Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
PROPOSAL UKM ONLINE
Training, Pengadaan Web, dan Co Branding
LATAR BELAKANG
UKM Online atau Online Entrepreneur sudah ramai sejak 10 tahun terakhir.
Juga tidak ketinggalan platform da...
GAMBARAN ONLINE MARKETPLACE DAN ONLINE
STORE
Dengan memiliki sebuah website untuk UKM sebagai dasar bisnis online. Namun, ...
KENAPA UKM MEMBUTUHKAN WEBSITE TOKO
ONLINE?
 130 juta pengguna internet di Indonesia dengan prilaku
konsumen yang semakin...
BELAJAR DARI PENGALAMAN SEBELUMNYA
Mulai dari pebisnis lokal , google, hingga pemerintah, telah banyak
menyelenggarakan ac...
PROGRAM NEW UKM ONLINE
Program ini akan melibatkan 1000 sampai 10.000
UKM di Jakarta/Indonesia untuk pilot project
sebagai...
KEBUTUHAN
Ini akan membutuhkan:
 Sosialisasi dan Edukasi
 Website Toko Online per UKM
 Training penggunaan dan handling...
KRITERIA WEBSITE TOKO ONLINE
1. Memakai domain sendiri dengan hosting yang kuat (dengan RAM yang lebih besar), dan memilik...
KRITERIA PENGUKURAN
 Jumlah pengunjung website setiap bulan, berikut
rasio pentalan (bounce rate)
 Analisa keyword untuk...
PERSYARATAN DAN SELEKSI
 Setiap UKM yang memiliki produk sendiri
 Sekurangnya ada 1 orang yang selalu dapat update
produ...
SASARAN
 Per Kecamatan 100 UKM Online, atau
 Per Keluarahan ada 25 UKM Online
 Program Tahun Awal untuk 1000 UKM Online...
PERINCIAN BIAYA
Call/WhatsApp
0888 1 6262 52
MODEL DAN SUMBER PENDANAAN
 Biaya per Website UKM Online Rp. …… per tahun awal untuk menjamin
efektivitas bisnis peserta....
KEUNTUNGAN SPONSOR
 Gratis Branding Online di Website UKM Online dengan
bentuk banner iklan.
 Kami menjamin jumlah pengu...
DAFTAR KEGIATAN
1. Pendaftaran dan Seleksi Online
2. Sosialisasi dan Edukasi
3. Pembuatan Website bersama Jasa Pembuatan
W...
RUN DOWN ACARA
 Awareness di Sosial Media
 Press conference setelah kegiatan acara
 Sponsor things (pembicara, tips suk...
INFO DAN CONTACT
Call/WhatsApp
0888 1 6262 52
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Proposal Pelatihan UKM Online (training, web, directory, co branding)

855 views

Published on

Program UKM Online yang di sponsori oleh Perusahaan Besar, Organisasi dan Partai Politik, sebagai sarana co-branding dan kampanye yang lebih hemat dan mendidik.

Sponsorship akan mendapatkan keuntungan berupa aliran web traffic dan pemirsa banner iklan di tiap website yang mereka sponsori. Bagi partai politik, hal ini akan menciptakan sebuah bentuk kampanye yang lebih sehat, efisien, produktif, mendidik dan lebih dapat meningkatkan citra organisasi partai lebih mendalam dan luas di tengah masyarakat.

Proposal Pelatihan UKM Online (training, web, directory, co branding)

  1. 1. PROPOSAL UKM ONLINE Training, Pengadaan Web, dan Co Branding
  2. 2. LATAR BELAKANG UKM Online atau Online Entrepreneur sudah ramai sejak 10 tahun terakhir. Juga tidak ketinggalan platform dan acara untuk toko online diadakan namun timbul dan tenggelam tak jelas rimbanya. Munculnya marketplace merupakan salah satu ciri dari perkembangan teknologi yang semakin berkembang. Perubahan ini harus diadopsi oleh seluruh online entrepreneur. Pada dasarnya, situs marketplace bukanlah pondasi dasar untuk berbisnis online, akan tetapi hanyalah sebagai saluran pemasaran. Website Toko Online yang dapat berfungsi untuk transaksi online tetap merupakan dasar dari bisnis online. Pada era transformasi digital sekarang ini, para UKM berpeluang besar untuk lebih cepat mengembangkan bisnis mereka. Namun ini harus dilakukan dengan praktik terbaik.
  3. 3. GAMBARAN ONLINE MARKETPLACE DAN ONLINE STORE Dengan memiliki sebuah website untuk UKM sebagai dasar bisnis online. Namun, jika anda tidak memiliki website sebagai dasar cara bisnis online, maka produk mereka l, maka pelaku UKM dapat memanfaatkan situs marketplace lebih efektif lagi untuk menyebarkan eksistensi bisnis merekaebih mudah tenggelam dalam persaingan dan bisnis mereka secara online tidak akan bertahan lama.
  4. 4. KENAPA UKM MEMBUTUHKAN WEBSITE TOKO ONLINE?  130 juta pengguna internet di Indonesia dengan prilaku konsumen yang semakin digital dari waktu ke waktu  Lebih efektif untuk berjualan, karena di dalam website tersebut tidak ada penjual lain seperti di situs marketplace, sehingga dapat lebih berguna dalam menjual “kualitas”  Lebih cepat dalam melakukan transaksi, sehingga  Dapat lebih memberikan kenyamanan dalam bertransaksi  Dapat mengadakan promosi khusus yang berguna untuk meningkatkan loyalitas pelanggan  Sebagai sarana branding online untuk produk mereka  Sebagai sarana pengembangan pemasaran ke seluruh Indonesia hingga ke manca negara
  5. 5. BELAJAR DARI PENGALAMAN SEBELUMNYA Mulai dari pebisnis lokal , google, hingga pemerintah, telah banyak menyelenggarakan acara UKM Goes Online dan sejenisnya. Namun hasil dari program atau acara tersebut belum terlihat dipermukaan. Belajar dari hal tersebut, ada beberapa faktor mendasar yang menjadi penyebab: •Belum jelasnya objektif dan tujuan dari program UKM Online •Program tersebut minim mentor atau pendampingan, atau tidak ada program keberlanjutan •Tidak adanya analisa dan pengukuran efektivitas per masing-masing peserta UKM Online sehingga para UKM dibiarkan mengambang pada lautan yang luas dengan gelombang yang berubah •Otomatis, tidak ada kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan Sebetulnya program UKM Online dapat menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan ekonomi warga, terutama di era digital sekarang ini yang menuntut efisiensi dan kecepatan. Oleh karena itu, perkenankan kami menyampaikan proposal program “New UKM Online”
  6. 6. PROGRAM NEW UKM ONLINE Program ini akan melibatkan 1000 sampai 10.000 UKM di Jakarta/Indonesia untuk pilot project sebagai UKM Online yang Efektif menghasilkan dan meningkatkan pendapatan dengan menggunakan sebuah website Toko Online berikut pendampingan untuk pemasaran digital.
  7. 7. KEBUTUHAN Ini akan membutuhkan:  Sosialisasi dan Edukasi  Website Toko Online per UKM  Training penggunaan dan handling order  Pendampingan untuk analisa efektifitas dan memberikan saran ke seluruh UKM Online  Memberikan wadah direktori UKM Online sebagai HUB yang dapat dipromosikan ke seluruh Indonesia dan Internasional
  8. 8. KRITERIA WEBSITE TOKO ONLINE 1. Memakai domain sendiri dengan hosting yang kuat (dengan RAM yang lebih besar), dan memiliki backup untuk keamanan 2. SEO Friendly (URL dan Meta) 3. Mobile Responsive Design 4. Kalkulasi ongkos kirim otomatis 5. Modul pembayaran 6. Integrasi dengan marketplace (untuk otomatis upload produk dan update ke beberapa situs marketplace) 7. User friendly / Mudah digunakan 8. Manajemen ketersediaan stok 9. Dapat menerima notifikasi order via-email 10. Bisa cetak invoice dan delivery slip 11. Tampilan mudah dirubah-rubah oleh pemilik website 12. Ada modul untuk promosi dan marketing (misal, tombol share ke social media, diskon, kode voucher, dan sebagainya) 13. Modul perpajakan 14. Modul monitoring, analisa dan pengukuran efektivitas per produk dan per kategori 15. Modul reporting lapoan harian, mingguan dan bulanan 16. Loading website cepat, dengan minimal score di google web speed diatas 70 17. Ada fungsi blogging untuk memperkaya konten website dan memberikan referensi produk kepada pelanggan 18. Optional: Multi Gudang dan Multi Lokasi (ini cocoknya untuk tahap pengembangan selanjutnya)
  9. 9. KRITERIA PENGUKURAN  Jumlah pengunjung website setiap bulan, berikut rasio pentalan (bounce rate)  Analisa keyword untuk disarankan ke tiap UKM  Rasio konversi Jumlah Pengunjung v.s Jumlah Penjulan  Memakai analisa dari platform toko online dna google analytics.
  10. 10. PERSYARATAN DAN SELEKSI  Setiap UKM yang memiliki produk sendiri  Sekurangnya ada 1 orang yang selalu dapat update produk di website dan handling order  Bersedia untuk selalu aktif di sosial media untuk menyebarkan produk / link produk (ini akan termasuk pada penilaian dan pengukuran efektivitas)  Bersedia untuk selalu meningkatkan kualitas produk, harga dan pelayanan  Bersedia untuk sering berdiskusi dengan mentor dan support  Bersedia untuk terlibat menjadi mentor dan mendukung / menjadi sponsor untuk UKM lainnya yang belum Online jika sudah mendapatkan omset minimal Rp. 100 juta per bulan dari online.
  11. 11. SASARAN  Per Kecamatan 100 UKM Online, atau  Per Keluarahan ada 25 UKM Online  Program Tahun Awal untuk 1000 UKM Online  Acara diselenggarakan di 10 Kecamatan  Tahun ke 2, dapat diselenggarakan untuk 5000 UKM Online yang diselenggarakan di 50 Kecamatan.
  12. 12. PERINCIAN BIAYA Call/WhatsApp 0888 1 6262 52
  13. 13. MODEL DAN SUMBER PENDANAAN  Biaya per Website UKM Online Rp. …… per tahun awal untuk menjamin efektivitas bisnis peserta.  Sumber Pendanaan dapat berupa dari Sponsor yang terdiri dari:  Perusahaan besar  Asosiasi  Partai politik  Per sponsor minimal mendanai untuk 100 website  1 Website UKM Online dapat terdiri dari 2 sponsor  Banner iklan / kampanye sponsor akan tampil di website yang di sponsori pada sisi kiri atau kanan website UKM Online.  Sponsor wajib memiliki website  Per sponsor menyetorkan dana Rp. …… dan dapat memilih sektor UKM apa saja yang akan mereka dukung  1 Sponsor maksimal terdiri dari 2 badan, atau gabungan dari 1 perusahaan dan 1 organisasi / asosiasi / partai politik  Untuk tahun awal, maksimal 10 sponsor.  Untuk tahun selanjutnya Rp. 750.000 per website, sponsor dapat terus mendukung dan banner tetap terpasang, atau UKM dapat membiayai sendiri. Ini merupakan program keberlanjutan dari UKM Online, dan efektivitas program ini dapat terlihat berapa banyak yang lanjut ke tahun ke 2.
  14. 14. KEUNTUNGAN SPONSOR  Gratis Branding Online di Website UKM Online dengan bentuk banner iklan.  Kami menjamin jumlah pengunjung setiap website UKM Online tersebut sekurangnya 10.000 pengunjung per tahun, 100 website artinya 1 juta pengunjung.  Pengunjung adalah real visitor, baik secara organik maupun berasal dari promosi berbayar.  Ini artinya, banner iklan sponsor akan terlihat oleh 1 juta orang dalam setahun.  Laporan lalulintas pengunjung tersedia setiap bulan.  Jika pengunjung kurang dari 1 juta per tahun untuk 100 website tersebut, kompensasi refund berlaku dalam bentuk pro rata.  Sponsor untuk pilot project ini akan lebih di prioritaskan untuk project tahun selanjutnya.
  15. 15. DAFTAR KEGIATAN 1. Pendaftaran dan Seleksi Online 2. Sosialisasi dan Edukasi 3. Pembuatan Website bersama Jasa Pembuatan Website 4. Pembuatan akun sosial media dan marketplace 5. Training Penggunaan dan Handling Order 6. Laporan analisa dan saran per 3 bulan sekali 7. Support online dan offline jam kerja, termasuk sabtu dan minggu.
  16. 16. RUN DOWN ACARA  Awareness di Sosial Media  Press conference setelah kegiatan acara  Sponsor things (pembicara, tips sukses bisnis, quiz, doorprize, dan sebagainya)  Awareness efektivitas para peserta UKM Online dan press conference.  Acara mentor, sharing pengalaman, berbagi ide.  Press conference acara mentor
  17. 17. INFO DAN CONTACT Call/WhatsApp 0888 1 6262 52

×