Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

SAP HR - Time Constraint

1,595 views

Published on

This is a technical document about time constraint in SAP. This document is written in bahasa (Indonesia)

Published in: Technology, Business
  • Be the first to comment

SAP HR - Time Constraint

  1. 1. Time Constraints in SAP<br />Oleh :<br />Gana Respati<br />Saat melakukan update Infotype, data yang lama tidak akan hilang namun tersimpan dalam histori. SAP menyimpan validitas periode dalam setia Infotype. Hal ini memungkinkan system untuk menyimpan lebih dari 1 infotype record pada saat yang sama, walaupun validitas periodenya saling bertubrukan. Karena itu, hubungan periode antar infotype harus didefinisikan terlebih dahulu. Dalam SAP, Time Constraints merupakan feature untuk mendefinisikannya.<br />HR Master Data menggunakan tiga tipe Time Constraints :<br />Time Constraint 1<br /><ul><li>Selama seorang karyawan bekerja di perusahaan, hanya ada 1 Infotype record valid yang harus ada. Karena itu validitas dari periodenya tidak boleh saling bentrokan. Saat record baru dibuat, secara otomatis system akan menggunakan menggunakan START DATE pada record yang baru sebagai DELIMITATION DATE untuk record yang lama. Jika terdapat record yang terdelimit karena Time Constraint 1, maka sistem akan menunjukkan pesan pemberitahuan.
  2. 2. Time Constraint 1 harus digunakan untuk semua jenis Infotype yang memiliki informasi-informasi yang harus tersedia setiap saat. Contoh penggunaan Time Constraint 1 adalah :
  3. 3. Infotype Organizational Assignment Data (0001).
  4. 4. Data pada Infotype ini penting untuk keperluan autorisasi dan Payroll. Karena itu, data-data pada Infotype 0001 harus selalu ada dan dapat diakses dari sejak tanggal karyawan bersangkutan masuk ke dalam perusahaan. </li></ul>Gambar 1. Layar Display Organizational Assignment<br /><ul><li>Perhatikan pada Gambar 1. Dalam satu waktu, seseorang tidak boleh menempati lebih dari 1 posisi -> no overlapping!! Di lain pihak, seseorang tidak boleh tidak menempati posisi apapun -> no gap!!
  5. 5. Infotype Personal Data (0002)
  6. 6. Hal ini berarti isi dari data-data personal karyawan pada Infotype 0002 harus selalu ada dan dapat diakses dari sejak tanggal karyawan bersangkutan masuk ke dalam perusahaan. Validitas waktu dari record pertama pada Infotype Personal Data adalah tanggal lahir dari pegawai bersangkutan.</li></ul>Gambar 2. Layar Display Personal Data<br /><ul><li>Perhatikan pada Gambar 2. Dalam satu waktu, seseorang tidak boleh memiliki lebih dari 1 nama, atau -> no overlapping!! Di lain pihak, seseorang tidak boleh tidak menempati posisi apapun -> no gap!!</li></ul>Time Constraint 2<br />Hanya 1 record yang tersedia pada 1 waktu, namun gap waktu masih diperbolehkan. Contoh penggunaan Time Constraint 2 adalah :<br /><ul><li>Infotype Communication (0105)
  7. 7. Infotype berisi berbagai data tentang media komunikasi pada tiap pegawai. Pada Infotype ini terdapat beberapa Subtype, misalnya : Fax, Voice Mail, Cell Phone, e-mail, dan lain-lain. Data-data ini hanya dapat memiliki 1 record, berarti hanya dapat menyimpan 1 nomor Fax, 1 Voice Mail, 1 Cell Phone, dan 1 e-mail. Namun, terdapat juga pilihan untuk mengosongkan field ini, sehingga mungkin terjadi gap waktu antara 1 record dan lainnya. Gambar 3 menunjukkan Subtype CELL (nomor handphone), yang hanya dapat diisi dengan 1 record saja.</li></ul>Gambar 3. Layar Display Communication<br />Namun record ini dapat juga dikosongkan. Misalkan record ini kosong, maka akan tampil pemberitahuan seperti pada Gambar 4.<br />Gambar 4. Layar Pesan Pemberitahuan<br />Jika terdapat record yang terdelimit karena Time Constraint 2, maka sistem akan menunjukkan pesan pemberitahuan. <br />Gambar 5. Layar Pesan Pemberitahuan<br />Time Constraint 3<br /><ul><li>Infotype-infotype yang menggunakan Time Constraint 3 tidak membatasi berapa jumlah record yang ada pada suatu waktu, dan juga tidak membatasi adanya gap waktu.
  8. 8. Contoh penggunaan Time Constraint 3 adalah :
  9. 9. Infotype Powers of Attorney (0030)
  10. 10. Pada posisi tertentu, akan dibutuhkan pengacara untuk membantu proses-proses hukum. 1 orang pada suatu posisi dalam perusahaan dapat memiliki lebih dari 1 orang pengacara. Namun jika memang tidak dibutuhkan, maka 1 orang bisa saja tidak memiliki pengacara sama sekali.</li></ul>Selain itu, dikenal juga Time Constraint Indicator yang lain, yaitu :<br />Time Constraint A<br /><ul><li>Hanya 1 record yang ada pada Infotype ini, yang valid dari tanggal 01/01/1800 sampai 12/31/9999. Splitting tidak dimungkinkan untuk Infotype ini.
  11. 11. Infotype dengan Time Contraint A tidak boleh dihapus.</li></ul>Time Constraint B<br /><ul><li>Maksimal hanya terdapat 1 record saja.</li></ul>Time Constraint T<br /><ul><li>Tergantung pada Subtype nya. Contoh penggunaan Time Constraint T adalah :
  12. 12. Infotype Addresses (0006)
  13. 13. Pada Infotype ini, terdapat beberapa Subtype, misalnya: Temporary Adresses, Permanent Addresses. Time constraint dapat didefinisikan untuk setiap Subtype tersebut.</li></ul>Time Constraint Z<br /><ul><li>Tergantung pada Time Management Infotype (2001), yang didefinisikan pada Tabel V_T554Y.</li></ul>Reaction indicator<br />SAP akan memberi berbagai reaksi atas pembuatan record baru dalam tiap Infotype. Berikut adalah berbagai jenis reaction indicator dalam SAP :<br />A: Record yang lama akan terdelimit, dan akan muncul pesan peringatan dari sistem.<br />E: Tidak mungkin untuk membuat record yang baru, dan akan muncul pesan error dari sistem.<br />W: Mungkin untuk membuat record yang baru, denga tidak menimbulkan perubahan pada record lama. Akan muncul pesan peringatan dari sistem.<br />N: Sama dengan W. Namun untuk pilihan N, sistem tidak akan mengirimkan pesan peringatan.<br />Time Constraint Reaction to Time Management Infotypes (V_554Y_B) and Global Time Constraint Reaction (V_T554Y) mengandung rules untuk penganturan waktu agar antar Infotype tidak saling bertubrukan.<br />KESIMPULAN <br />Terdapat berbagai macam Time Constraint Value <br />Time Constraint ValueMay Include Gaps ?May Overlappings ?1××2√×3√√<br />Terdapat berbagai macam Reaction Indicator : <br />Reaction IndicatorMembuat Record Baru ?Mendelimit Record Lama ?Muncul Pesan Error ?A√√√E××√W√×√N√××<br />Referensi :<br />Downs, Mark. Using HR Infotypes to Manage Time andEvent Conflicts .SAPTips August/September 2003 Volume 1 Issue 4.<br />

×