Al-Qur'an Hadits MI/SD

47,347 views

Published on

Published in: Education
5 Comments
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
47,347
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
51
Actions
Shares
0
Downloads
530
Comments
5
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Al-Qur'an Hadits MI/SD

  1. 1. Telaah KURIKULUM Dosen PengampuBapak Muhammad Zuhdi
  2. 2. KURIKULUM QUR’AN HADIST DI TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Analisis materi)
  3. 3. Pendahuluan• Latar belakang: Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Pendidikan Al-Qur’an dan Hadist di Madrasah Ibtidaiyah sebagai landasan yang integral dari pendidikan Agama, memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik, tetapi secara substansial mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadist memiliki kontribusi dalam memberikan motifasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan nilai-nilai keyakinan kegamaan (tauhid) dan Ahlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran Al-Qur’an Hadist adalah bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Ibtidaiyah yanbg dimaksud untuk memberikan motivasi, bimbingan, pemahaman, kemampuan dan penghayatan terhadap isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadist sehingga dapat diwujudkan dalam pertilaku sehari – hari sebagai manifestasi iman dan taqwa kepada Allah Swt.* pengertian Kurikulum Sesuatu yang direncanakan guna mencapai tujuan pendidikan
  4. 4. Ruang lingkup materi Qur’an Hadist di MI Kurikulum Al – Qur’an dan Hadist Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) dikembangkan dengan pendekatan sebagai berikut:1. Lebih menitikberatkan target kompetensi dari penguasaan materi.2. Lebih mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia3. Memberikan kebebasan yang lebih luas kepada pelaksana pendidikan dilapangan untuk mengembangkan dan melaksanakan program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan.Ruang lingkup pengajaran Al Qur’an – Hadist di Madrasah Ibtidaiyah meliputi:1. Pengetahuan dasar membaca dan menulis Al Qur’an2. Hafalan surat – surat pendek3. Pemahaman kandungan surat – surat pendek4. Hadist – hadist tentang kebersihan, niat, menghormati orang tua, persaudaraan, silaturrahim, taqwa, menyayangi anak yatim, shalat berjamaah, ciri–ciri orang munafik dan beramal shaleh.
  5. 5. Tujuan dan fungsi pembelajaran Al-Quran dan hadis di MI Pembelajaran Al Qur’an-Hadist di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis, membiasakan dan menggemari Al Qur’an dan Hadist serta menanamkan pengertian, pemahaman, penghayatan isi kandungan ayat-ayat Al Qur’an-Hadist untuk mendorong, membina dan membimbing akhlaq dan perilaku peserta didik agar berpedoman kepada dan sesuai dengan isi kandungan ayat – ayat Al Qur’an dan Hadist. Mata pelajaran Al Qur’an – Hadist pada Madrasah Ibtidaiyah berfungsi:1. Menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik membaca dan menulis Al Qur’an Hadist;2. Mendorong, membimbing dan membina kemampuan dan kegemaran untuk membaca Al Qur’an dan Hadist;3. Menanamkan pengertian, pemahaman, penghayatan dan pengamalan kandungan ayat – ayat Al Qur’an dan Hadist dalam perilaku peserta didik sehari – hari4. Memberikan bekal pengetahuan untuk mengikuti pendidikan pada jenjang yang setingkat lebih tinggi ( MTs ).
  6. 6. Analisis Materi yang dianggap penting• Pokok pembahasan Al Qur’an Hadist kelas IV semester II• STANDAR KOMPETENSI Memahami arti surat pendek dan hadis tentang silaturahmi• KOMPETENSI DASAR 1. Mengartikan surat al-Lahab2. Menjelaskan isi kandungan surat al-Lahab secara sederhana 3. Menerjemahkan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi 4. Menjelaskan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi secara sederhana 5. Menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid -Memahami hukum bacaan idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab -Menerapkan hukum bacaan idgham bigunnah, idgam bilagunnah, dan iqlab
  7. 7. Qur’an surat al-lahabAlasan materi tersebut dianggap penting karena: 1. Nama surat tersebut di ambil dari nama paman Nabi Muhammad SAW. Yang selalu memusuhi atau menentang Nabi. 2.Surat Al-Lahab menerangkan tentang kegagalan dan siksaan yang akan di dapat oleh orang-orang yang menghalangi dakwah umat islam Cara yang digunakan dalam mengajarkan surat ini adalah:1. Menterjemahkan surat Al-Lahab2. Bercerita tentang sejarah Abu lahab yang berkaitan dengan suarat Al-lahab3. Menjelaskan isi kandungan surat al-lahab4. Membaca surat al-lahab berulang-ulang dengan tajwidnya, sehingga siswa yang mendengarkan akan terbiasa dengan surat itu, dan bisa cepat menghafalnya.5. Menyuruh siswa-siswa untuk melafalkannya secara bersama-sama.
  8. 8. Hadis Tentang SilaturahmiHadist tentang silaturahmi“barang siapa yang menghendaki diluaskan rezekinya dan diperpanjang umurnya maka hendakalah ia melangsungkan silaturrahmi (HR. Bukhari)Alasan mengapa materi ini penting:1. Karena dengan silaturrahmi persaudaraan umat islam akan terwujud dan terpelihara/atau mempererat persaudaraan antara sesama manusia2. Dapat mempercepat datangnya kebaikan3. Dibukakan pintu rezeki bagi yang gemar melakukan silaturrahmi dan diperpanjang umurnya4. Untuk saling membebaskan kesalahan.Cara mengajarkan hadis ini:1. Menjelaskan pengertian silaturahmi2. Membaca dan menterjemahkan hadist dengan cara membaca arti kata-kata (mufradat) terlebih dahulu3. Menjelaskan manfaat atau tujuan silaturahmi4. Memberikan contoh atau bercerita tentang orang-orang yang selalu gemar bersilaturahmi
  9. 9. Sumber belajar• Buku teks: -M.Arifin,dkk. 2006. Al-Qur’an Hadist untuk kelas 4 MI. Semarang:Widya Duta. -S. Nasution. 1995. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara - Departemen Agama RI Kurikulum 2006, Pedoman Umum Pengembangan Silabus Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2006.• Sumber elektronik:- http://ozisfile.blogspot.com. Di kirim 16 oktober.2010.
  10. 10. NAMA KELOMPOK• Erick Ray Ramadhan ( koordinator, pengumpul materi/bahan ajar)• Siti Piki Pitriah (Desain power point, pelacak sumber elektronik)

×