Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

BAB III A

409 views

Published on

LPPD 2014

Published in: Government & Nonprofit
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

BAB III A

  1. 1. 20 BAB III URUSAN DESENTRALISASI A. RINGKASAN RENCANA KERJA PEMBANGUNAN DAERAH (RKPD) Pembangunan Daerah harus didasarkan pada sasaran tertentu yang hendak dicapai untuk itu, kebijakan yang dibuat dalam rangka melaksanakan pembangunan daerah harus memiliki arah yang jelas. Kebijakan Pembangunan disusun berdasarkan analisis kebutuhan pembangunan di daerah dengan mempertimbangkan aspirasi masyarakat, kondisi dan kemampuan daerah, termasuk kinerja pelayanan pemerintah pada tahun-tahun sebelumnya. Kebijakan Pembangunan ini selanjutnya menjadi instrument (pedoman) perencanaan bagi seluruh stakeholder pembangunan di daerah. Sebagai tindak lanjut penerapan PP No. 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, maka telah ditindak lanjuti dengan pembentukan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan menerbitkan Peraturan Daerah Kota Sibolga, yaitu : a. Perda Nomor 10 tahun 2008 tentang Struktur Organisasi Sekretariat Daerah Kota Sibolga dan Struktur Organisasi DPRD Kota Sibolga. b. Perda Nomor 11 tahun 2008 tentang Struktur Organisasi Dinas-dinas Kota Sibolga, yang terdiri dari :  Dinas Pendidikan Kota Sibolga.  Dinas Kesehatan Kota Sibolga.  Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Sibolga.  Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Sibolga.  Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Sibolga.  Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kota Sibolga.
  2. 2. 21  Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Sibolga.  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sibolga.  Dinas Kebersihan, Penataan Ruang dan Pertamanan Kota Sibolga.  Dinas Pekerjaan Umum Kota Sibolga.  Dinas Pengelola Keuangan Kota Sibolga. c. Perda Nomor 12 tahun 2008 tentang Struktur Organisasi Badan Kota Sibolga, yang terdiri dari :  Inspektorat Kota Sibolga.  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Sibolga.  Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Sibolga.  Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kota Sibolga. d. Perda Nomor 12 tahun 2008 tentang Struktur Organisasi Kantor-Kantor Kota Sibolga, yang terdiri dari :  Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan Kota Sibolga.  Kantor Kesbang, Politik dan Linmas Kota Sibolga.  Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga.  Kantor Lingkungan Hidup Kota Sibolga.  Rumah Sakit Dr. F.L. Tobing Kota Sibolga.  Satuan Polisi Pamong Praja Kota Sibolga. e. Perda Nomor 13 tahun 2008 tentang Struktur Organisasi Kecamatan Pemerintah Kota Sibolga, yang terdiri dari :  Kecamatan Sibolga Utara.
  3. 3. 22  Kecamatan Sibolga Kota.  Kecamatan Sibolga Sambas.  Kecamatan Sibolga Selatan. f. Perda Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Organisasi dan Tata K erja Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Seluruh SKPD diatas melaksanakan 5 (lima) Misi Kota Sibolga, yang ditujukan untuk penyelenggaraan pemerintahan. Dalam mencapai tujuan program ditunjang dengan beberapa kegiatan pokok. Dalam penyusunan RKPD Kota Sibolga Tahun 2011, Prioritas pembangunan daerah Kota Sibolga merupakan penjabaran Misi Kota Sibolga, yaitu : 1. Mewujudkan pemerintahan yang demokratis, berkeadilan, transparan dan akuntabel 2. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang komprehensif, merata, berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat serta meningkatkan pemahaman masyarakat tentang lingkungan sehat dan perilaku sehat 3. Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan secara merata, bermutu dan demokratis bagi masyarakat serta menyiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan kemajuan zaman 4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sibolga melalui pertumbuhan ekonomi yang lebih merata, mengurangi pengangguran serta penataan ruang yang berwawasan lingkungan 5. Membangun kondisi daerah yang aman, tertib dan damai dengan menegakkan supremasi hukum dan HAM Prioritas pembangunan daerah Kota Sibolga tahun 2011 yang dirumuskan adalah merupakan kepentingan dan kebutuhan masyarakat yang
  4. 4. 23 berdampak luas pada kesejahteraan masyarakat serta diarahkan untuk mewujudkan masyarakat Kota Sibolga menjadi lebih maju, sejahtera dan berkeadilan.

×