Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Nama : I WAYAN SIMA WIYASA (151510192)
Definisi Sumber Daya Manusia
Definisi perencanaan sumber daya manusia (Human
Resource Planning) merupakan proses manajemen...
Tujuan
 Menghubungkan SDM yang ada untuk kebutuhan
perusahaan pada masa yang akan datang untuk
menghindari mismanajemen d...
Definisi Menurut Para Ahli
 Mondy & Noe (1995) : perencanaan SDM yang
sistematis mengkaji keadaan sumber daya manusia
unt...
Faktor-faktor yang mempengaruhi
perencanaan sumber daya manusia
 Lingkungan eksternal
Perubahan-perubahan lingkungan suli...
Manfaat perencanaan SDM
1. Perusahaan dapat memanfaatkan sumber daya manusia
yang aa didalam perusahaan secara lebih baik....
System perencanaan sumber daya
manusia
 Perencanaan SDM baru dapat di lakukan dengan baik
dan benar jika informasi tengta...
Tantangan Perencanaan Sumber Daya
Manusia
 Dalam melakukan perencanaan sumber daya manusia yang
efektif, organisasi mengh...
MENGHUBUNGKAN PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA
DENGAN PERENCANAAN STRATEGIK
 Perencanaan sumber daya manusia mengintegrasi...
PENGENDALIAN DAN EVALUASI PERENCANAAN
SUMBER DAYA MANUSIA
Evaluasi dan pengendalian harus selalu selaras dengsn
tingkat pe...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Perencanaan sumber daya manusia

karya muda

  • Be the first to comment

Perencanaan sumber daya manusia

  1. 1. Nama : I WAYAN SIMA WIYASA (151510192)
  2. 2. Definisi Sumber Daya Manusia Definisi perencanaan sumber daya manusia (Human Resource Planning) merupakan proses manajemen dalam menentukan pergerakan sumber daya manusia organisasi dari proses yang diinginkan di masa depan.
  3. 3. Tujuan  Menghubungkan SDM yang ada untuk kebutuhan perusahaan pada masa yang akan datang untuk menghindari mismanajemen dan tumpang tindih dalam pelaksanaa tugas.
  4. 4. Definisi Menurut Para Ahli  Mondy & Noe (1995) : perencanaan SDM yang sistematis mengkaji keadaan sumber daya manusia untuk memastikan bahwa jumlah dan kualitas dengan keterampilan yang tepat, akan tersedia pada saat mereka dibutuhkan.
  5. 5. Faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan sumber daya manusia  Lingkungan eksternal Perubahan-perubahan lingkungan sulit diprediksi dalam jangkapendek dan kadang-kadang tidak mungkin diperkirakan dalam jangka pangjang. a. Perkembangan ekonomi mempunyai pengaruh yang besar tetapi sulit diestimasi. b. Perubahan-perubahan teknologi sekarang ini tidak hanya sulit diramal tetapi juga sulit untuk dinilai. c. Para pesaing merupakan suatu tangtangan eksternal lainnya yang akan mempengaruhi permintaan sumber daya manusiaorganisasi.  Keputusan-keputusan organisasi  Faktor-faktor persediaan karyawan
  6. 6. Manfaat perencanaan SDM 1. Perusahaan dapat memanfaatkan sumber daya manusia yang aa didalam perusahaan secara lebih baik. 2. Efektifitas kerja juga dapat lebih ditingkatkan apabila sumber daya manusia yang ada telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 3. Produktifitas dapat lebih ditingkatkan apabila memiliki data tentang pengetauan, pekerjaan, pelatihan yan telah diikuti oleh sumber daya manusia. 4. Perencanaan sumber daya manusia berkaitan dengan penentuan kebutuhan tenaga kerja dimasa depan.
  7. 7. System perencanaan sumber daya manusia  Perencanaan SDM baru dapat di lakukan dengan baik dan benar jika informasi tengtang job analysi, organisasi, dan situasi persediaan SDM. Sistem perencanaan SDM pada dasarnya meliputi prakiraan (estimas) permintaan/penawaran/penyediaan SDM.
  8. 8. Tantangan Perencanaan Sumber Daya Manusia  Dalam melakukan perencanaan sumber daya manusia yang efektif, organisasi menghadapi beberapa tantangan penting, diantaranya : 1. Mendukung seluruh strategi bisnis 2. Mempertahankan keunggulan kompetitif 3. Menghindari konsentrasi berlebihan pada masalah harian 4. Menyusun strategi sumber daya manusia yang sesuai dengan karakteristik unik organisasi 5. Menanggulangi perubahan lingkungan 6. Mengakomodasikan perubahan
  9. 9. MENGHUBUNGKAN PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN PERENCANAAN STRATEGIK  Perencanaan sumber daya manusia mengintegrasikan lingkungan internal dan lingkungan eksternal serta memadukan focus keputusan personalia ke arah tujuan sumber daya manusia dan organisasi 1. Rencana strategik mencakup keputusan besar mengenai arah perusahaan yang akan diambil serta strategi yang akan diterapkan. 2. Tingkatan Perencanaan Strategik Perencanaan strategik berhubungan dengan prespektif jangka panjang, dan mengalir kedalam perencanaan operasional
  10. 10. PENGENDALIAN DAN EVALUASI PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA Evaluasi dan pengendalian harus selalu selaras dengsn tingkat perkembangan proses perencanaan sumber daya yang lainnya. dalam situasi yang terdapat pada perencanaan sumber daya manusia, haruslah kita mencoba menilai hal-hal berikut :  Sejauh mana perencana menyikapi masalah dan peluang sumber daya manusia serta memberikan prioritas yang wajar.  Hubungan kualitas kerja dengan yang lainnya.  Sejauh mana dalam pengambilan keputusan.  Nilai perencanaan sumber daya manusia yang dirasakan.

×