Majapahit


 Ibukota
 Bahasa
 Agama






: Majapahit, Wilwatikta (Trowulan)
: Jawa Kuno, Sanskerta
: Siwa-Buddha ...
Kerajaan Majapahit


 Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa
Timur, Indonesia, yang pernah berdiri dari ...
Sil – Silah Rajaan Majapahit


Raja – Raja Majapahit
















Nama Raja
Raden Wijaya
Kalagamet
Sri Gitarja
Hayam Wuruk
Wikramawardha...
Prasasti Yang Pada Zaman
Kerajaan Majapahit



 Prasasti Kudadu : Menceritakan pengalaman Raja Wijaya
selama menjadi Raj...
Sumber Sejarah


 Kitab Pararaton
: Menceritakan tentang raja –
raja Singasari dan Majapahit .
 Kitab Negarakertagama :...
Kehidupan Sosial


 Kehidupan sosial masa Kerajaan Majapahit aman, tentram,
damai . Dalam kitab Negarakertagama disebutk...
Kehidupan Ekonomi


 Kerajaan Majapahit amat sangatlah makmur . Kemakmuran
Majapahit diduga karena dua faktor. Faktor pe...
Kehidupan Budaya



 Hasil budaya Majapahit dapat dibedakan sebagai berikut :
 Candi, banyak candi peninggalan Majapahi...
Struktur Pemerintahan


 Majapahit memiliki struktur pemerintahan dan susunan
birokrasi yang teratur pada masa pemerinta...
Sistem Aparat Birokrasi


 Raja dibantu oleh sejumlah pejabat birokrasi dalam melaksanakan pemerintahan,
dengan para put...
Pembagian Wilayah


 Dalam pembentukannya, kerajaan Majapahit merupakan
kelanjutan Singhasari, terdiri atas beberapa kaw...

Selama masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350 s.d. 1389) ada 12
wilayah di Majapahit, yang dikelola oleh kerabat dekat raja...
Hayam Wuruk


 Hayam Wuruk adalah raja keempat Kerajaan Majapahit yang memerintah
tahun 1350-1389, bergelar Maharaja Sri...
Masa pemerintahan Hayam
Wuruk



 Di bawah kekuasaan Hayam Wuruk, Majapahit menaklukkan
Kerajaan Pasai dan Aru (kemudian...
Hayam Wuruk
















Masa kekuasaan
Dinobatkan
Nama lengkap
Gelar
Tempat lahir
Tempat wafat
Pendahulu...
Mahapatih Gajah Mada


 Masa jabatan
 Penguasa monarki

 Didahului oleh
 Digantikan oleh

: k.1334 – k.1359
: Tribhuw...
Gajah Mada


 Gajah Mada (wafat k. 1364) adalah seorang panglima perang dan tokoh yang
sangat berpengaruh pada zaman ker...
Invansi


 Walaupun ada sejumlah pendapat yang meragukan sumpahnya, Gajah Mada
memang hampir berhasil menaklukkan Nusant...
Perang Bubat


 Dalam Kidung Sunda diceritakan bahwa Perang Bubat (1357) bermula saat Prabu Hayam
Wuruk mulai melakukan ...
Sumpah Palapa


 Ketika pengangkatannya sebagai patih Amangkubhumi pada tahun 1258 Saka
(1336 M) Gajah Mada mengucapkan ...
Surya Majapahit


 Surya Majapahit (Matahari Majapahit)
adalah lambang yang kerap ditemukan
di reruntuhan bangunan yang ...
Runtunya Kejayaan Majapahit


 Sesudah mencapai puncaknya pada abad ke-14, kekuasaan
Majapahit berangsur-angsur melemah....

Hieronimus zonnwells
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Hieronimus zonnwells

901 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
901
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
12
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hieronimus zonnwells

  1. 1. Majapahit   Ibukota  Bahasa  Agama     : Majapahit, Wilwatikta (Trowulan) : Jawa Kuno, Sanskerta : Siwa-Buddha (Hindu dan Buddha), Kejawen, Animisme Pemerintahan : Monarki Raja : - 1295-1309 Kertarajasa Jayawardhana - 1478-1498 Girindrawardhana Sejarah : - Penobatan Raden Wijaya - Invasi Demak 1527 Mata uang : Koin emas dan perak, kepeng (koin perunggu yang diimpor dari Tiongkok)
  2. 2. Kerajaan Majapahit   Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia, yang pernah berdiri dari sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas di Nusantara pada masa kekuasaan Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350 hingga 1389.  Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang menguasai Nusantara dan dianggap sebagai salah satu dari negara terbesar dalam sejarah Indonesia. Menurut Negarakertagama, kekuasaannya terbentang di Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia timur, meskipun wilayah kekuasaannya masih diperdebatkan.
  3. 3. Sil – Silah Rajaan Majapahit 
  4. 4. Raja – Raja Majapahit               Nama Raja Raden Wijaya Kalagamet Sri Gitarja Hayam Wuruk Wikramawardhana Suhita Kertawijaya Rajasawardhana Purwawisesa Bhre Pandansalas Bhre Kertabumi Girindrawardhana Patih Udara Gelar Kertarajasa Jayawardhana Sri Jayanagara Tribhuwana Wijayatunggadewi Sri Rajasanagara Dyah Ayu Kencana Wungu Brawijaya I Brawijaya II Brawijaya III Brawijaya IV Brawijaya V Brawijaya VI Tahun 1293 - 1309 1309 - 1328 1328 - 1350 1350 - 1389 1389 - 1429 1429 - 1447 1447 - 1451 1451 - 1453 1456 - 1466 1466 - 1468 1468 - 1478 1478 - 1498 1498 - 1518
  5. 5. Prasasti Yang Pada Zaman Kerajaan Majapahit   Prasasti Kudadu : Menceritakan pengalaman Raja Wijaya selama menjadi Raja . Gapura Bajang Batu : gapura ini berfungsi sebagai pintu masuk bagi banguna suci untuk memperingati Wafatnya Raja
  6. 6. Sumber Sejarah   Kitab Pararaton : Menceritakan tentang raja – raja Singasari dan Majapahit .  Kitab Negarakertagama : Menceritakan tentang perjalan Hayam Wuruk ke Jawa Timur .  Kidung Harsawijaya : Menceritakan tentang Raden Wijaya ketika menghadapi musuh dari kediri.  Prasasti Butak : Prasasti mengenai peristiwa runtuhnya Kerajaan Singasari dan perjuangan Raden Wijaya untuk mendirika Kerajaan Majapahit .
  7. 7. Kehidupan Sosial   Kehidupan sosial masa Kerajaan Majapahit aman, tentram, damai . Dalam kitab Negarakertagama disebutkan bahwa Hayam Wuruk melakukan perjalana keliling daerah – daerah untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dan kesejahtraan rakyatnya. . Perlindungan terhadap rakyat sangat diperhatikan. Demikian peradilan, dilaksanakan secara ketat .
  8. 8. Kehidupan Ekonomi   Kerajaan Majapahit amat sangatlah makmur . Kemakmuran Majapahit diduga karena dua faktor. Faktor pertama; lembah sungai Brantas dan Bengawan Solo di dataran rendah Jawa Timur utara sangat cocok untuk pertanian padi. Pada masa jayanya Majapahit membangun berbagai infrastruktur irigasi, sebagian dengan dukungan pemerintah. Faktor kedua; pelabuhan-pelabuhan Majapahit di pantai utara Jawa mungkin sekali berperan penting sebagai pelabuhan pangkalan untuk mendapatkan komoditas rempah-rempah Maluku. Pajak yang dikenakan pada komoditas rempah-rempah yang melewati Jawa merupakan sumber pemasukan penting bagi Majapahit .
  9. 9. Kehidupan Budaya   Hasil budaya Majapahit dapat dibedakan sebagai berikut :  Candi, banyak candi peninggalan Majapahit, seperti Candi Penataran ( Belitar ), Candi Tikus .  Kesusastraan, Zaman Majapahit bidang sastra sangat berkembang . Hasilnya dapat dibagi menjadi Zaman Majapahit Awal dan Majapahit Akhir . Candi Tikus . Candi ini terletak di kompleks Trowulan, sekitar 13 km di sebelah tenggara kota Mojokerto. Dari jalan raya Mojokerto-Jombang, di perempatan Trowulan, membelok ke timur, melewati Kolam Segaran dan Candi Bajangratu yang terletak di sebelah kiri jalan. Candi Tikus juga terletak di sisi kiri jalan, sekitar 600 m dari Candi Bajangratu.
  10. 10. Struktur Pemerintahan   Majapahit memiliki struktur pemerintahan dan susunan birokrasi yang teratur pada masa pemerintahan Hayam Wuruk, dan tampaknya struktur dan birokrasi tersebut tidak banyak berubah selama perkembangan sejarahnya . Raja dianggap sebagai penjelmaan dewa di dunia dan ia memegang otoritas politik tertinggi.
  11. 11. Sistem Aparat Birokrasi   Raja dibantu oleh sejumlah pejabat birokrasi dalam melaksanakan pemerintahan, dengan para putra dan kerabat dekat raja memiliki kedudukan tinggi. - Rakryan Mahamantri Katrini, biasanya dijabat putra-putra raja - Rakryan Mantri ri Pakira-kiran, dewan menteri yang melaksanakan pemerintahan - Dharmmadhyaksa, para pejabat hukum keagamaan - Dharmma-upapatti, para pejabat keagamaan  Dalam Rakryan Mantri ri Pakira-kiran terdapat seorang pejabat yang terpenting yaitu Rakryan Mapatih atau Patih Hamangkubhumi. Pejabat ini dapat dikatakan sebagai perdana menteri yang bersama-sama raja dapat ikut melaksanakan kebijaksanaan pemerintahan. Selain itu, terdapat pula semacam dewan pertimbangan kerajaan yang anggotanya para sanak saudara raja, yang disebut Bhattara Saptaprabhu.
  12. 12. Pembagian Wilayah   Dalam pembentukannya, kerajaan Majapahit merupakan kelanjutan Singhasari, terdiri atas beberapa kawasan tertentu di bagian timur dan bagian tengah Jawa. Daerah ini diperintah oleh uparaja yang disebut Paduka Bhattara yang bergelar Bhre atau "Bhatara i". Gelar ini adalah gelar tertinggi bangsawan kerajaan. Biasanya posisi ini hanyalah untuk kerabat dekat raja. Tugas mereka adalah untuk mengelola kerajaan mereka, memungut pajak, dan mengirimkan upeti ke pusat, dan mengelola pertahanan di perbatasan daerah yang mereka pimpin.
  13. 13.  Selama masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350 s.d. 1389) ada 12 wilayah di Majapahit, yang dikelola oleh kerabat dekat raja. Hierarki dalam pengklasifikasian wilayah di kerajaan Majapahit dikenal sebagai berikut:  Bhumi: kerajaan, diperintah oleh Raja  Nagara: diperintah oleh rajya (gubernur), atau natha (tuan), atau bhre (pangeran atau bangsawan)  Watek: dikelola oleh wiyasa,  Kuwu: dikelola oleh lurah,  Wanua: dikelola oleh thani,  Kabuyutan: dusun kecil atau tempat sakral.
  14. 14. Hayam Wuruk   Hayam Wuruk adalah raja keempat Kerajaan Majapahit yang memerintah tahun 1350-1389, bergelar Maharaja Sri Rajasanagara. Di bawah pemerintahannya, Kerajaan Majapahit mencapai zaman kejayaannya
  15. 15. Masa pemerintahan Hayam Wuruk   Di bawah kekuasaan Hayam Wuruk, Majapahit menaklukkan Kerajaan Pasai dan Aru (kemudian bernama Deli, dekat Medan sekarang). Majapahit juga menghancurkan Palembang, sisa-sisa pertahanan Kerajaan Sriwijaya (1377).  Dengan bantuan Mahapatih Gajah Mada, ia menaklukkan Logajah, Gurun Sukun, Taliwung, Sapi, Gunungapi, Seram, Hutankadali, Sasak, Bantayan, Luwuk, Mengkasar, Buton, Banggawi, Kunir, Galiyan, Salayar, Sumba, Muar (Saparua), Solor, Bima, Wandan (Banda), Ambon, Wanin, Seran, Timor, dan Dompo. Hanya sayang, akibat kesalahan langkahnya terutama dalam "Peristiwa Bubat", Gajah Mada dinonaktifkan sebagai patih pada tahun 1357. Namun diangkat lagi jadi patih tahun 1359.
  16. 16. Hayam Wuruk               Masa kekuasaan Dinobatkan Nama lengkap Gelar Tempat lahir Tempat wafat Pendahulu Pengganti Ratu Pasangan Dinasti Ayah Ibu : Majapahit: 1350–1389 : 1350 : Maharaja Sri Rajasanagara : Rajasanagara : Majapahit : Majapahit : Tribhuwana Wijayatunggadewi :Wikramawardhana : Sri Sudewi (Paduka Sori) : Selir ? (Ibunda Wirabhumi) : Wangsa Rajasa : Cakradhara : Tribhuwana Wijayatunggadewi
  17. 17. Mahapatih Gajah Mada   Masa jabatan  Penguasa monarki  Didahului oleh  Digantikan oleh : k.1334 – k.1359 : Tribhuwana Wijayatunggadewi, Hayam Wuruk : Arya Tadah (Mpu Krewes) : 6 mahamantri agun
  18. 18. Gajah Mada   Gajah Mada (wafat k. 1364) adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit. Menurut berbagai sumber mitologi, kitab, dan prasasti dari zaman Jawa Kuno, ia memulai kariernya tahun 1313, dan semakin menanjak setelah peristiwa pemberontakan Ra Kuti pada masa pemerintahan Sri Jayanagara, yang mengangkatnya sebagai Patih. Ia menjadi Mahapatih (Menteri Besar) pada masa Ratu Tribhuwanatunggadewi, dan kemudian sebagai Amangkubhumi (Perdana Menteri) yang mengantarkan Majapahit ke puncak kejayaannya.
  19. 19. Invansi   Walaupun ada sejumlah pendapat yang meragukan sumpahnya, Gajah Mada memang hampir berhasil menaklukkan Nusantara. Dimulai dengan penaklukan ke daerah Swarnnabhumi (Sumatera) tahun 1339, pulau Bintan, Tumasik (sekarang Singapura), Semenanjung Malaya, kemudian pada tahun 1343 bersama dengan Arya Damar menaklukan Bedahulu (di Bali) dan kemudian penaklukan Lombok, dan sejumlah negeri di Kalimantan seperti Kapuas, Katingan, Sampit, Kotalingga (Tanjunglingga), Kotawaringin, Sambas, Lawai, Kendawangan, Landak, Samadang, Tirem, Sedu, Brunei, Kalka, Saludung, Sulu, Pasir, Barito, Sawaku, Tabalung, Tanjungkutei, dan Malano.  Pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389) yang menggantikan Tribhuwanatunggadewi, Gajah Mada terus melakukan penaklukan ke wilayah timur seperti Logajah, Gurun, Sukun, Taliwung, Sapi, Gunungapi, Seram, Hutankadali, Sasak, Bantayan, Luwu, Buton, Banggai, Kunir, Galiyan, Salayar, Sumba, Muar (Saparua), Solor, Bima, Wandan (Banda), Ambon, Wanin, Seran, Timor, dan Dompo.
  20. 20. Perang Bubat   Dalam Kidung Sunda diceritakan bahwa Perang Bubat (1357) bermula saat Prabu Hayam Wuruk mulai melakukan langkah-langkah diplomasi dengan hendak menikahi Dyah Pitaloka Citraresmi putri Sunda sebagai permaisuri. Lamaran Prabu Hayam Wuruk diterima pihak Kerajaan Sunda, dan rombongan besar Kerajaan Sunda datang ke Majapahit untuk melangsungkan pernikahan agung itu. Gajah Mada yang menginginkan Sunda takluk, memaksa menginginkan Dyah Pitaloka sebagai persembahan pengakuan kekuasaan Majapahit. Akibat penolakan pihak Sunda mengenai hal ini, terjadilah pertempuran tidak seimbang antara pasukan Majapahit dan rombongan Sunda di Bubat; yang saat itu menjadi tempat penginapan rombongan Sunda. Dyah Pitaloka bunuh diri setelah ayah dan seluruh rombongannya gugur dalam pertempuran. Akibat peristiwa itu langkah-langkah diplomasi Hayam Wuruk gagal dan Gajah Mada dinonaktifkan dari jabatannya karena dipandang lebih menginginkan pencapaiannya dengan jalan melakukan invasi militer padahal hal ini tidak boleh dilakukan.  Dalam Nagarakretagama diceritakan hal yang sedikit berbeda. Dikatakan bahwa Hayam Wuruk sangat menghargai Gajah Mada sebagai Mahamantri Agung yang wira, bijaksana, serta setia berbakti kepada negara. Sang raja menganugerahkan dukuh "Madakaripura" yang berpemandangan indah di Tongas, Probolinggo, kepada Gajah Mada. Terdapat pendapat yang menyatakan bahwa pada 1359, Gajah Mada diangkat kembali sebagai patih; hanya saja ia memerintah dari Madakaripura.
  21. 21. Sumpah Palapa   Ketika pengangkatannya sebagai patih Amangkubhumi pada tahun 1258 Saka (1336 M) Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa yang berisi bahwa ia akan menikmati palapa atau rempah-rempah (yang diartikan kenikmatan duniawi) bila telah berhasil menaklukkan Nusantara. Sebagaimana tercatat dalam kitab Pararaton dalam teks Jawa Pertengahan yang berbunyi sebagai berikut  “ Sira Gajah Mada pepatih amungkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gajah Mada: Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tañjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompu, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa ”  bila dialih-bahasakan mempunyai arti :  “ Beliau, Gajah Mada sebagai patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa, Gajah Mada berkata bahwa bila telah mengalahkan (menguasai) Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa, bila telah mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa ”
  22. 22. Surya Majapahit   Surya Majapahit (Matahari Majapahit) adalah lambang yang kerap ditemukan di reruntuhan bangunan yang berasal dari masa Majapahit. Lambang ini mengambil bentuk Matahari bersudut delapan dengan bagian lingkaran di tengah menampilkan dewa-dewa Hindu. lambang ini membentuk diagram kosmologi yang disinari jurai Matahari khas "Surya Majapahit”, atau lingkaran Matahari dengan bentuk jurai sinar yang khas. Karena begitu populernya lambang Matahari ini pada masa Majapahit, para ahli arkeologi menduga bahwa lambang ini berfungsi sebagai lambang negara Majapahit.
  23. 23. Runtunya Kejayaan Majapahit   Sesudah mencapai puncaknya pada abad ke-14, kekuasaan Majapahit berangsur-angsur melemah. Setelah wafatnya Hayam Wuruk pada tahun 1389, Majapahit memasuki masa kemunduran akibat konflik perebutan takhta. Pewaris Hayam Wuruk adalah putri mahkota Kusumawardhani, yang menikahi sepupunya sendiri, pangeran Wikramawardhana. Hayam Wuruk juga memiliki seorang putra dari selirnya Wirabhumi yang juga menuntut haknya atas takhta. Perang saudara yang disebut Perang Paregreg diperkirakan terjadi pada tahun 1405-1406, antara Wirabhumi melawan Wikramawardhana. Perang ini akhirnya dimenangi Wikramawardhana, semetara Wirabhumi ditangkap dan kemudian dipancung. Tampaknya perang saudara ini melemahkan kendali Majapahit atas daerah-daerah taklukannya di seberang.
  24. 24.

×