Peradaban YUnani

4,217 views

Published on

Published in: Education
1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
4,217
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
107
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Peradaban YUnani

  1. 1. Pulau Kereta terletak di daerah perairan lauttengah bagian timur.Letaknya yang strategismembuat pulau kereta sebagai pusataktivitas.Pulau kereta menghubungkan daerah-daerah pusat perdagangan di pulauSicilia, Mesir, Pantai Levant, Bizantium dan Yunani.
  2. 2. Kehancuran Pulau Kreta Kebudayaan Kreta (Crete) ini hancur akibat suatu bencana ledakan gunung apiyang maha dasyat dan satu kali gelombang Tsunami hebat yang belum pernahterjadi sebelumnya. Pulau Crete hanya terpisah sejauh 60 mil dari pulau Thera,dan 3600 tahun lalu gunung berapi di pulau Thera mengalami letusan dasyat,debu dan asap yang disemburkan akibat ledakan tersebut diperkirakansebanyak ribuan ton menyebar hingga ke pulau Greenland, Tiongkok danAmerika Utara akibat diterbangkan angin. Selain bencana alam, faktor lainadalah invasi bangsa pendatang yang berasal dari ras Indo Jerman di Asia Tengah yang bergerak ke Yunani kemudian ke pulau Kreta
  3. 3. PERADABAN YUNANIYunani merupakan salah satu pusat peradaban tertua di Eropa. Tingginya tingkat peradaban Yunani itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu keadaan alamnya, penduduknya dan lain sebagainnya.
  4. 4. Letak Geografis
  5. 5. Bangsa Yunani kuno percaya kepada dewa-dewa (politheisme) yang digambarkan wujudnya seperti manusia. Dewa utama yang paling dipuja-puja adalah Dewa Zeus. Inilah nama dewa/dewi yunanani : Dewa Ares yaitu dewa perang. Dewi Artemis yaitu dewi perburuan. Dewa Hermes yaitu dewa perniagaan. Dewa Poseidon yaitu dewa laut. Dewa Apolo yaitu dewa kesenian dan matahari. Dewa Pallas Athena yaitu dewa keselamatan. Dewi Prhodite yaitu dewi kecantikan.
  6. 6. Seni
  7. 7. 2.500 Tahun adalah kisah yang panjang.Athena Marathon modern memperingatiperjalanan Pheidippides prajurit dari medanperang di lokasi kota Marathon, Yunani, keAthena pada 490 SM, membawa berita tentangkemenangan Yunani atas Persia. Legendamengatakan bahwa Pheidippides menyampaikanpesan penting "Niki!" ("Kemenangan"), kemudianruntuh dan mati, demikian kesimpulan dramatisuntuk Marathon.

×