Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Katpuanpengasuh (revisi)

748 views

Published on

Materi Pelatihan NAC
http://nacpolri.blogspot.com/

Published in: Spiritual
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Katpuanpengasuh (revisi)

  1. 1. PENGASUHAN
  2. 2. KARAKTER MANUSIA TUHAN YMEHUB DG TUHAN NILAI- NILAI- NILAI NILAI Moral Knowing DIRI SENDIRI SESAMA NILAI- KARAKTER NILAI- NILAI NILAI Moral Moral Action Feeling KEBANGSAAN LINGKUNGANHUB DG SESAMA NILAI- MANUSIA NILAI
  3. 3. 1. Religius 10. Semangat kebangsaan2. Jujur 11. Cinta tanah air3. Toleransi 12. Menghargai prestasi4. Disiplin 13. Bersahabat / komunikatif5. Kerja keras 14. Cinta damai6. Kreatif 15. Gemar membaca7. Mandiri 16. Peduli lingkungan8. Demokratis 17. Peduli sosial9. Rasa ingin tahu 18. Tanggung jawab Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas
  4. 4. RUANG LINGKUP PENDIDIKAN KARAKTER cerdas, kritis, kreatif, inovatif, beriman dan bertakwa,Ingin tahu, berpikir Jujur, amanah, adil, bertanggung jawab,terbuka, produktif, OLAH PIKIR OLAH HATI berempati, beraniberorientasi ipteks, mengambil resiko, pantang menyerah, rela dan reflektif berkorban, dan berjiwa patriotik OLAH OLAH RASA/ RAGA KARSA bersih dan sehat, ramah,saling disiplin, sportif, menghargai, toleran, tangguh, andal, peduli, suka menolong berdaya tahan, bersahabat, gotong royong, kooperatif, nasionalis, kosmopolit, determinatif, mengutamakan kompetitif, ceria, kepentingan umum, dan gigih bangga menggunakan bahasa dan produk Indonesia, dinamis, kerja keras, dan beretos kerja
  5. 5. MACAM KARAKTERBAIK LEMAH KUAT & & BAIK BAIK LEMAH KUAT & & BURUK BURUKBURUK LEMAH KUAT
  6. 6. YANG PERLUDIRENUNGKAN
  7. 7. PEMBAGIAN WAKTU BINSUH SIP ANGK XLI/2012 MINGGU 1 MINGGU 2 MINGGU 3 MINGGU 2 RELIGIUS DISIPLIN KEJUJURAN PEMBULATANBULAN KE-1 TANGGUNG DEMOKRATIS TOLERANSI PEMBULATANBULAN KE-2 JAWAB KERJA KERAS MANDIRI KREATIF PEMBULATANBULAN KE-3 BERSAHABAT / PEDULI PEDULI SOSIAL PEMBULATANBULAN KE-4 KOMUNIKATIF LINGKUNGAN RASA INGIN GEMAR MENGHARGAI PEMBULATANBULAN KE-5 TAHU MEMBACA PRESTASI SEMANGAT CINTA TNH CINTA DAMAI PEMBULATANBULAN KE-6 KEBANGSAAN AIR IMPLEMENTASI IMPLEMENTASI IMPLEMENTASI PEMBULATANBULAN KE-7 / PEMBULATAN / PEMBULATAN / PEMBULATAN
  8. 8. 1. Nilai Religius : sikap dan perilaku yangpatuh dalam melaksanakan ajaran agama yangdianutnya, toleran terhadap pelaksanaanibadah agama lain dan hidup rukun denganpemeluk agama lain. 2. Nilai Jujur : perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sbg orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan.
  9. 9. 3. Nilai Toleransi : sikap dan tindakan yangmenghargai perbedaan agama, suku, etnis,pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yangberbeda dari dirinya. 4. Nilai Disiplin : adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
  10. 10. 5. Nilai Kerja Keras : perilaku yangmenunjukkan upaya sungguh-sungguh dalammengatasi berbagai hambatan belajar dantugas, serta menyelesaikan tugas sebaik-baiknya. 6. Nilai Mandiri : sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas - tugas.
  11. 11. 7. Nilai Demokratis : cara berfikir, bersikap,dan bertindak yang menilai sama hak dankewajiban dirinya dan orang lain. 8. Nilai Rasa Ingin Tahu : sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
  12. 12. 9. Nilai Semangat Kebangsaan : cara berfikir,bertindak, dan berwawasan yangmenempatkan kepentingan bangsa dan negaradi atas kepentingan diri dan kelompoknya. 10. Nilai Cinta Tanah Air : cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi thd bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
  13. 13. 11. Nilai Menghargai Prestasi : sikap dantindakan yang mendorong dirinya untukmenghasilkan sesuatu yang berguna bagimasyarakat, dan mengakui serta menghormatikeberhasilan orang lain. 12. Nilai Bersahabat / komunikatif : tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
  14. 14. 13. Nilai Kreatif: berpikir dan melakukansesuatu untuk menghasilkan cara atau hasilbaru dari sesuatu yang telah dimiliki. 14. Nilai Cinta Damai: sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
  15. 15. 15. Nilai Gemar Membaca : kebiasaanmenyediakan waktu untuk membaca berbagaibacaan yang memberikan kebajikan bagidirinya. 16. Nilai Peduli Sosial : sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
  16. 16. 17. Nilai Peduli Lingkungan : sikap dantindakan yang selalu berupaya mencegahkerusakan pada lingkungan alam disekitarnya, dan mengembangkan upaya –upaya untuk memperbaiki kerusakan alamyang sudah terjadi. 18. Nilai Tanggung Jawab : sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan YME.
  17. 17. KEGIATAN METODE WAKTU PENGARAHAN PENUGASANINTERNALISASI APEL PAGI PERMAINAN APEL MALAM SOSIALISASI PRAKTEK JAM PENGASUHAN CONTOH-CONTOH PENGUCAPAN BRAIN STORMING

×