XML dengan PHP dan MYSQL

1,276 views

Published on

XML (eXtensible Markup Language) merupakan bahasa web turunan dari SGML (Standart Generalized Markup Language) yang ada sebelumnya. XML hampir sama dengan HTML, dimana keduanya sama-sama turunan dari SGML. Teknologi XML dikembangkan mulai tahun 1966 dan mendapatkan pengakuan dari Worl Wide Web Consortium (W3C) pada bulan Februari 1998. Sedangkan SGML sendiri telah dikembangkan pada awal tahun 1980-an. Pada saat HTML dikembangkan pada tahun 1990, para penggagas XML mengadopsi bagian paling penting SGML dan dengan berpedoman pada pengembangan HTML menghasilkan bahasa markup yang tidak kalah hebatnya dengan SGML.

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,276
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
53
Actions
Shares
0
Downloads
18
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

XML dengan PHP dan MYSQL

  1. 1. PEMROGRAMAN API TUTORIAL API MENGGUNAKAN XML, PHP DAN MYSQL Disusun oleh: Hengky Susanto 1110651155 JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER 2014
  2. 2. I. Tujuan 1. Membuat XML menggunakan PHP dengan database MySQL 2. Mampu menampilkan data yang didapatkan dari XML. II. Perlengkapan yang dibutuhkan 1. Xampp 2. Notepad++/notepad 3. Browser Google Chrome 4. Seperangkat komputer III.Dasar Teori XML XML (eXtensible Markup Language) merupakan bahasa web turunan dari SGML (Standart Generalized Markup Language) yang ada sebelumnya. XML hampir sama dengan HTML, dimana keduanya sama-sama turunan dari SGML. Teknologi XML dikembangkan mulai tahun 1966 dan mendapatkan pengakuan dari Worl Wide Web Consortium (W3C) pada bulan Februari 1998. Sedangkan SGML sendiri telah dikembangkan pada awal tahun 1980-an. Pada saat HTML dikembangkan pada tahun 1990, para penggagas XML mengadopsi bagian paling penting SGML dan dengan berpedoman pada pengembangan HTML menghasilkan bahasa markup yang tidak kalah hebatnya dengan SGML. XML merubah cara kita berpikir untuk mengembangkan suatu software terutama aplikasi web. Masalah yang kita sekarang adalah bagaimana caranya untuk bertukar informasi antar satu aplikasi dengan aplikasi lain. Kadang kolaborasi antara satu aplikasi dengan aplikasi yang lain masih harus ditentukan dengan spesifikasi aplikasi tersebut. XML dapat memungkinkan pertukaran informasi atau data antar device (server, PCs, smart device, aplikasi, dan situs web). Data ini akan menjadi independent (unlocked), memudahkannya untuk diorganisir, diprogram, dan dirubah, dan ditukar antar situs web atau aplikasi apa saja. Karena kebutuhan ini, maka makin banyak teknologi berbasis XML yang keluar. Contohnya adala SOAP (Simple Project Acces Protocol) dan UDDI (Universal Description Discovery and Integration).
  3. 3. IV.Hasil Praktikum Halaman awal dari aplikasi web sederhana saya seperti ini. dihalaman ini terdapat myCarousel yakni gambar yang setiap saat berganti dengan gambar yang sudah disediakan. untuk sourcecodenya berada pada file index.php Pada halaman DATA FILM menampilkan beberapa data yang sudah di simpan pada file film.xml, pada halaman ini ketika penghapusan sebuah record dari sebuah film maka secara otomatis menyimpan kembali data pada film.xml dan langsung menampilkan data yang terbaru. Pada selanjutnya INSERT FILM disini fungsinya sebagai mengentri data film dimana yang akan dimasukan yaitu ID_FILM, NAMA_FILM,GENRE,DURASI,AKTOR. Ketika mengisi aktor jika kosong maka seharusnya mengisi terlebih dahulu data aktor,jika tidak halaman web ini tidak akan menampilkan data aktor.
  4. 4. Halaman INSERT AKTOR hampir sama dengan INSERT FILM tapi bedanya disini yaitu datanya berbeda.di halaman ini untuk menyimpan beberapa informasi mengenai aktor yang akan disimpan diantaranya yaitu ID_AKTOR, NAMA_AKTOR, TANGGAL_LAHIR, TEMPAT_LAHIR. DATA AKTOR disini untuk menampilkan dan menghapus data yang sudah tersedia. Namun yang harus diperhatikan ketika memasukan data tidak boleh dengan id yang sama.jika terjadi hal tersebut maka di dalam halaman ini data yang dimasukan dengan id yang sama maka disini tidak akan ditampilkan.so be carefully.
  5. 5. Sekian aplikasi internet sederhana saya. Untuk mempelajarinya anda bisa download sourcecodnya di blog saya yaitu : http://softwarekomputermania.blogspot.com/2014/05/xml-dengan-php-dan-mysql.html
  6. 6. V. Kesimpulan XML untuk saat ini bukan merupakan pengganti HTML. Masing-masing dikembangkan untuk tujuan yang berbeda. Kalau HTML digunakan untuk menampilkan informasi dan berfokus pada bagaimana informasi terlihat, XML mendeskripsikan susunan informasi dan berfokus pada informasi itu sendiri. XML terutama dibutuhkan untuk menyusun dan menyajikan informasi dengan format yang tidak mengandung format standard layaknya heading, paragraph, table dan lain sebagainya. Sama dengan HTML, File XML berbentuk teks sehingga bila diperlukan kita bisa membacanya tanpa memerlukan bantuan software khusus. Hal ini memudahkan pengembang aplikasi yang menggunakan XML untuk mendebug programnya. XML lebih fleksible dibanding HTML dalam hal kemampuannya menyimpan informasi dan data. Pada XML kita bisa menyimpan data baik dalam atribut maupun sebagai isi elemen yang diletakkan diantara tag pembuka dan tag penutup.

×