Makna Kenaikan Yesus Kristus

4,606 views

Published on

Makna Kenaikan Yesus Kristus
bagi Kristus
bagi Gereja
bagi Dunia

Published in: Spiritual
0 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,606
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
207
Comments
0
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Makna Kenaikan Yesus Kristus

  1. 1. Makna Kenaikan Yesus Kristus
  2. 2. Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus Kenaikan Isa Almasih / Mi’raj Isa Almasih Ascension Day / Feast of Ascension Ascension Thursday / Holy Thursday (Anglikan) Analepsis [terangkat] / Episozomene [keselamatan dari tempat tinggi] (Ortodoks)
  3. 3. Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus Salah satu perayaan berpindah, yang berubah-ubah tanggalnya, selalu jatuh pada hari Kamis, 40 hari setelah Paskah, 10 hari sebelum Pentakosta
  4. 4. Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus ... merupakan hari raya gereja yang paling tidak dipedulikan oleh orang Kristen. ... merupakan hari raya yang sekarang sudah ditiadakan di Afrika Selatan. Banyak orang di sana baru menghargai makna dan nilai pentingnya setelah pemerintah menghapusnya.
  5. 5. Peristiwa Kenaikan Tuhan Yesus Salah satu butir Pengakuan Iman Rasuli dan Pengakuan Iman Nicea. Salah satu dari 7 babak utama dalam narasi Injil ttg kehidupan Kristus: Kelahiran, Pembaptisan, Transfigurasi, Penyaliban, Kebangkitan, KENAIKAN, dan Kedatangan kembali. Dicatat singkat dalam Injil (Luk 24:50-53; Mrk 16:19) dan secara rinci dalam Kisah Para Rasul (1:9-11).
  6. 6. Kisah Para Rasul 1:1-12 1 Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus, 2 sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberi perintah-Nya oleh Roh Kudus kepada rasul- rasul yang dipilih-Nya. 3 Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan- Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup.
  7. 7. Kisah Para Rasul 1:1-12 Sebab selama empat puluh hari Ia berulang- ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah. 4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang – demikian kata-Nya – “telah kamu dengar dari pada-Ku. 5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.”
  8. 8. Kisah Para Rasul 1:1-12 6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?” 7 Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. 8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”
  9. 9. Kisah Para Rasul 1:1-12 9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup- Nya dari pandangan mereka. 10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba- tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, 11 dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”
  10. 10. Kisah Para Rasul 1:1-12 12 Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.
  11. 11. Ada banyak makna penting dari Kenaikan Kristus secara teologis. Kita akan berfokus pada makna Kenaikan Kristus dari catatan Kisah Para Rasul 1:1-12: Kristus Gereja Dunia
  12. 12. Apa buku yang pertama? Luk 1:1-4 Apa yang menjadi pemisah antara buku pertama dan kedua? Apa perbedaan isi buku yang pertama dengan yang kedua? 1 Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus, 2 sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberi perintah-Nya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilih-Nya.
  13. 13. MAKNA KENAIKAN & KRISTUS KENAIKAN KRISTUS merupakan momentum pemisah antara apa yang dilakukan dan diajarkan Yesus secara langsung dan apa yang selanjutnya dilakukan dan diajarkan Yesus melalui Roh Kudus (Roh Yesus, Kis 16:7) dan para murid/rasul Yesus. Tuhan Yesus sudah menyatakan hal ini sebelumnya ...
  14. 14. Yohanes 14:12-14 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”
  15. 15. Yohanes 14:15-17a,18 “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. ... Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.
  16. 16. MAKNA KENAIKAN & GEREJA KENAIKAN KRISTUS mengakhiri pelayanan Yesus dalam tubuh fisik-Nya yang dibatasi waktu & tempat dan memulai pelayanan Yesus dalam “tubuh rohani-Nya” yaitu gereja. “Tubuh Kristus” merupakan ungkapan kunci Paulus mengenai Gereja ...
  17. 17. 1 Korintus 12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.
  18. 18. Tubuh Kristus Tubuh Kristus sebagai PERUMPAMAAN tentang ORGANISASI gereja. Tubuh sebagai perumpamaan tentang KESATUAN. Tubuh sebagai perumpamaan tentang KEBERAGAMAN.
  19. 19. 1 Korintus 12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula gereja. Apa yang berbeda?
  20. 20. 1 Korintus 12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. Gereja adalah wujud kehadiran Kristus
  21. 21. Tubuh Kristus Tubuh Kristus sebagai KENYATAAN tentang ORGANISME gereja. Dari mana Paulus mendapatkan pemahaman yang radikal mengenai natur gereja sebagai wujud kehadiran Kristus di dunia?
  22. 22. Kisah Para rasul 9:4-5 “Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?” “Siapakah Engkau, Tuhan?” “Akulah Yesus yang kauaniaya itu.”
  23. 23. Efesus 1:22-23 Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.
  24. 24. Tubuh Kristus Gereja sebagai wadah, Yesus sebagai Pribadi yang memenuhi wadah tersebut dengan Diri-Nya.
  25. 25. Tubuh Kristus Kita adalah tubuh-Nya: tangan-Nya, kaki-Nya, kehadiran-Nya, perhatian-Nya, belas kasih-Nya ... Gereja bukanlah tempatnya. Gereja adalah orangnya.
  26. 26. Kita tidak pergi ke gereja. Kita adalah gereja. Dan kita ada untuk dunia. CRAIG GROESCHEL Apa peran dan tugas kita sebagai “Tubuh Kristus”?
  27. 27. Kita adalah kitab ke-67 dari Alkitab. Orang-orang membaca hidup kita, tindakan kita, dan perkataan kita. Berdasarkan hal-hal itu mereka menyimpulkan mengenai arti dari menjadi seorang kristiani. BRYANT MYERS, World Vision International Sampai di mana lingkup kesaksian kita? Dengan kekuatan apa melakukannya?
  28. 28. 8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Dalam segala ketidaksempurnaan kita, Tuhan menghendaki kita untuk menjadi saksi-Nya. Tuhan mau memberkati dunia melalui kita, bukan tanpa kita. Untuk dapat menunaikan peran dan tugas ini kita memerlukan penyertaan Kristus (Mat 28:18-20) dan kuasa Roh Kudus (Kis 1:8) yang memampukan kita.
  29. 29. 11 “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.” PERIODE ANTARA Kedatangan I Injil  Kedatangan II Kesudahan  Apa tujuan dari ???
  30. 30. “Kamu sekalian telah melihat Yesus pergi. Suatu saat Dia akan datang kembali. Di antara kepergian dan kedatangan-Nya kembali, ada hal yang harus terjadi: Roh Kudus perlu datang untuk memampukan kalian menjadi saksi Kristus sampai ke seluruh dunia.”
  31. 31. PERIODE ANTARA Kedatangan I Injil  Kedatangan II Kesudahan  Apa tujuan dari ??? “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini. ... LUKAS 24:46-48
  32. 32. “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. ...” MARKUS 16:15-16 PERIODE ANTARA Kedatangan I Injil  Kedatangan II Kesudahan  Apa tujuan dari ???
  33. 33. Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya. MATIUS 24:14 PERIODE ANTARA Kedatangan I Injil  Kedatangan II Kesudahan  Apa tujuan dari ???
  34. 34. MAKNA KENAIKAN & DUNIA KENAIKAN KRISTUS mengakhiri kedatangan Yesus yang pertama dan memulai penantian kedatangan Yesus yang kedua, dan mengisi waktu antara tersebut dengan menjadi saksi-Nya sampai ke ujung bumi melalui kuasa Roh Kudus.
  35. 35. Pelayanan Sunda Penerjemahan Alkitab Sikari WECGuinea-Bissau
  36. 36. Makna Kenaikan Yesus Kristus
  37. 37. MAKNA KENAIKAN & KRISTUS KENAIKAN KRISTUS merupakan momentum pemisah antara apa yang dilakukan dan diajarkan Yesus secara langsung dan apa yang selanjutnya dilakukan dan diajarkan Yesus melalui Roh Kudus (Roh Yesus, Kis 16:7) dan para murid/rasul Yesus.
  38. 38. MAKNA KENAIKAN & GEREJA KENAIKAN KRISTUS mengakhiri pelayanan Yesus dalam tubuh fisik-Nya yang dibatasi waktu & tempat dan memulai pelayanan Yesus dalam “tubuh rohani-Nya” yaitu gereja.
  39. 39. MAKNA KENAIKAN & DUNIA KENAIKAN KRISTUS mengakhiri kedatangan Yesus yang pertama dan memulai penantian kedatangan Yesus yang kedua, dan mengisi waktu antara tersebut dengan menjadi saksi-Nya sampai ke ujung bumi melalui kuasa Roh Kudus.
  40. 40. Makna Kenaikan Yesus Kristus

×