PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH

5,369 views

Published on

Nama : WINDY KUSMAYANTI
NIM : 0903664
No Absen : 26

1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
  • mbak.. boleh saya tau referensinya? khususnya bagian keunggulan, kelemahan, dan implementasi.. terima kasih :)
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
No Downloads
Views
Total views
5,369
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
126
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH

  1. 1. ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB
  2. 2. Nama : WINDY KUSMAYANTINIM : 0903664No. Absen : 26
  3. 3. PEMBAHASAN 7. IMPLEMENTASI1. PEMBELAJARAN PENDEKATAN MATEMATIKA PEMECAHAN MASALAH 6. KELEMAHAN 2. PENDEKATAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH PEMECAHAN MASALAH 5. KEUNGGULAN 3. STRATEGI PEMECAHAN PENDEKATAN MASALAH SISTEMATIS PEMECAHAN MASALAH 4. PROSEDUR PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH SISTEMATIS
  4. 4. PEMBELAJARAN MATEMATIKAPembelajaran matematika merupakan salahsatu sarana dalam mengakses segalapermasalahan yang dikembangkan melaluistandar kompetensi yang harus dicapai secaraoptimal. Karso (dalam Suherman, 2001:71)mengatakan: “Belajar matematika harusbertahap dan berurutan secara sistematisserta didasarkan kepada pengalamanpelajaran yang lalu”.
  5. 5. A. MASALAH MATEMATIKA B. PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH
  6. 6. A. MASALAHMATEMATIKA Suatu masalah biasanya memuat suatu situasi yang mendorong seseorang untuk menyelesaikannya, akan tetapi tidak tahu secara langsung apa yang harus dikerjakan untuk menyelesaikannya. Jika suatu masalah diberikan kepada seorang anak dan anak tersebut langsung mengetahui cara menyelesaikannya dengan benar, maka soal tersebut tidak dapat dikatakan sebagai masalah.
  7. 7. B. PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH Pendekatan pemecahan masalah adalah : “Proses pembelajaran agar siswa menemukan panduan dan aturan yang sebelumnya sudah dipelajari, untuk diterapkan dalam memperoleh pemecahan masalah”. ( Gagne (dalam Suherman, 2003:53).
  8. 8. STRATEGI PEMECAHAN MASALAH SISTEMATISPemecahan masalah sistematis adalahpetunjuk untuk melakukan suatu tindakanyang berfungsi untuk membantu seseorangdalam menyelesaikan suatu permasalahan.Secara umum pemecahan masalahsistematis terdiri dari empat fase utama yaitu: 1. Analisis soal 2. Transformasi soal 3. Operasi perhitungan 4. Pengecekan dan interpretasi
  9. 9. PROSEDUR PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH SISTEMATISPenyusunan pemecahan masalah sistematis juga memperhatikanbeberapa prosedur seperti yang dikemukakan Giancoli (1990) berikut : Baca masalah secara menyeluruh dan hati-hati sebelum mencoba untuk memecahkannya. Tulis apa yang diketahui atau yang diberikan, kemudian tuliskan apa yang ditanyakan. Pikirkan tentang prinsip, definisi, dan/ atau persamaan hubungan besaran yang berkaitan. Pikirkan dengan hati-hati tentanng hasil yang diperoleh, apakah masuk akal atau tidak masuk akal? Suatu hal yang sangat penting adalah perhatikan satuan, serta cek penyelesaiannya.
  10. 10. Apa saja yah keunggulan dan kelemahan pendekatan pemecahan masalah itu ?
  11. 11. KEUNGGULAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH1. Siswa memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang sudah dimilikinya.2. Dapat memperkaya, memperdalam, dan memperluas kemampuan siswa.3. Siswa lebih kreatif, aktif, berpikir logis dalam menyusun rencana penyelesaian suatu masalah.4. Dapat menimbulkan kegairahan belajar siswa.5. Memberi kesempatan pada siswa maju terus dalam belajar (progress continus).6. Memperkuat konsep diri pada siswa dengan latihan percaya diri.7. Pendekatan ini kegiatan pembelajarannya lebih berpusat pada siswa (student centris).
  12. 12. KELEMAHAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH1. Memerlukan perubahan kebiasaan cara belajar siswa yang menerima informasi dari guru secara apa adanya.2. Guru dituntut mengubah kebiasaan mengajarnya yang umumnya sebagai pemberi atau penyaji informasi.3. Dituntut siswa harus aktif dan harus berkompeten.4. Memerlukan kemampuan berpikir yang tinggi.5. Keberhasilan sulit dicapai bila diikuti oleh siswa dengan jumlah siswa cukup banyak karena berbeda dengan kemampuan berikir.
  13. 13. IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA a. Tahap Persiapan1. Persiapan ruang tempat pembelajaran/kelas.2. Tentukan bahan/bidang keterampilan yang akan digunakan.3. Persiapan alat yang akan digunakan. c. Tahap Penilaian dan4. Rencanakan waktu yang akan digunakan. Tindakan5. Teliti terlebih dahulu tingkat penguasaan 1. Guru melakukan koreksi pengetahuan yang akan diajarkan. dan perbaikan.6. Lakukan diagnosis kesulitan siswa dalam 2. Mempergunakan tes bidang yang akan diajarkan. tindakan untuk mengukur tingkat kemampuan pengembangan keterampilan b. Tahap Pelaksanaan siswa. 1. Siswa mengadakan identifikasi 3. Membuat kesimpulan masalah. pemecahan masalah. 2. Merumuskan hipotesis atau 4. Memberi tugas kepada jawaban sementara. siswa untuk mencatat hasil 3. Mengumpulkan data atau pemecahan masalah (metode keterangan yang relevan dengan tugas). masalah. 4. Menguji hipotesis (siswa berusaha memecahkan masalah yang dihadapinya dengan data yang ada).
  14. 14. CONTOH SOALKiki ke toko membeli 3 kg gula pasir dan 5 ons gula merah. Berapa gram-kah berat masing-masing belanjaan Kiki? Diketahui : …………………………………………………………….. Ditanyakan : …………………………………………………………….. Jawab : ............................…………………………………………..Kunci Jawaban : Diketahui : Membeli 3 kg gula pasir dan 5 ons gula merah Ditanyakan : Berapa gram masing-masing belanjaan Kiki? Jawab : 1 kg = 1000 g ; 1 ons = 100 g gula pasir 3 kg = 3000 g gula merah 5 ons = 500 g Jadi, berat belanjaan Kiki adalah 3.000 g gula pasir dan 500 g gula merah
  15. 15. TERMIN 1 1. RISNA : Media pembelajaran yang digunakan dalam pendekatan pemecahan masalah seperti apa?? 2. RINI : Bagaimana penerapan pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah di kelas rendah? 3. IHSAN : Proses penilaiannya seperti apa?
  16. 16. KESIMPULAN  Berdasarkan hasil analisis topik bahasan tentang pembelajaran matematika dengan pendekatan pemecahan masalah dapat disimpulkan sebagai berikut :1. Pemecahan masalah memegang peranan penting baik dalam pelajaran sains maupun dalam banyak disiplin ilmu lainnya, terutama agar pembelajaran berjalan dengan fleksibel.2. Metode pemecahan masalah bukan hanya sekedar metode mengajar tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebab dalam pemecahan masalah dapat menggunakan metode-metode lainnya dimulai dengan mencari data sampai kepada menarik kesimpulan.3. Pendekatan pembelajaran matematika yang sesuai dengan perkembangan teori psikologi pembelajaran salah satunya adalah pendekatan pemecahan masalah. Proses pembelajaran tidak hanya sekedar membekali siswa dengan sejumlah konsep, tetapi juga memberikan pengalaman langsung pada siswa, sehingga pembelajarannya lebih bermakna dan bertahan lama dalam ingatan siswa. Guru dituntut untuk bisa mengkondisikan siswa agar menemukan kembali rumus, konsep atau prinsip pembelajaran sehingga siswa terbiasa melakukan penyelidikan dan menemukan sesuatu melalui pengamatannya.4. Dalam pembelajaran guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing, senantiasa berusaha melatih dan menuntun siswa menyelesaikan suatu masalah secara sistematis dan logis.

×