Pemikiran Gabriel A Almond (Teori Sistem Struktural Fungsional)

14,880 views

Published on

Oleh Novi Hendra, S.IP

Published in: News & Politics
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
14,880
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
206
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pemikiran Gabriel A Almond (Teori Sistem Struktural Fungsional)

  1. 1. Teori Sistem Struktural Fungsional Gabriel. A. Almond Oleh Novi Hendra (novi_hendra24@yahoo.co.id) Ex-mahasiswa ilmu Politik Universitas Andalas PadangI. Sistem Politik Dan Lingkungan : Suatu Pendekatan Ekologis. Sistem politik adalah system interaksi yangf terdapat dalam semuamastarakat yang bebas/merdeka dengan melaksanakan fungsi-fungsi integrasi danadaptasi (baik dalam masyarakatnya maupun berhadap-hadapan denganmasyarakat lainnya) melalui paksaan fisik yang lebih kurang bersifat abash.Dari keterangan diatas ada beberapa bagian : 1. System politik merupakan “system interaksi”. Dengan system interaksi ini dimaksudkan bahwa dalam system politik, baik yang bersifat tradisional maupun modern, terjadi hubungan timbal balik diantara actor-aktor politik. 2. Sistem politik juga melaksanakan fungsi integrasi, bahwa tujuan pokok system politik mengusahakan tercapainya kesatuan didalam masyarakat. 3. Fungsi adaptasi yaitu fungsi penyesuaian diri dari pada system poolitik terhadap lingkungan masayarakatnya sendiri maupun lingkungan masyarakat lainnya.II. Hubungan Sistem Politik dan Lingkungannya Dalam lingkungan dibagi menjadi dua dimensi, yaitu lingkungan domesticdan lingkungan internasional. Hubungan antara system politik denganlingkungannya sangatlah erat. Sebagai bagian dari masyarakat, system politikselalu berinteraksi dengan lingkungannya, yang mempengaruhinya maupun yangdipengaruhi. Berbagai macam pengaruh yang berasal dari lingkungan mengalirmasuk kedalam system politik dan sebaliknya.III. Kemampuan Sistem PolitikAda enam jenis kemampuan yang perlu dimiliki system poltik:
  2. 2. 1. Kapabilitas ekstraktif adalah kemampuan daripada system politik dalam mengelola sumber-sumber material dan manusiawi. 2. Kapabilitas regulative adalah kemampuan dari system politik untuk mengendalikan tingkah laku individu atau kelompok yang ada dalam system politik. 3. Kapabilitas Distributif merupakan mengalokasikan sumber-sumber material dan jasa-jasa kepada individu atau kelompok yang ada dalam masyarakat. 4. Kapabilitas Simbolis merupakan kemampuan memberi gambaran tentang efektivitas mengalirnya symbol dari suatu system politik kedalam lingkungan domestic maupun internasional. 5. Kapabilitas Responsif adalah kemampuan suatu system politik untuk menanggapi tuntutan, tekanan dan dukungan yang berasal dari dalam maupun luar. 6. Kapabilitas Domestik dan Internasional yang memperlihatkan keberadaan suatu system politik dalam lingkungan domestic maupun internasional.IV. Dasar Pemikiran Analisa Struktural FungsionalEmpat ciri system politik :1. system politik memiliki struktur-struktur atau lembaga-lembaga politik. Iniberarti didalam masyarakat yang paling sederhanapun, system politik mempunyaijenis struktur politik atau lembaga politik.2. Semua system politik, baik yang sudah modern maupun yang masih primitive,menjalankan fungsi-fungsi yang sama walaupun frekwensi ini disebabkan olehadanya perbedaan struktur.3. menjalankan fungsi-fungsi tertentu. Ia tetap bersifat multifungsi dalam artimelaksanakan beberapa fungsi sekaligus.4. Semua system politik merupakan system “campuran” manakala dipandang darisegi kebudayaan.
  3. 3. V. Struktur dan Fungsi Berdasarkan pemikiran bahwa struktur atau lembaga tertentu menjalankanfungsi-fungsi tertentu dengan konsekwensi tertentu, maka dapatlahmembandingkan suatu system politik dengan system politik lainnya.

×