Pengenalan dasar sistem basisdata

4,023 views

Published on

Pengenalan Dasar Sistem Basisdata

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,023
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
141
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengenalan dasar sistem basisdata

  1. 1. 1.1. Basis DataBasis data atau database, berasal dari kata basis dan data, adapunpengertian dari kedua pengertian tersebut adalah sebagai berikut :Basis : dapat diartikan sebagai markas atau gudang, tempatbersarang atau berkumpul.Data : representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek sepertimanusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewanperistiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, ataukombinasinya.
  2. 2. Dari kedua pengertian tersebut, maka dapat ditarikkesimpulan bahwa pengertian dari BasisData adalah Kumpulan file / table yang saling berelasi(berhubungan) yang disimpan dalam mediapenyimpanan eletronik. Dapat dikatakan pengertian lain daribasis data adalahkoleksi terpadu dari data yang saling berkaitan yang dirancang untukmemenuhi kebutuhan informasi suatu enterprise (dunia usaha). Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan padamasing – masing table / file didalam databaseberfungsi untukmenampung / menyimpan data – data, dimana masing –masing data yang ada pada table / file tersebut salingberhubungan dengan satu sama lainnya.
  3. 3. Tujuan dari dibentuknya basis data pada suatu perusahaan padadasarnya adalah kemudahan dan kecepatan dalam pengambilankembali data.Dapat dilihat pada gambar 1.1 terlihat bahwa pada gambar 1.1(a)bukan basis data melainkan lemari arsip, dimana pada setiap rakdalam lemari tersebut dapat menyimpan dokumen – dokumen manual yang terdiri dari lembaran – lembarankertas. Masalah yang dihadapi pada lemari arsip adalahkelambatan dalam menelusuri data – data yang ada pada lemariarsip tersebut, misalkan kita ingin mencari arsip untuk pegawaitertentu dihasilkan dengan lambat dikarenakan petugas harusmencari lembaran – lembaran yang ada pada dokumen tersebutdan ini sangat menyita waktu.
  4. 4. Sedangkan kalau kita bicara basis data, maka seluruhdata – data disimpan dalam basis data pada masing –masing table / file sesuai dengan fungsinya, sehinggakita dengan mudah dapat melakukan penelusuran datayang diinginkan hal ini akan mengakibatkan padakecepatan atas informasi yang disajikan.Didalam suatu media penyimpanan (harddisk misalnya), kita dapat menempatkan lebih dari 1(satu) basis data dan tidak semua bentuk penyimpanandata secara elektronik,dikatakan basis data, karena kita bisa menyimpan dokumen berisi data dalam file teks (dengan programpengolahan kata), spread sheet, dan lainnya.
  5. 5. 1.1(a). Lemari Arsio di sebuah ruang 1.1(b). Basis Data di sebuah HarddiskGbr 1(a)&(b). Lemari Penyimpanan arsip dan Basis data disebuah Harddisk
  6. 6. Yang ditonjolkan dalam basis data adalahpengaturan / pemilahan / pengelompokan/pengorganisasian data yang akandisimpan sesuai dengan fungsi / jenisnya. Haltersebut bisa berbentuk sejumlah file /table terpisah atau dalam bentuk pendefinisiankolom / field data dalam setiap file /table tersebut.
  7. 7. 1.2. Hirarki DataHirarki data dalam dikelompokkan menjadi 3 (tiga)buah yaitu file, record dan elemen data, untuk lebihjelaskan dapat dilihat pada gambar 1.2. berikut ini.
  8. 8. Pengertian dari gambar tersebut diatas adalah sebagai berikut :1) Elemen Data / Field / Atribut adalah satuan data terkecilyang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yangbermakna. Pada data Mahasiswa, field / atribut datanyadapat berupa : nim, nama_m, tpt_lhr_m, tgl_lhr_m, alm_m dandan atribut lainnya yang menyangkut mahasiswa tersebut.Istilah lainelemen data adalah medan / field, kolom, item,dan atribut. Istilah yang umum dipakai adalah field,atribut atau kolom.2). Rekaman / Record / Baris adalah gabungan sejumlah elemen data yang saling terkait. Contohnya adalah nim,nama_m, tpt_lhr_m, tgl_lhr_m, alm_m an atribut lainnya dariseorang Mahasiswa dapat dihimpun dalam sebu
  9. 9. 3). Berkas / File / Table adalahkumpulan record sejenis yang mempunyai panjangatribut/ field sama, namun berbeda isi datanya.Dalam basis data relasional, berkas mewakili komponenyangdisebutTable atau Relasi. Sedangkan pengertianData value (nilai atau isi data) adalah data aktual atau informasi yang disimpan pada setiap field /atribut. Field nama_m menunjukkan tempatdimana informasi nama mahasiswa disimpan, sedangkan isi datanya adalah Mulyani, Ahmad Sofyan danlain sebagainya.
  10. 10. Berikut ini dapat diberikan illustrasi dari pengertian ketigapengertian file, field, record dan data value (isi data ).Mahasiswa nama table / file.
  11. 11. Atribut / field :nim,nama_m,tpt_lhr_m,tgl_lhr_m,j_kelamin,alm_m,kota_m,aama_m dankode_jurData value / Isi data :Pada record pertama : 01031417 adalah isi data untuk kolom nim,Mulyanti untuk kolom nama_m dan seterusnyaGambar . Contoh file, field, record dan data valuePada contoh diatas yang merupakan table / file adalah Mahasiswa, yangmerupakanfield adalah;nim,nama_m,tpt_lhr_m,tgl_lhr_m,j_kelamin,alm_m,kota_m,aama_m dankode_jur, sedangkan untuk isi data pada record pertama adalah 01031417(nim), Mulyanti (nama_m) dan seterusnya. Pada tabel mahasiswa tersebutmisalkan jumlah mahasiswanya adalah 2000 untuk berbagai jurusan,maka jumlah recordnya adalah 2000 juga dan kita dapat melakukanmanipulasi data pada tabel tersebut yaitu insert, update dan delete.
  12. 12. 1.3. Sistem Basis DataSistem basis data dapat diartikan sebagai kumpulan file / table yang salingberhubungan (dalam sebuah basis data di sebuah sistem komputer), dan sekumpulanprogram (DBMS / Database ManagementSystem) yang memungkinkanbeberapa user (pemakai), dan / atau programlain untuk mengakses dan memanipulasi file(table) tersebut.
  13. 13. Komponen – komponen utama dari sebuah sistem basis dataadalah sebagai berikut :1) Perangkat keras (hardware)2) Sistem operasi (operating system)3) Basis data (database)4) Sistem (aplikasi/perangkat lunak) pengelola basis data (DBMS)5) Pemakai (user)6) Aplikasi (perangkat lunak) lain (bersifat optional)
  14. 14. Sistem basisdata dapat dilihat bahwa,Basisdata disimpan padamedia penyimpanan elektronik (hardisk), Basisdata terdiri dari beberapa file/table yang saling berelasi(berhubungan). Basis data tersebut dikelola oleh DBMS (Database management System) dan database tersebutdapat dimanfaatkan oleh beberapa user (pemakai) yangdapat melakukan manipulasi pada database.Tidak semua user dapat melakukan manipulasi datadidalam database, hal ini diatur sesuai dengan hakaksesnya
  15. 15. Sistem Basis data
  16. 16. 1.3.1 Perangkat KerasPerangkat keras yang biasanya terdapat dalamsistem basis data adalah sebagai berikut:1) Komputer (satu untuk yang stand-alone atau lebih dari satu untuk sistemjaringan).2) Memori sekunder yang on-line (harddisk).3) Memori sekunder yang off-line (tape) untukkeperluan backupdata.4) Media / perangkat komunikasi (untuk sistemjaringan).
  17. 17. 1.3.2. Sistem OperasiMerupakan program yang mengaktifkan / memfungsikan sistemkomputer,mengendalikan seluruh sumber daya dalam komputer danmelakukan operasi-operasi dasar dalam komputer (operasiinput/output), pengelolaan file, dan lain sebagainya.Program pengelola basis data (DBMS) akan aktif (running) jika sistem operasi yang dikehendakinya (sesuai) telah aktif.Contoh daripada sistem operasi pada sistem komputer adalah MS-DOS, MS Windows (3.11,95,98 dan lainnya) untuk yang standalone dan MS Windows (2000 Server, UNIX,LINUX, Novel_Netware dan lain sebagainya) utuk yang jaringan.
  18. 18. 1.3.2. Sistem OperasiMerupakan program yang mengaktifkan / memfungsikan sistemkomputer,mengendalikan seluruh sumber daya dalam komputer danmelakukan operasi-operasi dasar dalam komputer (operasiinput/output), pengelolaan file, dan lain sebagainya.Program pengelola basis data (DBMS) akan aktif (running) jika sistem operasi yang dikehendakinya (sesuai) telah aktif.Contoh daripada sistem operasi pada sistem komputer adalahMS-DOS, MS Windows (3.11,95,98 dan lainnya) untuk yangstand alone dan MS Windows (2000 Server, UNIX,LINUX, Novel_Netware dan lain sebagainya) utuk yangjaringan.
  19. 19. Tujuan dari model data relasional : Menekankan kemandirian data Untuk Mengatasi ketidak konsistenan dan duplikasi data dengan menggunakan konsep normalisasi, Untuk meningkatkan kemampuan akses data.
  20. 20. Karakteristik database relasional: Struktur Tabular. Satu Bahasa digunakan untuk semua pemakai. Data dihubungkan melalui nilai data.Kelebihan database relasional: Tabular View Seluruh hasil operasional berupa tabel Tidak terdapat pointer-pointer Memiliki kemampuan operator yang baik. Flesibel Mudah digunakan.
  21. 21. Contoh 1:Informasi dalam database universitas dapat disimpan dalam saturelasi dengan skema berikut:Students(sid: Int, name:string, login:string, age:Integer, gpa:real) Bentuk skema dari setudent menyatakan setiap record dalamrelasi setudent memiliki lima field, dengan nama dan tipe fieldyang dibuat. sid name login age gpa 53666 Yono Yono@gr 20 3.4 53688 Argha arga@kb 19 2.75 53650 Irwan irwan@ge 25 2.1 53789 Cahyono cahyo@qq 21 3.2 53682 Chaterine cha@ui 22 1.8
  22. 22. Contoh 2: Database relasional pegawai Attribute BAGIAN NOBAG NABAG KABAG C01 PRODUKSI P030 D01 ADMINISTRASI P070 Cardinalitas B01 PEMASARAN P020 Primary key Foreign Key NOPEG NAPEG NOBAG PEGAWAI 010 ASTRIDITA C01 Tuple 020 EMILIA B01 030 ARKADIA C01 050 INDIRA B01 070 DIANDRA D01 100 NADIRA D01 Degree
  23. 23. Lanjutan contoh 2… NOPEG NAPEG BAGIAN P010 ASTRIDITA C01 Domain P020 EMILIA B01Terminologi Formal Relational Term Informal Relation Table Tuple Baris / record Cardinality Jumlah baris Attribute Atribut / field Degree Jumlah atribut Domain Sekumpulan nilai data yang valid
  24. 24. Jenis – jenis Key:Super keySuatu atribut atau set dari atribut yang secara khusus untukmengidentifikasikan tuple di dalam suatu relasi.Candidate KeySuatu atribut / Sekelompok atribut pada suatu relasi yangmempunyai dua sifat (property):Unik, Nilai dari atribut-atribut tersebut secara untuk menentukantuple-tuple di relasi tersebut.Minimality, jika atribut-atribut tersebut adalah key gabungan , tidakada bagian dari kelompok atribut tersebut yang dihilangkan.
  25. 25. Primary KeySuatu candidate key yang dipilih sebagai penentu dariatribut-atribut lain. Candidate key yang tidak dipilihdisebut alternate keyForeign KeySuatu atribut pada suatu relasi dikatakan suatu Foreign Keybila:Setiap nilai atribut foreign key tersebut adalah Non Null.Terdapat suatu relasi lain yang mempunyai Primary Keyyang mempunyai nilai yang sama dengan atribut foreign keytersebut.
  26. 26. Bahasa – bahasa pada basis data relasional Aljabar Relasional (Prosedural)1. Bahasa Query Formal Kalkulus Relasional ( Non Prosedural)2. Bahasa Query Komersial : Quel QBE ( SELECT * FROM Contacts WHERE Name=Bob AND State=TX‘) SQL
  27. 27. SQL part of MySQLMySQL merupakan suatu perangkat lunakdatabase yang berbentuk databasr relasional ataudalam bahasa basisdata sering disebut denganRelation Database Management System(RDBMS) yang menggunakan suatu bahasapermintaan bernama SQL.SQL adalah bahasa perintah(Query) dalamprogram MySQL.
  28. 28. Metode Query SQL (DDL, DML and DCL)DDL (Data Definition Language)DDL adalah sebuah metode Query SQL yang berfungsi untukmendefinisikan data pada sebuah Database, Query yang dimiliki bahasaDDL adalah sebagai berikut: CREATE : Digunakan untuk membuat Tabel dan Database DROP : Digunakan untuk menghapus Tabel dan Database ALTER : Digunakan untuk melakukan perubahan struktur tabel yang telah dibuat, baik menambah Field (Add), mengganti nama Field (Change) ataupun menamakannya kembali (Rename) dan melakukan penghapusan Field (Drop).
  29. 29. DML (Data Manipulation Language)DML adalah sebuah metode Query yang bisa digunakanjika DDL telah terjadi, sehingga fungsi dari Query DMLini untuk melakukan manipulasi database yang sudahdibuat. Beberapa Query yang dimiliki DML adalah: INSERT : Digunakan untuk memasukkan data pada Tabel Database UPDATE : Digunakan untuk pengubahan terhadap data yang ada pada Tabel Database DELETE : Digunakan untuk Penghapusan data pada tabel Database
  30. 30. DCL (Data Control Language)DCL adalah sebuah metode Query SQL yang dapat digunakan untukmemberikan hak otorisasi dalam mengakses Database, pendefinisianspace, mengalokasikan space dan pengauditan penggunaandatabase. Pada umumnya Query yang dimiliki DCL adalah sebagaiberikut: GRANT : Untuk mengizinkan User mengakses Tabel dalam Database COMMIT : Menetapkan penyimpanan Database ROLLBACK : Membatalkan penyimpanan Database REVOKE : Untuk membatalkan izin terhadap hak user yang ditetapkan oleh perintah GRANT
  31. 31. Kelebihan MySQL sebgai FreeSoftware under license GNU/GPL (General Public License) Sebagai Database Management System(DBMS) Sebagai Relation Database Management System(RDBMS) Sebuah Software Database yang OpenSource, program ini bersifat free untuk di modifikasi dan kembangkan. Sebuath database server, jadi dengan menggunakan database ini anda dapat menghubungkannya ke media internet sehingga dapat di akses dari jauh. Merupakan sebuah database client. Selain menjadi server yang melayani permintaan, MySQL juga dapat melakukan query yang mengakses database pada server. Mampu menerima query yang bertumpuk dalam satu permintaan atau yang disebut Multi-Threading. Merupakan sebuah database yang mampu menyimpan data berkapsitas sangat besar sehingga berukuran Gigabyte sekalipun. Didukung oleh driver ODBC, artinya database MySQL dapa di akses menggunakan aplikasi apa saja termasuk berupa visual spt Visual Basic dsb. Database menggunakan enkripsi password. Jadi database ini cukup aman karena memiliki password untuk mengaksesnya. Dan Lain Sebagainya.
  32. 32. Instruksi bantu pada MySQL(;) : Tanda ini menyatakan bahwa semua query harus diakhiri dengan tanda titik koma (;). Tanda ini menunjukan bahwa query telah berakhir dan siap di eksekusi.Help (h) : Digunakan untuk menampilkan file bantuan seperti yang anda lihat saat ini.? (?) : Perintah ini memiliki fungsi sama dengan help atau h.Clear(c) : Berguna untuk membersihkan atau menggagalkan semua perintah yang telah berjalan dalam satu prompt baik perintah salah maupun benar.Connect (r) : Untuk melakukan penyegaran koneksi ke dalam database yang ada pada server host.Ego(G) : Berguna untuk menampilkan data secara horizontal (ke kanan).go(g) : Memberi perintah server untuk mengeksekusi.Notee (t) : Akhir dari Tee (T) yang berguna untuk mendokumentasikan semua query dan hasilnya ke dalam sebuah file yang akan di simpan dalam direktori server sebagai contoh kita akan mendokumentasikan (membackup query dan hasil dalam menampilkan database yang ada di dalam server.
  33. 33. Lanjutan.. (instruksi bantu pada MySQL)Syntax :Mysql> T d:data.doc Logging to file ‘d:data.doc;’ Lakukan pengecekan data.docmysql> show databases;{ tinjau database pada POD databases}{ Tinjau pada D:. }Mysql> t;Print(p) : Berguna untuk mencetak semua query yang telah kita perintahkan ke layar.[mysql> show databases p ;Prompt(R) : fungsi ini mengubah prompt standar mysql. Prompt mysql > menjadiprompt ISTB> Mysql> R ISTB> PROMPT set to ‘ISTB>’
  34. 34. Lanjutan.. (instruksi bantu pada MySQL)Quit (q) : Perintah untuk keluar dari server MySQL.Source (.) : Berguna untuk mengeksekusi query yang berasal dari file luar. Denganmenggunakannya kita dapat melakukan semua perintah yang telah terlebi dahulu dibuatpada Editor, sperti Notepad atau Wordpad.Syntax :Mysql > . Alamat_direktorinama_file.sqlMysql > . d: ISTB.sqlStatus (s) : Perintah ini digunakan untuk melihat status server yang sedangdigunakan, termasuk berapa lama server telah aktif dan nama database yang di input.Use(u) : Perintah ini berguna untuk memasuki database tertentu maupun menggantidatabase. [ mysql> u [nama_database] atau mysql> USE [nama_database]
  35. 35. Fungsi Matematika pada MySQLOperasi Keterangan+ Penjumlahan Mysql > SELECT 5 + 5;_ Pengurangan Mysql> SELECT 25 – 4;/ Pembagian Mysql> SELECT 4 * 5;* Perkalian Mysql> SELECT 6 / 2;  SELECT SIN(30);  SELECT COS(90);  SELECT TAN(45);  SELECT ASIN(30);  SELECT ACOS(90);  SELECT ATAN(45);
  36. 36. Fasilitas(perintah)tambahan pada MySQLSELECT VERSION ();SELECT CURRENT DATE;SELECT NOW ();SELECT USER ();CATAT APA YANG DI HASILKAN ?
  37. 37. FUNGSI – FUNGSI TAMBAHAN LANINYA:Fungsi LEAST : untuk mencari bilangan terkecil dari baris bilangan.-> SELECT LEAST(3,5,6,3,5,2,4);Fungsi GREATEST: untuk mencari bilangan terbesar dari baris bilangan-> SELECT GREATEST(3,5,6,3,5,2,4);Fungsi RADIANS: untuk menghitung nilai radians dari sebuah nilai.-> SELECT RADIANS(90);Fungsi DEGREES: untuk mengkonversi nilai radians kembali nilai asal..-> SELECT DEGREES(1.5707963267949);Fungsi ABS : untuk menghasilkan nilai positif baik dari data positif ataupun negatif-> SELECT ABS(-3);Fungsi MOD : untuk menghasilak nilai dari sisa pembagian.-> SELECT MOD (11, 3);Dan Lain Lainya, Kalian bisa mencari sendiri dari beberapa buku maupun internet.
  38. 38. THANK YOU

×