Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Sejarah Pababaran Sampang MaduraPababaran adalah salah satu tempat bersejarah dalam kehidupan masyarakatMadura khususnya S...
Namun, sejarah ini mulai tergerus jaman dengan seiringnya banyaknya pemuda dan pemudi jaman sekarang sudahtidak mengetahui...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Sejarah pababaran sampang madura

1,035 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Sejarah pababaran sampang madura

  1. 1. Sejarah Pababaran Sampang MaduraPababaran adalah salah satu tempat bersejarah dalam kehidupan masyarakatMadura khususnya Sampang, karenadipercaya merupakan tempat Raden Trunojoyo lahir. Lokasi reruntuhan Pababaran ini terletak di jantungkota Sampang.Nama pababaran sendiri diambil dari tempat yang yakini menjadi tempat kelahiran pengeran trunojoyo, sebagaipejuang kemerdekaan. Terlebih lagi tempat ini merupakan petilasan tempat lahirnya pahlawan Trunojoyo yangdidalamnya terdapat tempat untuk menanamkan ari-ari pahlawan Trunojoyo.Menurut kepercayaan masyarakat disekitar, tempat ini merupakan lokasi bersejarah sebagai tempat di mana RadenTrunojoyo lahir dan disemayamkan. Oleh karena itu, tempat itu disebut Pababaran (tempat kelahiran) dari peristiwabersejarah baik di era monarki atau dalam era revolusi.Kawasan ini pula merupakan salah satu kawasan lindung cagar budaya dari pemerintah Propinsi Jawa Timur.Dimana akses untuk menuju ke lokasi sangatlah mudah dan bisa dijangkau dengan kendaraan umum atau pribadi.Berdasarkan arti bahasa Madura yang berkembang dimasyarakat, pababaran mempunyai arti sebagai tempat lahir.Dimana dalam bahasa Madura yang halus, babar yang artinya lahir.Dan nama pababaran sendiri konon dijadikan nama tempat daerah tempat lahirnya seorang pejuang islam yangbernama Pangeran Trunojoyo.“ Sangat erat kaitannya dengan proses kelahiran pangeran trunojoyo,” ujar Ali DaudBey, salah satu budayawan Sampang, kemarin . Minggu (3/2/2013)Dijelaskan, situs pababaran ini dalam setiap tahunnya menjadi tempat lokasi ziarah dari kepala daerah dalam harijadi kabupaten Sampang tersebut, masih menyimpan banyak keunikan dan situs sejarah dalam masa lalu.Pangeran trunojoyo atau raden nila prawita dikenal masyarakat sebagai salah satu pejuang yang gigihmempertahankan dan menumpas kebatilan pada saat itu. “ Dari kelahiran pangeran trunojoyo ini langsung dijadikannama kampung pababaran,” urainya.Selain itu, berdasarkan kepercayaan orang jaman dahulu mempercayai setiap orang mempunyai saudara sekandung.Dimana setiap bayi yang lahir pasti berbarengan dengan ari-ari sebagai saudara sekandungnya.“ Nah, orang disinimenganggap ari-ari itu saudaranya pangeran trunojoyo, sehingga ariari ini dianggap bersejarah pula olehmasyarakat,” ujar kakek yang sudah menginjak usia 72 tahun ini.Kampung pababaran diketahui berbatasan dengan kampung lainnya yang dikenal masyarakat mempunyai nilaisejarah tersendiri atas terciptanya nama kampung tersebut. Seperti disebelah baratnya dinamakan kampung masjidatau kampung Kauman, disebelah utaranya disebut Ba’ Batoh, disebelah timurnya kampung pengaporan.“ Semuanama kampung itu mempunyai nama yang mengandung nilai sejarah,” pungkasnya.Bagi masyarakat saat ini, nama kampung yang lebih dikenal dengan nama jaman dahulu diyakini masih menyimpanbanyak cerita dan keunikan tersendiri. Dimana hal ini sangat erat hubungannya dengan proses pembentukankabupaten Sampang yang mempunyai nilai sejarah pasti.
  2. 2. Namun, sejarah ini mulai tergerus jaman dengan seiringnya banyaknya pemuda dan pemudi jaman sekarang sudahtidak mengetahui sejarah dan cerita asal muasal sejarah.

×