Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Bab 3 powerpoint kelas 9 semester 1

5,476 views

Published on

Published in: Self Improvement
  • Be the first to comment

Bab 3 powerpoint kelas 9 semester 1

  1. 1. Afriant Dinta Pratama (02) Lewi Agni Baptistuta (14) Marzuki Aditya Bagaskara (15) Rizki Choirul Amri (23) KELOMPOK 2 / IX A
  2. 2. SK & KD INDIKATOR MATERI SOAL KUNCI SOAL
  3. 3. Standart Kompetensi : Mengenal perangkat keras dan system yang digunakan dalam program presentasi. Kompetensi Dasar : Membuat animasi pada pengolah presentasi.
  4. 4. INDIKATOR A. Menambah Animasi Dalam Presentasi B. Mengatur Animasi Dalam Presentasi Berjalan Secara Otomatis C. Mengatur Efek Perpindahan Slide D. HYPERLINK E. Menambah File Video Ke Dalam Slide F. Menambah File Sound Ke Dalam Slide
  5. 5. Menambah Animasi Dalam Presentasi Untuk menampilkan efek gerak pada content (isi) slide, caranya adalah sebagai berikut: a. Aktifkan text atau gambar yang akan diberi animasi b. Klik Ribbon Tab Animations > Custom Animation. c. Pada kotak dialog yang muncul, klik ikon menu Add Effect. Ada 4 efek gerak yang dapat dimanfaatkan. Diantaranya ada di slide berikutnya.
  6. 6. 1. objek 2. objek Entrance Animasi atau efek gerak ini akan diberikan pada saat akan ditampilkan. Emphasis Animasi atau efek gerak ini akan diberikan pada saat sedang ditampilkan.
  7. 7. 3. Exit Animasi atau efek gerak ini akan diberikan pada saat objek sedang ditampilkan dan objek akan tidak terlihat saat feel gerak sellesai dilakukan. 4. Motion Path Animasi atau efek gerak ini akan diberikan pada saat objek sedang ditampilkan dan objek akan berubah letak dan posisinya saat efek gerak selesai dilakukan.
  8. 8. dihapus Setiap animasi atau efek gerak yang telah diberikan, dapat kita ganti dengan efek gerak yang lain ataupun seperti semuka (tanpa efek gerak Tombol mengganti efek gerak. untuk Tombol menghilangkan gerak. untuk
  9. 9. Dapat pula kita modisikasi pergerakan efek gerak, yaitu: Start On Click, efek gerak akan setelah dimulai menekan mouse sebelah kiri (klik). With Previous, efek gerak akan dimulai gerak pada objek sebelumnya. After Previous, efek gerak akan dimulai setelah efek gerak pada objek sebelumnya selesai dilakukan.
  10. 10. Direction Right- Pergerakkan efek gerak ini disesuaikan dengan model pilihan. Ada pergerakkan efek secara Horizontal atau Vertical, In dan Out, Across dan Down, ataupun LeftButtom-Top. Dan masih ada yang lainnya. Speed Mengatur pergerakan efek gerak dari kecepatan yang paling cepat.
  11. 11. Mengatur Animasi Presentasi secara otomatis Digunakan untuk memulai kapan pergantian slide akan dilakukan. Dua pilihan yang tersedia yaitu: On mouse click, pergantian transisi slide akan dilakukan setelah tombol mouse sebelah kiri ditekan (klik), sedangkan Automatically after, pergantian transisi slide akan dilakukan secara otomatis sesuai dengan waktu yang diberikan dalam satuan detik agar animasi dapat berjalan secara otomatis, langkahnya adalah : 1. Klik ribbon tab Animation, kemudian hilangkan centang pada pilihan On Mouse Click dan centanglah pilihan Automaticaly After. 2. Isikan waktu yang akan digunakan 00:00 (menit:detik)
  12. 12. Hyperlink Jika kita menginginkan tampilan slide tidak selalu harus berurutan, maka kita dapat buat secara acak, yaitu Hyperlink. Yang dapat digunakan untuk mengacak urutan tampilan, hyperlink juga dapat menghubungkan selain dengan satu dokumen (dalam satu file) dapat juga menghubungkan dengan lain dokumen (berbeda file). Setelah objek yang akan di hubungkan telah ditentukan, maka pilih ribbon tab Insert > Hyperlink > cari nama dile yang akan dilink > bookmark untuk membuka semua isi slide > pilih slide > OK Contoh nama file yang akan di link
  13. 13. Menambah File Video Ke Dalam Slide Agar hasil presentasi lebih menarik, dapat juga disisipkan file video dengan cara: 1. Aktifkan slide, kemudian klik ribbon tab Insert > Movie > pilih Movie from file (jika file film yang akan digunakan sudah tersimpan dikomouter) atau pilih Movie from Clip Organize (jika file filmnya bawaan dari komputer) 2. Pada kotak dialog yang muncul, double klik file video yang akan diambil, misalnya Businesses, gear, people.
  14. 14. Menambah File Sound Ke Dalam Slide 1. Klik ribbon tab Insert > Sound > Sound from clip Organize. 2. Pada kotak dialog yang muncul, double klik file sound yang akan diambil, misalnya Claps Cheers, kemudian pada kotak dialog navigasi yang muncul, klik tombol Automatecally agar sound berjalan secara otomatis ketika presentasi dijalankan.
  15. 15. Mempresentasikan PowerPoint Jika ingin menampilkan presentasi dimulai dari slide yang sedang aktif maka pilih From Current Slide. Yang perlu diingat bahwa default pergantian slide ataupun animasi pada setiap objek adalah tombol enter, tombol spasi, tombol arrow (panah) ataupun tombol klik kiri pada mouse. Sedangkan jika ingin menampilkan sebagian dari seluruh slide yang ada, maka klik ribbon tab Slide Show > Set Up Show. Slide yang ditampilkan tetap berurutan, kecuali kalau ada yang menggunakan Hyperlink pada salah satu objek. Setelah memilih Set Up Show maka akan muncul gambar disamping ini.
  16. 16. Menampilkan Berulangulang Sama seperti langkah sebelumnya, yaitu klik ribbon tab Slide Show > Set Up Show , kemudian akan muncul gambar seperti gambar disamping: Pilih menu Show Option, beri tanda check list pada pilihan Loop Continuously untul ‘Esc’, klik OK. Untuk menampilkannya, klik menubar Slide Show View Show. Presentasi akan ditampilkan secara terus menerus dan akan berhenti ketika tombol Esc (keyboard) ditekan.
  17. 17. Latihan Soal 1. Hasil akhir penggunaan program power point adalah… A. Dokumen C. Presentasi B. Kertas Kerja D. Wors Sheet 2. Menghubungkan slide satu dengan slide lainnya dikenal dengan istilah… A. Editing C. Sorter B. Hyperlink D. Formating 3. Slide transisi merupakan animasi pada... A. Peralihan slide C. Peralhian background B. Peralihan Text D. Slide khusus. 4. Ribbon Tab yang digunakan untuk memulai presentasi ialah… A. View C. Design B. Slide Show D. Insert 5. Speed pada custom animation merupakan perintah untuk mengatur… A. Kecepatan transisi C. Kecepatan presentasi B. Kecepatan slideshow D. Kecepatan animasi object.
  18. 18. 6. Toolbar yang digunakan untuk mengganti tampilan huruf adalah… A. Font C. Border B. Justify D. Bold 7. Toolbar yang fungsi mengembalikan tampilan presentasi sebelumnya adalah… A. Delete C. Font B. Reset D. layout 8. Untuk memasukkan suara kedalam presntasi adalah terdapat pada… A. Sound C. ClipArt B. Movie D. Picture 9. Untuk memasukkan video keadalam presentasi adalah terdapat pada… A. Sound C. ClipArt B. Movie D. Picture 10. Untuk memasukkan bentuk2 kedalam presentasi adalah
  19. 19. URAIAN! 1. 2. 3. 4. 5. Sebutkan toolbar apa saja yang terdapat pada toolgroup Presentation Views! Sebutkan toolbar apa saja yang terdapat pada toolgroup Proofing! Jelaskan fungsi dari toolbar Movie! Jelaskan fungsi dari toolbar Sound! Jelaskan fungsi dari toolbar Table!
  20. 20. Kunci Jawaban 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 C B C B D A B A B D 1. Normal Slide, Slide Sorter, Notes Page, Slide Show, etc. 2. Spelling, Research, Thesaurus, Translate, Language. 3. Untuk menyisipkan animasi clipArt 4. Untuk menyisipkan musik /lagu/MP3 ke presentasi. 5. Untuk menyisipkan atau menggambar tabel ke dalam presentasi
  21. 21. You True
  22. 22. YOU FALSE

×