Lahirnya Visi Pelayanan

1,525 views

Published on

Kitab Nehemia menceritakan bagaimana tembok Yerusalem dibangun di bawah kepemimpinan Nehemia. Apa yang kita pelajari dari Kitab Nehemia dapat menolong kita menjadi para “pembangun tembok-tembok yang roboh” bagi Kerajaan Tuhan.
Secara khusus, kita akan belajar dari Nehemia pasal 1 mengenai proses yang dilalui Nehemia sehingga dia dapat dipakai Tuhan untuk membangun kembali tembok Yerusalem dan mereformasi ibadah dan cara hidup orang Yahudi pada masanya.

Published in: Spiritual
0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,525
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
107
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Lahirnya Visi Pelayanan

  1. 1. LahirnyaVisi Pelayanan
  2. 2. Lahirnya Visi PelayananPresentasi: Johan Setiawan (johansetiawan@hotmail.com)Inspirasi: Visioneering (Andy Stanley) Khotbah Yohan Candawasa The Vision of the Leader (Bruce Wilkinson)Video: Cruise Ship vs Battle Ship (Igniter Media) www.youtube.com/watch?v=HIUaa1P5fTY
  3. 3. Lahirnya Visi Pelayanan Kitab Nehemia menceritakan bagaimana tembok Yerusalem dibangun di bawah kepemimpinan Nehemia. Apa yang kita pelajari dari Kitab Nehemia dapat menolong kita menjadi para “pembangun tembok-tembok yang roboh” bagi Kerajaan Tuhan. Secara khusus, kita akan belajar dari Nehemia pasal 1 mengenai proses yang dilalui Nehemia sehingga dia dapat dipakai Tuhan untuk membangun kembali tembok Yerusalem dan mereformasi ibadah dan cara hidup orang Yahudi pada masanya.
  4. 4. NEHEMIA 11 Riwayat Nehemia bin Hakhalya. Pada bulan Kislew tahun kedua puluh, ketika aku ada di puri Susan,2 datanglah Hanani, salah seorang dari saudara-saudaraku dengan beberapa orang dari Yehuda. Aku menanyakan mereka tentang orang-orang Yahudi yang terluput, yang terhindar dari penawanan dan tentang Yerusalem.3 Kata mereka kepadaku: “Orang-orang yang masih tinggal di daerah sana, yang terhindar dari penawanan, ada dalam kesukaran besar dan dalam keadaan tercela. Tembok Yerusalem telah terbongkar dan pintu- pintu gerbangnya telah terbakar.”
  5. 5. Bangsa Israel (Yehuda) telah dihancurkanBangsa Babel karena dosa-dosa mereka (586SM): kota Yerusalem dibakar, tinggal menjadipuing-puing reruntuhan.Orang-orang Yahudi dibuang ke Babel, yangjauhnya lebih dari 800 mil dari Yerusalem.
  6. 6. Setelah Persia mengalahkan Babel, Raja Koreshmengizinkan orang Yahudi kembali ke Yerusalem.Ada 3 kelompok orang Yahudi yang kembali:gelombang 1 dipimpin Zerubabel (538SM), gelombang 2 dipimpin Ezra (81 tahunkemudian, 457 SM), dan gelombang 3 dipimpinNehemia (13 tahun kemudian, 444 SM).
  7. 7. Kondisi Yerusalem pada masa Nehemia:Selama lebih dari 90 tahun, orang Yahudiyang telah kembali tinggal di Yerusalemtanpa tembok perlindungan.
  8. 8. Suku-suku yang tinggal di padang gurun dapatsewaktu-waktu menjarah daerah Yudea, danbanyak yang mungkin tergoda untuk menjarah BaitAllah karena harta perbendaharaannya (Ezramembawa perlengkapan rumah Tuhan yang terdiridari 5.400 barang-barang emas dan perak keYerusalem - Ezra 1:9-11).
  9. 9. Orang Yahudi banyak yang tinggal di pemukimanbangsa-bangsa lain di sekitar Yerusalem, kawincampur, kehilangan ibadah keagamaan dankebangsaannya.Orang Yahudi yang tinggal di Yerusalem hidupdalam kondisi yang mengenaskan dan menjadicelaan bagi bangsa-bangsa lain.
  10. 10. Nehemia adalah juru minuman raja: Dia menjabatposisi yang sangat terhormat dan terpercaya(bukan seperti pelayan). Dia mencicipi makanandan minuman bagi raja untuk meyakinkan bahwatidak ada racun di dalamnya.Kepercayaan dan kedekatan terjalin antara raja danjuru minumannya.
  11. 11. 4 Ketika kudengar berita ini, duduklah aku menangis dan berkabung selama beberapa hari. Aku berpuasa dan berdoa ke hadirat Allah semesta langit,5 kataku: “Ya, TUHAN, Allah semesta langit, Allah yang maha besar dan dahsyat, yang berpegang pada perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan tetap mengikuti perintah- perintah-Nya,6 berilah telinga-Mu dan bukalah mata-Mu dan dengarkanlah doa hamba-Mu yang sekarang kupanjatkan ke hadirat-Mu siang dan malam bagi orang Israel, hamba-hamba-Mu itu, dengan mengaku segala dosa yang kami orang Israel telah lakukan terhadap-Mu. Juga
  12. 12. DARI TELINGA TURUN KE HATIKetika kudengar berita ini …• duduklah aku menangis• dan berkabung selama beberapa hariKapankah suatu beritamembuat kita beraksiseperti Nehemia?
  13. 13. DARI TELINGA TURUN KE HATIAda beberapa alasan seseorang menangis:• Air mata badani• Air mata materi• Air mata jiwani• Air mata rohaniNehemia menangis karenakeprihatinan yang mendalamsebagai respons terhadapkesedihan Tuhan.
  14. 14. DARI TELINGA TURUN KE HATIApakah satu aspek dari dunia yang telah rusakini, di mana ketika Andamelihatnya, menyentuhnya, atau dekatdengannya, Anda merasa tidak tahan lagi?Kenyataan apa yang begitu mengganggu Andadan yang mendorong Anda untuk menyatakannyadan bertindak? Inilah „ketidakpuasan yang kudus‟(holy discontent),... Anda mungkin mendengarAllah berkata, “Sekarang kamu tahu apa yang Akurasakan.” „Badai api frustrasi‟ itu bukanlah milikAnda sendiri, namun juga milik-Nya.BILL HYBLES, Holy Discontent
  15. 15. DARI TELINGA TURUN KE HATIAlkitab mencatat bahwa Nehemia tidaksendiri dalam meneteskan air mata rohani:• Nabi Yeremia: Ratapan• Rasul Paulus: Kis 20:19; 2Kor 2:4• Tuhan Yesus: Luk 19:41; Mat 9:36
  16. 16. DARI TELINGA TURUN KE HATIPendeta di Taiwan:“Setiap kali aku kehi-langan beban dan kasih kepada orang-orang terhilang ini, aku pergi ke tempatmereka bersembahyang. Di situ aku melihatmereka yang datang satu persatu. Dalamhatiku aku memohon tidak pulangsebelum hatiku diluluhkan kembali,sebelum ada air mata menetesbagi mereka dari mataku.”
  17. 17. DARI TELINGA TURUN KE HATIAllahlah yang mengerjakan di dalam kamubaik kemauan maupun pekerjaan menurutkerelaan-Nya. (FILIPI 2:13)because God is always at work in you to makeyou willing and able to obey his own purpose.(PHILIPIANS 2:13 TEV)2:12 … rencana yang akan kulakukan untuk Yerusalem, yang diberikan Allahku dalam hatiku.7:5 Maka Allahku memberikan dalam hatiku rencana ...
  18. 18. DARI TELINGA TURUN KE HATIVisi pelayanan adalah gambaran mentalyang jelas mengenai masa depan yangdiharapkan terjadi, yang ditanamkan olehTuhan pada hamba pilihan-Nya, dandidasarkan pada pemahaman yang tepattentang Tuhan, diri sendiri, dan situasi.GEORGE BARNA, The Power of VisionBand. Nehemia & Orang Israel yangsudah kembali dari pembuangan. GAP.
  19. 19. DARI TELINGA TURUN KE HATISalah satu bahaya besar yang dihadapi olehsebuah pelayanan dan kegiatan-kegiatan Kristenlainnya adalah menjadi lembaga yang kehilanganvisi; generasi penerus melanjutkan kegiatan yangada namun kehilangan semangat yang mendasarigerakan tersebut. Mereka meneruskan tradisisecara pasif, bukan mengalami sendiri dorongandan pimpinan Roh Kudus.Akhirnya terjadi kekecewaan, kehilanganmotivasi, dan gerakan Kristen tersebut mengalamikrisis atau bahkan kehancuran.Dr. SAMUEL ESCOBAR, Vision and Continuity
  20. 20. DARI TELINGA TURUN KE HATIMelihat orang banyak itu, tergeraklah hatiYesus oleh belas kasihan kepadamereka, karena mereka lelah dan terlantarseperti domba yang tidak bergembala. (MAT9:36)
  21. 21. DARI TELINGA TURUN KE HATIKetika kudengar berita ini …• duduklah aku menangis• dan berkabung selama beberapa hariVisi selalu dicapai dengan emosi yangkuat. Semakin jelas visinya, semakinkuat pula emosi yang mengikutinya.Visi tidak dapat dihasilkan darimenjalankan kewajiban. Gairah, ya.Perintah, tidak.ANDY STANLEY, Visioneering
  22. 22. DARI TELINGATURUN KE HATI • Kebutuhan apakah yang paling banyak menarik dan menggerakkan Anda untuk memberi perhatian lebih? • Bidang apakah yang Tuhan letakkan menjadi keterbeban- an dalam hati Anda untuk mengambil tindakan nyata?
  23. 23. 4 Ketika kudengar berita ini, duduklah aku menangis dan berkabung selama beberapa hari. Aku berpuasa dan berdoa ke hadirat Allah semesta langit,5 kataku: “Ya, TUHAN, Allah semesta langit, … [ayat 6-10] …11 Ya, Tuhan, berilah telinga kepada doa hamba-Mu ini dan kepada doa hamba- hamba-Mu yang rela takut akan nama-Mu, dan biarlah hamba-Mu berhasil hari ini dan mendapat belas kasihan dari orang ini.” Ketika itu aku ini juru minuman raja.
  24. 24. DARI HATI TURUN KE LUTUT Ketika kudengar berita ini … aku berpuasa dan berdoa ke hadirat Allah semesta langit (NEHEMIA 1:4)1:1 Riwayat Nehemia bin Hakhalya. Pada bulan Kislew tahun kedua puluh …2:1 Pada bulan Nisan tahun kedua puluh pemerintahan raja Artahsasta …Bulan 9 KislewBulan 10 TebethBulan 11 SebathBulan 12 AdarBulan 1 Nisan
  25. 25. DARI HATI TURUN KE LUTUTKetika kudengar berita ini … aku berpuasa danberdoa ke hadirat Allah semesta langit(NEHEMIA 1:4)Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesusoleh belas kasihan kepada mereka, karena merekalelah dan terlantar seperti domba yang tidakbergembala. Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerjasedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yangempunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.” (MATIUS 9:36-38)
  26. 26. Ketika manusia bekerja, Manusia bekerja Ketika manusia berdoa, Tuhan bekerja
  27. 27. DARI HATITURUN KE LUTUT • Sejauh mana Anda berdoa bagi kebutuhan di ladang Tuhan? • Sejauh mana Anda berdoa agar Tuhan mengirimkan pekerja-Nya bagi ladang tersebut?
  28. 28. Dua hal terjadi jika kita menerima tantangan Tuhan Yesus untuk berdoa bagi pekerja:PertamaTuhan mengangkatorang-orang menjadipekerja bagi tuaian-Nya.KeduaTuhan menggerakkanhati kita menjadipekerja tuaian-Nya.
  29. 29. 4 Ketika kudengar berita ini, duduklah aku menangis dan berkabung selama beberapa hari. Aku berpuasa dan berdoa ke hadirat Allah semesta langit,5 kataku: “Ya, TUHAN, Allah semesta langit, … [ayat 6-10] …11 Ya, Tuhan, berilah telinga kepada doa hamba-Mu ini dan kepada doa hamba- hamba-Mu yang rela takut akan nama- Mu, dan biarlah hamba-Mu berhasil hari ini dan mendapat belas kasihan dari orang ini.” Ketika itu aku ini juru minuman raja.
  30. 30. DARI LUTUT KE TINDAKAN NYATA“… dan biarlah hamba-Mu berhasil hari inidan mendapat belas kasihan dari orangini.” (NEHEMIA 1:11)Lalu aku mendengar suara Tuhanberkata: “Siapakah yang akan Kuutus,dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?”Maka sahutku: “Ini aku, utuslah aku!”(YESAYA 6:8)
  31. 31. DARI LUTUT KE TINDAKAN NYATASatu orang yang mempunyaipenyerahan sama dengankekuatan sembilan puluhsembilan orang yang sekadarmempunyai ketertarikan.JOHN STUART MILL
  32. 32. DARI LUTUT KE TINDAKAN NYATA“… dan biarlah hamba-Mu berhasil hari ini danmendapat belas kasihan dari orang ini.”(NEHEMIA 1:11)Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalaubiji gandum tidak jatuh ke dalam tanah danmati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, iaakan menghasilkan banyak buah.(YOHANES 12:24-25)Kita tidak dapat sungguh-sungguh melayanitanpa pengorbanan. RICK WARREN
  33. 33. DARI LUTUT KE Motivasi Melayani: TINDAKAN NYATA KasihNilai suatu pelayanan terletakpada kasih yang menggerakkannya.Kita dapat melayani tanpa mengasihi tetapikita tidak dapat mengasihi tanpa melayani.Kita tidak dapat sungguh-sungguh melayanitanpa pengorbanan.RICK WARREN, The Purpose Driven Life
  34. 34. Lahirnya VisiMelayani: Kasih Motivasi PelayananDari TELINGA/MATA turun ke HATI Dari HATI turun ke LUTUT Dari LUTUT ke TINDAKAN NYATA
  35. 35. Lahirnya Visi Pelayanan VISI TUHANKarena kita ini buatan Allah, diciptakandalam Kristus Yesus untuk melakukanpekerjaan baik, yang dipersiapkanAllah sebelumnya. Ia mau, supaya kitahidup di dalamnya. (EF 2:10)Perhatikan: Kita telah diciptakan dandiciptakan-ulang dengan visi Tuhantentang pekerjaan baik apa yang bisadan seharusnya terjadi dalam hidup kita.Memuliakan Allah mencakup usahauntuk menemukan visi tersebut.
  36. 36. Lahirnya Visi Pelayanan VISI TUHANSebab kamu telah dibeli dan harganya telahlunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allahdengan tubuhmu! (1KOR 6:20)Kita kehilangan hak untuk hidup tanpa visi.Pikirkan ini: Jika Allah memiliki sebuah visimengenai apa yang harus Anda lakukandengan jatah tahun-tahun Anda, Andasebaiknya masuk di dalamnya. Alangkahtragisnya jika kita melewatkan hal itu.Jangan sia-siakan hidup singkat Anda!
  37. 37. Maka selesailah tembok itu pada tanggal dua puluh lima bulanElul, dalam waktu lima puluh dua hari.
  38. 38. Lahirnya Visi PelayananAkankah Tuhan mendapat “Nehemia-Nehemia masa kini” di tempat ini?Ia bukan nabi, bukan imam, bukan pendeta.Dia adalah seorang pekerja, pejabatistana, tetapi dia peduli terhadap pekerjaanTuhan.Dia menangisi dan bersedih dengankesedihan Tuhan.Dia mempersembahkandoa, waktu, tenaga, bahkan seluruh
  39. 39. OK, kita memiliki tujuan hidup. Lalu bagaimana? Belajarlah menemukanrancangan dan tujuan Tuhan bagi hidup kita!Kita dibentuk (“SHAPEd”) olehTuhan untuk memenuhi tujuan dan rencana-Nya. Bagian kita adalahmenemukan, mengembangkan, dan memakainya untuk membawa kemuliaan bagi Tuhan!
  40. 40. Setiap Orang Percaya adalah Pelayan

×