. 26. pay it forward Presentasi ini dibuat oleh Jika Anda mendapat manfaat dan berkat diperlengkapi untuk melayani dari presentasi ini, teruskanlah kepada divisi pelayanan media & minimal 10 orang, baik secara langsung literatur pemerlengkapandiperlengkapi untuk melayani maupun secara elektronik (melalui email, Penerbit Yayasan Gloria www.glorianet.org/katalis meletakkannya dalam situs web Anda, Presentasi ini dan bahan- atau dengan cara-cara lainnya). bahan Katalis lainnya dapat diunduh di Anda sangat diharapkan untuk www.glorianet.org/pptlib menyebarluaskan presentasi ini, namun Anda dilarang keras menjual atau mendistribusikan untuk mendapatkan keuntungan ekonomis.
  27. 27. tentang katalis KATALIS berkomitmen menyediakan bahan-bahan yang biblikal, esensial, dan diperlengkapi untuk melayani praktikal, untuk memperlengkapi dan Grha Gloria, Lt 2 Jl. F.M. Noto 19 Kotabarudiperlengkapi untuk melayani memberdayakan pekerja yang sedang Jogja, Indonesia 55224 menolong pertumbuhan rohani orang Tel (+62274) 563 627 lain, baik sebagai pengajar, pembimbing, Fax (+62274) 565 257 maupun pengurus pelayanan, dalam Email: publisher@glorianet.org konteks gereja, persekutuan, atau Situs: lembaga pelayanan, sehingga mereka www.glorianet.org/katalis dapat mengerjakan peran mereka dalam amanat agung secara efektif.

×