Presentasi platyhelminthes-nemathelminthes

4,733 views

Published on

platyhelmintes

Published in: Education
  • Hello
    dear,! Nice to meet you, A friend is A gift from God my name is success i went through your profile on this site and became interested in you please i will be very happy if you can contact me with my email address at (successlove418@ymail.com) so that i will tell you about myself and my pictures for you to know whom i am, Have a wonderful day!
    Best Regard
    success.
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Jogando.net/MU *29*

    Boa tarde amigos,

    Venham conhecer nossos Servidores de Mu
    Online Season 6 http://www.jogando.net/mu/
    >>muitos kits novos;
    >> Nossos GMs online em todos os servers
    Fazem eventos todos os dias:
    Fazemos sua Diversão com qualidade,há mais de 5 anos
    Servers ON 24 horas por dia
    Vários Server esperando por você.Venha se divertir de verdade.
    >>>CURTA nossa Fan page no Facebook e concorra a prêmios.
    SORTEIO de 2 pacotes de 100 JCASHs mais 15 dias VIP Premium
    >>>Conheçam também Animes Cloud -> http://www.animescloud.com, mais de 20.000 videos online,feito exclusivo para sua diversão.
    Site http://www.jogando.net/mu/ Benvindos ao nosso servidor.
    Wartemix Divulgadora Oficial !
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Presentasi platyhelminthes-nemathelminthes

  1. 1. Filum Platyhelmintes (Cacing Pipih) Oleh: 1.ARDOLA RIGEN P.U (A420110012) 2.IRTASARI (A420110022) 3.DIAN LAELI.A (A420110025) 4.MUNAWAR KHOLIL (A420110030)
  2. 2. FILUM PLATYHELMINTHES Ciri Utama Yang Dimiliki : Bentuk tubuh pipih, dan simetri bilateral. Aselomata (belum memiliki rongga tubuh). Bersifat hermaprodit. Memiliki sistem organ sederhana (misal : 1. sistem pencernaan terdiri atas mulut, faring, usus dan tanpa anus.2. Respirasi melalui difusi dari permukaan tubuhnya, dll). Hidup secara bebas, dan ada pula yang parasit.
  3. 3. KLASIFIKASI FILUMPLATYHELMINTHESKlasifikasi didasarkan pada cara hidup danstruktur tubuh yang dimiliki: Ada 3 Kelas, yaitu :  Turbellaria—diwakili oleh planaria (hidup bebas)  Trematoda—diwakili oleh cacing hisap (parasit)  Cestoda—diwakili oleh cacing pita (parasit)
  4. 4. KELAS TURBELLARIA / CACINGBERAMBUT GETARContohnya Planaria (Dugesia sp)• Memiliki silia sebagai alat bantu bergerak Merupakan cacing pipih yang hidup secara bebas/tidak parasit. Habitat di air tawar (kolam, danau atau sungai yang bersih) Pemakan sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati Bernafas melalui difusi pada permukaan tubuhnya Hermaprodit Reproduksi melalui : 1. Seksual 2. Aseksual (fragmentasi)
  5. 5. STRUKTUR TUBUH PLANARIA Faring Mulut Saluran pencernaan Aurikel Bintik mata Ganglion Tali spinal Mulut —tempat masuknya makanan, terletak di bagian ventral. Pada mulut, terdapat saluran yang dapat dijulurkan yang disebut faring untuk menyedot makanan. Saluran pencernaan —mencerna makanan Bintik Mata —alat indera digunakan untuk mendeteksi cahaya (planaria menyukai gelap) Aurikel —organ penciuman Protonephridia— yaitu saluran yang menghubungkan pori-pori dengan sel api sebagai organ eskresi
  6. 6. Organ Eskresi Planaria
  7. 7. Struktur Reproduksi Planaria Pada suatu waktu, planaria dapat menghasilkan 2 mcam gamet. Namun kedua gamet tidak pernah saling membuahi. Gb. Hermaprodit pada planaria
  8. 8. KELAS TREMATODA / CACINGHISAP Contohnya cacing hati (Fasciola hepatica dan Clonorchis sp) Merupakan cacing parasit (parasit internal); cacing hati dapat menginfeksi manusia. Memiliki alat penghisap pada bagian mulutnya, berfungsi menempelkan cacing hati pada inangnya untuk mendapatkan makanan. Bersifat hermaprodit; tubuh dilengkapi organ reproduksi yang dapat menghasilkan 2 macam gamet
  9. 9. SIKLUS HIDUP CLONORCHISZygot – Larva Myrasidium – Sporokis– Redia – Sercaria – Metacercaria – Cacing Dewasa 1. Telur dilepaskan bersamaan dengan kotoran dari penderita 2. Telur akan berkembang menjadi larva mirasidium dan masuk ke inang perantara 1, biasanya adalah siput 3. Di tubuh siput, larva myrasidium akan bermetamorfosis menjadi sporosit 4. Sporosit ini mengandung banyak kantung embrio, yang akan tumbuh menjadi Redia 5. Redia akan tumbuh dan mengandung embrio yang akan berkembang menjadi Sercaria 6. Sercaria yang dihasilkan akan berpindah inang ke inang perantara 2, biasanya ikan 7. Pada tubuh ikan, metaserkaria akan membentuk kista. 8. Ikan yang terinfeksi di makan oleh manusia, maka kista akan berkembang menjadi cacing ati dewasa.
  10. 10. Siklus Hidup Fasciola HepaticaZygot – Larva Myrasidium – Sporosit – Redia – Sercaria – Metacercaria – Cacing Dewasa 1. Telur dilepaskan bersamaan dengan kotoran dari penderita 2. Telur akan berkembang menjadi larva mirasidium dan masuk ke inang perantara 1, biasanya adalah siput 3. Di tubuh siput, larva myrasidium akan bermetamorfosis menjadi sporosit 4. Sporosit ini mengandung banyak kantung embrio, yang akan tumbuh menjadi Redia 5. Redia akan tumbuh dan mengandung embrio yang akan berkembang menjadi Sercaria 6. Sercaria yang dihasilkan akan berpindah menempel pada tumbuhan air membentuk kista metasercaria 7. Tumbuhan yang mengandung kista di makan oleh domba, maka kista akan berkembang menjadi cacing hati dewasa.
  11. 11. KELAS CESTODA Contohnya cacing pita (Taenia solium) Merupakan cacing pipih parasit (parasit internal); pada babi, ikan, dan sapi dapat menginfeksi manusia. Tubuh pipih panjang terdiri atas kepala (scolex) dilengkapi dengan pengait dan penghisap, berguna untuk melekat pada usus inangnya. Selain scolex, tubuh disusun oleh rantai panjang yang disebut proglotid, dimana masing-masing proglotid memiliki 2 macam alat kelamin (hermaprodit). Proglotid paling ujung, mengandung telur yang matang yang siap dikeluarkan dari inang bersama feses untuk kemudian menginfeksi lagi.
  12. 12. Siklus Hidup Taenia proglottids scolexa Larva, yang b Manusia yang memakandilengkapi daging yang terinfeksi, akandengan scolex menyebabkan kista berkembangakan menjadi cacing pita dewasaberkembangmenjadi kistapada jaringantubuh inang,misal pada otot d Di dalam telur yang telah dibuahi, embrio berkembang menjadi larva. Sapi c Cacing pita dewasa mungkin akan memakan telur bersama terdiri dari scolex dan rumput dan akan menjadi inang proglotid.Proglotid pada sementara bagi cacing pita bagian ujung mengandung telur yang telah dibuahi yang siap dikeluarkan bersama feses untuk menginfeksi kembali Fig. 22-11, p.361

×